Daftar karakter Perkemahan Blasteran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Berikut ini adalah daftar karakter di serial Perkemahan Blasteran yang terdiri atas Percy Jackson & Dewa-Dewi Olympia dan The Heroes of Olympus, serial novel fantasi karya Rick Riordan.

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Percy Jackson[sunting | sunting sumber]

Perseus "Percy" Jackson adalah karakter protagonis utama dalam serial Percy Jackson & Dewa-Dewi Olympia dan The Heroes of Olympus. Dia juga adalah narator pada serial pertama karena format buku yang menggunakan sudut pandang orang pertama. Percy adalah putra dewa laut, gempa bumi, dan kuda Yunani, Poseidon, yang memberikannya kendali atas air, menyebabkan gempa bumi kecil, dan kemampuan berbicara dengan kuda. Karena para dewa Tiga Besar telah dilarang untuk mempunyai anak supaya tidak memenuhi Ramalan Besar Olympus, kelahiran Percy menjadi pelanggaran besar aturan tersebut. Hal ini membuatnya masuk ke berbagai petualangan dan kejadian yang berbahaya bersama teman-temannya. Seiring berjalannya waktu, Percy akhirnya jatuh cinta dan mulai berpacaran dengan Annabeth Chase. Percy berusia 12-17 tahun seiring laju novel dan dideskripsikan mempunyai rupa sangat tampan dengan rambut hitam seperti ayahnya serta mata hijau laut. Latihan di perkemahan juga membuat tubuh Percy yang awalnya kurus menjadi atletis dan berotot. Awalnya disebutkan mempunyai tinggi badan yang rendah, di buku Dewa Olympia Terakhir, Percy menyebutkan dia "akhirnya lebih tinggi dari Annabeth". Dalam film, Percy diperankan oleh Logan Lerman.

Annabeth Chase[sunting | sunting sumber]

Annabeth Chase adalah putri dewi kecerdasan, kebijakan, dan strategi perang Yunani, Athena, hal ini memberikannya kecerdasan di atas rata-rata serta kemampuan memikirkan strategi dalam waktu singkat. Dia juga adalah sahabat dan pada akhirnya pacar Percy. Seperti anak-anak Athena lainnya, Annabeth lahir karena kontak batin antara Athena dengan ayahnya, Frederick Chase; Annabetha dalah "anak hasil pemikiran" dalam arti harfiah. Setelah lari dari rumah pada usia 7 tahun, Annabeth menjadi teman baik Luke Castellan dan Thalia Grace; karena inilah dia sangat terkejut dan syok saat mengetahui bahwa Luke adalah sekutu Kronos yang berupaya membangkitkan tuannya untuk menghancurkan Olympus. Annabeth mendampingi Percy dalam hampir setiap petualangannya. Dia dideskripsikan mempunyai tubuh atletis dan kulit kecokelatan serta rambut pirang; Percy menyebutkan Annabeth terlihat seperti "Gadis California" bila dia tidak mempunyai mata abu-abu seperti badai yang merusak pandangan tersebut. Dalam film, Annabeth diperankan oleh Alexandra Daddario.

Grover Underwood[sunting | sunting sumber]

Grover Underwood
Tokoh Percy Jackson & Dewa-Dewi Olympia dan The Heroes of Olympus
Penampilan pertama Pencuri Petir
Penampilan terakhir Gerha Hades
Pencipta Rick Riordan
Pemeran Brandon T. Jackson
Bjorn Yearwood (muda)
Spesies Satir
Jenis kelamin Laki-laki
Pekerjaan Ketua Dewan Berkuku Belah
Keluarga Ayah
(Nama tidak diketahui)
Nenek
(Nama tidak diketahui)
Ferdinand
(Paman)
Karakter terkait Juniper
Kewarganegaraan Amerika
Kemampuan Memainkan seruling/Mengeluarkan suara Pan
Senjata Seruling

Grover Underwood adalah teman satir Percy. Grover berusia 30 tahun, namun karena satir menua lebih lambat daripada manusia, dia masih kelihatan seusia Percy dan juga masih dianggap muda di antara satir lain. Seperti satir lain, Grover ditugaskan untuk merekrut demigod-demigod baru ke Perkemahan Blasteran; sejauh ini dia telah membawa enam: Luke, Annabeth, Thalia, Percy, Bianca, dan Nico. Grover membantu Percy dalam pencarian Petir Zeus, karena peran tersebut ia diberi izin pencarian dewa seluruh satir, Pan, yang sudah hilang selama ribuan tahun. Saat mencari Pan, Grover diculik oleh Polyphemus yang ingin menjadikannya "istrinya". Dia membentuk kontak batin dengan Percy yang membantunya mencari lokasi Grover dan akhirnya membebaskannya. Grover ikut petualangan Percy mencari Artemis pada buku Kutukan Bangsa Titan, di mana dia merasakan jiwa Pan. Para Dewan Berkuku Belah tidak percaya dengan klaim Grover dan mengancam mencabut ijin pencarian bila dia tidak dapat menemukan Pan dalam waktu seminggu. Saat ikut perjalanan Percy melalui Labirin di buku Pertempuran Labirin, Grover akhirnya menemukan Pan yang sekarat; Pan meminta Grover untuk menyampaikan pesannya kepada seluruh satir dan dryad sebelum dia mati. Ia akhirnya mendapatkan pengakuan dari para satir tua untuk bergabung dalam perang melawan Titan; Grover menjadi ketua dewan berkuku belah pada akhir buku Dewa Olympia Terakhir. Grover jarang muncul pada serial The Heroes of Olympus; dia muncul di buku Gerha Hades untuk menyampaikan pesan Annabeth kepada Reyna.

Grover dideskripsikan mempunyai rambut coklat keriting, mata coklat, kulit putih berjerawat, serta tanduk kecil, jenggot coklat, dan kaki satir coklat. Percy menyebutkan bahwa seiring berjalannya waktu, tanduk Grover mulai tumbuh makin lama makin panjang hingga ia tak bisa menyembunyikannya dalam rambutnya lagi. Dalam film, Grover diperankan oleh Brandon T. Jackson.

Luke Castellan[sunting | sunting sumber]

Luke Castellan
Tokoh Percy Jackson & Dewa-Dewi Olympia dan The Heroes of Olympus
Penampilan pertama Pencuri Petir
Penampilan terakhir Gerha Hades (hanya disebutkan)
Pencipta Rick Riordan
Pemeran Jake Abel
Spesies Demigod
Jenis kelamin Laki-laki
Pekerjaan Konselor Pondok Hermes
(Mantan)
Keluarga Hermes
(Ayah dewa)
May Castellan
(Ibu)
Kewarganegaraan Amerika
Kemampuan Kemampuan bertarung
Senjata Pedang "Backbiter"

Luke Castellan adalah putra dewa kurir, pelancong, dan pencuri Yunani, Hermes, serta mantan konselor kabinnya. Dia adalah salah satu antagonis utama pada serial Percy Jackson & Dewa-Dewi Olympia. Luke menjadi dirinya yang sekarang karena masa lalunya yang kelam: ibunya yang merupakan manusia fana yang dapat melihat menembus "Kabut", May, pernah mencoba menjadi Oracle Delphi, namun karena kutukan Hades membuatnya menjadi gila. Hermes sebagai dewa tak dapat berbuat banyak, namun Luke berpikir bahwa dia tak peduli pada nasib Luke dan May hingga ia lari dari rumah, pada akhirnya bertemu Thalia dan Annabeth. Mereka bertemu Grover dan segera ke Perkemahan Blasteran, walau dengan korban Thalia. Luke tetap membenci ayahnya pada waktu selanjutnya karena ia pernah menyuruhnya mencuri Apel Hesperides yang membuatnya mendapatkan luka besar. Pada buku Pencuri Petir, dengan memanipulasi Ares, Luke adalah dalang dari pencurian Petir Zeus. Di akhir buku, dia mengungkapkan pada Percy bahwa dia adalah agen Kronos dan berusaha membangkitkan tuannya untuk menghancurkan Olympus. Pada buku Lautan Monster, Luke mengkomando Kapal Princess Andromeda yang merekrut monster-monster dan demigod-demigod untuk pasukan Kronos dan juga menyetor sarkofagus Kronos. Dia berhadapan dengan Percy dan teman-temannya beberapa kali saat mereka sedang mencari Bulu Domba Emas. Luke dan pasukan Kronos lain menculik Annabeth dan Artemis pada buku Kutukan Bangsa Titan, di mana dia mencoba membujuk Annabeth untuk ikut dirinya, namun dia tak mau dan akhirnya harus berhadapan dengan Percy dan kelompoknya lagi; ia jatuh tapi dikonfirmasi belum mati. Di buku Pertempuran Labirin, Luke memimpin perjalanan mencari Benang Ariadne dari Daedalus. Ia juga mandi di Sungai Styx untuk dapat menampung jiwa Kronos pada dirinya. Luke yang terasuki Kronos memimpin penyerangan Manhattan di buku Dewa Olympia Terakhir. Saat bertarung dengan Percy, Annabeth, dan Grover di Olympus, ia dapat melawan jiwa Kronos dan mengorbankan dirinya dengan menusuk titik kelemahan Achilles-nya, sekaligus menjadi pahlawan yang disebutkan pada Ramalan Besar. Sebelum dia meninggal, dia minta maaf pada Annabeth serta berkata bahwa dewa minor seharusnya mendapat posisi setara dengan dewa Olympia.

Luke berusia 19-23 tahun pada serial Percy Jackson & Dewa-Dewi Olympia. Ia dideskripsikan memiliki rupa sangat tampan, dengan rambut pirang pasir, mata biru, dan tubuh berotot. Dia juga mempunyai bekas luka besar di mukanya karena insiden di Taman Hesperides. Luke sangat lihai dalam memegang pedang, disebutkan bahwa dia tak pernah kalah saat bertarung dengan Percy. Ia memegang pedang bernama Backbiter yang berlapis batu langit dan baja; itu dapat membunuh baik manusia fana, blasteran, maupun dewa sekalipun. Dalam film, karakternya diperankan oleh Jake Abel.

Tyson[sunting | sunting sumber]

Tyson
Tokoh Percy Jackson & Dewa-Dewi Olympia dan The Heroes of Olympus
Penampilan pertama Lautan Monster
Penampilan terakhir Tanda Athena
Pencipta Rick Riordan
Pemeran Douglas Smith
Spesies Cyclops
Jenis kelamin Laki-laki
Pekerjaan Pemimpin Pasukan Cyclops
Keluarga Poseidon
(Ayah dewa)
Roh alam
(Ibu; nama tidak diketahui)
Percy Jackson
(Saudara tiri)
Kewarganegaraan Amerika
Kemampuan Kekuatan fisik besar
Daya tahan besar
Senjata Pentungan

Tyson adalah cyclops muda putra dewa Poseidon, membuatnya menjadi saudara tiri Percy. Sebelum ke perkemahan, dia tinggal di kardus bekas di jalan, dan berteman dengan Percy di sekolah pada buku Lautan Monster. Setelah insiden dengan monster, ia dibawa ke perkemahan. Pengakuan Poseidon bahwa Tyson anaknya membuat Percy agak kesal karena ejekan temannya. Annabeth juga awalnya tidak mempercayai Tyson karena insidennya dulu sebelum sampai di perkemahan. Tyson ikut dalam pencarian Bulu Domba Emas bersama Percy dan Annabeth, dimana dia hampir mengorbankan nyawanya dua kali untuk keselamatan temannya; karena hal ini, Percy menjadi menghargai dan akhirnya menerima kenyataan bahwa Tyson memang saudara tirinya. Setelah pencarian selesai, Tyson direkrut oleh ayahnya untuk bekerja di Bengkel Para Cylops di Istana Poseidon yang terletak di bawah laut. Tyson hadir kembali pada buku Pertempuran Labirin, dimana dia ikut dalam perjalanan melalui Labirin bersama Percy, Annabeth, dan Grover; ia juga ikut pertempuran melawan pasukan Kronos di akhir buku. Dia sangat senang karena dapat bertemu dengan seorang Hekatonkhires, Briares. Pada buku Dewa Olympia Terakhir, Tyson ikut pertahanan Istana Poseidon melawan pasukan Oceanus; ia juga menyelamatkan Percy setelah Percy tenggelam karena misi penyelundupan di kapal Putri Andromeda. Di akhir buku, Tyson dipromosikan menjadi Pemimpin Pasukan Cyclops. Di buku Putra Neptune, Tyson mencoba untuk mencari Percy yang hilang bersama Mrs. O'Leary, ia dihubungi untuk menemui Percy di Perkemahan Jupiter. Tyson juga memulai hubungan dengan seorang harpy bernama Ella. Setelah diskusi Percy dan blasteran lain tentang perang antara Perkemahan Blasteran dan Jupiter, Tyson kembali ke Perkemahan Blasteran untuk ikut dalam pertahanan.

Sebagai cyclops, Tyson memiliki tubuh yang besar dan bermata satu. Percy juga melihat bahwa Tyson dapat mengambil wujud lebih besar lagi saat bertarung. Dengan tubuh tersebut, Tyson sangatlah kuat secara fisik; dia dapat menerima serangan yang paling mematikan sekalipun. Dalam film, Tyson diperankan oleh Douglas Smith.

Thalia Grace[sunting | sunting sumber]

Thalia Grace
Tokoh Percy Jackson & Dewa-Dewi Olympia dan The Heroes of Olympus
Penampilan pertama Pencuri Petir (hanya disebutkan)
Penampilan terakhir Gerha Hades (hanya disebutkan)
Pencipta Rick Riordan
Pemeran Paloma Kwiatkowsi
Katelyn Mager (muda)
Spesies Demigod
Jenis kelamin Perempuan
Pekerjaan Letnan Pemburu Artemis
Keluarga Zeus
(Ayah dewa)
Ibu
(Nama tidak diketahui)
Jason Grace
(Adik)
Kewarganegaraan Amerika
Kemampuan Elektrokinesis
Kemampuan bertarung
Senjata Tombak
Perisai "Aegis"

Thalia Grace adalah putri dewa petir dan langit serta Raja di antara dewa lainnya, Zeus. Dia juga adalah kakak kandung Jason Grace,[1] walau mereka lahir dari aspek Zeus yang berbeda; Thalia lahir dari aspek Yunani, sementara Jason dari Romawi. Karena Thalia lebih tua dari Percy, ini berarti bahwa Zeus adalah dewa Tiga Besar pertama yang melanggar sumpah untuk tidak mempunyai blasteran lagi, bukan Poseidon. Masa lalu Thalia diungkap pada serial The Heroes of Olympus: Thalia, yang selalu ingin lari dari rumah karena ibunya yang kasar, menunda-nunda karena dia tidak mempercayai ibunya mengurus adiknya, Jason. Saat Thalia berusia 10 tahun, tanpa sepengetahuannya, ibu Thalia mempersembahkan Jason yang masih berusia 3 tahun kepada Hera. Hal ini sudah cukup bagi Thalia untuk lari dari rumah untuk nantinya bertemu Luke dan pada akhirnya Annabeth. Saat berusia 13 tahun, Thalia dan kedua temannya akhirnya bertemu Grover yang memandu mereka ke Perkemahan Blasteran, namun Thalia mengorbankan dirinya untuk menahan para monster hingga ia sekarat; Zeus merasa kasihan dan mengubahnya menjadi pohon ek untuk melindungi Perkemahan Blasteran. Pada buku Lautan Monster yang terjadi 8 tahun kemudian, pohon Thalia dilukai oleh Luke, menyebabkan pencarian Bulu Domba Emas. Saat pohon disembuhkan, Thalia juga ikut hidup kembali, menambahkan satu pion pada Ramalan Besar. Di buku Kutukan Bangsa Titan, Thalia ikut dalam ekspedisi penyelamatan Annabeth dan Artemis bersama Percy. Karena dia akan beranjak usia 16 tahun (tepat seperti di Ramalan Besar), Thalia akhirnya memutuskan untuk ikut Pemburu Artemis supaya dia menjadi abadi dan tetap berusia 15 tahun di akhir buku. Karenanya, Thalia jarang muncul di buku selanjutnya; dia bersama Pemburu Artemis lain ikut dalam pertahanan Olympus pada buku Dewa Olympia Terakhir. Ia juga muncul di buku Pahlawan Yang Hilang untuk menyelamatkan adiknya, Jason, beserta Piper dan Leo dari serangan Lycaon.

Thalia dideskripsikan mempunyai rambut hitam runcing, riasan gelap, dan pakaian "punk". Sebagai putri Zeus, Thalia memiliki mata biru elektrik. Ia juga memiliki kemampuan spesifik sebagai blasteran Zeus, seperti dapat melancarkan petir. Thalia mengenakan gelang perak yang dapat berubah menjadi perisai bernama "Aegis"; perisai ini memiliki wajah Medusa yang konon membuat banyak orang lari ketakutan melihatnya. Dia juga membawa tombak yang berada di dalam tongkat. Walau Zeus adalah dewa langit, Thalia mempunyai fobia ketinggian. Menurut Annabeth, perilaku Thalia sangatlah mirip dengan Percy. Dalam film, Thalia diperankan oleh Paloma Kwiatkowsi.

Nico di Angelo[sunting | sunting sumber]

Nico di Angelo
Tokoh Percy Jackson & Dewa-Dewi Olympia dan The Heroes of Olympus
Penampilan pertama Kutukan Bangsa Titan
Penampilan terakhir Gerha Hades
Pencipta Rick Riordan
Panggilan Anak Zombi
(Oleh Percy)
Spesies Demigod
Jenis kelamin Laki-laki
Keluarga Hades
(Ayah dewa)
Maria di Angelo
(Ibu)
Bianca di Angelo
(Kakak)
Hazel Levesque
(Saudara tiri)
Kewarganegaraan Italia
Kemampuan Umbrakinesis
Nekromansi
Kemampuan bertarung
Senjata Pedang Stygian

Nico di Angelo adalah putra dewa kematian dan harta Yunani, Hades. Walau Nico adalah anak Tiga Besar, ia dan kakaknya, Bianca, lahir pada tahun 1930-an sebelum Perang Dunia II, tidak seperti Percy dan Thalia; ini berarti Hades menjadi satu-satunya dewa Tiga Besar yang tidak melanggar janji untuk tidak mempunyai anak lagi. Saat Nico 10 tahun, ibunya, Maria, tewas oleh Zeus yang marah karena Hades menyembunyikan anak-anaknya. Hades kemudian mengirim seorang Erinyes, Alecto, untuk membawa Nico dan Bianca ke Kasino Teratai dimana waktu berjalan sangat cepat. Setelah sebulan di kasino yang sama dengan lebih dari 70 tahun di dunia luar, Nico dan Bianca dibawa keluar oleh Alecto untuk masuk ke sebuah sekolah pada buku Kutukan Bangsa Titan. Mereka berdua direkrut oleh Percy, Annabeth, Thalia, dan Grover untuk menuju Perkemahan Blasteran. Selama belum diklaim, Nico berada di pondok Hermes sementara Bianca ikut Pemburu Artemis serta perjalanan menyelamatkan Annabeth dan Artemis. Namun Bianca tewas pada perjalanan, dan saat Percy membawakan kabarnya pada Nico, dia marah karena Percy tidak melindungi kakaknya dan memanggil pasukan kerangka sementara dia hilang tertelan bumi; disinilah Percy mengetahui bahwa Nico dan Bianca adalah anak-anak Hades.

Di buku Pertempuran Labirin, Nico berusaha untuk mencari cara menghidupkan Bianca kembali; dengan saran teman "hantunya" (Raja Minos), Nico diberitahu bahwa butuh satu jiwa untuk menghidupkan satu jiwa. Nico bertemu dengan Percy dan kawannya beberapa kali dalam buku dimana dia masih marah, namun lambat laun dia melembut dan akhirnya menjadi teman Percy di akhir buku. Dia juga mengurungkan niatnya menghidupkan Bianca karena Bianca sendiri tidak ingin dihidupkan kembali. Nico memberitahu Percy tentang Kutukan Achilles dari Sungai Styx untuk melawan pasukan Kronos pada buku Dewa Olympia Terakhir; kutukan tersebut akan memberikan kekebalan dengan satu titik lemah. Dia juga membujuk ayahnya, Hades, yang awalnya tidak mau ikut campur dalam pertempuran, untuk ikut melindungi Olympus dari Kronos. Pada akhir buku, para pekemah membangun pondok untuk anak-anak Hades di perkemahan, namun karena masih ada kesenjangan dengan pekemah lain, Nico tidak tinggal disana. Di buku Putra Neptunus, Nico muncul di Perkemahan Jupiter; dia pura-pura tidak mengenal Percy yang terkena amnesia disana. Dia terjebak di Tartarus saat mencari Pintu Ajal dan kemudian diculik dan dimasukkan ke dalam guci oleh pasukan Gaea; Percy dan teman-temannya membebaskannya pada akhir buku Tanda Athena. Saat Percy dan Annabeth jatuh ke Tartarus, Nico diberitahu Percy untuk menemui mereka di Gerha Hades. Mereka bertemu dengan dewa Cupid dalam perjalanan dimana, dengan paksaan, Cupid membuat Nico mengakui bahwa dia mempunyai perasaan romantis terhadap Percy. Di akhir Gerha Hades, Nico menemani Reyna dan Pelatih Hedge mengantarkan Athena Parthenos ke Perkemahan Blasteran

Nico dideskripsikan mempunyai rambut hitam pekat, mata hitam seperti Hades, dan kulit zaitun yang memucat seiring jalannya serial. Sejak dia terjebak di Tartarus, Nico menjadi sangat kurus dan kulitnya hampir menghijau. Dia umumnya senang berpakaian serba hitam; ia biasanya memakai jaket penerbang coklat serta celana dan sepatu hitam. Nico juga mengenakan cincin tengkorak di tangannya. Ia mempunyai pedang Stygian yang dapat menyerap esensi monster yang dibunuhnya. Sebagai putra Hades yang adalah salah satu Tiga Besar, Nico punya banyak kemampuan, terutama yang berkaitan dengan kematian: dia dapat berkomunikasi dengan arwah dan memanggil pasukan tengkorak. Dia juga dapat menggunakan transportasi "jalan bayangan" melalui kegelapan.

Jason Grace[sunting | sunting sumber]

Jason Grace
Tokoh The Heroes of Olympus
Penampilan pertama Pahlawan Yang Hilang
Penampilan terakhir Gerha Hades
Pencipta Rick Riordan
Spesies Demigod
Jenis kelamin Laki-laki
Pekerjaan Praetor Perkemahan Jupiter
(Mantan)
Keluarga Jupiter
(Ayah dewa)
Beryl Grace
(Ibu)
Thalia Grace
(Kakak)
Karakter terkait Piper McLean
Kewarganegaraan Amerika
Kemampuan Atmokinesis
Elektrokinesis
Menguasa monster langit
Kemampuan bertarung
Senjata Pedang/Tombak dalam koin
Gladius

Jason Grace adalah tokoh protagonis utama dalam serial The Heroes of Olympus.[1] Dia adalah putra dewa langit dan petir Romawi, Jupiter. Jason juga adalah adik kandung Thalia Grace, putri dari aspek Romawi Jupiter, Zeus. Ibu Jason dan Thalia, yang merupakan mantan bintang tahun 80-an, sangat kasar kepada mereka berdua. Saat Jason berusia 3 tahun, ibunya mempersembahkan Jason kepada Hera untuk dibawa ke Perkemahan Jupiter. Disana, Jason menjadi praetor bersama Reyna dan memimpin penyerangan markas Titan di Gunung Orthys, bertepatan dengan pertempuran di Manhattan saat usianya 15 tahun. Beberapa bulan kemudian, Jason dan Percy ditukar oleh Hera; Jason berada di bus sekolah bersama Piper McLean dan Leo Valdez. Mereka direkrut ke Perkemahan Blasteran, dimana Jason dikonfirmasi sebagai putra Zeus. Jason, ditemani Piper dan Leo, mengadakan misi penyelamatan Hera yang diculik oleh raksasa Porphyrion; seiring berjalannya waktu, Jason jatuh cinta dan akhirnya berpacaran dengan Piper. Di akhir buku, Jason mengetahui bahwa dia sebenarnya berasal dari Perkemahan Jupiter dan, dengan kapal Argo II, bergegas kesana untuk mendiskusikan tentang penyerangan pasukan Gaea serta perang antara Perkemahan Blasteran dengan Jupiter. Setelah beberapa waktu dengan konflik tentang identitasnya sebagai demigod, Jason akhirnya memilih untuk menjadi bagian Yunani dihadapan Notus, dewa angin selatan, di Gerha Hades. Di akhir Darah Olympus, Jason menetap bersama Piper di Perkemahan Blasteran, namun akan keluar setiap beberapa waktu untuk mengunjungi Perkemahan Jupiter.

Dalam buku, Jason dideskripsikan mempunyai rupa sangat tampan, dengan rambut pirang keemasan yang dipotong, mata biru langit, dan tubuh atletis. Dia juga termasuk cukup tinggi, melebihi teman-teman blasterannya. Jason memiliki tato "SPQR" di lengan bawahnya, seperti pekemah Jupiter lainnya. Walau awalnya dia tidak menggunakan, diungkapkan bahwa Jason akan mulai menggunakan kacamata di akhir Darah Olympus. Dia ahli dalam menggunakan pedang dan tombak; keduanya disegel dalam koin yang bertuliskan IVLIVS (Julius) dan gambar kapak di satu sisi serta gambar Julius Caesar di sisi lainnya. Setelah koinnya hancur, dia beralih menggunakan gladius. Sebagai putra Jupiter, Jason memiliki kemampuan yang berhubungan dengan langit dan petir: dia dapat mengendalikan cuaca dan angin serta melancarkan petir, seperti kakaknya. Jason juga dapat mengendalikan monster langit serta membuat dirinya terbang, kekuatan yang tidak dimiliki Thalia karena fobianya terhadap ketinggian.

Leo Valdez[sunting | sunting sumber]

Leo Valdez
Tokoh The Heroes of Olympus
Penampilan pertama Pahlawan Yang Hilang
Penampilan terakhir Darah Olympus
Pencipta Rick Riordan
Spesies Demigod
Jenis kelamin Laki-laki
Keluarga Hephaestus
(Ayah dewa)
Esperanza Valdez
(Ibu)
Sammy Valdez
(Kakek buyut)
Kewarganegaraan Amerika
Kemampuan Pyrokinesis
Ahli mesin
Kemampuan bertarung
Senjata Kotak peralatan ajaib

Leo Valdez adalah putra dewa ahli mesin, tukang besi, dan api Yunani, Hephaestus.[1] Secara bertepatan, ibu Leo, Esperanza, juga adalah seorang ahli mesin, membuat Leo memiliki keahlian dengan mesin sejak dirinya masih kecil. Saat Leo masih kecil, ia ingat pernah bertemu dengan seorang wanita bernama Tia Callida yang mengasuh dan mengajaknya bermain; ia akhirnya sadar bahwa "Tia Callida" sebenarnya adalah dewi Hera. Suatu hari, Leo bertemu dengan seorang wanita mirip Tia, namun tidur dan mengenakan gaun coklat; wanita ini sebenarnya adalah nenek Hera, Gaea. Gaea menipu Leo untuk menggunakan kekuatan apinya untuk membakar rumahnya dan membunuh Esperanza. Pada buku Pahlawan Yang Hilang, Leo berada di bis sekolah bersama dengan Jason dan Piper; Leo mengklaim bahwa dia adalah sahabat Jason, meskipun mereka belum pernah bertemu sebelumnya. Dia direkrut di perkemahan dan diklaim Hephaestus. Bersama Jason dan Piper, Leo ikut dalam misi penyelamatan Hera dan ayah Piper, Tristan. Setelah mereka mengetahui adanya Perkemahan Jupiter dimana Jason berasal, Leo membuat kapal perang Argo II untuk perjalanan mereka ke perkemahan untuk mendiskusikan tentang penyerangan pasukan Gaea. Di buku Tanda Athena, saat Leo pertama kali bertemu Hazel Levesque, Hazel mengatakan bahwa wajahnya sangat familiar; ini terungkap karena pacar Hazel sebelum dia pertama mati adalah Sammy Valdez, kakek buyut Leo. Dia diberikan kue keberuntungan saat bertemu dewi Nemesis, dimana ia menawarkan keselamatan dua temannya dengan korban dua lain. Dua teman yang diselamatkan ternyata adalah Frank dan Hazel, namun yang "mati" adalah Percy dan Annabeth, yang jatuh ke Tartarus. Di buku Gerha Hades, saat Argo II meledak, Leo terlempar ke pulau Ogygia dan bertemu Calypso. Awalnya, mereka berdua saling benci satu sama lain, namun lambat laun mereka menjadi teman dan akhirnya jatuh cinta. Walau ia akhirnya harus pergi dari pulau, Leo bersiasat untuk kembali untuk Calyso dengan menggunakan astrolab dengan kristal yang ia temukan di Ogygia. Di akhir Darah Olympus, Leo mengorbankan dirinya untuk membuat Gaea tidur kembali, namun dapat hidup kembali dengan naga mekaniknya, Festus, untuk mengunjungi Ogygia, dimana Leo dan Calypso pergi bersama ke tujuan tak menentu.

Leo dideskripsikan seperti "Kurcaci Santa Latin"; dia mempunyai rambut hitam keriting, mata hitam gelap "liar", telinga runcing, muka yang ceria, dan senyum nakal. Dia memiliki tinggi biasa dan cenderung kurus dibanding teman laki-laki lainnya. Sebagai anak Hephaestus, Leo memiliki keahlian dalam hal-hal mesin; dia dapat mengerjakan kapal Argo II yang digunakan untuk perjalanan tujuh blasteran. Leo juga mempunyai pengendalian api; hal ini agak membuat kekhawatiran karena anak Hephaestus terakhir yang memiliki kekuatan ini menyebabkan tragedi Kebaran Besar London. Leo juga mempunyai sebuah kotak peralatan ajaib yang ia temukan dekat pondok Hephaestus. Kotak tersebut dapat mengeluarkan benda apa saja, asal bukan yang mengandung unsur sihir.

Piper McLean[sunting | sunting sumber]

Piper McLean
Tokoh The Heroes of Olympus
Penampilan pertama Pahlawan Yang Hilang
Penampilan terakhir Darah Olympus
Pencipta Rick Riordan
Spesies Demigod
Jenis kelamin Perempuan
Pekerjaan Konselor Pondok Aphrodite
Keluarga Aphrodite
(Ibu dewa)
Tristan McLean
(Ayah)
Karakter terkait Jason Grace
Kewarganegaraan Amerika
Kemampuan Charmspeak
Kemampuan bertarung
Senjata Pisau "Katoptris"

Piper McLean adalah putri dewi kecantikan dan cinta Yunani, Aphrodite, dan seorang aktor Cherokee terkenal, Tristan McLean.[1] Karena ayah Piper bekerja sangat sibuk, dia jarang bertemu dengan Piper, membuat hubungan mereka agak renggang. Pada buku Pahlawan Yang Hilang, Piper adalah orang pertama yang dilihat Jason di bus sekolah dalam wisata; Piper mengklaim sebagai pacar Jason, walau dia sebenarnya bukan. Dia kemudian direkrut di Perkemahan Blasteran dan diklaim sebagai anak Aphrodite. Piper menghalau penggertakan dari konselor kabinnya, Drew Tanaka, dan akhirnya menantang Drew pada posisinya; ia pada akhirnya berhasil mengambil posisi Drew sebagai konselor. Saat ayah Piper, Tristan diculik oleh pasukan Gaea, Piper ikut bersama Jason dan Leo dalam misi penyelamatan ayahnya dan juga Hera. Dalam perjalanan, hubungan antara Piper dan Jason yang sebelumnya palsu menjadi benar dan mereka mulai berpacaran. Pada akhir buku, Piper ikut perjalanan di Argo II bersama Jason, Leo, dan Annabeth menuju Perkemahan Jupiter untuk mendiskusikan langkah mereka berikutnya terhadap serangan pasukan Gaea. Saat perang dengan Gaea, Piper dapat menggunakan kemampuan Charmspeaknya untuk menidurkan Gaea (bersama dengan pengorbanan Leo) dan sekaligus memenangkan perang. Di akhir serial, Piper menetap bersama dengan Jason di Perkemahan Blasteran.

Piper berusia 15-16 tahun seiring serial novel. Sebagai putri Aphrodite, Piper sangatlah cantik; dia dideskripsikan memiliki rambut coklat tidak rata, warna mata yang selalu berubah, tubuh ramping, dan tinggi normal. Dia juga memiliki darah Cherokee (orang Amerika Indian) melalui ayahnya. Tidak seperti anak Aphrodite lainnya, Piper memiliki sifat tomboi dan tidak suka kecantikan berlebihan serta "perubahan total" penampilannya yang dilakukan ibunya. Ia memegang pisau bernama "Katoptris" yang dulunya dimiliki Helen of Troy; Katropis dapat mencerminkan peristiwa yang akan datang, tapi Piper agak frustasi karena Katropis kadang mencerminkannya tidak pada waktunya. Piper memiliki kemampuan yang jarang dimiliki anak-anak Aphrodite: dia dapat melakukan Charmspeak, yaitu menghasut orang-orang disekitarnya untuk melakukan apa yang dia mau. Kemampuan ini hampir selalu menjerumuskan Piper ke kesialan pada masa lalu: saat dia secara tidak sengaja mencuri mobil BMW seseorang dan dicap berandalan.

Hazel Levesque[sunting | sunting sumber]

Hazel Levesque
Tokoh The Heroes of Olympus
Penampilan pertama Pahlawan Yang Hilang (hanya disebutkan)
Penampilan terakhir Darah Olympus
Pencipta Rick Riordan
Spesies Demigod
Jenis kelamin Perempuan
Keluarga Pluto
(Ayah dewa)
Marie Levesque
(Ibu)
Nico di Angelo
(Saudara tiri)
Bianca di Angelo
(Saudara tiri)
Karakter terkait Frank Zhang
Kewarganegaraan Amerika
Kemampuan Geokinesis
Nekromansi
Kemampuan bertarung
Senjata Spatha

Hazel Levesque adalah putri dewa kematian dan kekayaan Romawi, Pluto. Karenanya, dia adalah saudara tiri dari Nico dan Bianca di Angelo, keduanya anak-anak aspek Yunani Pluto, Hades. Seperti mereka berdua, Hazel lahir sebelum Perang Dunia II; pada tahun 1920-an. Ibu Hazel, Ratu Marie, adalah dukun yang tinggal di New Orleans. Marie memanggil Pluto dalam suatu pemanggilan arwah dan mempunyai anak dengannya. Karena mereka miskin, Marie memaksa Hazel untuk mengeluarkan batu-batu berharga sebagai kekuatan Pluto, namun batu tersebut dikutuk dan menyebabkan nasib buruk pada pengambilnya. Marie dan Hazel pindah ke Alaska berkat tipuan Gaea walau Pluto sudah memperingatkan. Tanpa perlindungan para dewa, Hazel ditipu membangkitkan Giant Alcyoneus. Marie akhirnya mencapai kesadaran dan mencoba mengobankan dirinya untuk Hazel, tapi Hazel memilih untuk ikut mati dengan Marie dengan cara mengubur diri mereka. Di dunia bawah, Hazel menolak masuk Elysium untuk menyelamatkan ibunya dari Padang Hukuman dan mereka berdua bekelana di Padang Ashpodel selama bepuluh-puluh tahun tanpa pernah bertemu lagi. Hazel bertemu dengan saudara tirinya, Nico, yang sedang mencari arwah kakanya, Bianca. Nico kemudian menyelamatkan Hazel kembali ke dunia atas dan menuju ke Perkemahan Jupiter. Di sana, Hazel memulai hubungan dengan Frank Zhang dan berteman dengan Percy saat dia ditukar masuk ke sana. Hazel juga mendampingi Percy dan Frank membebaskan Thanatos dan melawan Alcyoneus di Alaska. Setelah berhasil, mereka ditemui dengan Argo II untuk memulai perjalanan menghentikan pasukan Gaea. Saat bertemu Leo Valdez, Hazel berpikir bahwa wajahnya familiar; ini terungkap karena kakek buyut Leo, Sammy, adalah mantan pacar Hazel sebelum dia pindah ke Alaska dulu. Di akhir serial The Heroes of Olympus, Hazel kembali hidup di Perkemahan Jupiter bersama Frank.

Hazel berusia 13 tahun sebelum dia mati dan hidup kembali. Dia adalah gadis Afrika-Amerika dengan kulit coklat gelap, rambut cinammon keriting, dan mata hazel seperti emas 15 karat. Dia juga punya tato SPQR dengan satu garis seperti blasteran Perkemahan Jupiter lainnya. Leo dan Frank menganggap bahwa Hazel sangat cantik, sementara Percy mengatakan bahwa Hazel sangat mirip dengan ibunya, Marie, dan mereka berdua terlihat "menawan". Sebagai putri Pluto, Hazel dapat merasakan dan mendengarkan orang mati, seperti Nico. Dia juga dapat memanggil batu-batu berharga karena Pluto adalah dewa kekayaan, namun batu tersebut mengutuk orang yang mengambilnya tanpa izin Hazel atau Pluto. Di Gerha Hades, Hazel juga mulai dapat mengendalikan "Kabut"; dikatakan bahwa dia dapat ahli menggunakannya karena ibunya, Marie, yang memang mempunyai kemampuan sihir.

Frank Zhang[sunting | sunting sumber]

Frank Zhang
Tokoh The Heroes of Olympus
Penampilan pertama Putra Neptunus
Penampilan terakhir Darah Olympus
Pencipta Rick Riordan
Spesies Demigod
Jenis kelamin Laki-laki
Pekerjaan Praetor Perkemahan Jupiter
Keluarga Mars
(Ayah dewa)
Emily Zhang
(Ibu)
Nenek
(Nama tidak diketahui)
Shen Lun
(Kakek buyut)
Periclymenus
(Leluhur)
Karakter terkait Hazel Levesque
Kewarganegaraan Kanada
Kemampuan Pengubah wujud
Nekromansi
Kemampuan bertarung
Senjata Busur dan panah
Tombak

Frank Zhang adalah putra dewa perang Romawi, Mars. Dari keluarga ibunya, Zhang, dia juga adalah keturunan dari Periclymenus, anak Poseidon yang pengubah wujud; ini berarti Frank masih berkerabat dengan Percy. Ibu Frank, Emily, juga seorang pengubah wujud, namun dia meninggal dalam perang di Afghanistan, meninggalkan Frank dalam asuhan neneknya. Frank mewarisi kekuatan pengubah wujud dan juga dari Mars; karena ini membuat dia sangat kuat, para Moirai menetapkan bahwa nyawa Frank akan divisualisasikan pada sebuah batang kayu. Bila batang kayu tersebut habis terbakar, maka Frank akan mati. Frank telah menggunakan batang tersebut dua kali: saat dia kedinginan saat mencoba mencari Perkemahan Jupiter dan saat perjalanannya bersama Percy dan Hazel membebaskan Thanatos. Frank tiba di Perkemahan Jupiter sebulan setelah Jason hilang dan ditukar dengan Percy. Dia diberitahu neneknya untuk mengatakan kepada praetor perkemahan bahwa dia adalah cicit Shen Lun. Saat dia memberitahunya pada Reyna, Reyna berkata dia tidak akan menyalahkan Frank karena urusan leluhurnya, tapi para pekemah lain mungkin kurang dapat menerimanya karena hal tersebut. Saat Percy datang ke perkemahan, Frank, yang masih belum diklaim, adalah orang pertama yang menjadi temannya. Frank diklaim oleh Mars bertepatan saat ia memberitahu misinya untuk membebaskan Thanatos di Alaska bersama Percy dan Hazel. Saat bertarung dengan Gigant Alcyoneus, Frank berubah wujud dan mengumpan Alcyoneus keluar menuju Kanada untuk membunuhnya. Di akhir buku Putra Neptunus, kapal Argo II datang di perkemahan Jupiter dan Frank bersama Percy dan Hazel masuk untuk berdiskusi tentang pasukan Gaia, serta untuk mengadakan perjalanan ke Eropa. Frank juga mulai berpacaran dengan Hazel; dia cemburu saat Hazel mengenali Leo sebagai cicit mantan pacarnya, Sammy, namun Leo menjamin bahwa dia tidak punya perasaan terhadap Hazel. Frank dipromosikan sebagai praetor oleh Jason di Gerha Hades, dan di akhir The Heroes of Olympus, ia kembali ke Perkemahan Jupiter bersama Hazel dan Reyna.

Frank berusia 16 tahun pada serial The Heroes of Olympus. Dia memiliki darah Kanada dan Cina karena keturunan Periclymenus pernah dijual di Cina sebagai budak dan mereka pindah ke Kanada berpuluh-puluh generasi kemudian. Dia dideskripsikan memiliki muka gemuk seperti bayi serta rambut yang digaya militer, kedua-duanya tampak tidak cocok dengan tubuhnya yang berotot. Setelah dia menjadi legionnaire dan centurion, dia mendapatkan tato SPQR di lengannya. Saat Frank mendapat Pemberkatan Mars di The House of Hades, Frank menjadi lebih tinggi, mukanya lebih tampan, ia kehilangan sebagian besar lemak di tubuhnya, serta lebih berotot. Frank ahli dalam menggunakan busur dan panah. Karena hal ini ia awalnya mengira dia putra Apollo, namun setelah diklaim oleh Mars dia beralih menggunakan tombak. Sebagai putra Mars, Frank sangat mahir dalam bertarung dan dengan tubuh besarnya dapat menghalau sebagian besar musuh. Dia juga dapat memanggil pasukan tengkorak. Frank juga dapat berubah wujud, mulai menjadi beruang hingga naga, sebagai keturunan Periclymenus.

Reyna Avila Ramírez-Arellano[sunting | sunting sumber]

Reyna Avila Ramírez-Arellano
Tokoh The Heroes of Olympus
Penampilan pertama The Lost Hero (hanya disebutkan)
Penampilan terakhir Darah Olympus
Pencipta Rick Riordan
Spesies Demigod
Jenis kelamin Perempuan
Pekerjaan Praetor Perkemahan Jupiter
Keluarga Bellona
(Ibu dewa)Julian Ramírez-Arellano
(Ayah)
Hylla Ramĺrez-Arellano
(kakak)
Kewarganegaraan Puerto Riko
Kemampuan Daya tahan tinggi
Indra tajam
Kemampuan bertarung
Senjata Tombak Emas Imperial
Pisau Belati Emas Imperial
Dua automaton, "Aurum" dan "Argentum"

Reyna Avila Ramírez-Arellano adalah putri dewi perang Romawi, Bellona. Dia adalah praetor Perkemahan Jupiter bersama Jason. Setelah Jason menghilang dia menjadi praetor satu-satunya hingga Jason menyerahkan posisinya pada Frank. Reyna bersama kakaknya, Hylla, dulunya bekerja di C.C. Spa & Resort dibawah seorang penyihir bernama Circe yang Percy dan teman-temannya pernah temui di buku Lautan Monster; mereka bahkan adalah pelayan Circe yang mengurus Annabeth disana. Namun saat Annabeth tak sengaja membebaskan Blackbeard dan bajak laut lainnya, Reyna dan Hylla diculik dan dipaksa bekerja untuk para bajak laut hingga mereka berhasil kabur dan berpisah jalan. Reyna menemukan jalan ke Rumah Serigala di Sonoma dan bertemu Lupa, dimana dia kemudian menjadi legiuner dan akhirnya praetor Perkemahan Jupiter. Reyna pertama disebutkan saat Jason mulai mengingat hidup lamanya. Karena ingatan tentang Reyna, dia menjadi kurang yakin berpacaran dengan Piper, namun dia nanti mengetahui bahwa dia dan Reyna tak pernah berhubungan sama sekali; walaupun begitu, Reyna merasa kecewa saat ia mengetahui hubungan Jason dan Piper. Reyna menyambut Percy saat dia datang dan setelah Mars memberikan misi pembebasan Thanatos pada Frank, Reyna membolehkan dia bersama Frank dan Hazel menaiki kapal perkemahan. Dia juga memberikan Percy cincinnya bila dia bertemu dengan saudaranya, Hylla, yang sekarang menjadi Ratu para Amazon. Di buku Tanda Athena, Reyna memandu Annabeth berkeliling Roma Baru, namun kepercayaanya terhadap para pekemah Yunani menjadi renggang saat Leo, yang dirasuki Eidolon, mengebomkan kapal pekemah Jupiter. Dia bertemu Annabeth untuk memberitahunya supaya menghadapi pengadilan, namun saat Annabeth menolak, Reyna melepaskannya. Di buku Gerha Hades, Reyna mendapat pesan dari Annabeth melalui Rachel dan Grover untuk mengirimkan patung Athena Parthenos kembali ke Perkemahan Blasteran bersama dengan Nico dan Gleeson Hedge. Di perjalanan, mereka berhadapan dengan banyak rintangan, termasuk Orion, raksasa pemburu yang dikirim untuk mengejar mereka. Reyna mendapat gelar "Sahabat Kuda" oleh Pegasus karena pertemanannya dengan pegasusnya yang mati, Scipio, dan berhasil meyakinkan kedua perkemahan untuk berhadapan dengan Gaea bersama. Di akhir Darah Olympus, Reyna kembali hidup di Perkemahan Jupiter sebagai praetor.

Reyna dideskripsikan mempunyai mata hitam yang menusuk, rambut berkilau yang dikepang. Dia juga punya tato SPQR di lengannya serta memakai jubah ungu praetor Perkemahan Jupiter. Sebagai putri Bellona, Reyna sangat lihai dalam bertarung, terutama dengan pisau belati dan tombaknya.

Blasteran[sunting | sunting sumber]

  • Alabaster C. Torrington - Putra Hecate. Dia muncul di The Demigod Files, dimana karena Hecate bepihak pada Kronos, dia juga ikut dalam pasukan Kronos.
  • Austin - Putra Apollo. Dia bersama Kayla membuat jebakan untuk pasukan Kronos di Dewa Olympia Terakhir.
  • Bianca di Angelo - Putri Hades dan kakak Nico. Bianca dan Nico adalah anak-anak Maria di Angelo yang dibunuh oleh Zeus. Ingatan mereka berdua dihapus dan mereka dimasukkan ke Kasino Teratai selama hampir 70 tahun. Di buku Kutukan Bangsa Titan, Bianca dikeluarkan untuk masuk sekolah sebelum direkrut ke perkemahan. Bianca, yang ingin lepas dari Nico, bergabung dengan Pemburu Artemis dan ikut misi penyelamatan Artemis dan Annabeth. Namun di Tempat Rongsokan Dewa, Bianca mengambil sebuah mainan untuk Nico yang membuat satu automaton menyala. Dia mengorbankan dirinya untuk menghentikan automaton tersebut. Arwah Bianca dipanggil Nico di Pertempuran Labirin, dimana dia meyakinkan Nico yang masih marah untuk tidak menyalahkan Percy dan bahwa kematiannya adalah akibat perbuatannya sendiri. Di serial The Heroes of Olympus, Bianca, yang masuk Padang Ashpodel, dikatakan sudah memilih untuk reinkarnasi.
  • Bobby - Legiuner perkemahan Jupiter.
  • Butch Walker - Putra dan konselor pondok Iris. Dia bersama Annabeth meminjam kereta perang pondok Apollo dari Will Solace.
  • Castor dan Pollux - Dua putra Dionysus. Mereka adalah blasteran satu-satunya Dionysus. Di akhir Pertempuran Labirin, Castor tewas dalam pertarungan dengan pasukan Kronos, membuat Pollux menjadi konselor pondok Dionysus. Di Dewa Olympia Terakhir, Dionysus membuat Percy berjanji bahwa dia akan menjaga agar Pollux tetap hidup dalam pertempuran Manhattan.
  • Cecil - Putra Hermes. Dia bersama Lou Ellen dan Will membantu Nico menyabotase onager milik Perkemahan Jupiter.
  • Charles Beckendorf - Putra dan konselor pondok Hephaestus. Dia ahli dalam mesin karena Hephaestus adalah dewa tukang besi. Dia punya hubungan dengan Silena Beauregard dan akhirnya berpacaran dengannya di antara Pertempuran Labirin dan Dewa Olympia Terakhir. Di Dewa Olympia Terakhir, dia dan Percy menyelundup ke dalam kapal Princess Andromeda, namun setelah ketahuan, Beckendorf mengorbankan dirinya untuk meledakkan kapal sementara Percy kabur. Di dunia bawah, Beckendorf masuk Elysium untuk menunggu "seseorang"; ini terungkap sebagai Silena.
  • Chris Rodriguez - Putra Hermes. Chris awalnya berpihak pada Kronos bersama dengan saudara tirinya, Luke, namun di Pertempuran Labirin, dia disuruh menjelajahi Labirin dan menjadi gila. Dia ditemukan Clarisse dekat rumahnya dan dirawat. Setelah Dionysus kembali ke perkemahan, dia menyembuhkan Chris dari kegilaannya. Chris menjadi pacar Clarisse sejak saat itu. Dalam film, karakternya diperankan oleh Grey Damon.
  • Clarisse La Rue - Putri Ares dan konselor pondok Ares. Dia dikenal sebagai penggertak blasteran baru di perkemahan dan menjadi musuh bebuyutan Percy setelah Percy menghujaninya dengan air toilet dan mengalahkan ayahnya, Ares. Dia dipilih untuk mendapatkan Bulu Domba Emas di Lautan Monster. Di buku Pertempuran Labirin, Clarisse menemukan Chris dekat rumahnya, merawatnya hingga ia disembuhkan Dionysus, dan akhirnya menjadi pacarnya. Clarisse awalnya tak mau ikut pertempuran Manhattan karena konflik dengan pondok Apollo, namun setelah sahabatnya, Silena, memimpin pondok Ares dan akhirnya tewas melawan Drakon, dia langsung ikut pertarungan. Alhasil, dia dapat membunuh Drakon dan mendapat pujian dari Ares setelah pertempuran selesai. Dalam film, karakternya diperankan oleh Leven Rambin.
  • Clovis - Putra dan konselor pondok Hypnos. Dia sangat suka tidur dan sering membawa bantal kemana-mana. Clovis membantu Jason mengingat masa lalunya lagi. Di Darah Olympus, dia juga dihubungi oleh Nico di dalam mimpi untuk mengontak Thalia dan meminta bantuannya menghadapi Orion.
  • Connor dan Travis Stoll - Dua putra Hermes yang menggantikan Luke menjadi konselor pondok Hermes setelah pengkhianatannya. Mereka berdua dikenal sebagai pembuat onar dan lelucon.
  • Dakota - Putra Bacchus dan centurion kohort V.
  • Drew Tanaka - Putri dan konselor pondok Aphrodite menggantikan Silena. Drew mempunyai kemampuan charmspeak, seperti Piper. Dia menggertak dan melecehkan Piper saat pertama kali datang dan bahkan melecehkan Silena, konselor pondok sebelumnya yang tewas di pertempuran Manhattan. Piper menantang dan akhirnya berhasil mencuri posisi Drew sebagai konselor pondok. Selain di serial Percy Jackson, Drew juga muncul di buku ketiga serial The Kane Chronicles, Bayangan Sang Ular. Di buku tersebut, Drew adalah murid Brooklyn Academy for the Gifted dan sempat melecehkan Sadie Kane, namun dia hanya dapat tercengang saat Sadie diajak berdansa oleh Anubis.
  • Ethan Nakamura - Putra Nemesis. Ethan berpihak pada Kronos karena statusnya sebagai anak dewi minor membuatnya dilecehkan. Dia berjanji dengan ibunya bahwa dia akan menyetarakan derajat ibunya dengan dewa Olympia; sebagai imbalannya, Nemesis mengambil satu matanya. Saat pertarungan akhir melawan Kronos di Dewa Olympia Terakhir, Ethan mempunyai perubahan hati dan mencoba menyerang Kronos alih-alih Percy, namun sebagai akibatnya dia dijatuhkan Kronos dari Olympus ke kematiannya. Sebelum jatuh, dia berkata pada Percy bahwa dewa minor paling tidak dapat setara dengan dewa-dewi Olympia.
  • Gwendolyn - Centurion kohort V. Dia ikut dalam permainan perang di Perkemahan Jupiter, namun tewas saat tertusuk tombak. Ajaibnya, Gwen langsung hidup kembali beberapa menit kemudian. Ini dijelaskan oleh Mars karena akibat Thanatos dirantai, jiwa-jiwa mati dapat kembali hidup dengan cepat. Keesokan harinya, Gwen mengundurkan diri dari perkemahan untuk masuk kampus di Roma Baru.
  • Hank - Salah satu senator Roma Baru.
  • Halcyon Green - Putra Apollo yang muncul di The Demigod Diaries. Dia adalah seorang pria tua yang dapat meramal, sesuatu yang hanya ditemukan pada sedikit anak Apollo. Apollo melarang kekuatan tersebut, namun Halcyon menggunakannya untuk menyelamatkan seorang demigod yang akan mati, yang memberikannya sebuah pisau belati sebagai tanda terima kasih. Alhasil, Apollo mengutuk Halcyon supaya mengenakan kulit Python, membuatnya bisu, mengurungnya di rumahnya, dan menjadikan leucrotae sebagai pendampingnya yang akan menjebak demigod lain yang meminta bantuannya. Saat Luke dan Thalia terjebak di rumah Halcyon, dia membantu mereka membuka peti yang berisi gelang perisai Zeus, Aegis, yang diambil oleh Thalia. Halcyon juga memberi Luke pisau belatinya. Dia meramal masa depan Luke dan Thalia kelak, dan kemudian mengorbankan dirinya untuk melawan para leucrotae sementara mereka berdua pergi dari rumah.
  • Harley - Putra Hephaestus. Dia adalah anggota pondok Hephaestus termuda.
  • Jake Mason - Putra Hephaestus dan pengganti konselor sementara pondok Hephaestus saat Beckendorf tewas. Setelah Leo menyelesaikan misi penyelamatan Hera, dia dengan ikhlas menyerahkan posisi konselor pada Leo.
  • Katie Gardner - Putri dan konselor pondok Demeter. Dia sangat benci dengan Connor dan Travis karena mereka pernah merusak atap pondok Demeter. Dia tidak muncul di serial The Heroes of Olympus; posisinya sebagai konselor pondok digantikan oleh Miranda Gardiner.
  • Kayla - Putri Apollo. Di bersama Austin membuat jebakan untuk pasukan Kronos di Dewa Olympia Terakhir.
  • Lacy - Putri Aphrodite. Dia sangat takut Drew karena kemampuan charmspeaknya; dia sangat lega saat Piper dapat menjadi konselor baru pondok Aphrodite. Seperti Drew, Lacy juga muncul di buku ketiga serial The Kane Chronicles, Bayangan Sang Ular.
  • Larry - Legiuner perkemahan Jupiter.
  • Leila - Putri Ceres dan teman lama Jason.
  • Lou Ellen - Putri dan konselor pondok Hecate. Dia bersama Cecil dan Will membantu Nico menyabotase onager Perkemahan Jupiter.
  • Malcolm - Putra Athena. Di Pertempuran Labirin, Malcolm masuk ke dalam pondok Athena tepat saat Percy dan Annabeth sedang berpelukan; dia langsung minta maaf dan malu-malu keluar.
  • Marcus - Legiuner perkemahan Jupiter dan teman lama Jason.
  • Michael Kahale - Putra Venus. Dia saat ini menjabat sebagai centurion kohort I di perkemahan Jupiter.
  • Michael Varus - Putra Janus dan mantan praetor Perkemahan Jupiter pada tahun 1980-an. Dia adalah bagian dari kohort V dan mencoba pergi ke Alaska, berkeinginan untuk memenuhi Ramalan Besar walaupun ramalan tersebut bukan untuknya, namun dia dibunuh oleh Alcyoneus dan elang Perkemahan Jupiter diambil. Michael selanjutnya hidup kembali karena terbukanya Pintu Ajal. Dia berpihak pada Gaea dan menyerang Percy, Hazel, dan Frank, namun setelah pintu tertutup, Thanatos mengembalikan Michael ke dunia bawah. Di Darah Olympus, arwah Michael berkumpul di rumah Odysseus di Ithaca dan menusuk Jason dengan pedang emas imperial hingga ia hampir sekarat. Dia kemudian dikirim kembali ke dunia bawah.
  • Michael Yew - Putra Apollo dan pengganti Lee Fletcher sebagai konselor pondok Apollo saat dia tewas di pertempuran perkemahan. Di pertempuran Manhattan, Michael tewas saat Percy merobohkan jembatan dan dia jatuh ke sungai.
  • Miranda Gardiner - Putri Demeter yang menggantikan Katie sebagai konselor pondok Demeter di Pahlawan Yang Hilang.
  • Mitchell - Putra Aphrodite. Dia adalah satu-satunya anak Aphrodite, yang cenderung perempuan, disebutkan berkelamin laki-laki.
  • Nathan - Legiuner perkemahan Jupiter dan teman lama Jason.
  • Nyssa - Putri Hephaestus. Dia menjadi konselor pondok sementara saat Jake terluka diserang Festus.
  • Silena Beauregard - Putri dan konselor pondok Aphrodite. Dia bersifat baik kepada semua orang, termasuk Percy, karena dia sangat menghargai cinta. Hal ini membuatnya geram kepada Pemburu Artemis yang sangat anti-lelaki dan mencoba membuktikan bahwa cinta dapat mengalahkan semuanya. Dia juga berhubungan dan akhirnya berpacaran dengan Beckendorf. Di Dewa Olympia Terakhir, Silena terungkap sebagai mata-mata Kronos karena dia dirayu Luke, namun setelah Beckendorf meninggal, dia memutuskan untuk melindungi Olympus dengan memimpin pondok Ares saat sahabatnya, Clarisse tak mau ikut. Dia tekena racun drakon yang membuat wajahnya meleleh hingga ia tewas.
  • Will Solace - Putra Apollo dan pengganti Michael Yew sebagai konselor pondok Apollo. Dia meminjamkan kereta perang Apollo untuk Annabeth dan Butch di Pahlawan Yang Hilang. Di Darah Olympus, Will bersama Cecil dan Lou Ellen membantu Nico menyabotase onager perkemahan Jupiter dan di akhir buku, diimplikasikan bahwa Nico mulai tertarik pada Will alih-alih Percy.

Peranakan[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah orang-orang yang mempunyai darah dewa-dewi, namun bukan anak mereka langsung.

  • Bryce Lawrence - Mantan legiuner Perkemahan Jupiter yang mempunyai darah Orcus. Dia diusir oleh Reyna karena sifatnya yang kejam, namun saat Octavian mengambil alih kendali perkemahan dari Reyna, status Bryce dipulihkan dan dia diangkat menjadi legiuner kohort V. Di Darah Olympus, Bryce mendengar kisah Reyna tentang pembunuhan ayahnya dan mencoba mendakwanya atas pembunuhan ayah, namun Nico mengubah Bryce menjadi hantu dan mengirimnya ke dunia bawah.
  • Julia - Gadis kecil yang mempunyai darah dewa Romawi tak diketahui. Dia membantu Terminus dan kadang bersembunyi darinya di bawah patungnya.
  • Octavian - Seorang remaja ambisius yang mempunyai darah Apollo. Dia bertugas sebagai augur Perkemahan Jupiter yang berwewenang membaca ramalan melalui tumbal hewan (yang digantikan oleh boneka karena kurang praktis) serta centurion kohort I, namun dia berambisi menjadi praetor semenjak hilangnya Jason. Sejak dia mengetahui eksistensi Perkemahan Blasteran, Octavian berencana untuk menghancurkan mereka; dia mendapatkan kesempatannya saat Leo menembakkan bom pada Roma Baru. Saat Reyna menyusul Argo II di Eropa, Octavian mengambil alih pasukan Romawi untuk melanjutkan rencananya. Dia dapat memimpin Perkemahan Jupiter sampai ke Perkemahan Blasteran, namun dia terbunuh saat ia tak sengaja ditembakkan oleh meriamnya sendiri.

Dewa-Dewi[sunting | sunting sumber]

  • Aigaios - Dewa badai laut. Aigaios berpihak pada pasukan Kronos. Bersama Oceanus dia menyerang dan menghancurkan Istana Poseidon, namun setelah Kronos kalah dia lari kembali ke laut dalam.
  • Amphitrite - Dewi laut dan istri Poseidon. Amphitrite ikut dalam pertahanan Istana Poseidon melawan Oceanus dan Aigaios. Dia tampak kurang menyukai Percy, karena Percy adalah fakta hidup ketidaksetiaan suaminya.
  • Anemoi - Empat Dewa Angin yang mewakili empat mata angin. Mereka bekerja untuk Aeolus.
    • Boreas/Aquilon - Dewa Angin Utara dan Musim Dingin. Di Pahlawan Yang Hilang, dia disuruh Aeolus untuk membunuh Jason, Piper, dan Leo, namun dia akhirnya melepaskan mereka. Boreas nantinya terungkap dimanipulasi oleh putrinya, Khione, dan bersisi dengan Gaea.
    • Notus/Auster - Dewa Angin Selatan dan pembawa Badai. Notus mengajukan pilihan apakah Jason ingin menjadi bagian dari Romawi atau Yunani; Jason akhirnya memilih menjadi bagian dari Yunani.
    • Zephyros/Favonius - Dewa Angin Barat dan Musim Semi. Dia bekerja sebagai bawahan Cupid. Di Gerha Hades, Jason mengenalnya dalam wujud Romawinya, Favonius, namun Zephyrus mengatakan bahwa dia tidak terlibat krisis identitas karena dia hanya dewa minor.
  • Aphrodite/Venus - Dewi Kecantikan, Cinta, dan Hasrat. Penampilan Aphrodite berubah-ubah menyesuaikan seluruh gadis yang Percy taksir; ini juga berlaku bagi semua orang. Sebagian besar anak-anak demigod Aphrodite adalah perempuan. Aphrodite juga sering mengubah penampilan anak demigodnya supaya lebih cantik. Di buku Tanda Athena, Aprodite tidak telalu terpengaruh krisis identitas dengan dewa-dewi lain karena sifatnya dengan aspek Romawinya, Venus, hampir sama. Dalam film, karakternya diperankan oleh Serinda Swan.
  • Apollo - Dewa Matahari, Cahaya, Puisi, Penyembuhan, Kebenaran, Wabah, Ramalan, Musik, Seni, Orakle, dan masih banyak lagi. Dia memiliki banyak domain karena Zeus percaya Apollo dapat bertanggung jawab. Apollo juga adalah saudara kembar Artemis, yang mengatakan bahwa Apollo adalah saudara yang menyebalkan. Apollo mengambil bentuk remaja berusia 18-19 tahun dengan rambut pirang pasir, mata biru, dan gigi putih mempesona; banyak gadis yang menaksir dia, seperti Thalia, sementara Percy berpikir bahwa penampilan Apollo mirip Luke yang tidak jahat dan tanpa bekas luka di mulut. Apollo juga memiliki anak demigod paling banyak dibanding dewa lain. Di buku Kutukan Bangsa Titan, Apollo mengantarkan Percy dan temannya dalam misi mereka menyelamatkan Artemis walau harus melanggar aturan Zeus. Di serial The Heroes of Olympus, Apollo mempunyai bentuk dan nama sama dalam aspek Yunani dan Romawi karena "kesempurnaan tak bisa ditingkatkan". Dalam film, karakternya diperankan oleh Dimitri Lekkos.
  • Ares/Mars – Dewa Perang. Dia dideskripsikan mempunyai mata yang bernyala api serta mengendarai motor Harley Davidson dengan tempat duduk dari kulit manusia. Ares adalah pencuri Petir Zeus di buku Pencuri Petir setelah ia dimanipulasi oleh Luke. Dia bertarung dan kalah melawan Percy di akhir buku. Kekalahannya membuat anak-anak Ares di perkemahan membenci Percy. Dia memberkati putrinya, Clarisse dalam pencarian Bulu Domba Emas dan juga mengucapkan selamat padanya setelah pertempuran Manhattan. Sebagai Mars, dia lebih strategis dan berpikir tajam. Dia mengklaim Frank sebagai anaknya serta memberinya misi untuk membebaskan Thanatos yang dirantai. Dalam film, karakternya diperankan oleh Ray Winstone.
  • Ariadne - Dewi Labirin dan istri Dionysus. Dia muncul di akhir Kutukan Bangsa Titan, berpegangan tangan dengan suaminya. Percy memperhatikan kehadiran Ariadne adalah satu-satunya yang dapat membuat Dionysus senang. Walau Ariadne tidak muncul di buku Pertempuran Labirin, benangnya diincar oleh pasukan Kronos untuk mencapai Perkemahan Blasteran.
  • Artemis/Diana - Dewi Bulan, Hewan Liar, dan Perburuan. Pondok 8 di perkemahan didekasikan untuk Artemis, namun karena dia adalah dewi perawan kabin tersebut kosong, kecuali saat anggota Pemburu Artemis datang berkunjung. Dia mempunyai pasukan "Pemburu Artemis" yang terdiri dari gadis-gadis perawan yang merelakan rasa cinta untuk keabadiaan dan awet muda. Artemis sering mengambil bentuk gadis berusia 12-13 tahun. Dia tidak terlalu suka dengan laki-laki, namun dia lebih toleran dibanding Pemburunya yang cenderung misandris. Artemis diculik di buku Kutukan Bangsa Titan dan dipaksa menopang bola langit, namun setelah kedatangan Percy dia dapat menipu Atlas menopang langit lagi. Setelah letnannya selama 2000 tahun, Zoë meninggal, dia mengubahnya menjadi rasi bintang "Pemburu". Dalam film, karakternya diperankan oleh Ona Gauer.
  • Arwah Sungai East - Arwah yang menjaga sungai East. Ia menenggelamkan kapal-kapal pasukan Kronos. Dia adalah musuh bebuyutan Sungai Hudson.
  • Arwah Sungai Hudson - Arwah yang menjaga sungai Hudson. Ia menenggelamkan kapal-kapal pasukan Kronos. Dia adalah musuh bebuyutan Sungai East.
  • Asclepius - Dewa pengobatan dan putra Apollo. Di Darah Olympus, dia dapat membuat Obat Dokter dengan bahan resep yang sudah didapatkan oleh ketujuh demigod: daun mint Pylosia, Makhai, dan bunga aster terkutuk. Obat Dokter ini dapat membangkitkan orang dari kematian bila diberikan dengan cepat.
  • Athena/Minerva - Dewi Kecerdasan, Kebijakan, dan Strategi Perang. Athena adalah ibu dari Annabeth yang, seperti anak demigodnya yang lain, ia lahirkan melalui kontak batin dengan pasangannya (membuat anak-anaknya "anak hasil pikiran" secara harfiah). Athena kurang menyukai Percy, terutama karena hubungannya dengan Annabeth. Percy berpikir bahwa bila dia harus berhadapan dengan dewa, dia takkan dapat melawan Athena karena pemikiran strategisnya akan membuat rencananya jarang gagal. Di buku Tanda Athena, Athena menjadi stres karena krisis identitasnya dengan aspek Romawinya, Minerva, yang mempunyai sifat sangat berbeda dengan Athena. Dia menyalahkan bangsa Romawi karena mencuri Athena Parthenos dan mengobrak-abrik identitasnya. Dia sudah mengirim banyak anak demigodnya dalam misi bunuh diri mengambil Athena Parthenos; sekarang dia memberi misi tersebut pada Annabeth. Dalam film, Athena diperankan oleh Melina Kanakaredes.
  • Charon - Dewa Perbatasan dan Tukang Perahu Hades. Dia mengangkut jiwa orang mati menuju dunia bawah dengan bayaran. Charon sangat tidak senang disangka Chiron, yang adalah centaurus, karena kemiripan nama mereka. Dalam film, karakternya diperankan oleh Julian Richings.
  • Deimos - Dewa Teror. Dia adalah anak Ares. Di The Demigod Files, dia bersama Phobos menyiksa Clarisse, namun dengan bantuan Percy, mereka dapat dikalahkan.
  • Delphin - Dewa Lumba-lumba. Dia adalah salah satu letnan Poseidon dalam perang melawan Oceanus.
  • Demeter/Ceres - Dewi Pertanian. Dari kedua belas Olympian, Demeter mempunyai waktu layar paling sedikit; dia hanya punya peran kecil di Dewa Olympia Terakhir dimana Percy dan Nico bertemu dia di dunia bawah. Anehnya, Demeter sama sekali tidak menunjukkan perasaan pada Percy dan Nico. Demeter bertingkah tipikal ibu mertua; dia terus menerus mengkritik Hades tentang pernikahannya dengan anaknya, Persephone. Dalam film, Demeter diperankan oleh Stefanie von Pfetten.
  • Dionysus/Bacchus – Dewa Anggur, Pesta, dan Kegilaan ritual. Dia bekerja sebagai direktur Perkemahan Blasteran sebagai hukuman ayahnya, Zeus, karena mengejar nimfa yang di luar batas. Dia membenci pekerjaannya dan menghina para pekemah, terutama Percy. Di buku Pertempuran Labirin, Dionysus pergi untuk mencari dan meyakinkan beberapa dewa minor ikut melawan para Titan. Di Tanda Athena, dalam bentuk Bacchus-nya, dia bersama-sama Percy dan Jason mengalahkan raksasa Ephialtes dan Otis. Dalam film, karakternya diperankan oleh Luke Camilleri di Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief dan digantikan oleh Stanley Tucci di Percy Jackson: Sea of Monsters.
  • Eris - Dewi Perselisihan. Nyx memanggil Eris dan anak-anaknya yang lain untuk menantang Percy dan Annabeth, namun berkat tipuan Annabeth, mereka disibukkan dengan konflik sendiri sementara Percy dan Annabeth pergi.
  • Eros/Cupid - Dewa Cinta. Dia adalah putra Aphrodite dan Ares. Sifat Cupid sangat berbeda dengan ibunya; Cupid bersikeras bahwa semua makhluk hanya dapat memiliki buah hasil cinta dengan kerja keras. Di Gerha Hades, Cupid bertemu dengan Jason dan Nico dan memaksa Nico untuk mengungkapkan bahwa dia punya perasaan romantis terhadap Percy sebelum dia menyerahkan Tongkat Diocletian.
  • Geras - Dewi Usia tua. Nyx memanggil Geras dan anak-anaknya yang lain untuk menantang Percy dan Annabeth, namun berkat tipuan Annabeth, mereka disibukkan dengan konflik sendiri sementara Percy dan Annabeth pergi.
  • Hades/Pluto - Dewa Kematian dan Kekayaan serta salah satu dari Tiga Besar. Dia jarang berurusan dengan Olympus karena harus mengurusi dunia bawah. Awalnya, Hades dilukiskan sebagai antagonis dan yang pertama diduga mencuri Petir Zeus, namun kenyataannya dia tidak mencuri dan hanya ingin mengembalikannya supaya tidak terjadi perang dewa. Hades juga adalah satu-satunya dewa Tiga Besar yang menepati janji tidak mempunyai anak lagi, karena ketiga anaknya yang masih hidup: Nico, Bianca, dan Hazel lahir sebelum Perang Dunia II. Di buku Dewa Olympia Terakhir, Hades mengurung Percy supaya Nico dapat menjadi anak dalam ramalan, namun setelah dibujuk dia akhirnya ikut dalam pertahanan Manhattan. Di akhir serial pertama, para pekemah membangun pondok untuk anak-anak Hades. Dalam film, karakternya diperankan oleh Steve Coogan.
  • Hecate - Dewi Sihir. Dia bersisi dengan Olympus di Perang Titan pertama, namun memihak pada pasukan Titan di perang kedua, dimana dia disebutkan menembakkan sihir untuk menghancurkan Istana Olympus. Setelah perang, Hecate mendapatkan Pondok 20 untuk anak demigodnya. Di Gerha Hades, Hecate bertemu Hazel untuk menawarkan tiga jalan di persimpangan, ketiga-tiganya riskan. Dia juga meminta Hazel untuk berlatih mengendalikan Kabut. Di akhir buku, Hecate membantu Hazel bertarung melawan raksasa Clytius.
  • Hephaestus/Vulcan - Dewa Api dan pandai besi para dewa. Hephaestus memiliki bengkel kerja pribadi yang Percy dan kelompoknya kunjungi di Pertempuran Labirin. Dia sangat menyukai automaton dan dan memandang rendah pekerja yang bukan automaton. Hephaestus membantu Percy menemui Daedalus setelah Percy berhasil mengusir para telkhine dari Gunung St. Helens. Di buku Pahlawan Yang Hilang, dia menentang aturan Zeus dengan berbicara dengan anaknya, Leo, dan memberikannya kepala Festus untuk ditempatkan di Argo II. Dalam film, karakternya diperankan oleh Conrad Coates.
  • Hera/Juno - Dewi Keluarga dan Pernikahan. Hera adalah Ratu para Dewa karena dia adalah istri Zeus. Pondok 2 di perkemahan didekasikan untuk Hera, namun sebagai dewi pernikahan dia tak punya anak demigod. Walau begitu, Hera seringkali ikut campur urusan para demigod. Di buku Pertempuran Labirin, Hera memberikan saran kepada kelompok Percy tentang lokasi Daedalus, namun dia menjadi kesal karena mereka, terutama Annabeth tidak menghormatinya. Hera memainkan peran besar di serial The Heroes of Olympus, karena dialah yang menukar Percy dan Jason dengan maksud kedua perkemahan akan bekerja sama. Penyelamatan Hera/Juno yang diculik pasukan Gaea menjadi misi utama Jason dan teman-temannya di buku pertama. Dalam film, karakternya diperankan oleh Erica Cerra.
  • Herakles/Hercules - Putra demigod Zeus yang dinaikkan pangkat sebagai dewa. Dia adalah pahlawan paling terkenal Yunani, dan cerita tentang petualangannya banyak dikenal oleh pekemah pekemah Perkemahan Blasteran. Pedang Percy, Riptide, dulunya pernah digunakan oleh Hercules, yang didapatkannya dari Zoë Nightshade untuk mencuri apel Hesperides. Di Tanda Athena, dia awalnya bersikap baik saat bertemu kelompok saudara tirinya, Jason, namun saat mereka menyebutkan Hera, Hercules jadi marah karena dia sangat membenci Hera. Dia menyuruh mereka untuk memenggal tanduk Achelous dan memberikannya pada dirinya, namun setelah mereka melakukannya, Piper mengatakan bahwa Hercules tidak pantas mendapatkannya dan malah mengubur Hercules dengan makanan yang dikeluarkan dari tanduk tersebut.
  • Hermes/Merkurius - Dewa Pelancong, Pencuri, serta Pembawa Pesan para dewa. Hermes adalah ayah dari Luke, dan pengkhianatan Luke membuat Hermes mau melakukan apa saja untuk mengembalikkannya ke sisi yang benar. Di buku Lautan Monster, dia membantu Percy dalam misinya. Saat Luke dirasuki Kronos, Hermes menjadi marah terhadap Annabeth karena tidak membantu Luke saat dia punya kesempatan, namun setelah pengorbanan Luke dalam mengalahkan Kronos, dia menyesal karena sudah memarahi Annabeth. Dalam film, karakternya diperankan oleh Dylan Neal di Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief dan Nathan Fillion di Percy Jackson: Sea of Monsters.
  • Hestia/Vesta - Dewi Perapian dan Rumah. Hestia merupakan salah satu dewa Olympia pertama yang ditemui Percy, namun mereka belum berbicara secara formal sampai di Dewa Olympia Terakhir. Seperti Artemis, Hestia sering mengambil bentuk anak kecil. Dia juga adalah karakter judul dari Dewa Olympia Terakhir; Hestia mengatakan bahwa bila seluruh dewa maju perang, dia akan menjadi satu-satunya dewa yang tersisa di belakang.
  • Iris - Dewi Pelangi. Iris bekerja sebagai Pembawa Pesan Dewa bersama Hermes; dengan menggunakan Komunikasi Iris, para demigod dan dewa dapat berkomunikasi melalui video chat dengan biaya 1 drachma. Setelah Kronos dikalahkan, Iris mendapatkan Pondok 14 untuk anak demigodnya. Di Putra Neptunus, Iris telah membuka rantai toko bernama "Rainbow Organic Foods & Lifestyles" (atau R.O.F.L.). Dia menawarkan Frank untuk berhenti memikirkan ramalan dan misinya serta ikut bekerja di tokonya, namun dia menolak.
  • Janus - Dewa Pilihan dan Pintu Masuk. Di Pertempuran Labirin, dia menawarkan Annabeth pilihan antara dua buah pintu.
  • Keres - Arwah kematian menyakitkan. Mereka muncul di The Demigod Files dimana mereka meracuni Percy hingga ia pasti mati bila tidak disembuhkan oleh Iapetus.
  • Keto - Dewi laut kuno dan ibu dari sebagian besar monster laut, salah satunya adalah Echidna. Suaminya adalah Phorcys, dan bersamanya memiliki akuarium di Georgia yang mengurung banyak spesies ikan langka. Saat Percy dan Frank sedang bersama Phorcys, Keto memancing Pelatih Hedge dari mereka, namun saat Hedge mengetahuinya, dia langsung menendang kepala Keto dan segera membebaskan Percy dan Frank. Marah, dia mengirim Skolopendra untuk mengikuti mereka.
  • Khione - Dewi Salju dan putri Boreas. Khione pertama kali bertemu Jason, Piper, dan Leo di kediaman ayahnya. Khione-pun terungkap sebagai agen Gaea yang bekerja untuk membangunkan Gaea serta yang bertanggung jawab atas penutupan Olympus setelah dia berbisik kepada Zeus. Dia sempat bertarung dengan kelompok Jason di Rumah Serigala, namun melarikan diri setelah Leo melemparkan api padanya. Di Gerha Hades, Khione dan saudaranya menyerang Argo II, namun setelah saudara-saudara Khione diuapkan Festus, Khione hilang dalam balutan salju.
  • Kymopoleia - Dewi badai laut dan putri Poseidon. Dia menikah dengan Briares, satu-satunya Hekatonkheire yang masih ada di dunia. Dikucilkan oleh Poseidon dan dewa lain karena sifatnya yang suka membuat badai, dia bersisi dengan Gaea dan menciptakan badai besar yang menyerang Argo II, namun saat Percy dijaring oleh Polybotes, Jason dapat meyakinkan Kymopoleia untuk berganti sisi. Kymopoleia kemudian membebaskan saudara tirinya dan bersamanya membunuh Polybotes.
  • Melinoe - Dewi Hantu. Di The Demigod Files, Melinoe membantu Ethan keluar dunia bawah dan mengambil bentuk ibu Thalia dan Nico untuk membingungkan mereka, namun Percy tidak dibodohi dan dapat menyadarkan teman-temannya.
  • Moirae - Tiga dewi nasib. Mereka muncul sebagai tiga wanita tua yang membawa alat untuk membuat takdir. Setelah mereka menghendaki nasib seseorang, tak ada yang dapat menghentikan mereka, bahkan dewa sekalipun. Di Pencuri Petir, Percy dan Grover melihat para Moirai di seberang jalan sedang menetapkan nasib. Percy awalnya berpikir mereka menetapkan nasibnya, namun mereka sebenarnya menetapkan nasib Luke. Di akhir Dewa Olympia Terakhir, para Moirae datang untuk mengambil jasad Luke.
    • Clotho - Moirae yang memintal benang kehidupan seseorang.
    • Lachesis - Moirae yang mengukur benang kehidupan seseorang.
    • Atropos - Moirae yang memotong benang kehidupan seseorang.
  • Morpheus - Dewa mimpi. Dia bepihak pada Kronos dan di Dewa Olympia Terakhir membuat seluruh manusia fana di Manhattan tidur untuk mengosongkan area untuk medan perang.
  • Muse - Para dewi Seni. Mereka adalah putri Zeus. Para Muse tinggal di kota Olympus dan memainkan musik-musik senang dan merdu untuk membangkitkan semangat kota.
  • Nemesis - Dewi Pembalasan dan Keseimbangan. Nemesis menyeimbangkan keuntungan seseorang dengan kesialan supaya mereka tidak menjadi sombong. Dia adalah ibu Ethan Nakamura, yang dia ambil satu matanya sebagai sumpah supaya dewa-dewi minor mendapatkan posisi setara dengan dewa Olympia. Setelah perang Manhattan, Nemesis mendapatkan Pondok 16 untuk anak demigodnya. Di Tanda Athena, Nemesis menawarkan Leo sebuah kue keberuntungan dan menjanjikannya keselamatan kedua temannya dengan bayaran kedua temannya yang lain.
  • Nereus - Dewa laut kuno yang sudah berdomain atas laut jauh sebelum Poseidon mengambil alih. Dia memiliki pengetahuan mendalam atas hal apapun dan di zaman dulu akan memberitahukannya pada pahlawan dengan bebas, namun dia mulai menghindar dari urusan pahlawan zaman sekarang. Di Kutukan Bangsa Titan, Percy berhasil mengekang Nereus cukup lama untuk mendapatkan informasi tentang Ophiotaurus. Di Putra Neptunus, Hazel sekilas melihat Nereus di dekat jembatan San Francisco, yang memberikan tatapan "jangan coba-coba" kepada Percy sebelum menghilang.
  • Nike/Victoria - Dewi kemenangan. Dia dapat memberikan kemenangan bagi pihak siapa saja yang ia sisi. Patung Nike kecil adalah salah satu atribut patung Athena Parthenos yang memegangnya di tangan. Dia menetap di Olympia, dimana saat dia ditemui oleh Percy, Leo, Hazel, dan Frank, dia memaksa mereka untuk bertarung sampai mati terlebih dahulu. Namun, mereka bersiasat untuk menculik Nike alih-alih mengikuti perintahnya. Setelah ditangkap, Nike memberitahu para demigod tentang Obat Dokter Asclepius yang dapat membangkitkan orang dari kematian.
  • Palaemon - Dewa hiu. Palaemon adalah salah satu letnan Poseidon dalam perang melawan Oceanus.
  • Pan - Dewa Alam Liar dan leluhur seluruh satir. Pan telang menghilang selama ribuan tahun dan banyak satir yang sudah dikirim mencarinya, sebagian besar mati atau hilang dalam perjalanan. Di Pertempuran Labirin, Percy, Annabeth, Grover, Tyson, dan Nico bertemu Pan yang sekarat di ranjangnya. Sebelum pudar, Pan memberitahu Grover untuk meminta seluruh satir dan dryad mempertahankan petak alam liar. Saat pudar, dia kemudian menebarkan esensinya pada mereka.
  • Persephone - Dewi Musim Semi dan Bunga serta istri (dan keponakan) Hades. Persephone berada di dunia atas untuk membawa musim semi dimana dia lebih periang, sementara dilain waktu dia tinggal di dunia bawah. Di Dewa Olympia Terakhir, dia sedang beradu argumen dengan ibunya, Demeter, ketika Percy dan Nico datang. Persephone mencoba meyakinkan Hades untuk melepaskan Percy, namun Hades tetap pada keputusannya untuk mengurung Percy. Dalam film, karakternya diperankan oleh Rosario Dawson.
  • Phobos - Dewa Ketakutan. Dia adalah anak Ares. Di The Demigod Files, dia bersama Deimos menyiksa Clarisse, namun dengan bantuan Percy, mereka dapat dikalahkan.
  • Pompona - Dewi Kelimpahan Romawi. Dia kesal karena sering disangka sebagai Demeter.
  • Phorcys - Dewa bahaya tersembunyi laut. Dia bertemu Percy, Frank, dan Pelatih Hedge di Akuarium Georgia dimana ia mengurung berbagai spesies ikan langka. Phorcys kemudian menjebak Percy dan Frank di dalam akuarium, namun mereka berhasil bebas berkat bantuan Hedge. Percy-pun bersumpah akan membebaskan ikan yang ditangkap Phorcys.
  • Poseidon/Neptunus – Dewa Laut, Gempa bumi, dan Kuda serta salah satu dari Tiga Besar. Dia adalah ayah Percy yang sering ia bantu saat Percy berdoa meminta bantuan. Saat para Titan menyerang, Poseidon menetap di istananya di bawah laut untuk membendung penyerangan Oceanus, namun setelah dibujuk dia akhirnya ikut bertarung melawan Typhon. Dalam film, karakternya diperankan oleh Kevin McKidd.
  • Terminus - Dewa Perbatasan Romawi. Dia berfungsi sebagai karakter komik lega dan sering dipandang rendah, namun dia membantu Percy dalam pertarungannya melawan raksasa Polybotes.
  • Thanatos - Dewa Kematian Tenang dan letnan Hades. Dia memiliki Pintu Ajal yang ia gunakan untuk mengawasi arwah mati jalan, namun di serial The Heroes of Olympus, Thanatos dirantai di Alaska sementara Gaea mengambil alih Pintu Ajal yang menyebabkan banyak monster serta jiwa-jiwa lainnya hidup lagi secara cepat. Pembebasan Thanatos adalah misi utama Percy, Hazel, dan Frank di Putra Neptunus. Walau Thanatos dapat dibebaskan di akhir buku, dia masih kehilangan kendali atas Pintu Ajal dan baru mendapatkannya lagi di akhir Gerha Hades.
  • Tiberinus - Dewa sungai Tiber. Dia membantu Annabeth mencari Athena Parthenos. Penampilannya dideskripsikan sangat mirip dengan Gregory Peck.
  • Triptolemus - Dewa Pertanian dan letnan Demeter. Dia bertemu Frank, Hazel, dan Nico di Venesia, dimana karena kebenciannya dengan Hades dia mengubah Nico menjadi biji jagung dan menyandera Hazel yang sekarat. Dia mengancam membunuh mereka bila Frank tidak membunuh seluruh katobleps di Venesia. Setelah dia berhasil, Triptolemus membebaskan Nico dan menyembuhkan Hazel serta memberitahu mereka tentang Gerha Hades.
  • Triton - Dewa Angkatan Laut dan putra Poseidon dan Amphitrite. Dia ikut dalam pertahanan Istana Poseidon dan dideskripsikan sebagai manusia duyung dengan badan dua ekor ikan dari pinggang kebawah. Dia bersikap arogan di depan Percy, namun menghargai Tyson.
  • Zeus/Jupiter - Dewa Langit, Petir, serta Raja para Dewa dan salah satu Tiga Besar. Zeus menjadi dewa Tiga Besar pertama yang melanggar sumpah Sungai Styx, karena dia mempunyai dua demigod: Thalia dan Jason. Saat Thalia sekarat setelah menghadapi monster, Zeus mengubahnya menjadi pohon ek. Dia kehilangan petirnya pada buku Pencuri Petir dan menuduh Percy, namun petir tersebut berhasil dikembalikan. Pada serial The Heroes of Olympus, Zeus menutup akses Olympus dengan dunia luar; ini dilakukan karena dia dipengaruhi oleh bisikkan Khione. Dia juga mengusir Apollo, Artemis, dan Hera dari Olympus untuk sementara karena mereka menentang aturannya. Zeus berpartisipasi dalam perang melawan para raksasa di Athena, dimana dia bersama Jason berhasil membunuh Porphyrion. Dalam film, karakternya diperankan oleh Sean Bean.

Titan[sunting | sunting sumber]

Para Titan adalah anak-anak Gaea dan Ouranos yang memerintah dunia sebelum Dewa-Dewi Olympia. Para Dewa-Dewi Olympia bertempur melawan Titan dalam perang yang disebut Titanomakhia.

  • Atlas - Titan astronomi. Dia adalah Titan yang memiliki fisik paling kuat dan dikenal dengan panggilan "Jendral". Atlas, yang dipaksa menopang bola langit, memaksa Annabeth dan Artemis menggantikannya sementara dia bertarung dengan Percy dan teman-temannya, namun berkat tipuan Artemis Atlas dipaksa menopang bola langit lagi. Pada buku Dewa Olympia Terakhir, Atlas masih menopang bola karena Kronos tak mau membebaskannya setelah kegagalannya.
  • Hyperion - Titan Cahaya, Kebijakan, dan Timur. Dia bekerja untuk saudaranya, Kronos, dan di Dewa Olympia Terakhir menjadi satu-satunya Titan selain Kronos yang ikut pertempuran Manhattan. Percy berhasil menghalau Hyperion dengan topan kecil dan dia ditimbun di dalam pohon yang dibangun dryad. Hyperion kemudian memperbarui dirinya di Tartarus. Di Gerha Hades, dia ditugaskan menjaga Pintu Ajal bersama Krios dan dapat mengeluarkan sebagian besar raksasa, namun saat mereka melecehkan Tartarus, personifikasi Tartarus menghisap dan menghancurkan mereka.
  • Iapetus - Titan kesakitan, kematian dan Barat. Dia pertama muncul di The Demigod Files dimana dia menyerang Percy, Nico, dan Thalia, namun setelah diceburkan di Sungai Lethe, dia hilang ingatan. Percy memberitahu bahwa dia bernama Bob dan bersahabat dengannya. Di Gerha Hades, Iapetus membantu Percy dan Annabeth mengarungi Tartarus dan mengatakan bahwa dia sudah lama bekerja sebagai penyapu dunia bawah dan ingin melihat dunia luar lagi. Saat mereka harus berhadapan dengan Tartarus, Iapetus mengorbankan dirinya untuk menunda Tartarus sementara Percy dan Annabeth keluar melalui Pintu Ajal. Di dunia luar, Percy menghormati keinginan Iapetus dengan mengucapkan salam dihadapan langit.
  • Koios - Titan Sumbu dan Utara. Tidak seperti Titan lainnya, Koios baru muncul di Gerha Hades sebagai tawanan Tartarus, namun dia disebutkan juga ikut dalam perang melawan Olympus di serial Percy Jackson & Dewa-Dewi Olympia. Dia adalah kakek Apollo dan Artemis; Percy memperhatikan bahwa Koios memiliki mata dingin Artemis dan senyum centil Apollo. Dia mencoba meyakinkan Iapetus yang masih amnesia bahwa dia adalah Titan dan anggota pasukan Kronos, namun Iapetus tetap berpihak pada Percy dan Annabeth.
  • Krios - Titan Rasi Bintang dan Selatan. Krios pertama muncul dalam mimpi Percy di Dewa Olympia Terakhir, dimana dia menjaga pertahanan markas Titan di Gunung Orthys. Gunung Orthys dapat diserang oleh Perkemahan Jupiter dan Krios dikalahkan oleh Jason. Seperti Hyperion, dia ditugaskan menjaga Pintu Ajal sementara para raksasa keluar pada Gerha Hades. Saat Krios melecehkan Tartarus, dia bersama Hyperion langsung dihisap dan dihancurkan oleh Tartarus.
  • Kronos/Saturnus - Titan pertanian, waktu, dan Raja para Titan. Dia juga adalah antagonis utama serial Percy Jackson & Dewa-Dewi Olympia. Setelah Kronos dikalahkan pada Perang Pertama, jiwanya terpecah-pecah dan dikurung di Tartarus, namun berkat pasukannya dia mulai membentuk jiwanya kembali ke dunia. Setelah Luke mandi di Sungai Styx, Kronos merasukinya dan melaksanakan penyerangan Olympus di Manhattan, namun Luke dapat melawan jiwa Kronos di detik terakhir dan mengorbankan dirinya untuk memecah jiwa Kronos menjadi berkeping-keping yang tersebar ke seluruh dunia, membuatnya tak bisa membentuk lagi.
  • Oceanus - Titan Air, Laut, dan Samudra. Oceanus tinggal jauh di dasar laut dan tidak memihak pada perang pertama para Titan, namun di perang kedua dia berpihak pada Kronos dan bersama Aigaios menyerang Istana Poseidon. Dia dideskripsikan memiliki tubuh bawah seperti ular. Saat Kronos dikalahkan, Oceanus melarikan diri ke dasar laut lagi.
  • Prometheus - Titan Ramalan yang terkenal memberikan api untuk kemajuan manusia. Pada perang pertama, Prometheus berpihak pada Olympus, namun di perang kedua, dia berpihak pada Kronos, meramal bahwa dia akan menang kali ini. Dia diutus untuk memberikan Percy pithos Pandora, mengatakan jika dia ingin menyerah, pithos tersebut dibuka. Setelah Kronos kalah, Prometheus melarikan diri sembari mengirimkan berbagai macam alasan kepada Zeus mengapa dia berpihak pada Titan.

Raksasa[sunting | sunting sumber]

Para raksasa adalah anak-anak terakhir Gaea, lahir melalui hubungannya dengan Tartarus. Mereka diperintahkan Gaea untuk membalaskan dendam kepada Dewa-Dewi Olympia atas kekalahan para Titan dalam perang yang disebut Gigantomakhia. Para raksasa diciptakan sebagai antitesis dewa-dewi tertentu dan mereka semua, kecuali Alcyoneus, hanya dapat dikalahkan dengan kombinasi seorang dewa dan seorang demigod.

  • Alcyoneus - Raksasa yang diciptakan sebagai musuh Hades/Pluto. Dia juga adalah raksasa paling besar dan paling tua. Pada tahun 1942, Hazel tak sengaja membangkitkannya setelah ditipu Gaea, namun dia dapat menunda kebangkitannya dengan mengubur dirinya sendiri. Di Putra Neptunus, Alcyoneus telah bangkit dan selama dia ada di Alaska, dia tidak dapat dibunuh. Setelah Frank berhasil memancingnya keluar menuju Kanada, Alcyoneus dapat dibunuh oleh Hazel dan Arion. Di Gerha Hades, dia telah memperbarui diri di Tartarus dan kembali menuju dunia luar.
  • Clytius - Raksasa yang diciptakan sebagai musuh Hecate. Dia menjaga sisi fana Pintu Ajal di Gerha Hades dan dapat dikalahkan oleh Hazel beserta teman-temannya yang lain dan Hecate.
  • Damasen - Raksasa yang diciptakan sebagai musuh Ares/Mars. Karena dia adalah musuh dewa perang, dia menjadi raksasa yang damai. Damasen mengungkapkan bahwa dia adalah aib bagi orangtua dan saudara-saudaranya dan dipaksa oleh Gaea untuk tinggal di Tartarus sebagai hukuman membunuh drakon. Di Gerha Hades, Damasen membantu Percy dan Annabeth membunuh seekor drakon dan menyembuhkan mereka, namun tidak ikut mereka karena dia masih terikat kutukannya. Saat mereka berhadapan Tartarus, Damasen mengendarai seekor drakon dan mengorbankan dirinya bersama Iapetus untuk menunda Tartarus sementara Percy dan Annabeth menuju ke dunia luar.
  • Enceladus - Raksasa yang diciptakan sebagai musuh Athena/Minerva. Di Pahlawan Yang Hilang, Enceladus menculik ayah Piper, Tristan, supaya dia bersama Jason dan Leo dapat menuju dia. Dia terbunuh oleh kombinasi serangan Jason dan petir ayahnya, Zeus. Di Gerha Hades, Enceladus telah hidup kembali di dunia luar melalui Pintu Ajal. Dia dapat dibunuh oleh Annabeth dengan bantuan ibunya, Athena, di Darah Olympus.
  • Ephialtes dan Otis - Dua raksasa kembar yang diciptakan sebagai musuh Dionysus/Bacchus. Mereka bertarung dengan Percy dan Jason di Koloseum dan dapat dibunuh dengan bantuan Bacchus. Di Gerha Hades, merek berdua telah memperbarui dan keluar ke dunia luar melalui Pintu Ajal.
    • Mimas - Raksasa yang diciptakan sebagai musuh Hephaestus. Di Darah Olympus, Mimas bertugas sebagai penjaga Makhai di kuil Phobos yang terletak di Sparta. Dia dapat dibunuh Piper yang dapat menjatuhkan patung Phobos ke Mimas.
  • Orion - Raksasa yang diciptakan sebagai musuh Apollo dan Artemis. Tidak seperti raksasa lainnya, Orion memiliki bentuk tubuh yang hampir sama dengan manusia. Dia pernah menjadi anggota Pemburu Artemis, menjadikannya satu-satunya anggota Pemburu yang laki-laki. Di Darah Olympus, Orion memburu Nico, Reyna, dan Pelatih Hedge dalam perjalanan mereka mengantar Athena Parthenos dimana dia dapat membunuh banyak pemburu Artemis dan prajurit Amazon. Reyna akhirnya dapat membunuh Orion dengan bantuan ibunya, Bellona, dan Athena.
  • Periboia - Putri Porphyrion dan sekaligus seluruh raksasa karena status Porphyrion sebagai raja. Dia diciptakan sebagai musuh Aphrodite.
  • Polybotes - Raksasa yang diciptakan sebagai musuh Poseidon/Neptunus. Di Putra Neptunus, Polybotes menyerang Perkemahan Jupiter bertarung dengan Percy, sebelum dibunuh dengan bantuan Terminus. Dia sedang dalam proses pembaruan di Gerha Hades dan meneror Percy dan Annabeth melalui pasukannya. Di akhir buku, Polybotes telah melewati Pintu Ajal dan hidup kembali. Pada buku Darah Olympus, Polybotes menjaring Percy, namun Percy dapat dibebaskan oleh Kymopoleia dan bersamanya berhasil membunuh Polybotes.
  • Porphyrion - Raja para raksasa yang diciptakan sebagai musuh Zeus/Jupiter. Dia mulai dibangkitkan melalui kekuatan Hera yang diculik oleh Gaea. Setelah Porphyrion bangkit, Gaea akan memerintahnya untuk membangkitkan saudara-saudaranya yang lain. Dia berhasil dibangkitkan karena keterlambatan Jason, Piper, dan Leo, dan mulai bertarung dengan mereka. Porphyrion-lah yang memberitahu bahwa Gaea berniat untuk menghancurkan Olympus dari akarnya; di Yunani. Dia melarikan diri saat Hera yang sudah dibebaskan akan mengeluarkan wujud aslinya. Di Darah Olympus, Porphyrion dibunuh oleh Jason dengan bantuan ayahnya, Zeus.
  • Thoon - Raksasa yang diciptakan sebagai musuh para Moirai (Clotho, Lachesis, dan Atropos). Di Darah Olympus, dia dapat dibunuh dengan cara dipukul berkali-kali oleh para Moirai dengan tongkat mereka.

Dewa-Dewi Awal[sunting | sunting sumber]

Para protogenoi adalah dewa-dewi yang pertama kali muncul di dunia dari kekosongan di dunia, Khaos. Tidak seperti para dewa dan Titan yang hanya berkekuatan domain atas hal tertentu, para protogenoi lebih seperti perwujudan alam yang mereka wakili.

  • Akhlys - Perwujudan derita, racun, dan kabut ajal. Dia memiliki "kabut ajal" yang dapat membuat penggunanya tak terlihat. Percy dan Annabeth bertemu dia di tepi Tartarus, pertemuan Malam dan ketiadaan di bawah. Dia berkhianat dan mencoba membunuh mereka dengan racun, namun Percy menggunakan pengendalian airnya untuk membuat racun menuju Akhlys, membuatnya pergi ketakutan. Di sinilah sisi gelap perilaku Percy terlihat.
  • Gaea/Terra - Perwujudan bumi dan antagonis utama dalam serial The Heroes of Olympus. Melalui hubungannya dengan Ouranos, Gaea merupakan ibu dari para Titan dan nenek dari sebagian besar dewa-dewi Olympia. Selama ribuan tahun, Gaea tidur tenang di dalam bumi, tapi dia diam-diam berkeinginan untuk menghancurkan Olympus, terutama karena dia tidak setuju dengan pemerintahan pada dewa-dewi Olympia. Walau dia sedang tidur, dia dapat menggunakan sebagian kesadarannya untuk berinteraksi. Gaea telah memanipulasi banyak demigod untuk menjalankan rencananya sebelum serial dimulai, seperti Hazel dan ibunya pada tahun 1942 dan Leo saat dia berusia 5 tahun. Dia melakukan aksinya terang-terangan setelah Kronos kalah dalam perang Titan kedua, dimana dia memerintahkan anak-anak terakhirnya, para raksasa untuk menghancurkan Olympus dan seluruh dunia dari akarnya di Yunani. Disebutkan bahwa sebagai protogenia, Gaea tidak dapat dikalahkan melainkan hanya dapat ditidurkan; bila dia terbangun sepenuhnya, tidak akan ada yang dapat menghentikannya. Di Darah Olympus, Gaea dapat dibangunkan setelah para raksasa dapat menjatuhkan darah Percy dan Annabeth di kota Athena, dimana dia kemudian menuju Perkemahan Blasteran. Untuk menghentikannya, Piper dapat menidurkannya dengan Charmspeak, kemudian Leo mengorbankan dirinya dalam kobaran api untuk mengalahkan Gaea.
  • Nyx - Perwujudan malam. Dia tinggal di Tartarus di kediaman bernama "Puri Malam" yang sangat ditakuti oleh seluruh penduduk Tartarus. Nyx memiliki banyak anak, beberapa tinggal bersamanya di Tartarus. Percy dan Annabeth bertemu Nyx saat mereka mencari jalan keluar Tartarus. Mereka berpura-pura menjadi pengelana dan mengatakan tentang brosur yang tidak menyebutkan nama Nyx. Nyx mengatakan seberapa penting dirinya dan menunjukkan mereka anak-anaknya. Tahu bahwa mereka tak punya harapan melawan mereka semua, Percy dan Annabeth menipu mereka dan bergegas lari dari mereka secepatnya.
  • Ourae - Perwujudan gunung-gunung. Loyal terhadap ibu mereka, Gaea, satu grup Ourae di Gunung Apennine menyerang Argo II dengan melemparkan batu-batu besar, membuat kapal terpaksa mundur sementara Leo berusaha memikirkan rencana lain.
  • Tartarus - Perwujudan lubang neraka. Tartarus adalah suami kedua Gaea dan bersamanya melahirkan para raksasa. Tartarus sudah sering disebutkan sebagai penjara yang terletak jauh di bawah dunia bawah untuk mengurung para Titan, namun di akhir buku Gerha Hades, dia juga terungkap sebagai dewa perwujudan. Annabeth mendeskripsikan bahwa kekuatannya berada di tingkat lain bahkan daripada Titan dan raksasa, dan dia dan Percy tak punya harapan melawannya. Iapetus dan Damasen-pun harus mengorbankan diri mereka untuk menunda Tartarus sementara Percy dan Annabeth berlari menuju dunia atas.

Makhluk Abadi[sunting | sunting sumber]

  • Aeolus - Pengendali Angin dan atasan dari para Anemoi. Aeolus mengerahkan keempat Anemoi untuk melindungi Olympus dari serangan udara pasukan Kronos di Dewa Olympia Terakhir. Di Pahlawan Yang Hilang, Aeolus menjadi stres karena harus melaksanakan perintah-perintah para dewa, mengharapkan supaya Zeus dapat mempromosikannya menjadi dewa. Dia dimanipulasi oleh Khione untuk memerintahkan keempat Anemoi untuk membunuh demigod yang meminta tolong.
  • Calais - Putra Boreas. Dia bersama saudaranya, Zethes, adalah bawahan kakak mereka, Khione, yang merupakan agen Gaea. Di Gerha Hades, dia membantu Khione menyerang Argo II, namun diuapkan oleh Festus.
  • Chiron - Seorang centaurus yang menjadi direktur aktivitas Perkemahan Blasteran. Dia adalah putra Kronos. Chiron sangat baik dan ramah terhadap Percy, seringkali memberinya nasihat-nasihat untuk perjalanannya. Dia dipecat untuk sementara karena pohon Thalia terluka di Lautan Monster. Dia bersama grup centaurus lainnya, Pesta Poni, menyelamatkan Percy dan teman-temannya di kapal Putri Andromeda dan diterima kembali di perkemahan setelah Percy berhasil mendapatkan Bulu Domba Emas. Dalam film, Chiron diperankan oleh Pierce Brosnan di Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief dan oleh Athony Head di Percy Jackson: Sea of Monsters.
  • Lupa - Serigala betina yang menyusui dua penemu legendaris kota Roma, Romulus dan Remus. Dia bekerja sebagai pelatih legiun baru di Perkemahan Jupiter.
  • Pemburu Artemis - Kelompok pasukan Artemis yang terdiri atas gadis-gadis perawan yang menyerahkan rasa cinta untuk keabadian dan awet muda. Dalam sejarah, hanya ada satu laki-laki yang pernah menjadi anggota pemburu Artemis: raksasa Orion, yang dikecualikan oleh Artemis karena daya tariknya. Mereka sering berkelana dan hanya berkunjung di Perkemahan Blasteran sesekali. Mereka semua cenderung misandris (tak menyukai lelaki). Keabadian mereka akan ditarik Artemis bila mereka jatuh cinta atau "jatuh dalam pertarungan".
    • Zoë Nightshade - Putri Titan Atlas dan letnan Pemburu Artemis selama lebih dari 2000 tahun. Zoë dulunya merupakan bagian dari para Hesperides, namun karena dia memilih melayani Olympus melebihi ayahnya dia tidak diakui lagi. Di buku Kutukan Bangsa Titan, Zoë ikut dalam misi penyelamatan Artemis. Dia sebenarnya tahu bahwa yang ditujukan pada ramalan bahwa ada anak yang dibunuh orang tuanya adalah dirinya sendiri, tapi dia memutuskan untuk tetap melanjutkan misi. Saat di Taman Hesperides, Zoë diracuni, namun dia masih ikut dalam pertarungan dengan ayahnya, Atlas. Dia mengalami luka besar dan akhirnya meninggal. Untuk mengenangnya, Artemis mengubah Zoë menjadi rasi bintang "Pemburu".
    • Phoebe - Pelacak dan penyembuh terbaik Pemburu Artemis. Dia dideskripsikan memiliki tubuh kekar, dan dia juga tidak mempercayai lelaki, ditunjukkan saat dia ragu-ragu meninggalkan Thalia dengan Jason dan Leo, memikirkan mereka mungkin akan menculiknya. Di Darah Olympus, Phoebe, bersama beberapa pemburu lainnya, tewas tertusuk panah Orion.
    • Celyn - Pemburu Artemis yang ikut dalam rencana mengalahkan raksasa Orion, namun dia tewas tertusuk panah Orion bersama beberapa pemburu lain di Darah Olympus.
    • Naomi - Putri Hecate. Dia bersama beberapa pemburu lainnya tewas tertusuk panah Orion di Darah Olympus.
  • Zethes - Putra Boreas. Dia bersama saudaranya, Calais, adalah bawahan kakak mereka, Khione, yang merupakan agen Gaea. Di Gerha Hades, dia membantu Khione menyerang Argo II, namun diuapkan oleh Festus.

Karakter Mitologi[sunting | sunting sumber]

  • Achilles - Pahlawan Yunani terkenal karena kecakapannya bertarung dalam Perang Troya. Arwah Achilles muncul kepada Percy dan Nico di Dewa Olympia Terakhir, memberi Percy nasihat sebelum dia menceburkan diri ke Sungai Styx tentang Tanda Achilles.
  • Amazon - Suku yang terdiri atas prajurit wanita yang menyembah dewa-dewi perang seperti Athena, Ares, dan Bellona. Beberapa membantu pertahanan Perkemahan Jupiter melawan raksasa Polybotes di Darah Olympus.
    • Hylla - Putri Bellona, ratu para Amazon dan kakak Reyna. Dia dulunya bekerja di pulau Circe, namun setelah Percy dan Annabeth membebaskan para bajak laut, dia dan Reyna ditangkap dan diperbudakkan oleh bajak laut hingga berhasil selamat. Mereka berdua berpisah; Hylla menjadi ratu Amazon sementara Reyna masuk ke Perkemahan Jupiter. Dia bertarung dan berhasil membunuh Otrera untuk mempertahankan gelarnya. Di Darah Olympus, Hylla memandu para Amazon melawan raksasa Orion dan berhasil selamat, walau banyak prajuritnya yang tewas.
    • Kinzie - Prajurit Amazon dan teman baik Hylla. Dia adalah putri dari nimfa laut. Kinzie sempat mengajak Percy untuk kencan, namun dia menolak. Di Darah Olympus, Kinzie bersama beberapa Amazon dan Pemburu Artemis tewas dalam perang melawan Orion.
    • Lulu - Prajurit Amazon yang loyal terhadap Otrera.
    • Otrera - Ratu Amazon pertama yang dibunuh oleh Bellerophon. Dia adalah putri Ares. Otrera merupakan satu dari banyak orang yang hidup kembali saat Pintu Ajal dibuka oleh Gaea. Dia, yang loyal pada Gaea, ingin supaya para Amazon melayani pasukan Gaea. Ia menantang Hylla dalam posisi menjadi Ratu. Karena pintu masih dibuka, Otrera terus saja hidup kembali setelah dibunuh dua kali. Setelah Thanatos dibebaskan, dia memastikan Otrera tidak akan bangkit lagi.
  • Antinous - Salah satu pemimimpin pelamar Penelope, istri Odysseus. Hantu Antinous berkumpul di rumah Odysseus di Ithaca.
  • Calypso - Putri Titan Atlas. Karena Calypso berpihak pada ayahnya di perang Titan pertama, dia diasingkan di rumahnya, Pulau Ogygia yang terletak "dimana saja dan tidak dimana-mana". Setiap beberapa masa, akan ada pahlawan yang terdampar ke pulau dan akan Calypso cintai, namun mereka tak akan pernah membalas cintanya dan harus pergi dan takkan pernah dapat kembali lagi. Di Pertempuran Labirin, Percy terdampar di Ogygia dan dirawat Calypso, namun Calypso tampak menghindari Percy dan mengatakan tentang hukumannya saat dia diberitahu harus pergi oleh Hephaestus. Setelah perang dengan Kronos, Percy meminta para dewa agar membebaskan Calypso, namun para dewa tampaknya lupa karena di Gerha Hades, Calypso masih ada di Ogygia. Leo terdampar di pulaunya setelah dilempar Khione. Kesal karena belum dibebaskan dan bahwa para dewa menghinanya dengan mengirimkan "bocah cebol", dia awalnya bermusuhan dengan Leo. Namun seiring waktu, mereka mulai berteman dan akhirnya jatuh cinta, walau Calypso tak mau mengungkapkannya seperti dulu. Saat Leo harus pergi, dia bersumpah akan bertemu dengan Calypso lagi. Calypso muncul di akhir Darah Olympus, dimana dia menunggu Leo mengunjungi Ogygia, menciumnya, kemudian pergi bersamanya dengan Festus keluar pulau.
  • Circe - Seorang penyihir anak Helios yang mempunyai C.C. Spa & Resort di sebuah pulau. Dia akan menjebak laki-laki yang singgah di sana dan mengubah mereka menjadi marmot sementara yang perempuan direkrut menjadi pelayan. Circe telah mengubah Blackbeard dan bajak laut lain serta juga Percy saat singgah disana, namun Annabeth berhasil membebaskan Percy dan bajak laut kembali menjadi manusia.
  • Chrysaor - Saudara Pegasus dan anak Medusa dan Poseidon yang lahir saat Perseus memenggal kepala Medusa. Dia kesal karena jarang ada mitos tentang dirinya dan saat ini bekeja sebagai bajak laut. Dia bersama pasukan lumba-lumbanya menyerang Argo II di Laut Mediterania. Chrysaor dapat dipukul menuju laut oleh Frank, namun karena dia adalah putra Poseidon dia dapat selamat.
  • Echo - Seorang oread yang dikutuk oleh Hera supaya hanya dapat mengulang kata-kata yang diucap oleh orang disekitarnya. Dia juga berkamuflase mengikuti lingkungan di sekitarnya. Echo sudah meninggal, namun hidup kembali setelah Pintu Ajal dibuka oleh Gaea; walau begitu, dia sama sekali tidak bekerja untuk Gaea. Di Tanda Athena, Echo membantu Leo dan Hazel mengambil perunggu langit yang digunakan Narcissus. Sebelum mereka pergi setelah berhasil, Echo mencium Leo dan Leo sekilas melihat wajah Echo yang sebenarnya, yang menurut dia sangat cantik, namun mudah dilupakan.
  • Eurytion - Putra Ares. Dia sudah lama bekerja di Peternakan Triple G milik Geryon, dan dia sangat tidak menyukai harus bergantung padanya.
  • Daedalus - Putra Athena dan arsitek legendaris Yunani. Dialah yang mendesain Labirin, sebuah tempat yang menghubungkan seluruh area di dunia. Di masa lalu, Daedalus membuat putri Raja Minos, Ariadne, untuk menetang ayahnya, sementara Daedalus dan anaknya, Icarus, mencoba melarikan diri dengan sayap raksasa, namun Icarus tewas saat jatuh ke laut. Setelah dengan sengaja membiarkan keponakannya untuk mati, Daedalus mendapatkan rencana untuk hidup selamanya di tubuh buatan. Kini, dia telah hidup dalam tubuh kelimanya. Dengan nama Quintus, dia menjadi pelatih pedang di Perkemahan Blasteran. Saat Percy dan kelompoknya mengetahui penyamaran Daedalus, dia sudah memberikan benang Ariadne pada Luke, namun dia memutuskan untuk ikut dalam pertahanan perkemahan menghadapi pasukan Kronos. Sudah cukup dalam menghindari kematian, dia memberikan laptop berisi rencananya pada Annabeth dan akhirnya siap untuk mati dengan bantuan Nico.
  • Ganymede - Pembawa Cangkir para dewa. Di Lautan Monster, suara Ganymede dapat terdengar di taksi Kakak-beradik Gray menginstruksikan Percy, Annabeth, dan Tyson untuk memakai sabuk.
  • Hasdrubal - Raja Magonid Kartago Kuno pada abad ke 6 SM. Hantu Hasrubal berkumpul di rumah Odysseus di Ithaca.
  • Hippias - Tiran Athena pada abad ke 6 SM. Hantu Hippias berkumpul di rumah Odysseus di Ithaca.
  • Medea - Penyihir sakti, cucu dari Helios, dan keponakan Circe. Medea sudah mati, namun hidup kembali setelah Pintu Ajal dibuka. Dia memiliki toko swalayan yang dikunjungi Jason, Piper, dan Leo, namun saat nama Jason disebut, Medea jadi marah karena dia membenci kekasihnya dulu, Jason. Medea-pun terungkap sebagai agen Gaea. Dia sepertinya terbakar saat tokonya terbakar, namun Aphrodite mengingatkan Piper bahwa Medea masih hidup dan akan mengincarnya.
  • Narcissus - Seorang pria sangat tampan yang dikutuk untuk jatuh cinta dengan bayangannya. Narcissus adalah salah satu dari banyak jiwa orang mati yang hidup kembali melalui Pintu Ajal setelah dibuka oleh Gaea. Dia memiliki satu grup nimfa penggemarnya dan bersama mereka mengagumi bayangan Narcissus di sebuah perisai perunggu langit. Di Tanda Athena, Narcissus dapat dialihkan oleh Leo dengan bantuan Echo, sementara Hazel mengambil perisai Narcissus. Saat dia tahu, dia langsung mengirim nimfa penggemarnya untuk mengejar mereka, namun Leo dan Hazel dapat pergi tepat pada waktunya.
  • Para Hesperides - Tiga putri Atlas yang menjaga Taman Hesperides. Awalnya, Zoë Nightshade juga termasuk dalam lingkaran mereka, namun setelah dia membantu Hercules mengambil apel emas, dia tidak dianggap lagi. Di Kutukan Bangsa Titan, para Hesperides menghadang Percy dan kelompoknya saat mereka mencoba melewati taman, namun mereka segera bersembunyi ketika Zoë dengan sengaja membangunkan Ladon.
  • Pasiphaë - Penyihir putri Helios dan saudara dari Circe serta istri Raja Minos dan ibu Ariadne dan Minotaurus. Pasiphaë memberikan kehidupan pada Labirin Daedalus, dan setelah Daedalus meninggal, dia mulai mengambil alih supaya Labirin tetap ada. Dia membenci para dewa karena menghukumnya dengan melahirkan Minotaurus karena kesalahan suaminya sementara Minos dapat menjadi salah satu hakim dunia bawah. Pasiphaë bersama raksasa Clytius menghadapi Hazel dan Leo di Gerha Hades di akhir Gerha Hades. Dia dapat dijatuhkan melalui lubang tipuan berkat pengendalian Kabut Hazel.
  • Phineas - Putra Poseidon yang buta namun dapat melihat ke masa depan. Di Putra Neptunus, Phineas hidup kembali setelah Gaea membuka Pintu Ajal. Saat bertemu Percy dan kelompoknya, dia menawarkan informasi dengan syarat dia dan Percy harus meminum darah Gorgon. Karena pengaruh Gaea, dia meminum darah yang beracun dan mati.
  • Procrustes - Anak Poseidon yang bekerja sebagai pencuri: menjebak korbannya di sebuah ranjang sihir yang ia bersempit dan luaskan. Saat bertemu kelompok Percy di Pencuri Petir, dia mencoba menjebak Annabeth dan Grover dan memperpanjang mereka, namun Percy dapat menipu Procrustes masuk ke dalam ranjangnya sendiri.
  • Raja Midas - Seorang raja yang dapat mengubah apapun yang disentuhnya menjadi emas. Midas dan anaknya adalah salah satu dari banyak jiwa yang dapat keluar dari Pintu Ajal karena Thanatos dirantai. Dia bekerja untuk Gaea. Midas mengubah Piper dan Leo menjadi emas untuk menunda Jason, namun mereka berdua dapat dikembalikan dan Midas dikalahkan.
    • Lityerses - Putra Midas yang ikut hidup kembali saat Pintu Kematian dibuka. Dia melayani ayahnya, namun tak sengaja diubah menjadi emas oleh sentuhan Midas.
    • Zoe - Putri Midas yang diubah menjadi emas.
  • Raja Minos - Putra Zeus dan raja Krete. Dia juga suami Pasiphaë dan ayah Ariadne. Setelah kematiannya, Minos menjadi salah satu hakim dunia bawah. Di Pertempuran Labirin, Minos, yang masih menaruh dendam pada Daedalus yang sudah membuat putrinya menentangnya, menjadi "teman" Nico dan menganjurkannya untuk menukarkan satu jiwa untuk menghidupkan kembali kakak Nico, Bianca. Satu jiwa tersebut adalah Daedalus, namun saat mereka berdua bertemu Daedalus dan kelompok Percy di Ruang Kerja Daedalus, Nico memutuskan untuk mengambil sisi Percy dan mengusir Minos dengan mengirim pasukan kerangka padanya. Di akhir buku, Minos disebutkan ingin menghukum Daedalus untuk masuk Padang Penyiksaan, namun rencananya ditolak Hades yang memasukkan Daedalus ke Padang Ashpodel.
  • Raja Tantalus - Seorang raja yang dihukum di Tartarus karena telah membunuh anaknya sendiri. Dia dikeluarkan dari Tartarus untuk menggantikan Chiron setelah pemecatannya sebagai direktur aktivitas Perkemahan Blasteran, yang menjadi kacau dalam kepemimpinannya. Setelah Chiron diterima kembali, Tantalus dikirim kembali ke Tartarus.
  • Rhea Silvia - Ibu dua penemu legendaris kota Roma, Romulus dan Remus serta istri dari Tiberinus. Dia bersama suaminya membantu Annabeth mencari Athena Parthenos. Dia juga menceritakan sejarah pendirian kota Roma. Dia dideskripsikan sangat mirip dengan Audrey Hepburn.
  • Sciron - Anak Poseidon dan seorang penjahat. Dia dihidupkan kembali saat Pintu Ajal dibuka Gaea dan mulai bekerja untuk Gaea. Di Gerha Hades, dia menyuruh Argo II untuk menyerahkan Athena Parthenos padanya, namun berkat pengendalian Kabut Hazel, Hazel, dan Jason dapat menendangnya ke dalam mulut kura-kuranya sendiri.
  • Theseus - Pahlawan Yunani dan putra Poseidon yang terkenal melewati Labirin Daedalus dan mengalahkan Minotaurus. Arwahnya tak sengaja dipanggil Nico saat dia mencoba memanggil arwah kakaknya, Bianca.

Makhluk dan Monster Mitologi[sunting | sunting sumber]

  • Amaltheia - Kambing betina yang mengasuh dan menyusui Zeus selama penyembunyiannya dari ayahnya, Kronos. Kulitnya dijadikan Aegis, perisai Zeus yang nantinya diambil alih Thalia. Di The Demigod Diaries, Amaltheia memandu Thalia yang kabur dari rumah menuju gua di mana dia bertemu Luke, kemudian memandu mereka ke rumah Halcyon Green.
  • Antaeus - Putra Poseidon dan Gaea. Dia adalah makhluk setengah raksasa. Di Pertempuran Labirin, Antaeus bekerja sama dengan pasukan Titan dalam menghentikan kelompok Percy. Dia bertarung dengan Percy dimana karena Gaea adalah ibunya, dia dapat menyembuhkan diri selama dia ada di tanah. Namun Percy dapat memancing Antaeus ke udara dan membunuhnya; kali ini dia tak dapat menyembuhkan diri.
  • Arachne - Penenun paling hebat Yunani yang diubah oleh Athena menjadi laba-laba karena menyombongkan dirinya. Di Tanda Athena, dia menjadi penjaga terakhir Athena Parthenos yang dia selimuti dengan jaring laba-laba. Arachne menenun permadani yang menggambarkan banyak hal, salah satunya adalah saat Percy dan Annabeth berciuman di bawah air. Melalui trik Annabeth, Arachne dapat masuk ke jebakannya sendiri, namun dia tak mau kalah dan menghancurkan lantai sarangnya yang langsung masuk ke Tartarus. Dia menarik Annabeth untuk jatuh bersamanya beserta Percy saat dia mencoba menyelamatkan Annabeth. Arachne muncul lagi di Gerha Hades untuk mengejar Percy dan Annabeth, namun Percy dapat membunuhnya.
  • Argus - Makhluk yang mempunyai seratus mata biru di sekujur tubuhnya. Penciptanya adalah Hera. Dia bertugas menjadi penjaga keamanan Perkemahan Blasteran.
  • Arion - Kuda hasil hubungan Neptunus dan Ceres. Dia menjadi peliharaan Hazel saat dia dapat membebaskannya dari para Amazon.
  • Aura - Spesies nimfa angin. Tubuh mereka terbentuk dari kabut, membuat mereka terlihat seperti hantu.
    • Mellie - Seorang aura yang bekerja untuk Aeolus. Dia dipecat karena membantu Jason, Piper, Leo, dan Pelatih Hedge melarikan diri dari Aeolus. Mellie selanjutnya bekerja untuk ayah Piper, Tristan. Mellie mulai berhubungan dengan Pelatih Hedge dan di buku Gerha Hades, dia sekarang tinggal di Perkemahan Blasteran, menikahi Hedge, dan hamil.
  • Arwah Badai/Venti - Arwah-arwah badai yang lahir dari Typhon. Mereka dikurung oleh Aeolus, namun beberapa bebas dan saat ini melayani Gaea.
    • Dylan - Ventus yang menyamar sebagai teman Piper di bis sekolah. Selirnya adalah Medea.
    • Tempest - Ventus yang dapat dikendalikan oleh Jason karena kekuatannya sebagai putra Jupiter.
  • Babi Erymathia - Babi besar yang menjadi pelayan Pan. Di buku Kutukan Bangsa Titan, Percy dan teman-temannya menggunakan babi ini sebagai transportasi cepat.
  • Babi Clazmonia - Babi kanibal raksasa bersayap. Dia ikut pasukan Kronos dalam pertempuran Manhattan, namun dapat dikalahkan oleh Percy melalui Rencana Dua Puluh Tiga.
  • Banteng Colchis - Banteng perunggu sebesar gajah dan dapat menyemburkan api. Mereka dibuat oleh Hephaestus. Beberapa mencoba menyerang Perkemahan Blasteran namun dikalahkan oleh Tyson.
  • Basilisk - Monster ular. Mereka menyerang R.O.F.L. milik Iris, namun Frank dapat membunuh mereka.
  • Burung Stymphalia - Burung pemakan manusia. Beberapa masuk ke Perkemahan Blasteran karena pohon Thalia terluka dan menyerang peserta kereta. Mereka dapat dihalau dengan musik Chiron yang dimainkan Percy dan Annabeth.
  • Cacus - Raksasa putra Hephaestus yang dapat menyemburkan api. Dia muncul di The Demigod Diaries, dimana dia mencuri caduceus Hermes, sehingga Hermes mengirim Percy dan Annabeth untuk mengambilnya kembali. Dia dapat dibunuh setelah mereka berdua menyerangnya dengan caduceus yang disetel ke "Mode Laser".
  • Cerberus - Seekor anjing raksasa berkepala tiga yang dimiliki Hades dan bekerja sebagai penjaga keamanan dunia bawah. Di Pencuri Petir, Annabeth dapat berteman dengannya dan di Dewa Olympia Terakhir, dia bermain-main dengan hellhound peliharaan Percy, Mrs. O'Leary.
  • Centaurus - Makhluk setengah manusia setengah kuda. Chiron adalah satu-satunya yang mempunyai pekerjaan tetap dan berkomunikasi dengan konsisten; yang lain tersebar secara liar.
    • Pesta Poni - Kelompok centaurus Chiron. Mereka berasal dari seluruh daerah Amerika. Mereka membantu pekemah dua kali: di Lautan Monster untuk menyelamatkan Percy dan teman-temannya dari kapal Putri Andromeda dan di Dewa Olympia Terakhir untuk ikut dalam pertahanan Olympus. Dua anggota dari kelompok yang dikenal adalah Larry dan Owen.
  • Charybdis - Seekor monster laut yang berada berlawanan arah dari monster laut lain, Scylla. Dia berada di bawah laut dan mulut raksasanya akan membuka dan menciptakan pusaran air untuk menarik semua yang ada di sekitarnya untuk ditelan.
  • Chimera - Makhluk berkepala tiga yang sepertiga singa, kambing, dan ular. Ia dikirim oleh ibunya, Echidna, untuk meracuni Percy hingga ia terpaksa jatuh ke air untuk menyembuhkan dirinya.
  • Cyclops - Makhluk raksasa bermata satu. Para cyclops awal dulunya adalah anak-anak Gaea dan Ouranos, namun Poseidon juga mempunyai anak-anak cyclops yang lebih kecil.
    • Polyphemus - Cyclops anak Poseidon. Polyphemus mempunyai pulau yang disuburkan karena adanya Bulu Domba Emas. Dia menculik Grover untuk menikahinya, mengira dia cyclops wanita. Percy, menggunakan taktik Odysseus dulu, berhasil membebaskan Grover dan mengambil Bulu Domba Emas sebelum lari dari pulau. Dalam film, karakternya diperankan oleh Robert Maillet.
    • Ma Gasket - Cyclops Hyperborean dan ibu dari dua cyclops lainnya, Sump dan Torque. Dia menghadang Jason, Piper, dan Leo saat mereka menabrak pabrik di Detroit. Mereka bertiga dapat dibunuh oleh Leo, namun dapat kembali dengan cepat karena dibukanya Pintu Ajal. Di Putra Neptune, mereka menyerang Perkemahan Jupiter, namun Ma Gasket dapat dibunuh Tyson.
  • Drakon - Monster raksasa seperti ular. Drakon sering salah disangka naga, namun mereka hidup beribu-ribu tahun sebelum mereka. Mereka juga tak memiliki sayap seperti naga modern.
    • Drakon Aethiopia - Spesies drakon dari Aethiopia. Satu spesies melayani pasukan Kronos di kapal Putri Andromeda.
    • Drakon Lydia - Spesies drakon paling tua dan mematikan. Drakon ini hanya dapat dibunuh oleh anak Ares. Drakon ini dikirim Kronos untuk menyerang demigod di Olympus. Karena pondok Ares tak mau ikut, para demigod kewalahan mengalahkan drakon Lydia. Namun saat Silena memimpin pondok Ares dan tewas karena racun dari Drakon, Clarisse langsung memimpin pondok Ares dan dengan mudah membunuhnya.
    • Drakon Maeonia - Spesies drakon yang hidup di rawa Tartarus. Percy dan Annabeth menghadapi drakon ini dan kewalahan, namun mereka dibantu raksasa Damasen yang membunuh drakon tersebut, mengatakan bahwa kutukannya adalah untuk membunuh drakon-drakon.
  • Dryad - Spesis nimfa yang tinggal di pohon dan hutan.
    • Juniper - Seorang dryad dan pacar Grover. Dia memberitahu perkemahan bahwa dia melihat Luke menggunakan Labirin serta bahwa Daedalus, dalam penyamarannya menjadi Quintus, juga menggunakan Labirin.
  • Echidna - Makhluk wanita yang mempunyai tubuh bawah seperti ular. Echidna adalah istri Typhon dan ibu dari Chimera, Cerberus, Hydra, Sphynx, Singa Nemea dan masih banyak monster lagi. Dia menghadapi Percy di atas Lengkungan St. Louis dan mengirim Chimera untuk menyerang Percy.
  • Eidolon - Arwah-arwah yang dapat merasuki manusia dan mesin. Di Tanda Athena, satu Eidolon dikirim oleh Gaea untuk merasuki Leo yang menembakkan meriam pada Perkemahan Jupiter, menginstigasikan Perkemahan Jupiter untuk berperang melawan Perkemahan Blasteran, namun dia akhirnya dapat disadarkan. Selanjutnya, dua Eidolon merasuki Percy dan Jason, namun berkat kemampuan Piper, mereka dapat dikalahkan.
  • Empousa - Makhluk wanita yang sangat cantik dari luar, namun merek memiliki rambut terbakar, kulit putih, mata merah, taring, dan kaki yang terdiri atas kaki keledai dan kaki prostetik. Mereka juga memiliki kemampuan Charmspeak. Mereka adalah putri-putri Hecate.
    • Kelli - Empousa senior yang merupakan anak buah Luke. Dia bersama Tammi menyerang Luke di awal Pertempuran Labirin. Dia juga menyerang mereka di ruang kerja Daedalus, namun dibunuh oleh Annabeth. Di Gerha Hades, Kelli yang sedang memperbarui menyerang Percy dan Annabeth, namun behasil dikalahkan lagi.
    • Tammi - Empousa bawahan Kelli. Dia menyerang Percy di SMA Goode, namun berhasil dibunuh Percy.
    • Serephone - Empousa kawanan Kelli. Di Gerha Hades, dia menyerang Percy dan Annabeth, namun ditipu Annabeth untuk tidak mengikuti Kelli dan menjadi pemimpin empousa. Karena ini, Kelli marah dan membunuh Serephone.
  • Furies - Tiga dewi pembalasan yang melayani Hades.
    • Alecto - Perwujudan Kemarahan. Dia dikirim oleh Hades untuk menyamar menjadi guru matematika Percy di Akademi Yancy, namun berhasil dikalahkan Percy dengan Riptide. Alecto juga dikirim oleh Hades untuk menceburkan Nico dan Bianca di Sungai Lethe, mengantar mereka ke Kasino Teratai, dan mengeluarkan mereka dari sana 70 tahun kemudian. Dalam film, Alecto diperankan oleh Maria Olsen.
    • Megaera - Perwujudan Dendam.
    • Tisiphone - Perwujudan Pembalasan.
  • Gegeines - Makhluk bertangan enam yang tidak memakai apapun kecuali sebuah cawat. Mereka lahir dari bumi dan merupakan pelayan Gaea.
  • Geryon - Putra Chrysaor dan cucu Medusa. Dia memiliki tubuh tiga namun hanya satu kepala. Dia adalah pemilik Peternakan Triple G dan bekerja untuk Kronos dengan menjual monster yang dia pelihara untuk ikut pasukan. Dia dibunuh oleh Percy.
  • Gorgon - Tiga makhluk bertubuh wanita dengan rambut seperti ular.
    • Medusa - Satu-satunya Gorgon yang dapat mengubah orang yang memandangnya menjadi batu. Dia muncul di Pencuri Petir menyamar menjadi "Bibi Em" dan menjual patung orang, dimana dia mengatakan karena dia yang paling dikenal manusia, dia satu-satunya Gorgon yang masih tersisa. Kepalanya dipenggal oleh Percy dan digunakan oleh ibunya untuk merubah Gabe menjadi patung. Dalam film, Medusa diperankan oleh Uma Thurman.
    • Stheno - Salah satu saudari Medusa. Di serial pertama, Stheno sudah memudar, namun di The Heroes of Olympus, dia hidup kembali karena Pintu Ajal dibuka untuk melayani Gaea.
    • Euryale - Salah satu saudari Medusa. Dia juga sudah memudar di serial pertama, tapi hidup kembali di The Heroes of Olympus untuk melayani Gaea.
  • Gryphon - Monster terbang yang hidup di utara. Beberapa gryphon menyerang kereta yang ditumpangi Percy, Frank, dan Hazel.
  • Hekatonkheire - Makhluk raksasa bermuka lima puluh dan bertangan seratus. Mereka adalah anak-anak Gaea dan Ouranos serta kakak para cyclops. Pada masa lalu, ada tiga Hekatonkheire, namun sekarang hanya ada satu karena yang lain sudah memudar.
    • Briares - Satu-satunya Hekatonkheire yang tersisa karena saudara-saudaranya telah memudar. Kelompok Percy bertemu Briares di penjara Alcatraz pada Pertempuran Labirin. Mereka membebaskannya dari Kampê, namun dia awalnya tak mau ikut hingga di akhir buku, dimana dia ikut dalam pertahanan Perkemahan Blasteran melawan pasukan Kronos. Briares kemudian ikut bersama Tyson menuju Istana Poseidon untuk bekerja disana.
  • Hellhound - Anjing neraka yang disebutkan memiliki tubuh raksasa dan mata merah. Mereka bertugas di Ladang Hukuman, dan beberapa direkrut untuk melayani pasukan Kronos.
    • Mrs. O'Leary - Dikatan sebagai anjing neraka satu-satunya yang jinak, Mrs. O'Leary adalah hewan peliharaan Daedalus sebelum berpindah tangan ke Percy saat Daedalus meninggal. Dia dapat dipanggil melalui sebuah peluit es.
  • Hippocampus - Makhluk setengah kuda setengah ikan. Mereka berada dalam domain Poseidon.
    • Rainbow - Hippocampus peliharaan Tyson. Dia membantu Percy, Annabeth, dan Tyson dalam pencarian Bulu Domba Emas. Dia juga mengantar Percy ke Perkemahan Blasteran saat Rachel mengambil Blackjack di akhir Dewa Olympia Terakhir.
  • Hydra - Monster yang bila satu kepalanya dipenggal akan menumbuhkan dua lagi. Di Lautan Monster, Percy, Annabeth, dan Tyson berhadapan Hydra yang darahnya menumbuhkan banyak outlet "Monster Doughnut" dimana-mana, bahkan di dekat laut.
  • Ichthyocentaurus - Spesies centaurus bawah laut. Tidak seperti sifat centaurus yang hidup mengarungi tempat, Ichthyocentaur lebih terorganisir dan juga memandu Perkemahan Blasteran Ikan.
    • Aphros - Ichthyocentaurus pelatih musik dan puisi di Perkemahan Blasteran Ikan. Dia ikut menyelamatkan Leo, Hazel, dan Frank setelah diserang Skolopendra.
    • Bythos - Ichthyocentaur pelatih perang di Perkemahan Blasteran Ikan.
  • Kakak-beradik Gray - Tiga wanita tua yang hanya punya satu mata dan satu gigi. Di buku Lautan Monster, mereka mengantar Percy, Annabeth, dan Tyson ke perkemahan Blasteran. Percy memaksa mereka mengatakan 30, 31, 35, dan 12 dengan mengancam menghancurkan mata mereka. Nomor-nomor tesebut nantinya terungkap sebagai koordinat menuju Lautan Monster. Dalam film, karakter mereka diperankan oleh Missi Pyle, Yvette Nicole Brown, dan Mary Birdsong.
  • Kampê - Monster dengan tubuh wanita di bagian atas dan banyak ular menjalar di bagian bawah. Dia juga membawa dua buah pedang beracun. Kampê dulunya bekerja untuk mengurung para Cyclops dan Hekatonkheires di Tartarus saat para Titan berkuasa. Di Pertempuran Labirin, Kampê mengurung Briares di penjara Alcatraz, namun dia dapat dibebaskan oleh Percy dan teman-temannya. Di akhir buku, Kampê ikut dalam penyerangan perkemahan Blasteran, namun Tyson dapat menimbun dia ke dalam tanah dengan sebuah batu besar.
  • Karpoi - Arwah gandum. Mereka melayani Gaea.
  • Kerkopes - Dua kakak-beradik, Passalos dan Akmon yang diubah Zeus menjadi monyet karena sering mencuri. Mereka mencuri berbagai barang milik Argo II di Gerha Hades. Leo dapat mengalahkan mereka, namun alih-alih membunuh mereka, dia menyuruh mereka untuk ke New York dan ikut dalam menunda penyerangan Perkemahan Blasteran oleh Perkemahan Jupiter.
  • Harpy - Makhluk wanita setengah manusia setengah burung. Beberapa dari mereka bekerja di Perkemahan Blasteran sebagai tukang kebersihan. Ada juga harpy yang berpihak pada pasukan Titan.
    • Ella - Harpy bersayap merah. Dia dapat mengingat apa saja yang dia baca. Ella dan Rachel bekerja sama di Tanda Athena untuk menelaah tentang penyerangan bangsa Romawi terhadap Perkemahan Blasteran.
  • Kepiting Raksasa - Seekor kepiting raksasa menyerang Percy saat dia dalam misi penyelundupan di kapal Putri Andromeda. Dia berhasil dikalahkan oleh Percy.
  • Kerangka - Pasukan kerangka adalah pelayan dan pasukan Hades. Mereka biasanya berada tidak jauh dari Hades dan membantunya melawan musuhnya. Nico juga dapat memanggil pasukan kerangka karena dia adalah putra Hades, namun memanggil kerangka menguras banyak tenaganya.
  • Kalajengking Lubang - Kalajengking dari Tartarus. Salah satu dipanggil Luke untuk menyerang Percy di akhir Pencuri Petir.
  • Katobleps - Monster sapi. Mereka tak sengaja diimpor dari Afrika ke Italia, dan setelah memakan akar beracun mereka jadi mempunyai tatapan dan semburan beracun. Mereka semua dibunuh oleh Frank.
  • Laistrygonia - Ras raksasa kanibal yang melayani Kronos di serial pertama. Tiga dari mereka, Joe Bob, Marrow Sucker, dan Skull Eater menyerang Percy di awal Lautan Monster. Mereka juga ikut pertempuran di Manhattan. Satu Laistrygonia juga disebutkan ditembak menggunakan senapan oleh ibu Percy.
  • Lamia - Putri Hecate dan Ratu Libya yang diubah menjadi monster setengah ular oleh Hera karena hubungannya dengan Zeus. Karena Hera juga membunuh anak Lamia, Lamia marah dan menggunakan sihirnya untuk membuat seluruh monster di dunia dapat mencium bau demigod sebagai balas dendam. Di The Demigod Diaries, Lamia menyerang saudara tirinya, Alabaster, dan seorang manusia bernama Claymore. Dia dapat membunuh Claymore dan temannya. Saat Alabaster mencoba membunuh Lamia, sihirnya dimampatkan oleh Hecate, karena Hecate tak mau kedua anaknya membunuh satu sama lain.
  • Lar - Arwah pelindung Romawi.
    • Vitellius - Lar pelindung kohort V di perkemahan Jupiter.
    • Cato - Salah satu Lar perkemahan Jupiter.
  • Lemur - Hantu Romawi yang menghantui Italia. Mereka menghadang kelompok Argo II saat perjalanan mereka di Italia.
  • Leucrotae - Makhluk campuran singa, kuda, dan serigala yang dapat meniru suara manusia. Di The Demigod Diaries, beberapa leucrotae ditugaskan untuk menjadi pelayan Halcyon Green oleh Apollo, namun mereka juga akan memangsa demigod yang mengunjungi rumah Halcyon. Mereka akhirnya dapat dimusnahkan oleh Luke dan Thalia dengan api Yunani.
  • Lycanthrope - Manusia yang dikutuk mempunyai kemampuan untuk berubah menjadi serigala. Mereka hanya dapat dilukai dengan senjata yang dibuat dari perak.
    • Lycaon - Lycanthrope pertama dan pemimpin mereka. Dia menyerang Jason, Piper, Leo, dan Pelatih Hedge saat mereka akan mendekati kediaman Aeolus, bertujuan untuk menculik Jason dan membunuh yang lain. Lycaon terluka saat ditembak panah perak Pemburu Artemis dan kemudian melarikan diri. Di Darah Olympus, dia mengejar Nico, Reyna, dan Pelatih Hedge di Évora, namun berhasil ditusuk Nico dengan pisau perak Reyna.
  • Maenad - Nimfa eksentrik pelayan Dionysus. Di The Demigod Diaries, mereka mencari Dionysus di hutan Perkemahan Blasteran. Mereka mulai menyerang Jason, Piper, dan Leo karena Leo berbohong tentang identitasnya. Tahu bahwa mereka akan dikutuk Dionysus bila menyakiti para Maenad, mereka bertiga menjebak mereka supaya Chiron dan Argus dapat mengirim mereka ke Kota Atlantis.
  • Manticore - Makhluk mirip sphynx; ia mempunyai tubuh singa dan ekor kalajengking yang dapat menyemburkan racun.
    • Dr. Thorn - Seekor Manticore yang menyamar sebagai guru di Westover Hall. Dia mempunyai heterokromia (warna mata berbeda). Dia bertarung dengan Percy, Annabeth, Thalia, dan Grover saat mereka sedang merekrut Nico dan Bianca sebelum dibunuh oleh Dionysus.
  • Minotaurus - Makhluk setengah manusia, setengah banteng. Dia mengejar Percy sampai Perkemahan Blasteran dan menculik ibu Percy, namun Percy dapat menebas tanduknya dan mengambilnya. Di Dewa Olympia Terakhir, Minotaurus kembali untuk berhadapan dan kalah dengan Percy lagi.
  • Naiad - Spesies nimfa yang tinggal di sungai dan danau. Beberapa dari mereka adalah anak Poseidon, sementara yang lain adalah anak Oceanus. Percy bertemu salah satu naiad di Peternakan Triple G yang menolak permintaan Percy untuk menggunakan air danaunya untuk membersihkan kotoran di kandang kuda kanibal. Dia memberitahu Percy bahwa dulu kawasan peternakan itu adalah laut saat Gaea dan Ouranos memerintah dan beberapa kerang yang menjadi batu disana masih memiliki potensi menyemburkan air.
    • Hagno - Naiad anak Oceanus dan merupakan salah satu naiad yang ikut melindungi Zeus saat Kronos akan memakannya. Dia bersama saudara-saudaranya telah melayu karena kehilangan rumah dan dijanjikan oleh raksasa Ephialtes dan Otis bahwa dengan membunuh Percy, Jason, dan Piper, mereka dapat mendapatkan rumah. Melalui air semburan dari kekuatan mereka bertiga yang dikorbankan pada Kornukopia, Hagno berubah ke wujudnya semula dan pergi untuk mencari rumah baru.
  • Naga - Monster bersayap besar. Mereka biasanya ditempatkan untuk menjaga suatu tempat atau benda.
    • Peleus - Naga yang menjaga Bulu Domba Emas di pohon Thalia. Dia awalnya sangat kecil, namun berkembang besar sangat cepat hingga melebihi pohon Thalia sendiri.
    • Ladon - Naga yang menjaga Taman Hesperides. Ladon meracuni Zoë dan berkontribusi pada kematiannya di Kutukan Bangsa Titan.
    • Festus - Naga automaton yang dibuat Hephaestus. Dia diciptakan untuk melindungi Perkemahan Blasteran, namun setelah Beckendorf tewas dia menjadi kacau. Leo dapat berteman dengannya setelah dia terus bersembunyi di hutan dan menamainya "Festus" ("Senang" dalam bahasa Latin) berdasarkan salah pengejaan nama ayah Leo. Festus dikendarai Leo, Jason, dan Piper dalam misi penyelamatan Hera, namun dia hancur setelah mereka kabur dari Medea. Kepalanya digunakan Leo untuk kepala kapal Argo II.
  • Merpeople - Makhluk seperti manusia yang memiliki ekor ikan sebagai kaki mereka. Mereka bertugas sebagai penjaga Istana Poseidon.
    • Bill - Pahlawan terkenal Perkemahan Blasteran Ikan.
  • Nereid - Spesies nimfa yang tinggal di laut dan samudra. Mereka adalah pengawal Poseidon. Saat Percy masih kecil, dia biasanya melihat para nereid melambaikan tangan mereka ke Percy di pantai, namun Percy saat itu tak mengetahui siapa mereka. Percy juga bertemu seorang nereid setelah jatuh dari Lengkungan St. Louis yang memberikannya mutiara Poseidon supaya dia dapat keluar dari dunia bawah.
  • Ophiotaurus - Monster setengah sapi setengah ular. Membunuhnya dan mengorbankannya akan membuat orang tersebut mempunyai kekuatan untuk menghancurkan Olympus. Saat Percy menemukannya, dia mengira dia betina dan menamainya "Bessie". Saat ini, Bessie disimpan dengan aman di Istana Olympus.
  • Orthrus - Anjing raksasa berkepala dua dan saudara Cerberus. Dia adalah peliharaan milik Eurytion.
  • Pegasus - Kuda bersayap, anak Medusa dan Poseidon, dan saudara Chrysaor. Ia memiliki sayap dua kali besar sayap anak-anaknya dan rambut berwarna seperti elang: emas, putih, coklat, dan karat. Pegasus memiliki banyak anak yang nantinya menjadi satu spesies kuda bersayap unik yang dinamai dari Pegasus sendiri. Tidak seperti anak-anaknya yang hidup layaknya kuda-kuda biasa, Pegasus hidup abadi. Di Darah Olympus, Pegasus datang untuk membantu Reyna membawa Athena Parthenos ke Perkemahan Blasteran. Sebelum pergi, dia menghargai pertemanan Reyna dengan pegasusnya, Scipio, dan memberikan gelar "Sahabat Kuda" pada Reyna.
    • Blackjack - Pegasus milik Percy yang ia bebaskan dari Kapal Princess Andromeda. Dia memiliki rambut hitam. Blackjack memilih untuk memanggil Percy dengan sebutan "bos" daripada "tuan".
    • Guido - Teman pegasus Blackjack. Dia berambut putih.
    • Porkpie - Teman pegasus Blackjack. Dia berambut putih.
    • Scipio - Pegasus milik Reyna. Di Gerha Hades, Scipio terluka parah saat diserang oleh gryphon dan Reyna memutuskan untuk membunuhnya untuk menghentikan siksaannya.
  • Raksasa Hyperborean - Raksasa berkulit biru dari utara. Mereka biasanya tentram dengan manusia, namun beberapa direkrut oleh pasukan Kronos dalam pertempuran Manhattan.
  • Satir/Faun - Makhluk setengah kambing. Mereka menua lebih lambat daripada manusia. Para satir biasanya bertugas merekrut blasteran paru ke perkemahan dan mencari dewa Pan yang telah lama hilang dengan izin pencari.
    • Leneus - Tetua satir dan anggota Dewan Berkuku Belah. Dia awalnya menganggap bahwa klaim Grover tentang dewa Pan yang mati kebohongan besar dan mengusirnya. Setelah Percy memarahinya supaya dia dapat bangkit bertarung melawan Kronos, dia ikut pertempuran Manhattan di Dewa Olympia Terakhir, namun terluka parah dan akhirnya meninggal.
    • Maron - Anggota Dewan Berkuku Belah.
    • Silenus - Anggota Dewan Berkuku Belah.
    • Don - Faun yang tinggal disekitar Perkemahan Jupiter, meminta-minta makan dan uang.
    • Gleeson Hedge - Seorang satir yang bertugas melindungi Jason, Piper, dan Leo, serta anggota Argo II lainnya saat mereka melakukan perjalanan ke Yunani. Dia disebutkan di Dewa Olympia Terakhir saat dia mengirim surat pada Grover, namun belum muncul hingga Pahlawan Yang Hilang. Di Gerha Hades, dia bersama Nico dan Reyna mengantarkan Athena Parthenos kembali ke Perkemahan Blasteran.
    • Chuck Hedge - Satir putra Gleeson Hedge dan nimfa Mellie. Dia lahir tepat saat Gleeson berhasil mencapai Perkemahan Blasteran di Darah Olympus. Wali baptisnya adalah Clarisse.
  • Scythian Dracanae - Makhluk wanita reptil. Mereka bekerja untuk Kronos. Ada satu Dracanae yang diketahui namanya: Ratu Sess
  • Singa Nemea - Seekor singa anak Typhon dan Echidna. Ia dikirim oleh Luke dan Atlas untuk menghentikan kelompok Percy. Karena dia tahan peluru dan pedang, Percy tak dapat melawannya hingga ia mengumpannya dengan makanan dan memperlihatkan satu-satunya titik lemahnya: mulutnya.
  • Siren - Sekelompok makhluk wanita setengah burung yang menyanyikan lagu hipnotis untuk menarik pelayar ke kematian mereka. Di Lautan Monster, satu Siren hampir saja membunuh Annabeth.
  • Scylla - Seekor monster pemangsa manusia raksasa yang memiliki enam kepala. Dia tinggal di atas gunung, berlawanan dengan Charybdis. Bila ada kapal yang berlayar dekat dengannya, Scylla akan langsung menyambar dan memakan mereka. Menurut Clarisse, bila pelayar bersembunyi di bawah kapal, Scylla akan menghancurkan kapal mereka.
  • Skolopendra - Monster laut anak Phorcys dan Keto. Dia dikirim oleh Keto untuk mengejar kelompok Argo II, namun pergi setelah diserang oleh api Yunani Leo dan Hazel.
  • Talos - Automaton Hephaestus yang berada di Tempat Rongsokan Dewa. Talos aktif saat Bianca mengambil mainan untuk Nico. Talos menyerang kelompok Percy hingga Bianca dapat mematikannya, namun dia tersetrum kabel listrik hingga tewas.
  • Telkhine - Monster yang berbentuk seperti anjing dan anjing laut. Mereka membuat senjata-senjata untuk pasukan Kronos.
  • Typhon - Putra Gaea dan Tartarus. Typhon adalah seekor monster raksasa mengerikan yang hanya dapat dikalahkan oleh kerja sama seluruh dewa-dewi Olympia. Typhon dulunya dikubur Zeus di Gunung Etna dan akhirnya dipindah di Gunung St. Helens, namun di Dewa Olympia Terakhir, dia dapat bangun dan mulai menuju Olympus dari barat sementara para dewa Olympia menyerangnya; kesempatan lenggang ini digunakan Kronos untuk menyerang Manhattan. Typhon akhirnya dikalahkan saat Poseidon datang membantu dan dia dibuang ke Tartarus.

Manusia[sunting | sunting sumber]

  • Beryl Grace - Ibu Thalia dan Jason. Beryl menjadi manusia fana pertama yang mempunyai dua anak dari aspek dewa berbeda: dia melahirkan Thalia dari aspek Yunani Zeus dan Jason dari aspek Romawinya, Jupiter. Beryl adalah mantan bintang tahun 80-an, dan dia menjadi sombong karena telah memiliki demigod dari Raja para Dewa. Dia sangat kasar terhadap anak-anaknya sejak Zeus meninggalkannya, dan saat Hera datang untuk meminta Jason untuk dimasukkan ke Perkemahan Jupiter, Beryl tidak segan-segan memberikannya. Hal ini membuat Thalia kabur dari rumah dan membenci ibunya. Beryl mulai mengkonsumi alkohol dan dia tewas beberapa tahun sebelum Pencuri Petir karena kecelakaan mobil. Di Darah Olympus, Beryl muncul sebagai Mania, arwah kegilaan, di rumah Odysseus. Dia mencoba meyakinkan Jason untuk kembali padanya, namun Jason, mengetahui siapa dia sebenarnya, menolak Beryl, membuatnya hilang dalam desisan lega.
  • Emily Zhang - Ibu Frank. Dia adalah seorang pengubah wujud karena memiliki darah Periclymenus. Frank mengingatnya sebagai ibu yang baik dan sangat perhatian padanya. Emily masuk dalam tentara Kanada, namun tewas dalam perang di Afghanistan.
  • Esperanza Valdez - Ibu Leo. Dia adalah seorang mekanik yang sepertinya alasan mengapa Hephaestus tertarik padaya. Saat Leo masih kecil, Leo dan Esperanza pulang dari toko mekanik ketika Esperanza masuk lagi untuk mengambil sesuatu. Leo kemudian ditipu oleh Gaea untuk membakar tokonya, membunuh Esperanza. Kematian Esperanza membuat Leo menjadi ragu-ragu tiap menggunakan kekuatan apinya.
  • Esther - Pustakawan Perpustakaan Presidensial Jimmy Carter. Dia mengantarkan Percy, Frank, dan Pelatih Hedge ke akuarium Georgia. Hedge mendeskripsikan dia memiliki bau harum bunga rampai.
  • Frederick Chase - Ayah Annabeth. Frederick dan Annabeth mempunyai hubungan renggang karena masalah keluarga Frederick yang baru (dia sudah menikah dan mempunyai dua anak) yang membuat Annabeth lari dari rumah di usia 7 tahun. Di Kutukan Bangsa Titan, Frederick membantu Percy dan kelompoknya dalam menyerang pasukan Titan, dan dia pun mulai memperbaiki hubungannya dengan Annabeth.
  • Gabriel "Gabe" Ugliano - Suami pertama Sally dan ayah angkat Percy yang sangat kasar dan tidak bertanggung jawab. Dia dinikahi Sally selama 10 tahun dengan harapan baunya yang menyengat akan membuat monster menghindari Percy. Di akhir Pencuri Petir, Sally mengubah Gabe menjadi patung dengan kepala Medusa dan menjualnya. Dalam film, karakternya diperankan oleh Joe Pantoliano.
  • Howard Claymore - Seorang doktorat yang berpidato di The Demigod Diaries. Salah satu hadirin adalah putra Hecate, Alabaster, yang bertanya kenapa kematian harus ada. Dia diserang oleh Lamia, monster putri Hecate setelah diberi alamat rumah Alabaster. Dia mengorbankan dirinya supaya Alabaster dapat mengalahkan Lamia, namun karena intervensi Hecate, Claymore menjadi pelindung Alabaster dalam bentuk kabut.
  • Isabel - Murid Sekolah Alam Liar. Dia terus menerus menggoda Piper karena darah Cherokeenya serta karena dia tak tahu siapa ibunya.
  • Jane - Sekretaris Tristan McLean. Dia dimanipulasi oleh Medea dengan Charmspeak untuk memancing Tristan ke Gunung Diablo supaya dia dapat diculik oleh Enceladus. Setelah Tristan dapat diselamatkan, Jane dipecat dan posisinya digantikan oleh Mellie.
  • Julian Ramírez-Arellano - Ayah Hylla dan Reyna. Dia adalah tentara Amerika yang ditugaskan di Iraq. Walau berhasil selamat dari tugasnya dengan pecahan bom yang tertusuk di tubuhnya, dia mengalami gangguan stres pascatrauma dan sering berhalusinasi bahwa dia masih berada di perang. Julian sering mengunci Hylla dan Reyna di dalam ruangan untuk "melindungi" mereka dari halusinasinya. Pada akhirnya, kegilannya merubahnya menjadi seorang mania yang menyerang anak-anaknya, namun Reyna dapat menghancurkan apa yang tersisa darinya sebelum dia bersama Hylla kabur dari rumah.
  • Maria di Angelo - Ibu Bianca dan Nico. Setelah Perang Dunia II, Zeus mulai mengincar anak-anak Tiga Besar untuk membunuh mereka. Hades mencoba menyakinkan Maria dan anak-anak mereka untuk tinggal bersamanya di dunia bawah, namun Maria tak ingin membesarkan anak mereka di tempat gelap seperti dunia bawah. Diapun dibunuh oleh Zeus saat hotel tempat mereka tinggal dihancurkan.
  • Marie Levesque - Ibu Hazel. Marie adalah seorang dukun New Orleans pada tahun 1930-an. Pada salah satu ritual berbicara arwahnya, dia memanggil Pluto. Marie-pun mempunyai putri dengan Pluto, Hazel yang diberi kekuatan mengeluarkan batu-batu berharga dari tanah. Karena miskin, Marie memaksa Hazel untuk mengeluarkan batu-batu tersebut, namun batu tersebut mengutuk orang yang memegangnya tanpa seizin Hazel atau Pluto. Marie akhirnya pindah bersama Hazel ke Alaska pada tahun 1942 walau sudah diperingati Pluto. Tanpa perlindungan para dewa, Hazel ditipu Gaea untuk mulai membangkitkan raksasa Alcyoneus. Marie akhirnya sadar dan mengorbankan dirinya untuk melindungi Hazel, namun Hazel memilih untuk ikut mati bersama Marie sembari menunda kebangkitan Alcyoneus. Di dunia bawah, Marie dihukum masuk Ladang Hukuman, namun dia diselamatkan Hazel yang menolak Elysium supaya mereka dapat masuk Padang Ashpodel. Sejak saat itu, Marie tak pernah bertemu dengan Hazel lagi.
  • May Castellan - Ibu Luke. Seperti ibu Percy, May dapat melihat menembus Kabut. Sebagai manusia fana, dia mempunyai kekuatan aneh untuk meramal, dan setelah melahirkan Luke dia menawarkan diri menjadi Oracle Delphi baru. Namun, karena kutukan Hades, May menjadi gila dan mulai meramalkan masa depan Luke yang kelam. Hermes tak dapat berbuat banyak sebagai dewa, sementara Luke, merasa sudah cukup dengan keadaan ibunya memilih kabur dari rumah. Namun May masih berharap Luke akan datang suatu hari nanti dan setiap harinya dia membuat roti isi dan kue untuk Luke. Percy dan Nico bertemu May di Dewa Olympia Terakhir dan mengetahui bahwa karena May tidak waras, Luke dapat dengan mudah meminta "izin" May untuk mandi di Sungai Styx.
  • Mrs. Chase - Ibu tiri Annabeth. Annabeth mengatakan bahwa ibu tirinya bermusuhan dengannya karena kecenderungannya menarik monster-monster, membuatnya melarikan diri dari rumah pada usia 7 tahun. Saat bertemu dengan kelompok Percy di Kutukan Para Titan, Percy tercengang karena Mrs. Chase sangat berbeda sekali dengan deskripsi Annabeth yang tampak dilebih-lebihkan; dia bahkan meminta Percy supaya memberitahu Annabeth bahwa dia masih punya rumah dengannya dan suaminya, Frederick.
  • Nenek Zhang - Nenek Frank dan ibu dari Emily. Seperti Emily dan Frank, Nenek Zhang juga adalah seorang pengubah wujud. Dia sangat kaya dan memiliki rumah sangat besar dengan persediaan berbagai senjata di lotengnya. Tidak seperti Emily, Nenek Zhang sangat tegas dan keras pada Frank. Dia juga sangat mengedepankan leluhurnya dari China. Saat Frank dan teman-temannya mengunjungi puri Zhang di Kanada, Nenek Zhang sudah sekarat, namun dia dapat menyuruh Frank mengambil senjata sebelum purinya dibakar. Nasibnya kemudian tak diketahui.
  • Nancy Bobofit - Murid Akademi Yancy yang suka mengganggu dan mencuri dari murid lain, terutama Percy dan Grover.
  • Paul Blofis - Suami kedua Sally dan ayah angkat Percy. Paul bertemu Sally di Kutukan Bangsa Titan dan mereka mulai berhubungan. Awalnya, Percy menyebut nama belakang Paul dengan sebutan "Blowfish" (ikan kembung), namun setelah mengenal dia lebih dekat dia mulai menghargainya. Paul meminta izin Percy untuk meminang Sally di Pertempuran Labirin, dan mereka mulai bertunangan di Dewa Olympia Terakhir.
  • Rachel Elizabeth Dare - Teman fana Percy yang tinggal di Manhattan dan dapat melihat menembus Kabut. Percy pertama bertemu dia di Bendungan Hoover di Kutukan Bangsa Titan. Di Pertempuran Labirin, Rachel memimpin Percy dan Annabeth mencari jalan bertemu Daedalus. Dia dan keluarganya berlibur di Karibia di Dewa Olympia Terakhir, namun dia punya firasat dan segera menuju kembali ke Manhattan . Setelah Kronos berhasil dikalahkan, Apollo menjadikan Rachel sebagai Oracle Delphi baru karena ini memang takdirnya dari awal. Di Gerha Hades, Rachel menerima pesan dari Annabeth supaya Reyna mengantarkan Athena Parthenos kembali ke Perkemahan Blasteran; disini Rachel juga mengutarkan nama lengkap Reyna.
  • Rufus - Murid Akademi St. Agnes untuk Anak Berkulit Hitam dan Orang Indian, bersama Hazel dan Sammy Valdez pada tahun 1942. Dia sangat kasar terhadap Hazel dan menyebutnya "Gadis Penyihir" karena rumor ibu Hazel yang menjual permata terkutuk.
  • Sally Jackson - Ibu Percy yang dapat melihat menembus Kabut. Dia menikahi Gabe Ugliano dengan harapan baunya yang tidak sedap akan melindungi Percy dari serangan monster. Setelah Gabe ia ubah jadi batu, ia mulai berhubungan dan akhirnya menikah dengan Paul Blofis. Dalam film, karakternya diperankan oleh Catherine Keener.
  • Sammy Valdez - Kakek buyut Leo. Sammy dulunya adalah pacar Hazel, namun dia terpaksa meninggalkannya saat dia harus pindah ke Alaska bersama ibunya, Marie.
  • Tristan McLean - Ayah Piper. Dia adalah aktor Cherokee terkenal dan banyak gadis yang naksir padanya. Karena kesibukannya sebagai aktor, hubungannya dengan Piper menjadi renggang. Dia diculik di Pahlawan Yang Hilang, namun diselamatkan Piper bersama Jason dan Leo.
  • William Dare - Ayah Rachel. Dia sangat kaya dan memiliki vila di berbagai tempat, namun dia sangat selektif pada masa depan Rachel. Dia juga menyuruh Rachel untuk masuk ke akademi (hal yang Rachel benci). Rachel mengatakan bahwa bila dia pergi lebih dari seminggu dari rumah, William tak akan peduli. William mengajak istrinya dan Rachel berlibur di vila mereka di Karibia pada Dewa Olympia Terakhir, namun setelah Rachel mendapat penglihatan tentang Percy, mereka langsung menuju Manhattan.

Karakter eksklusif cerpen The Son of Sobek dan The Staff of Serapis[sunting | sunting sumber]

  • Carter Kane - Salah satu protagonis serial The Kane Chronicles, Carter adalah penyihir Mesir muda berusia 15 tahun yang pernah menaungi dewa perang Mesir, Horus, dalam perang melawan dewa kejahatan, Apophis. Dia memerankan narator cerpen The Son of Sobek, dimana saat dia mendeteksi sinyal magis Petsuchos di daerah Long Island, dia bertemu dengan Percy Jackson dan mengetahui koeksistensi dunia Mesir dan Yunani. Setelah membuka kalung sihir Sobek, Carter membawa Petsuchos ke Rumah Brooklyn, memberikan tanda sinyal pada Percy, dan berjanji tidak akan memberitahu siapapun tentang rahasia koeksistensi dua dunia.
  • Petsuchos - Seekor buaya yang dikenakan kalung milik dewa buaya Mesir, Sobek, oleh Setne, menjadikannya buaya magis peneror Long Island. Ia adalah karakter judul dari The Son of Sobek. Carter Kane, yang mendapatkan sinyal adanya aktivitas sihir Petsuchos di sekitar Long Island, bertemu Percy yang juga mencari petsuchos karena ia memakan pegasus Perkemahan Blasteran. Mereka akhirnya bekerja sama untuk membuka kalung Sobek, membuat sang buaya menjadi kecil. Carter memutuskan untuk membawa Petsuchos ke Rumah Brooklyn sebagai teman main Philip dari Macedonia.
  • Sadie Kane - Salah satu protagonis serial The Kane Chronicles, Sadie adalah penyihir Mesir berusia 13 tahun yang pernah menaungi dewi sihir Mesir, Isis, dalam perang melawan Apophis. Dia bertemu dengan Annabeth Chase di The Staff of Serapis. Keduanya bertukar cerita tentang koeksistensi dunia Mesir dan Yunani, dimana diungkapkan bahwa tidak seperti Annabeth, Sadie belum diberitahu tentang pertemuan tak sengaja kakaknya, Carter, dengan pacar Annabeth, Percy Jackson di daerah Long Island. Sadie bersama Annabeth bekerja sama untuk mengalahkan dewa dunia bawah Mesir-Yunani, Serapis, kemudian bertukar nomor telepon sebelum berpisah.
  • Serapis - Dewa dunia bawah Mesir-Yunani yang pernah menjadi dewa utama kota Iskandariyah. Setne membangkitkan Serapis dan Petsuchos dengan maksud menguasai kekuatan dunia Mesir dan Yunani, namun Serapis sendiri mempunyai rencana sendiri untuk mendapatkan kekuatan seluruh dewa di dunia dengan menggunakan miniatur Mercusuar Iskandariyah. Dia dapat dikalahkan oleh Annabeth dan Sadie Kane.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Riordan, Rick (2010). The Lost Hero. Disney Hyperion Books. hlm. 553. ISBN 978-1-4231-1339-3.