Wikipedia:Pedoman gaya/Subbab "Trivia"

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hindarilah membuat daftar serba-serbi informasi. Dahulu subbab ini digunakan di artikel Wikipedia yang memuat informasi yang tidak cocok untuk dimasukkan ke dalam subbab yang bersifat spesifik. Subbab ini umumnya berbunyi "Trivia", "Fakta", atau "Serba-serbi". Contohnya adalah subbab "Trivia" dalam artikel album musik Dewa 19, Laskar Cinta, yang ditiadakan tanggal 19 September 2022. Pedoman gaya ini menjelaskan bagaimana cara menata informasi di dalam sebuah artikel.

Subbab ini sebaiknya jangan ada di artikel. Jika terpaksanya harus ada, pertimbangkan untuk menjadikan subbab itu sebagai "sementara", sampai ada cara yang lebih baik untuk mempresentasikannya. Serba-serbi semacam itu setidaknya masih berguna untuk mengembangkan artikel Anda tanpa harus menulis ulang dari nol apa yang hendak disampaikan. Akan tetapi, ketika artikel sudah bisa dikembangkan, terkadang ada pengguna yang terus mengisi subbab "Trivia" tersebut dengan informasi baru. Penambahan semacam ini dapat menyebabkan artikel menjadi tidak bisa terorganisasi dengan rapi dan sering menjadi "magnet trivia". Oleh karena itu, terbaik untuk menata artikel adalah dengan menyusun subbab dan sub-subbab artikel secara runtut baik dalam bentuk teks, daftar maupun tabel.

Petunjuk[sunting sumber]

Apabila Anda menemukan subbab "Trivia" di dalam artikel tersebut, informasi yang ada di dalamnya jangan langsung dihapus atau ditiadakan. Alangkah baiknya jika kalimat atau paragraf yang ada di dalamnya dipindahkan ke subbab atau sub-subbab lain pada artikel yang bersangkutan, terutama jika pernyataan tersebut memiliki sumber tepercaya. Harap melengkapi informasi tanpa referensi dengan sumber tepercaya, jika tidak, informasi tersebut dapat dihapus.

Segala macam spekulasi atau entri yang keliru secara fakta harus dihapus. Entri yang melenceng dari pokok bahasan boleh dipindahkan ke artikel lain. Entri seperti "cara membuat" serta fakta yang tidak relevan atau bertentangan dengan kebijakan konten dan WP:BUKAN juga dapat dihapus.

Pedoman gaya ini tidak...[sunting sumber]

  • Pedoman ini tidak menganjurkan setiap subbab "Trivia" dihapus. Alangkah baiknya jika informasi tersebut ditampilkan dengan pendekatan yang buruk daripada tidak menampilkannya sama sekali.
  • Pedoman ini tidak menganjurkan orang-orang harus menulis artikel sebagai prosa. Ada beberapa informasi yang bisa ditampilkan dalam format daftar berpoin.
  • Pedoman ini tidak mengajurkan inklusi dan eksklusi setiap macam informasi, dan ini hanya sebatas rekomendasi gaya. Persoalan ini hanya dibahas di kebijakan konten.

Tidak semua daftar adalah trivia[sunting sumber]

Subbab "Trivia" yang dibahas di sini adalah isi dari subbab tersebut serta cara menampilkannya, bukan judul subbabnya. Subbab "Trivia" biasanya memuat daftar berpoin yang tidak tersusun rapi dan tidak selektif. Akan tetapi, jika daftar tersebut bersifat selektif dan memiliki tema yang cukup spesifik bukanlah trivia, dan dapat saja menjadi cara terbaik untuk menampilkan informasi.

Kebijakan lainnya juga berlaku[sunting sumber]

Subbab ini ada di luar proyek Wikipedia (seperti Fandom atau IMDb), dan dapat memuat spekulasi, rumor, fakta temuan (riset asli), bahkan fitnah. Wikipedia tidak boleh memuat hal-hal semacam itu, dan konten semacam ini harus mematuhi kebijakan lainnya di Wikipedia. Konten semacam ini hanya boleh dimasukkan apabila mematuhi kebijakan pemastian, sudut pandang netral, atau bukan riset asli. Anda sangat diminta untuk mengutip sumber tulisan jika Anda ingin menambahkan fakta baru di subbab trivia maupun subbab lainnya.

Subbab "Pada budaya populer"[sunting sumber]

Artikel sering memuat materi tentang referensi budaya dan juga keterlibatan subjek dalam sebuah budaya populer yang cukup dikenal di masyarakat. Umumnya subbab-subbab ini berbunyi "Pada budaya populer", "Dalam budaya populer", "Penggunaan dalam media", "Dalam fiksi", dll., dan diperbolehkan ditampilkan dalam bentuk daftar. Jika subbab ini kurang dikurasi secara efektif, artikel menjadi semakin penuh dengan referensi trivial dan dapat saja bertentangan dengan kebijakan Wikipedia bukanlah... dan sudut pandang netral.

Seperti halnya kebanyakan isi artikel, prosa lebih disukai daripada daftar berpoin. Prosa semacam ini dapat ditampilkan sebagai ikhtisar yang bersifat runtut dan logis, yang menjelaskan bagaimana subjek didokumentasikan, ditampilkan, dan diulas dalam bermacam-macam media atau genre, untuk bermacam-macam tujuan dan audiensi. Syaratnya cukup memberi referensi dari sumber tepercaya.

Pedoman lainnya harap baca Wikipedia:Bukan riset asli agar Anda terhindari dari pembuatan analisis mandiri. Selain itu lihat juga Wikipedia:Pemastian dan Wikipedia:Sumber tepercaya terkait cara mencari sumber berkualitas untuk artikel Anda. Lihat pula prinsip sudut pandang netral untuk menerapkan bagaimana Wikipedia memperlakukan rujukan budaya kepada subjek.

Lihat pula[sunting sumber]