Mimi Hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mimi Hitam
MagicaAndPoe.jpg
Mimi dan saudara kandung/gagak peliharaannya Poe De Spell dalam DuckTales.
Penampilan perdana "The Midas Touch", 1961
Pencipta Carl Barks
Pengisi suara June Foray
Informasi terkait
Nama alias
Saudara Poe De Spell, Granny De Spell, Witch Child, Rosalio
Binatang peliharaan Rasputin
Rekan Madam Mikmak, Hortensia, Samson Hex
Musuh Gober Bebek, Untung Angsa, Donal Bebek, Kwik, Kwek, dan Kwak

Mimi Hitam (bahasa Inggris: Magica De Spell, bahasa Italia: Amelia) adalah karakter fiksi dalam dunia Gober Bebek. Ia adalah penyihir yang diciptakan oleh Carl Barks[1]. Ia terus-menerus berusaha mencuri keping keberuntungan Gober Bebek, yang ia percayai jika dilebur di kawah gunung Vesuvius, akan memberikan sentuhan Midas (semua benda yang disentuh akan menjadi emas) pada pemiliknya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penciptaan[sunting | sunting sumber]

Menurut Barks[rujukan?], karakter ini diciptakan untuk memainkan peran antagonis untuk Gober selain Gerombolan Siberat dan Gover Bebek. Namun, karakter yang ingin diciptakan adalah karakter penyihir muda yang menarik, bukan penyihir tua berambut putih dan menyeramkan seperti Hortensia atau Madam Mikmak. Referensi yang digunakan adalah aktris Italia Gina Lollobrigida[2], dan Sophia Loren.[3] Barks juga menginginkan karakter yang menggoda, amoral, dan berbahaya. Dalam wawancara, Carl Barks juga menggunakan karakter Morticia Addams dalam komik strip The Addams Family ciptaan Charles Addams sebagai referensi[4][3]. Tokoh Maleficent dari kisah Putri Tidur yang dirilis pada tanggal 29 Januari 1959 juga menjadi sumber ketiga.[5]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Barks memunculkan penyihir ini pertama kali dalam cerita The Midas Touch pada Desember 1961. Terdapat 9 cerita yang digambar oleh Carl Barks tentang Mimi Hitam, yaitu

Barks berusaha memperkuat penggunaan karakter ini dengan menambahkan benda incaran lainnya, seperti karpet terbang dalam komik Rug Riders In The Sky atau bulu emas yang ia butuhkan untuk ramuannya [6], sehingga tidak lagi mengulang-ulang cerita mengenai koin Gober. Namun, kemungkinan karena kecewa, setelah berkali-kali menyatakan Mimi Hitam membutuhkan alur cerita lebih kuat, ia berhenti menggunakan karakter ini lagi sejak 1964.[6] Setelah itu, banyak penulis cerita memilih untuk tetap dengan kisah klise perburuan koin keberuntungan Gober Bebek. Karakter ini mulai diambil komikus Italia sejak 1962.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Menurut Carl Barks dan beberapa penerusnya, Mimi Hitam tinggal di dekat kawah Gunung Vesuvius, di dekat Napoli, Italia. Misi utamanya adalah mencuri keping keberuntungan dan meleburnya di kawah Vesuvius sehingga ia mendapatkan jimat keberuntungan yang bisa memberi sentuhan Midas.

Don Rosa mengatakan:

Saya (dan editor dari Egmont, Byron Erickson) mengasumsikan Mimi sebagai manusia biasa yang tertarik kepada dunia sihir dengan banyak menggunakan mantra dan ramuan, tetapi sesungguhnya ia tidak memiliki kemampuan supernatural yang alami tanpa bantuan alat-alat itu. Setidaknya itulah Mimi sebenarnya yang dimaksud oleh Barks.[7]

Ambisi merebut koin[sunting | sunting sumber]

Walaupun banyak pihak menyangka bahwa koin keberuntungan adalah jimat yang mendatangkan kekayaan, Mimi Hitam tidak mempercayainya. Ia hanya percaya bahwa koin tersebut adalah bahan membuat jimat hanya karena koin itulah yang didapat pertama kali oleh bebek terkaya di dunia, bukan sebaliknya.

Dalam cerita The Life and Times of Scrooge McDuck, bagian Of Ducks, Dimes and Destinies ia menelusuri waktu untuk mencuri koin itu sebelum Gober mendapatnya. Setelah tersadar bahwa tindakannya membuat koin itu tidak lagi menjadi milik bebek terkaya di dunia, ia dengan sukarela mengembalikan koin tersebut. Dalam cerita lain, A Little Something Special Mimi Hitam bekerjasama dengan Gerombolan Siberat dan Gover Bebek dalam mencuri kekayaan Gober. Setelah berhasil, Mimi Hitam segera menyadari bahwa Gober Bebek bukan lagi orang terkaya di dunia setelah Gerombolan Siberat menguras kekayaannya.

Bahkan dalam cerita Ten-Cent Valentine, Mimi Hitam meyakini bahwa keping itu harus dalam bentuk utuh saat dilebur. Kwik, Kwek, dan Kwak menipunya dengan membuat seolah keping itu dihancurkan oleh pencincang daging.

Karakter Pendukung[sunting | sunting sumber]

Rasputin[sunting | sunting sumber]

Rasputin (Inggris: Ratface), karakter yang muncul pertama kali pada Januari 1963 dalam komik Paman Gober no. 40[rujukan?], adalah gagak peliharaan Mimi Hitam. Ia menjadi karakter kepercayaan Mimi Hitam dan menyertainya dalam banyak kesempatan di dalam seri komik.

Dalam kisah DuckTales, ia digantikan oleh Poe De Spell. Kemungkinan penulis berpikir bahwa nama Ratface terkesan membuat orang lain kesal jika diucapkan.

Poe De Spell[sunting | sunting sumber]

Poe De Spell, juga disebut Poe atau Mr. Poe, adalah karakter pengganti Rasputin di seri televisi. Ia saudara kandung dari Mimi Hitam yang berubah menjadi gagak. De Spell adalah nama keluarga Mimi dalam Bahasa Inggris, sementara nama Poe merupakan referensi dari puisi karya Edgar Allan Poe, The Raven.

Karakter ini bukanlah antropomorfisme gagak. Tidak ada kisah yang menjelaskan terjadinya perubahan Poe menjadi gagak. Meskipun Mimi memiliki berbagai sihir transformasi, ia tidak mampu mengubah Poe kembali ke bebek. Dalam episode Send in the Clones, Mimi menjelaskan bahwa ia membutuhkan kekuatan keping keberuntungan Gober Bebek untuk mengembalikan Poe menjadi normal. Karena awalnya ia juga seekor bebek, ia bisa berbicara dengan karakter bebek lainnya, termasuk Mimi Hitam.

Peran Poe di dalam cerita Mimi Hitam tidak begitu kuat. Ia hanya muncul di seri DuckTales. Kehadirannya tidak banyak memengaruhi alur cerita. Satu-satunya perannya yang cukup penting adalah dalam episode Magica's Shadow War, saat ia diminta Mimi Hitam mencari bantuan saat sedang terperangkap.

Ia disuarakan oleh Terrence McGovern dan Frank Welker secara bergantian.

Granny De Spell[sunting | sunting sumber]

Karakter nenek dari Mimi (Granny De Spell) muncul pertama kalinya pada tahun 1966, dalam kisah "A Lesson From Granny".

Pada tahun 1995, Francesco Artibani, Lello Arena dan Giorgio Cavazzano menampilkan kembali karakter ini dalam kisah "Amelia and stone Pantarba". Nenek dan keluarga Mimi lainnya membantu mencari pantarba Mimi, sebuah batu sihir legendaris.[8][9]

Witch Child[sunting | sunting sumber]

Witch Child (Séraphine Sorcerette di Perancis, Nocina Maghetta di Italia, Wanda di Jerman), gadis kecil yang dapat menjadi teman bermain Kwik, Kwek dan Kwak, bergantung dengan cerita.

Rosalio[sunting | sunting sumber]

Rosalio adalah angsa yang selalu menyatakan diri sebagai tunangan Mimi. Rosalio didukung oleh Granny De Spell, tetapi selalu ditolak oleh Mimi. Karakter ini diciptakan oleh Francesco Artibani, Lello Arena dan Giorgio Cavazzano.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

Mimi juga memiliki asisten yang bernama Samson Hex.

DuckTales[sunting | sunting sumber]

Mimi Hitam juga merupakan karakter dalam serial animasi DuckTales. Dalam serial ini, ia disuarai oleh June Foray, dengan aksen Eropa Timur yang mirip sekali dengan Natasha Fatale dalam Rocky & Bullwinkle. Mimi Hitam muncul hampir di semua episode seri pertama. Namun, kehadirannya dalam serial kedua hanya dalam episode The Unbreakable Bin.

Walaupun dalam seri pertama ia menjadi tokoh antagonis utama, justru tindakannya sering menjadi pengubah jalan cerita. Misalnya dalam bagian akhir, Mimi Hitam berusaha menyihir agar manusia timah milik Gober dikirim kembali ke OZ, namun karena gangguan burung Quackenyeeken Yeeker, ia terjebak dalam lubang di bejana sihirnya sendiri dan terhisap. Gober lalu berseru, "Satu hal yang pasti tentang Mimi Hitam, ia selalu tahu cara untuk melarikan diri". Dalam kesempatan lain, ia malah bekerjasama dengan Gober untuk mencegah bencana yang lebih berbahaya dari perebutan koin di antara mereka.

Terkadang Mimi Hitam juga menjadi tokoh antagonis bagi Donal Bebek dan keponakannya tanpa kehadiran Gober. Terkadang juga bagi Lang Ling Lung, Untung Angsa, hingga Desi Bebek dan keponakannya. Mimi kadang-kadang juga bekerja sama dengan Gerombolan Siberat atau teman baiknya dan kadang-kadang Madam Mikmak.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Magica De Spell - Who's who in Duckburg
  2. ^ (Inggris) Blum, Geoffrey."The Meaning of Magica", Uncle Scrooge Adventures in Color, no.39, 3 Februari 1998
  3. ^ a b (Italia) Leonardo Gori (3 Juli 1994). "Intervista a Carl Barks". Fumetti.org by Gianfranco Goria. Diakses 04-02-2008. 
  4. ^ (Inggris) Magica De Spell - Scoop
  5. ^ (Inggris) Did You Know: Magica De Spell
  6. ^ a b (Inggris) Why does Magica DeSpell want Scrooge´s Dime?, oleh Don Rosa
  7. ^ (Inggris) Mimi Hitam di Who's who in Duckburg
  8. ^ (Italia) Ctesia di Cnido. Indica. Diakses 04-02-2008. 
  9. ^ (Italia) Jacob Masen (1681). "Imagines lapidum et gemmarum". Speculum Imaginum Veritatis Occultae. Diakses 04-02-2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]