Iapetos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Iapetos
Titan mortalitas, kematian dan barat
Pasangan Asia
Orang tua Uranus dan Gaia
Saudara Okeanos, Hiperion, Koios, Kronos, Krios, Thetis, Theia, Foibe, Rea, Mnemosine, Themis, para Kiklops, dan para Hekatonkhires
Anak Prometheus, Epimetheus, Menoitios, dan Atlas
Padanan dalam mitologi Romawi Japetus

Iapetos, atau Japetos (Bahasa Yunani: Ἰαπετός[1]), adalah seorang Titan dalam mitologi Yunani. Iapetos adalah putra dari Uranus dan Gaia. Dia adalah saudara Kronos dan memimpin dunia bawah sebelum Hades. Dia beristrikan seorang Okeanid yang bernama Klimene atau Asia. Anak-anak Iapetos antara lain Atlas, Prometheus, Epimetheus, dan Menoetius. Melalui Prometheus dan Epimetheus, Iapetos menjadi leluhur umat manusia.

Dia bersama tiga Titan lainnya ikut memegangi Uranus ketika Kronos mengebiri alat kelamin Uranus. Iapetos melambangkan satu dari empat pilar dunia. Iapetos adalah Titan yang melambangkan pilar dunia bagian barat. Anaknya, Atlas, juga menjalani hukumannya memikul langit di ujung barat dunia. Dia juga adalah Titan Kehidupan Mortal, dan anaknya, Prometheus, merupakan pencipta manusia dan makhluk mortal lainnya.

Dalam perang Titanomakhia, Iapetos memihak para Titan sementara kedua anaknya (Prometheus & Epimetheus) membantu Zeus. Prometheus berusaha mengajaknya agar berpihak pada Zeus, namun Iapetos tidak mendengarkannya dan tetap berperang bersama para Titan. Setelah para Titan kalah, Zeus menghukum Iapetos dengan mengurungnya di Tartaros.[2]

Iapetos dan Yafet[sunting | sunting sumber]

Iapetos banyak disamakan dengan Yafet (יֶפֶת), anak Nuh, karena kemiripan namanya dan tradisi kuno Yahudi, bahwa Yafet adalah leluhur orang Yunani, orang Slavia, orang Italia, orang Jerman, dll, sedangkan dalam mitologi Yunani, Yafetos merupakan leluhur umat manusia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wells, John (14 April 2010). "Iapetus and tonotopy". John Wells's phonetic blog. Diakses 21 April 2010. 
  2. ^ Homer, Iliad 8.478.81

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]