Rea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rea
Rea menunggangi seekor singa, Altar Pergamon, Museum Pergamon, Berlin.
Rea menunggangi seekor singa, Altar Pergamon, Museum Pergamon, Berlin.
Titan kesuburan, keibuan, dan keturunan
Pasangan Kronos
Orang tua Uranus dan Gaia
Saudara Okeanos, Hiperion, Koios, Kronos, Krios, Iapetos, Thetis, Theia, Foibe, Mnemosine, Themis, para Kiklops, dan para Hekatonkhires
Anak Zeus, Poseidon, Hades, Hera, Demeter, dan Hestia
Padanan dalam mitologi Romawi Ops

Rea (bahasa Yunani: Ῥέα, Rhéa) dalam mitologi Yunani adalah saudari sekaligus Istri Kronos. Dari Kronos ia memiliki anak-anak yang nantinya akan menjadi penguasa Olimpus, yaitu Demeter, Hades, Hestia, Poseidon, Hera, dan Zeus. Ia bersama Kronos menjadi pemimpin para Titan.

Bagi Homer, Rea adalah ibu para Dewa. Meskipun bukan ibu alam semesta seperti halnya Kibele. Menurut legenda ia menyelamatkan Zeus yang baru lahir dengan mengasingkannya di Pulau Kreta supaya tidak ditelan Kronos seperti kakak-kakaknya. Ia mempercayakan Zeus pada para pengikutnya di sana. Para pengikutnya ini menjadi penjaga Zeus dan mengadakan upacara-upacaca penyembahan.

Berdasarkan beberapa versi lain:

  1. Zeus dibesarkan oleh Gaia,
  2. Zeus dipelihara oleh manusia setengah kambing yang bernama Amalthea bersama dengan muridnya Krouretes, mereka membuat bunyi-bunyian dan berteriak untuk menutupi suara tangisan bayi agar tidak terdengar oleh Kronos,
  3. Zeus dipelihara oleh seorang dewi bernama Adamanthea yang menyusuinya dengan susu kambing. Karena Kronos menguasai seluruh daratan, lautan, dan surga telah menelan seluruh putri Rea, Adamanthea kemudian menyembunyikan Zeus dengan menaruhnya dalam sebuah buaian yang disangkutkan di pohon agar Zeus tidak menyentuh daratan, lautan, dan langit.

Rea disimbolkan dengan bulan. Dalam Mitologi Romawi simbolnya adalah Lunar. Simbol lainnya adalah angsa karena angsa melambangkan kelembutannya. Ia juga disertai dengan 2 ekor Singa sebagai penarik keretanya.

Arti Kata[sunting | sunting sumber]

Banyak pakar etymology sepakat kata Rhéa ('Ρέα) adalah turunan dari kata έρα "daratan", pendapat lainnya, nama Rhéa mungkin memiliki hubungan dengan kata delima, ῥόα, atau ῥοιά semacam buah di Yunani.

Nama Rhea juga digunakan untuk nama salah satu bulan dari planet Saturnus.