Ker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ker (bahasa Yunani: Κήρ) adalah dewi kematian dalam mitologi Yunani. Para Ker adalah putri dari Niks, dan bersaudara dengan Moirai (Sewi takdir), Moros (dewa ajal), Thanatos (dewa kematian), Hipnos (dewa tidur), Eris (dewi perselisihan), Geras (dewa penuaan), Nemesis (dewi pembalasan), dan Kharon. Kikero menyebut mereka sebagai anak-anak dari Erebos dan Niks. Para Ker adalah dewi yang membawa kematian yang kejam, termasuk kematian dalam pertempuran, kecelakaan, pembunuhan atau penyakit. kebalikan dari Thanatos yang memberi kematian yang damai. Para Ker digambarkan sebagai makhluk gelap dengan cakar dan gigi bergemeretak dan haus darah.

Para Ker adalah makhluk yang haus darah dan secara kejam merobek jiwa dari tubuh yang sekarat lalu mengirimnya ke dunia bawah. Ribuan Ker berterbangan di atas area pertempuran, dan jika ada manusia yang mati, maka para Ker akan saling berebut seperti burung pemakan bangkai. Para Ker sebenarnya tidak berkuasa atas hidup dan mati manusia namun sifat haus darah mereka menjadikan para Ker berusaha membuat orang-orang mati. Zeus dan dewa-dewa lainnya bisa menghentikan atau mempercepat para Ker. Para dewa Olimpus sering berdiri di dekat pasukan yang mereka dukung untuk mencegah datangnya para Ker pada pasukan mereka. Para Ker juga menghantui daerah yang terkena wabah untuk mencari orang yang mati lalu mengambil jiwanya.

Ker dan Valkyrie[sunting | sunting sumber]

Kemungkinan ada hubungan antara Ker dan Valkyrie dari mitologi Nordik. Keduanya adalah dewa yang terbang di atas medan pertempuran dan memilih orang-orang yang akan dibunuh. Perbedaannya adalah bahwa Valkyrie adalah dewa yang baik hati dibandingkan dengan Ker yang haus darah. Mungkin karena dua kebudayaan tersebut memiliki pandangan yang berbeda terhadap perang. Selain itu, "Ker" dalam Bahasa Yunani yang berarti "pilihan" mungkin memiliki akar kata yang sama dengan "kyrja" (asal kata valkyrie) yang berarti "memilih".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]