Viktoria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Koin emas Kaisar Kontantinus II menggambarkan Viktoria pada bagian belakang

Dalam Agama Romawi Kuno, Viktoria adalah personifikasi dari dewi kemenangan. Dia adalah penyetaraan dari dewi Nike dari Yunani Kuno, dan dikaitkan dengan Bellona. Dia diadaptasi dari Sabine (dewi pertanian Vacuna) dan memiliki sebuah kuil di Palatine Hill. Dewi Vika Pota kadang-kadang juga diidentifikasi dengan Viktoria.

Berbeda dengan Nike Yunani, Victoria (bahasa Latin untuk "kemenangan") adalah bagian utama dari masyarakat Romawi. Beberapa kuil didirikan untuk menghormatinya. Ketika patungnya dihancurkan pada tahun 382 oleh kaisar Gratianus, terjadi kemarahan orang-orang di Roma. Dia biasanya disembah oleh jenderal peraih kemenangan setelah kembali dari perang.

Tidak seperti Nike Yunani juga, yang dikenal sukses dalam permainan atletik seperti balap kereta perang, Viktoria adalah simbol kemenangan atas kematian dan menentukan siapa akan berhasil selama perang.
Viktoria muncul secara luas pada uang logam Romawi, perhiasan, arsitektur, dan seni lainnya. Dia sering terlihat dengan atau di kereta, seperti pada karya seni patung akhir abad ke-18 yang mewakili kemenangan dalam quadriga di Gerbang Brandenburg di Berlin-Jerman.