Asklepios

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patung Asklepios

Asklepios adalah dewa pengobatan dan penyembuhan dalam mitologi Yunani. Asklepios mewakili aspek penyembuhan dari seni pengobatan, sementara putri-putrinya Hygieia, Meditrina, Iaso, Aceso, Aglæa/Ægle dan Panacea melambangkan kekuatan dari kebersihan, obat, dan penyembuhan. Dalam mitologi Romawi dia dinamakan sebagai Vediovis.

Kisahnya[sunting | sunting sumber]

Dia adalah anak dari Apollo dan Coronis. Ibunya dibunuh karena berselingkuh dari Apollo dan jasadnya dibakar, tapi anak yang sedang dia kandung diselamatkan dari rahimnya. Dari sini dia mendapat nama Asklepios "membedah". Apollo membawa bayi itu dan memberikannya kepada seekor kentaur bernama Khiron yang membesarkan Asklepios dan mengajarinya seni pengobatan.

Asklepios menikah dengan Epione, dan mempunyai enam putri: Hygieia, Meditrina (pembawa ular), Panacea, Aceso, Iaso, and Aglaea, dan tiga putra: Machaon, Podaleirios dan Telesphoros. Dia juga mempunyai anak bersama Aristodama bernama Aratus. Nama dari putri-putrinya secara transparan menggambarkan tema "kesehatan yang baik".

Zeus membunuh Asklepios dengan petir karena dia membangkitkan orang mati dan menerima bayaran untuk itu. Cerita yang lain mengatakan Asklepios dibunuh setelah membangkitkan orang mati, karena Hades berpikir jika itu terus terjadi, maka tidak ada lagi arwah yang tertinggal didunia bawah, jadi dia meminta saudaranya, untuk melenyapkannya. Hal ini membuat Apollo marah yang kemudian membunuh para Kiklops yang membuat petir untuk Zeus. Akibat dari hal ini, Zeus kemudian menghilangkan Apollo dari langit malam dan memerintahkannya melayani Admetus, Raja Thessaly. Setelah kematian Asklepios, Zeus menempatkan Asklepios di antara bintang bintang sebagai rasi bintang Ophiuchus ("Si Pembawa Ular")

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]