Hebe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patung Hebe karya Antonio Canova

Hebe dalam mitologi Yunani adalah dewi masa muda (padanannya di Romawi adalah Yuventas). Dia adalah putri dari Zeus dan Hera. Hebe biasanya bertugas membawa mangkuk berisi nektar dan ambrosia yang dihidangkan untuk para dewa dan dewi, sebelum dia diperistri oleh Herakles atau Herkules. Dia juga biasanya bertugas menyiapkan mandi untuk Ares dan membantu Hera menaiki keretanya. Bersama Herakles, Hebe mempunyai dua anak; Alexiares dan Aniketus.

Dalam drama karya Euripides berjudul Herakleid, Hebe mengabulkan permintaan Iolaus untuk tetap menjadi muda agar bisa melawan Euristheus. Dalam mitologi Romawi, Hebe disamakan dengan Juventas, dewi yang menerma koin dari anak laki-laki yang mengenakan toga lelaki dewasa untuk pertama kalinya.

Nama Hebe dalam bahasa Yunani berarti "masa muda" atau "keutamaan kehidupan". Demikian juga Juventas, bermakna "masa muda", adaptasinya di antaranya adalah juvenile ("anak muda"). Dalam dunia seni, Hebe sering digambarkan dengan mengenakan baju tanpa lengan. Ada patung perunggu Hebe buatan Robert Thomas; (1966), di pusat kota Birmingham, Inggris (di 52°29′04″LU 1°53′32″BB / 52,484438°LU 1,892175°BB / 52.484438; -1.892175). Antonio Canova juga membuat empat buah patung Hebe, salah satunya terletak di museum Forlì, di Italia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]