Arne Anka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arne Anka

Arne Anka adalah komik strip Swedia yang digambar oleh Charlie Christensen dengan nama samaran Alexander Barks dari tahun 1983 sampai tahun 1995. Karakter ini mirip dengan Donal Bebek (yang disebut Kalle Anka dalam Bahasa Swedia). Kemiripannya dengan Donal hanya dalam bagian sayap, tetapi komik itu selalu berada di bar Zeke's, dimana Arne mabuk saat dia suka berpikir dengan sinis dan mendiskusikan hidup. Ini selalu terjadi di perusahaan temannya, Krille Krokodil ("Krille Buaya").

Charlie Christensen menggunakan temannya sebagai inspirasi untuk karakter dan cerita dalam Arne Anka. Salah satu temannya mengatakan kalau kadang-kadang dia menyadari bahwa Charlie Christensen mendapat penglihatan yang khusus dan beberapa minggu kemudia kamu membaca yang kamu baru katakan dalam komik strip Arne Anka.

Pada tahun 1997, beberapa lembar diterjemahkan kedalam bahasa Inggris untuk mengkoneksikan komik ini dengan ekshibisi komik Nordic di Prancis. Dalam penerjemahan ini, karakter ini diberi nama "Arnie the Duck".[1]

Ancaman Disney[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 1990, Perusahaan Disney mengancam gugat terhadap yang kreator, Charlie Christensen, karena kemiripan Arne Anka dengan Donal Bebek. Sebagai respon, Charlie Christensen menggambar komik strip tentang Arne berbohong kalau dia telah mati, dan dia melakukan operasi plastik terhadap paruhnya dalam rahasia. Lalu Arne kembali dengan paruh yang baru, dan nama samaran Alexander Barks diganti menjadi Alexander X.

Album[sunting | sunting sumber]

Kembali[sunting | sunting sumber]

Pada Desember 2004, Arne kembali dalam seri komik Christensen, Konrad K (sekarang Arne Anka & Konrad K), dan dia telah menjadi karakter utama sesudahnya. Seri ini dipublikasi di koran bulanan Swedia, Dagens Arbete. Dalam bentuk terbarunya, Arne bercerai, dan telah mempunyai 3 anak, tapi dia tetap sinis dan depresi seperti sebelumnya, dan ekonominya lebih buruk dari sebelumnya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]