Mars (mitologi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mars
Dewa Perang dan Agrikultur
Patung Mars dari Forum Nerva, abad ke-2 M, berdasarkan karya asli era Augustus yang pada gilirannya menggunakan model Yunani Helenistik dari abad ke-4 SM. Museum Capitolini di Roma, Italia.[1]
Nama lainMavors, Mavorte (kuno, puitis)
PlanetMars
SimbolTombak Mars ♂ (Ikon tombak dan tameng)
HariSelasa
Informasi pribadi
Nerio dan lainnya Rhea Silvia (raped), Venus, Bellona
AnakRomulus dan Remus, Cupid
Orang tuaJupiter dan Juno
SaudaraVulkan, Minerva, Herkules, Bellona, Apollo, Diana, Bacchus, dll.
YunaniAres
EtruriaMaris, Laran

Mars dalam mitologi Romawi adalah dewa perang, putra dari Yuno dan Jupiter, suami Bellona, dan kekasih Venus. Dia adalah dewa militer yang utama dan disembah oleh legiun Romawi. Prajurit Romawi menganggapnya sebagai dewa terpenting kedua setelah Jupiter. Festival untuknya digelar pada bulan Maret dan Oktober.

Nama Mars kemungkinan beasal dari dewa pertanian mitologi Etruska, Maris. Di Romawi, Mars awalnya adalah dewa pertanian dan pelindung ternak, ladang, dan petani. Hal ini disebabkan karena rakyat Roma pada awalnya adalah petani. Ketika Romawi semakin lama semakin kuat dalam peperangan, Mars beralih fungsi dan disembah sebagai dewa pertempuran dan dihubungkan dengan Ares dari mitologi Yunani. Mars adalah pelindung kota Roma dan dianggap sebagai leluhur dari semua orang Romawi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Capitoline Museums. "Colossal statue of Mars Ultor also known as Pyrrhus – Inv. Scu 58." Capitolini.information. Accessed 8 October 2016.