Forkis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam mitologi Yunani, Forkis (bahasa Yunani: Φόρκυς) adalah dewa laut awal. Menurut Hesiodos, Forkis adalah putra dari Pontos dan Gaia. Dalam Himne Orfeus, Forkis disebut sebagai putra Okeanos dan Tethis..[1] Sejarawan Karl Kerenyi menyamakan Forkis dengan dewa laut serupa, misalnya Nereus dan Proteus.[2] Istri Forkis adalah Keto. Forkis dan Keto merupakan orang tua dari sekumpulan monster mengerikan yang disebut Forkid. Dalam mosaik Romawi-Hellenis, Forkis digambarkan sebagai pria setengah ikan dengan kaki depannya berupa capit kepiting dan kulitnya memiliki duri merah.

Dalam Iliad, disebutkan tentang seorang tokoh bernama Forkis, yang merupakan putra Aretaon dan saudara Askanios, serta merupakan pemimpin bangsa Frigia dalam Perang Troya. Forkis yang ini mati dibunuh oleh Aias dan sama sekali tidak berkaitan dengan dewa laut.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Hesiodos, dalam Theogonia, menyebutkan bahwa anak-anak Forkis dan Keto antara lain Ekhidna, para Gorgon (Euriale, Stheno, Medusa), Graiai (Deino, Enyo, dan Pemfredo), serta Ladon, yang juga disebut sebagai Drakon Hesperios ("Naga Hesperides"). Kadang Ladon disebut sebagai putra Ekhidna dan Tifon, yang dengan demikian menjadikannya sebagai cucu Forkis. Sementara Apollodoros menyebutkan bahwa Skilla juga adalah putri dari Forkis dan Keto.

Homeros menyebutkan Thoosa, ibu Polifemos, sebagai putri Forkis.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kerenyi, hlm. 42.
  2. ^ Kerenyi, hlm. 42-43.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]