Wikipedia:Pedoman gaya/Ikon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Penggunaan ikon di Wikipedia – terutama dalam daftar, tabel, kotak info, dan kotak navigasi – dapat memberikan gambaran visual mengenai topik yang dibahas. Ikon yang dimaksud dapat berupa gambar kecil seperti logo, bendera, dan lencana kecil, atau berkas berukuran kecil lainnya seperti emoji. Halaman ini menjelaskan pedoman penggunaan ikon untuk artikel di Wikipedia.

Ikon[sunting sumber]

Penggunaan yang tepat[sunting sumber]

Ikon dapat sangat berguna pada kondisi berikut:

  • Penggunaan berulang pada tabel. Kondisi ini berlaku apabila ikon yang sama telah digunakan sebelumnya dan disertai dengan penjelasan maknanya. Contoh penggunaan: Garis waktu peristiwa jauh di masa depan.
  • Ikon pada artikel bertopik olahraga internasional berguna untuk memperjelas negara yang diwakili oleh atlet tertentu. Pada beberapa kasus, negara yang diwakili oleh seorang atlet berbeda dengan kewarganegarannya. Contoh penggunaan: Daftar peraih medali pada Kejuaraan Tenis Meja Dunia.

Penggunaan yang tidak tepat[sunting sumber]

Jangan gunakan ikon di tengah prosa artikel[sunting sumber]

Ikon tidak boleh digunakan di prosa badan artikel, seperti pada kalimat "Jackson pindah ke Bristol, Inggris Inggris, pada April 2004." Penggunaan ikon seperti ini akan memotong teks dan dapat mengganggu pembaca.

Tujuan ensiklopedis[sunting sumber]

Ikon seharusnya digunakan untuk tujuan ensiklopedis, bukan dekoratif. Penggunaannya harus bertujuan untuk memberikan informasi tambahan mengenai subjek artikel, serta memberi gambaran visual yang dapat mempermudah pemahaman pembaca. Ikon tidak perlu ditambahkan hanya karena tampak indah atau cocok sebagai dekorasi karena akan mengganggu pembaca. Sebuah ikon dapat dikatakan dekoratif apabila tidak meningkatkan pemahaman pembaca terhadap subjek artikel.

Ikon juga tidak dapat digunakan pada judul bagian atau subbagian.

Jangan gunakan terlalu banyak ikon[sunting sumber]

Ikon yang ditambahkan secara berlebihan akan memenuhi halaman dan menjadi tidak berguna, seperti yang tampak dalam kotak info atlet ini. Terlalu banyak ikon juga dapat memperlambat pemuatan halaman bagi beberapa orang.

Jangan menggunakan ikon di luar cakupannya[sunting sumber]

Sebuah ikon dapat merepresentasikan pihak tertentu, sehingga tidak boleh digunakan di luar cakupannya. Contohnya, bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak boleh disalahgunakan untuk melambangkan seluruh dunia karena bendera tersebut tidak dimaksudkan untuk haI itu.

Jangan mendistorsi ikon[sunting sumber]

Jangan memodifikasi atau menggunakan ikon tertentu yang tidak layak digunakan di luar Wikipedia. Salah satu contoh distorsi yang tidak diperkenankan ialah menggabungkan bendera Amerika Serikat dan Kanada untuk merepresentasikan Amerika Utara. Baca Wikipedia:Bukan riset asli#Gambar asli untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Jangan memperkenalkan ide-ide yang belum pernah dipublikasikan[sunting sumber]

Jangan gunakan gambar atau ikon yang dianggap mengusulkan suatu ide atau argumen yang belum atau tidak terpublikasi.

Ikon pangkat militer Indonesia[sunting sumber]

Untuk penggunaan ikon pangkat, disarankan untuk menggunakan ikon pangkat yang ada pada Pakaian Dinas Lapangan (PDL). Apabila digunakan ikon pangkat pada Pakaian Dinas Harian (PDH) atau Pakaian Dinas Upacara (PDU), berkas ikonnya harus menyertakan logo kecabangan agar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Aksesibiltas untuk pembaca dengan keterbatasan penglihatan[sunting sumber]

Tiap ikon fungsional harus memiliki teks alt untuk mendeskripsikan kenampakan visualnya. Tidak adanya teks alt dapat membuat suatu ikon menjadi tidak berarti bagi pengguna yang menggunakan pembaca layar atau peramban yang hanya mendukung teks. Untuk menambahkan teks alt, berikan deskripsi di akhir sintaks gambar, contohnya "[[Berkas:Commons-logo.svg|30x30px|link=Commons:Special:Search|Cari di Wikimedia Commons]]" akan menghasilkan ikon Cari di Wikimedia Commons yang tertaut dengan halaman pencarian di Commons dan memiliki teks alt "Cari di Wikimedia Commons".

Bendera[sunting sumber]

Penggunaan bendera yang tepat[sunting sumber]

Ikon bendera mungkin relevan untuk subjek yang mewakili suatu negara atau bangsa – contohnya satuan militer atau tim nasional olahraga. Dalam daftar dan tabel, ikon bendera mungkin relevan ketika subjek yang mewakili negara atau pihak lain masih berkaitan dengan tujuan tabel itu sendiri.

Media komunikasi utama dalam sebuah artikel adalah kata-kata, sehingga ikon tidak bisa mendapatkan bagian yang lebih besar dibandingkan kata-kata. Penggunaan ikon juga harus diperhatikan supaya tidak merusak gaya atau tata letak kata-kata di kotak info dan daftar.

Bendera dapat digunakan pada bagian negara registrasi dan International Code of Signals di kotak info artikel kapal.

Lihat § Penggunaan tidak tepat untuk mengetahui kapan bendera tidak dapat digunakan, meskipun relevan dengan informasi yang disajikan.

Konsistensi bukanlah hal yang terpenting[sunting sumber]

Penggunaan ikon bendera pada daftar, tabel, atau kotak info lebih baik dihindari apabila ikon tersebut justru membuat suatu informasi menjadi tidak jelas, ambigu, atau kontroversial. Tindakan ini mungkin dapat menyebabkan daftar, tabel, atau kotak info menjadi tidak konsisten. Namun, perlu digarisbawahi bahwa konsistensi tidaklah penting apabila justru membuat informasi menjadi tidak jelas.

Hindari meletakkan ikon bendera di kotak info[sunting sumber]

Umumnya, ikon bendera tidak boleh diletakkan di kotak info, meskipun terdapat parameter "negara", "kebangsaan", atau parameter lain yang serupa. Hal ini karena ikon dapat mengganggu dan membuat suatu informasi menjadi lebih mencolok dibandingkan informasi lainnya.

Ikon bendera dapat diletakkan di kotak info apabila ikon tersebut benar-benar dibutuhkan. Contohnya, ikon dapat digunakan pada kotak info di artikel konflik militer, kapal, dan kompetisi internasional, seperti Piala Dunia FIFA dan Olimpiade. Dokumentasi dari beberapa templat kotak info (seperti Templat:Infobox company, Templat:Infobox film, Templat:Kotak info tokoh, Templat:Infobox football biography, Templat:Infobox weapon) telah secara eksplisit meniadakan penggunaan ikon bendera.

Penggunaan ikon bendera pada kotak info atlet sangat tidak disarankan, meskipun terdapat parameter "negara", "kebangsaan", atau parameter serupa. Meskipun demikian, ikon bendera dapat digunakan pada bagian riwayat kompetisi untuk menjelaskan negara yang diwakili pada masing-masing pertandingan.

Artikel geografis yang berkaitan dengan manusia – seperti permukiman dan subdivisi administratif – dapat memiliki bendera negara dan subdivisi tingkat pertama di kotak infonya (dalam hal ini gunakan {{Infobox settlement}} atau turunan-turunannya). Namun, artikel geografis fisik – seperti benua, pulau, kepulauan, gunung, lembang, danau, dll. – tidak diperkenankan memiliki ikon di kotak infonya. Apabila sebuah artikel memuat topik geografis manusia sekaligus geografis fisik (seperti Manhattan yang memuat informasi borough di Kota New York dan pulau dengan nama yang sama), atau ketika subjek artikel masih diperdebatkan secara politis, maka penempatan bendera di kotak info harus melalui konsensus.

Demi menjaga kehormatan, lambang negara dan daerah harus ditampilkan dalam ukuran yang dirasa cukup untuk dikenali. Ukuran yang terlalu kecil dapat membuatnya menjadi sulit untuk dikenali. Lambang-lambang yang digunakan dalam satuan pemerintahan dibatasi dengan peraturan perundang-undangan dan harus ditempatkan secara terhormat, seperti halnya di dunia nyata.

Berikan nama negara setelah ikon bendera[sunting sumber]

Nama negara harus ditulis bersebelahan dengan ikon benderanya. Hal ini karena tidak semua orang mengetahui bendera tiap negara dan beberapa bendera hanya memiliki perbedaan kecil dengan bendera negara lainnya. Nama negara tidak perlu ditulis ulang apabila bendera yang sama telah digunakan dalam daftar atau tabel. Contohnya dalam kotak info ini, ikon bendera di sebelah komandan militer tidak memerlukan nama negara karena nama negara tiap bendera telah ditulis di bagian sebelumnya. Untuk memenuhi hal ini, templat {{flag|Japan}} (atau{{flag|JPN}}) digunakan untuk ikon bendera pertama dan {{flagicon|JPN}} digunakan untuk ikon selanjutnya. Namun, beberapa penulis merasa statistik olahraga (contoh) lebih mudah dibaca apabila menggunakan templat {{flag}} untuk keseluruhan artikelnya.

Meskipun demikian, penulisan nama negara di samping ikon bendera dapat diulangi apabila terdapat bagian, tabel, atau daftar baru dalam artikel yang panjang. Pengulangan ini berguna untuk membantu pembaca yang mengunjungi halaman menggunakan pranala dari templat {{anchor}}. Penulisan nama negara di samping ikon bendera juga membantu pembaca buta warna untuk memahami artikel. Selain itu, beberapa bendera dengan ukuran kecil sulit untuk dibedakan.

Pertimbangan sejarah[sunting sumber]

Bendera dapat mengalami perubahan. Area geografis atau politis suatu wilayah yang menggunakan bendera tersebut seringkali juga berubah.

Gunakan bendera historis apabila terdapat perbedaan yang penting[sunting sumber]

Penggunaan bendera historis dan nama negaranya dapat dilakukan apabila terdapat alasan penggunaan yang rasional. Contohnya pada artikel daftar peraih medali Olimpiade, bendera yang harus digunakan untuk laporan sebelum tahun 1992 ialah bendera Uni Soviet, bukan bendera Federasi Rusia atau CIS.

Dalam konteks beberapa sejarah militer[sunting sumber]

Sama seperti bendera negara, usahakan untuk menuliskan keterangan pada tiap bendera, lencana, lambang, atau gambar simbolis militer lainnya yang digunakan dalam artikel. Contohnya, pada artikel pertempuran yang membahas suatu peristiwa dengan berbagai macam bendera pasukan, sertakan tabel yang memuat ringkasan masing-masing bendera.

Entitas yang tidak memiliki bendera hingga waktu tertentu[sunting sumber]

Beberapa wilayah baru terbentuk atau secara resmi memiliki bendera pada waktu tertentu. Oleh karena itu, bendera tidak dapat digunakan untuk pembahasan yang menggunakan latar waktu sebelum bendera tersebut resmi digunakan.

Masalah politik[sunting sumber]

Hati-hati terhadap jebakan politik dan dengarkan pendapat dari kontributor lainnya. Beberapa bendera dapat mengasosiasikan seseorang kepada kubu politik tertentu, meskipun informasi tersebut belum tentu benar. Pada beberapa kasus, sebuah bendera hanya dapat digunakan untuk konteks dan maksud yang terbatas sehingga penggunaannya di luar konteks tersebut dapat menimbukan implikasi politik.

Penggunaan bendera negara atau wilayah tidak berdaulat[sunting sumber]

Definisi politis dari "wilayah", "negara", atau "bangsa" terkadang tidak begitu jelas sehingga dapat menimbulkan perdebatan dalam menentukan bendera yang dipakai. Sebagai contoh, Britania Raya menganggap Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara sebagai "negara" [1]; Dewan Perwakilan Rakyat Kanada menganggap Québécois sebagai "sebuah bangsa yang berada di Kanada";[2] dan Amerika Serikat yang menganggap kelompok warga asli Amerika sebagai "bangsa" semiindependen.

Secara umum, apabila penggunaan bendera dianggap perlu, maka bendera yang digunakan haruslah bendera dari negara berdaulat (contohnya bendera Indonesia atau Amerika Serikat), bukan bendera entitas subnasional, termasuk entitas yang memiliki hak otonomi. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan konsistensi di Wikipedia. Selain itu, kewarganegaraan seseorang dapat diverifikasi, sementara "kebangsaan" terkadang tidak memiliki dasar yang jelas dan dapat berubah sewaktu-waktu. Meskipun demikian, ketentuan ini dapat dikecualikan untuk konteks olahraga, contohnya penggunaan bendera Inggris daripada Britania Raya dalam artikel sepak bola.

Penggunaan bendera secara berlebihan dengan konotasi politis[sunting sumber]

Beberapa bendera dapat dipertentangkan secara politis sehinga penggunaannya untuk konteks yang tidak berkaitan harus dihindari. Contoh penggunaan yang harus dihindari, antara lain:

  1. Penggunaan bendera Konfederasi Amerika untuk mewakili seluruh bagian Amerika Serikat Selatan sebelum 1861 atau setelah 1865.
  2. Penggunaan Ulster Banner untuk mewakili Irlandia Utara dalam konteks yang tidak benar.
  3. Penggunaan Bendera Afrika Selatan (1928–1994) era Apartheid untuk mewakili Afrika Selatan saat ini.

Penggunaan tidak tepat[sunting sumber]

Jangan menegaskan status kebangsaan tanpa alasan yang jelas[sunting sumber]

Wikipedia bukanlah tempat untuk membanggakan kebangsaan tertentu. Keberadaan bendera sangatlah mencolok secara visual. Meletakkan ikon bendera di samping konten tertentu dapat menimbulkan persepsi bahwa suatu kebangsaan atau tempat menjadi lebih penting daripada hal lainnya. Contohnya, artikel biografi Chrisye mencantumkan kalimat "Chrisye merupakan seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia." Apabila sebuah ikon bendera ditempatkan tepat sebelum nama negara, maka kalimat tersebut akan tampak seperti "Chrisye merupakan seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia." Efek penegasan seperti ini tidaklah penting dan dapat meningkatkan kemungkinan pelanggaran aturan "sudut pandang netral" di Wikipedia.

Jangan gunakan bendera sebagai gambar sementara[sunting sumber]

Bendera (atau gambar simbolis lainnya) tidak dapat digunakan sebagai gambar sementara pada artikel yang belum memiliki gambar. Meskipun demikian, bendera dapat digunakan sebagai gambar utama atau satu-satunya pada artikel yang berkaitan secara langsung dengan bendera tersebut (contoh).

Jangan gunakan bendera subnasional tanpa keterkaitan secara langsung[sunting sumber]

Bendera subnasional (contohnya negara bagian atau kota) umumnya hanya dapat digunakan apabila bendera tersebut memiliki hubungan langsung dengan artikel. Bendera seperti ini umumnya jarang dikenal oleh masyarakat umum dan jarang memiliki hubungan dekat dengan subjek artikel. Contohnya, bendera Tampa, Florida dapat digunakan di artikel Tampa. Meskipun demikian, penggunaan bendera Tampa untuk artikel biografi penduduknya sebisa mungkin dihindari karena tidak informatif dan cukup mengganggu.

Bendera subnasional dapat digunakan dalam artikel daftar yang memuat wilayah subnasional tersebut.

Jangan gunakan bendera supranasional tanpa keterkaitan secara langsung[sunting sumber]

Bendera supranasional (bendera yang digunakan oleh organisasi internasional) umumnya hanya dapat digunakan pada artikel yang berkaitan secara langsung. Contohnya, Bendera Perbara hanya dapat digunakan untuk artikel yang berkaitan dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara dan hal-hal lain yang mewakili organisasi tersebut. Dalam bidang olahraga, bendera supranasional hanya dapat digunakan untuk mewakili sebuah tim atau kompetisi supranasional yang menggunakan bendera tersebut. Bendera supranasional umumnya tidak dapat digunakan secara bersamaan dengan bendera suatu negara karena cukup mengganggu dan tidak informatif.

Jangan memanipulasi sejarah[sunting sumber]

Jangan menggunakan lambang kebesaran seseorang sebagai pengganti bendera nasional, militer, atau lainnya.

Bendera tidak dapat digunakan untuk memberikan informasi yang salah mengenai kebangsaan seorang tokoh, sebuah peristiwa, objek, atau hal-hal bersejarah lainnya. Batasan politik terkadang dapat berubah semasa hidup subjek artikel biografi. Oleh karena itu, gunakan bendera yang benar-benar akurat apabila dibutuhkan.

Contohnya, artikel biografi Oscar Wilde, seorang penulis asal Irlandia yang mana seluruh pulaunya merupakan bagian dari Britania Raya, tidak dapat menggunakan bendera Irlandia maupun Britania Raya karena dapat membingungkan pembaca.

Jangan gunakan bendera di artikel dan daftar bertopik genosida[sunting sumber]

Bendera umumnya terlalu simpel untuk mendeskripsikan suatu peristiwa yang cukup rumit untuk dipahami. Penggunakan ikon bendera dapat menjauhkan pembaca dari konteks peristiwa yang sebenarnya.

Jangan gunakan bendera di halaman disambiguasi[sunting sumber]

Bendera tidak seharusnya diletakkan di halaman disambiguasi. Informasi lebih lanjut dapat dibaca di Wikipedia:Pedoman gaya/Halaman disambiguasi.

Penggunaan dalam artikel biografi[sunting sumber]

Bendera tidak dapat menggantikan kata-kata dalam menjelaskan kebangsaan seseorang secara jelas dan rinci. Contohnya, aktris Naomi Watts dapat dianggap sebagai warga Britania, Inggris, Wales, atau Australia, tergantung konteks pembicaraan. Ia lahir di Inggris sebagai warga negara Britania, tinggal di Wales dalam waktu yang lama, kemudian pindah dan menjadi warga negara Australia. Tidak ada bendera yang dapat menjelaskan kasus ini dan penggunaan empat bendera sekaligus juga tidak membantu.

Penggunaan bendera di kotak info artikel biografi tidak disarankan. Penggunaan bendera dalam artikel biografi memerlukan perlakuan khusus:

  • Jangan gunakan bendera di samping tempat kelahiran atau kematian karena dapat menimbulkan persepsi yang salah mengenai kebangsaan atau kewarganegaraan seseorang. Tempat kelahiran atau kematian seseorang bisa jadi berbeda dengan kebangsaan atau kewarganegaraannnya.
  • Jangan gunakan bendera untuk mewakili tempat tinggal seseorang, kecuali ia secara resmi memiliki kewarganegaraan di tempat tersebut.
  • Apabila seseorang kehilangan kewarganegaraan suatu negara, jangan lagi gunakan bendera dan nama negara tersebut untuk mewakili kewarganegaraannya;.
  • Apabila kewarganegaraan seseorang berubah karena terjadi pergeseran perbatasan suatu wilayah, maka gunakan nama negara yang tepat sesuai sejarah. Jika perlu, sebutkan nama negara yang baru di prosa artikel, contohnya "Belgrade, Yugoslavia (sekarang di Serbia)". Alangkah lebih baik untuk tidak menggunakan bendera sama sekali untuk kasus seperti ini.
  • Gunakan bendera dan nama negara yang secara resmi diwakili oleh seorang olahragawan atau sebuah tim tanpa memperhatikan kewarganegaraannya. Apabila seorang atlet berkewarganegaraan Prancis bergabung dalam tim nasional Jerman, maka bendera yang digunakan untuk atlet tersebut dalam tabel dan statistik ialah bendera Jerman. Mohon hati-hati dalam menggunakan konvensi ini di luar konteks olahraga. Contohnya, tim nasional suatu negara dapat terdiri atas beberapa orang dengan kewarganegaraan yang berbeda. Untuk kasus seperti ini, sebuah tabel yang berisi kewarganegaraan tiap anggota tim dapat disertakan dalam artikel.
  • Hindari penggunaan bendera yang dapat memicu kontroversi.
Lihat pula bagian "Pertimbangan sejarah" untuk rekomendasi lainnya.

Atlet dan olahragawan[sunting sumber]

Bendera tidak dapat digunakan untuk menunjukkan kebangsaan seorang olahragawan di luar dunia olahraga. Bendera hanya dapat digunakan untuk menunjukkan tim, skuad, atau kebangsaan yang diwakili oleh olahragawan tersebut.

Bendera yang diletakkan di tabel harus secara jelas menunjukkan bahwa bendera tersebut mengindikasikan kebangsaan yang diwakili olahragawan, bukan kebangsaan olahragawan tersebut secara hukum. Keambiguan maksud bendera dapat berakibat pada kesalahpahaman pembaca.

Bendera yang digunakan oleh olahragawan haruslah bendera dari tingkatan tertinggi yang diwakili oleh olahragawan tersebut. Contohnya, apabila seorang olahragawan mewakili suatu negara, maka bendera yang dapat digunakan ialah bendera yang ditentukan oleh lembaga olahraga negara tersebut (bendera yang ditentukan bisa jadi berbeda dengan bendera nasional). Apabila olahragawan tidak berkompetisi di tingkat internasional, maka penggunaan bendera harus mengikuti aturan lembaga olahraga internasional yang terkait, contohnya BWF, FIFA, IAAF, dll. Apabila aturan yang ada mengizinkan seorang olahragawan mewakili dua atau lebih negara dalam waktu yang bersamaan, maka diperlukan sumber tepercaya untuk menentukan negara yang diwakili oleh olahragawan tersebut.

Bendera subnasional (seperti bendera Inggris) merupakan bendera yang lazim digunakan dalam beberapa olahraga. Oleh karena itu, jangan mengganti bendera tersebut ke bendera nasional tanpa melalui konsensus.

[sunting sumber]

Penggunaan logo sebagai ikon di artikel sangat tidak disarankan. Meskipun suatu logo mungkin sesuai untuk topik artikel tertentu, penggunaannya tidak begitu membantu pembaca dan justru dapat menimbulkan masalah hukum.

Penggunaan logo perusahaan, tim olahraga, atau gambar lain yang dilindungi hak cipta, merek dagang, paten, dan/atau desain industri dalam sebuah artikel hanya dapat dilakukan dengan memerhatikan aturan penggunaan wajar. Penggunaan gambar-gambar tersebut dapat dibatasi berdasarkan alasan penggunaan media nonbebas (untuk informasi lebih lanjut, baca Wikipedia:Pedoman alasan penggunaan media nonbebas dan Wikipedia:Logo). Batasan-batasan di luar hak cipta dapat membatasi penggunaannya, walaupun logo tersebut bebas hak cipta. Baca dengan cermat teks {{merek dagang}} sebelum menggunakannya sebagai ikon.

Meskipun gambar bebas tidak menimbulkan masalah hukum (tidak dapat diklaim hak kekayaan intelektualnya), penggunaannya masih harus mematuhi semua pedoman ikon yang ada pada halaman ini. Umumnya, penambahan logo di prosa artikel atau data tabel tidak akan meningkatkan kualitas ensiklopedia dan justru membuat tampilan artikel menjadi berantakan.

Catatan kaki[sunting sumber]

  1. ^ "The Countries of the UK". webarchive.nationalarchives.gov.uk. Diakses tanggal 2021-12-12. 
  2. ^ "Debates (Hansard) No. 84 - November 22, 2006 (39-1) - House of Commons of Canada". www.ourcommons.ca (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-12.