Wikipedia:Hak cipta/Revisi 2021

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Catatan penting: Wikimedia Foundation, Inc. tidak memiliki hak cipta atas teks atau ilustrasi artikel Wikipedia. Oleh karena itu, tidak ada gunanya menyurati kami untuk meminta izin memperbanyak artikel atau gambar, bahkan jika aturan di perusahaan, sekolah, atau organisasi Anda memberi mandat Anda harus bertanya kepada operator situs web sebelum menggandakan konten mereka.

Isi yang harus mendapatkan izin dari Wikimedia Foundation adalah logo-logo merek dagang Wikipedia/Wikimedia, yang tidak dapat digunakan secara bebas tanpa izin.

Izin untuk menggandakan dan/atau mengubah teks di Wikipedia telah diserahkan kepada siapa pun di mana pun oleh para pencipta artikel sepanjang tindakannya tunduk pada ketentuan lisensi (lihat di bawah untuk ketentuan khusus). Gambar mungkin dapat atau tidak diizinkan untuk digunakan kembali dan dimodifikasi; persyaratan penggandaan gambar harus diperiksa. Satu-satunya pengecualian adalah kasus penyunting telah melanggar kebijakan Wikipedia dengan cara mengunggah materi berhak cipta tanpa izin, atau menggunakan lisensi hak cipta yang tidak sesuai dengan yang diterapkan dalam isi Wikipedia. Apabila kedapatan menggunakannya di Wikipedia (sebelum ditemukan dan dihapus), menggandakannya dianggap pelanggaran hak cipta (membajak). Untuk izin, seseorang harus menghubungi pemilik hak cipta dari teks atau ilustrasi yang dipertanyakan; yang biasanya, tetapi tidak selalu, adalah penciptanya sendiri.

Jika Anda hendak menggunakan kembali isi dari Wikipedia, terlebih dahulu baca bagian hak dan kewajiban pengguna ulang. Bacalah Lisensi Atribusi-BerbagiSerupa Creative Commons 3.0 Tanpa Adaptasi dan Lisensi Dokumentasi Bebas GNU.

Teks Wikipedia dilindungi hak cipta (secara otomatis, di bawah Konvensi Bern tentang Perlindungan Karya Seni dan Sastra) oleh penyunting dan penyumbang Wikipedia dan secara formal dilisensikan kepada publik di bawah satu atau beberapa lisensi bebas. Hampir semua teks Wikipedia dan banyak gambar di dalamnya dilisensikan lagi di bawah Lisensi Atribusi-BerbagiSerupa Creative Commons 3.0 Tanpa Adaptasi (CC BY-SA) dan Lisensi Dokumentasi Bebas GNU (GFDL) (versi asli, tanpa invarian, teks sampul depan, atau teks sampul belakang). Beberapa teks telah diimpor hanya di bawah CC BY-SA dan lisensi yang sesuai dan tidak dapat digunakan kembali di bawah GFDL; teks tersebut akan dapat dikenali di bagian kaki halaman, di versi terdahulu halaman, atau di halaman diskusi artikelnya yang memanfaatkan teks tersebut. Setiap gambar memiliki halaman deskripsi yang menunjukkan lisensi yang digunakan dalam perilisannya, atau jika itu tidak bebas, alasan penggunaannya.

Lisensi Wikipedia menggunakan akses yang bebas bagi isinya seperti halnya perangkat lunak bebas yang dilesinsikan secara bebas. Isi Wikipedia dapat disalin, dimodifikasi, dan didistribusikan ulang jika dan hanya jika versi tersalin tersebut disediakan dalam ketentuan serupa kepada orang lain dan pernyataan oleh para pencipta artikel Wikipedia yang digunakan tersebut dimasukkan (sebuah pranala ke artikel umumnya dianggap cukup sebaga persyaratan atribusi; lihat di bawah untuk detail selengkapnya). Isi Wikipedia tersalin dengan begitu akan tetap bebas di bawah lisensi yang layak dan dapat terus digunakan oleh siapa pun yang menjadi subyek untuk pembatasan-pembatasan tertentu, yang kebanyakannya bertujuan memastikan kebebasan tersebut. Prinsip ini dikenal sebagai copyleft jika dibandingkan dengan lisensi hak cipta (copyright) biasanya.

Sampai di sini,

  • Izin diberikan untuk menggandakan, mendistribusikan, dan/atau memodifikasi teks Wikipedia di bawah ketentuan Lisensi Atribusi-BerbagiSerupa Creative Commons Tanpa Adaptasi dan, kecuali dinyatakan lain, Lisensi Dokumentasi Bebas GNU. versi asli, tanpa invarian, teks sampul depan, atau teks sampul belakang.
  • Salinan Lisensi Atribusi Berbagi Serupa Creative Commons 3.0 Tanpa Adaptasi telah dimasukkan di bagian berjudul "Wikipedia:Teks Lisensi Atribusi-BerbagiSerupa Creative Commons 3.0 Tanpa Adaptasi"
  • Salinan GNU Free Documentation License telah dimasukkan di bagian berjudul "Lisensi Dokumentasi Bebas GNU".
  • Isi Wikipedia dilindungi penyangkalan umum.

Hanya teks lisensi CC BY-SA dan GFDL resmi berbahasa Inggris yang merupakan batasan mengikat secara hukum antara pengarang dan pengguna isi Wikipedia. Berikutnya adalah penafsiran CC BY-SA dan GFDL, karena itu berkaitan dengan hak dan kewajiban pengguna dan kontributor.

Wikipedia bahasa Indonesia menganut dua undang-undang, yaitu Undang-Undang Hak Cipta Amerika Serikat dan juga Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Hak dan kewajiban kontributor[sunting sumber]

Jika Anda menyumbangkan teks langsung ke Wikipedia, Anda dengan demikian melisensikannya kepada publik untuk digunakan kembali di bawah CC BY-SA dan GFDL (versi asli, tanpa bagian invarian, teks sampul depan, dan teks sampul belakang). Media bukan teks dapat disumbangkan di bawah lisensi berbeda yang bermacam-macam yang mendukung tujuan umum pengizinan distribusi dan penggunaan ulang yang tidak dibatsi. Lihat Pedoman-pedoman berkas gambar dan media lain, di bawah.

Jika Anda ingin mengimpor teks yang Anda temukan di suatu tempat atau yang Anda karang bersama dengan orang lain, Anda dapat melakukannya hanya jika itu tersedia di bawah ketentuan yang sesuai dengan lisensi CC BY-SA. Anda tidak perlu memastikan atau meyakinkan bahwa teks terimpor tersebut tersedia di bawah Lisensi Dokumentasi Bebas GNU, kecuali Anda adalah pengarang tunggalnya. Lebih jauh lagi, ingat bahwa Anda tidak dapat mengimpor informasi yang tersedia hanya di bawah GFDL. Dengan kata lain, Anda hanya dapat mengimpor teks yang (a) terlisensi tunggal di bawah ketentuan yang sesuai dengan lisensi CC BY-SA atau (b) terlisensi ganda dengan GFDL dan lisensi lain dengan ketentutan yang sesuai dengan lisensi CC BY-SA. Jika Anda pengarang tunggal materi tersebut, Anda harus melisensikannya di bawah CC BY-SA dan GFDL sekaligus.

Jika materi tersebut, baik teks maupun media, telah sebelumnya dipublikasikan dan Anda ingin mendonasikannya ke Wikipedia di bawah lisensi yang pantas, Anda akan perlu memastikan izin hak cipta melalui salah satu prosedur yang telah kami buat. Lihat Wikipedia:Menyumbang materi berhak cipta untuk rincian-rincian. Jika Anda bukan pemegang hak cipta, Anda masih akan perlu memastikan izin hak cipta; lihat bagian Menggunakan ciptaan orang lain di bawah.

Anda tetap memegang hak cipta materi yang Anda sumbangkan ke Wikipedia, teks dan media. Hak cipta tidak pernah dipindahtangankan ke Wikipedia. Anda dapat kemudian mempublikasikan dan melisensikannya ulang dengan cara apapun Anda suka. Namun, Anda tidak pernah bisa menarik kembali atau membatalkan lisensi untuk salinan materi yang Anda tempatkan di sini; salinan ini akan tetap dilisensikan demikian sampai memasuki domain publik ketika hak cipta Anda kedaluwarsa (saat ini beberapa dekade setelah kematian pengarang).

Menggunakan ciptaan orang lain[sunting sumber]

Semua ciptaan yang kreatif dilindungi hak cipta, oleh perjanjian internasional, kecuali masuk ke dalam domain publik atau hak cipta mereka secara tersurat telah dilepaskan. Secara umum, Wikipedia harus memiliki izin menggunakan ciptaan. Ada beberapa keadaan yang memungkinkan ciptaan dimanfaatkan secara hukum tanpa izin; lihat Wikipedia:Isi nonbebas untuk detail spesifik mengenai kapan dan bagaimana memanfaatkan materi seperti itu. Namun, tujuan kami adalah memungkinkan pendistribusian ulang secara bebas materi Wikipedia sebanyak mungkin, sehingga berkas gambar dan suara asli yang dilisensikan di bawah CC BY-SA dan GFDL (versi asli, tanpa bagian invarian, teks sampul depan, atau teks sampul belakang) atau di dalam domain publik sangat lebih dipilih daripada berkas media yang dilindungi hak cipta penggunaan wajar atau lainnya.

Jika Anda ingin mengimpor media (termasuk teks) yang Anda temukan di suatu tempat, dan itu tidak memenuhi kebijakan dan pedoman isi nonbebas, Anda hanya dapat melakukannya jika itu adalah domain publik atau tersedia di bawah ketentuan yang sesuai dengan lisensi CC BY-SA. Jika Anda mengimpor media di bawah suatu lisensi yang sesuai yang memerlukan atribusi, Anda harus, secara wajar, memberi kredit kepada pengarangnya. Anda dalam kebanyakan kasus juga harus memastikan bahwa materi tersebut dilisensikan dengan sesuai atau merupakan domain publik. Jika sumber asli publikasi memuat penyangkalan hak cipta atau indikasi lain bahwa materi tersebut bebas digunakna, pranala ke sana di halaman deskripsi media atau halaman pembicaraan artikel mungkin cukup untuk memenuhi persyaratan ini. Jika Anda mendapatkan izin khusus untuk menggunakan sebuah ciptaan dari pemegang hak cipta di bawah ketentuan yang sesuai, Anda harus mencatat fakta itu (bersama dengan nama dan tanggal yang relevan) dan memastikan hal ini melalui salah satu proses. Lihat Wikipedia:Permintaan izin untuk prosedur meminta pemegang hak cipta memberikan lisensi untuk bisa dipakai untuk ciptaan mereka dan untuk proses memastikan lisensi tersebut telah diberikan.

JANGAN PERNAH MENGGUNAKAN MATERI YANG MELANGGAR HAK CIPTA ORANG LAIN! Hal ini dapat menimbulkan masalah hukum dan melukai Wikipedia secara serius. Jika ragu, tulislah sendiri konten tersebut, yaitu membuat satu ciptaan baru yang dapat dimasukkan ke dalam Wikipedia tanpa masalah.

Ingat bahwa hukum hak cipta mengendalikan ekspresi kreatif yang diwujudkan dalam bentuk nyata, bukan gagasan atau informasinya sendiri. Oleh karena itu, sah-sah saja membaca sebuah artikel ensiklopedia atau ciptaan lain, merumuskan kembali konsep tersebut dengan kata-kata Anda sendiri, dan mengirimkannya ke Wikipedia, sejauh Anda tidak mengikuti sumbernya terlalu dekat. Namun, masih tidak etis (tetapi tidak ilegal) melakukannya tanpa memberi sitasi sebagai referensi (lihat pedoman plagiarisme).

Mempranalakan ke suatu ciptaan yang dilindungi[sunting sumber]

Mayoritas ciptaan masa kini dilindungi hak cipta; hampir semua artikel Wikipedia yang mengutip sumber tulisannya akan memberi pranala ke materi yang dilindungi. Bukanlah keharusan untuk mendapatkan izin pemegang hak cipta sebelum membuat pranala ke materi berhak cipta, sebagaimana seorang pengarang buku tidak perlu izin menyebutkan kutipan ciptaan milik orang lain di dalam daftar pustaka mereka. Sama halnya Wikipedia tidak dibatasi untuk menautkan (membuat pranala) ke konten CC BY-SA atau sumber-terbuka saja.

Namun, jika Anda tahu atau menduga secara wajar bahwa situs luar berisi materi yang melanggar hak cipta, jangan menautkan ke salinan ciptaan tersebut. Misalnya adalah menautkan ke situs yang memuat lirik lagu populer tanpa seizin pemegang hak cipta. Mengarahkan orang lain secara sadar dan sengaja ke sebuah situs yang melanggar hak cipta dianggap satu bentuk pelanggaran hak cipta di Amerika Serikat (Intellectual Reserve, Inc. v. Utah Lighthouse Ministry, Inc. [1]); cf. GS Media v Sanoma untuk satu kasus tengara di Uni Eropa.) Menautkan ke sebuah halaman yang secara ilegal mendistribusikan ciptaan orang lain bisa mencemarkan nama baik Wikipedia dan para penyuntingnya.

Status hak cipta dari pengarsipan Internet di Amerika Serikat belum jelas. Saat ini tidak bisa diterima menautkan ke pengarsipan Internet seperti Wayback Machine, yang memuat salinan arsip tak termodifikasi dari halaman-halaman web di berbagai waktu.

Di dalam artikel-artikel tentang sebuah situs web, sah-sah saja menyediakan pranala ke situs webnya bahka jika ada kemungkinan pelanggaran hak cipta di suatu tempat di situs tersebut.

Konteks selalu penting; boleh jadi bisa diterima membuat pranala ke ulasan situs web yang terpercaya dari sebuah film, bahkan jika situs mencuplik film tersebut (biasanya diizinkan secara tertulis oleh distributor atau digunakan di bawah penggunaan wajar). Namun, mempranalakan langsung ke gambar film tersebut bisa menghilangkan konteks ini dan pembenaran yang dimiliki situs tersebut atas penggunaan yang mendapat izin atau penggunaan wajar.

Pelanggaran hak cipta[sunting sumber]

Pengguna yang berulang-ulang melanggar hak cipta dapat diblokir oleh Pengurus. Jika Anda menduga bahwa telah ada pelanggaran hak cipta, ajukan permasalahan tersebut ke halaman pembicaraannya. Orang lain dapat memeriksa situasi dan bertindak bila diperlukan. Kadang masalah ini dianggap alarm palsu. Misalnya teks di situs web selain Wikipedia yang ternyata memang disalin dari Wikipedia, bukan pelanggaran hak cipta di Wikipedia.

Jika ada materi pelanggaran hak cipta pada sebagian teks – dan keseluruhan teks, jika tidak ada materi lain yang ada – harus dihilangkan. Lihat Wikipedia:Pelanggaran hak cipta dan Wikipedia:Masalah hak cipta.

Pedoman berkas media [sunting sumber]

Gambar, foto, video, dan audio, adalah ciptaan yang dapat dilindungi hak cipta, dan pencipta/pemegang hak cipta berhak memilikinya kecuali jika dilepas ke domain publik. Gambar, video, dan audio harus dilisensikan oleh pencipta dan/atau pemegang hak cipta, serta orang yang menerima lisensi. Penggunaan wajar yang diberlakukan di beberapa negara, mengizinkan untuk menggunakannya tanpa melanggar hak cipta, baca Wikipedia:Isi nonbebas.

Halaman deskripsi berkas wajib diberikan tag hak cipta yang sesuai, sebagaimana yang ada dalam Wikipedia:Tag hak cipta berkas (THCB). Berkas yang menggunakan THCB yang tidak benar dapat dihapus.

Pertanyaan harap diajukan pada Wikipedia:Pertanyaan hak cipta media, yang biasanya diasuh oleh pengguna Wikipedia yang berpengalaman dalam hukum hak cipta.

Ciptaan pemerintah[sunting sumber]

Wikimedia Foundation berkantor pusat di Amerika Serikat, dan tunduk berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta Amerika Serikat. Tambahannya menurut Jimbo Wales, pendiri Wikipedia, kontributor non-Amerika Serikat harus tunduk pada undang-undang yang berlaku di seluruh dunia, tanpa memandang ketentuan-ketentuannya sama atau tidak.[2]

Ciptaan oleh Pemerintah Federal Amerika Serikat[sunting sumber]

Ciptaan yang dibuat oleh individu yang merupakan anggota lembaga pemerintahan dan militer Amerika Serikat dianggap domain publik (tetapi dapat berhak cipta di luar Amerika Serikat). Ada persyaratan tertentu agar dianggap domain publik: orang dari lembaga pemerintahan dan militer haruslah merupakan pencipta (misalnya, tentara yang sedang memotret situasi saat mengemban tugas dalam Perang Irak memiliki hak cipta atas foto itu, tetapi dapat saja muncul di situs web unit atau dilisensikan untuk pemerintah).

Namun tidak semua ciptaan bisa dianggap domain publik. Kadang, pemerintahan Amerika Serikat memegang hak cipta atas yang diciptakan – misalnya, ciptaan yang dibuat oleh kontraktor proyek:

United States Code; Title 17; Chapter 1; § 105 Subject matter of copyright; United States Government works. Copyright protection under this title is not available for any work of the United States Government, but the United States Government is not precluded from receiving and holding copyrights transferred to it by assignment, bequest, or otherwise.US Code

Kadang, media yang muncul dalam situs web *.mil and *.gov dapat menggunakan foto komersial milik orang lain. Sangat disarankan untuk memeriksa kebijakan privasi dan keamanan, tetapi dengan memohonkan surel ke webmaster untuk memastikan apakah berkas tersebut layak disebut domain publik.

Meski Pemerintah Federal Amerika Serikat tidak selalu mengklaim pelindungan hak cipta, pemerintahan di luar Amerika Serikat sering kali mengklaim hak cipta yang dibuat oleh pegawainya. (Contohnya, Crown Copyright di Inggris)

Ciptaan oleh pemerintahan negara bagian Amerika Serikat[sunting sumber]

Berbeda dengan pemerintahan federal, kebanyakan pemerintahan negara bagian Amerika Serikat memegang hak cipta atas ciptaan yang dibuat oleh pegawainya. Karya tersebut bukan domain publik, maka periksa informasi hak ciptanya sebelum menggunakannya.

Ciptaan yang dibuat oleh pemerintah pusat dan daerah Republik Indonesia[sunting sumber]

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 mengatur ciptaan yang dibuat oleh pemerintahan pusat dan daerah Indonesia berdasarkan pasal 42 dan 43 huruf (b). Pasal 42 menerangkan bahwa peraturan perundang-undangan, putusan peradilan, hasil rapat kerja terbuka pemerintahan, kitab suci dan simbol keagamaan, serta pidato kenegaraan, adalah domain publik, "tidak ada hak cipta".

Lain halnya dengan pasal 43 huruf (b): pengumuman, penggandaan, komunikasi, dan/atau distribusi segala sesuatu yang dilaksanakan atas nama pemerintah, kecuali ciptaan tersebut dinyatakan dilindungi oleh peraturan perundang-undangan, pernyataan pada ciptaan tersebut, atau ketika terhadap ciptaan tersebut dilakukan pengumuman, pendistribusian, komunikasi, dan/atau penggandaan, "tidak dianggap sebagai pelanggaran hak cipta".

Sejumlah orang[siapa?] menyebut bahwa frasa "tidak dianggap sebagai pelanggaran hak cipta" mengindikasikan sebuah lisensi bebas dan/atau penggunaan wajar, tetapi tidak memberikan indikasi jelas terkait aturan mengenai modifikasi. Di Wikimedia Commons, berkas PD-IDGov yang kebanyakan berasal dari situs web *.go.id, *.mil.id, dan mungkin juga *.desa.id yang hampir semuanya memiliki pernyataan formalitas "All Rights Reserved" atau "Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang" rawan menjadi subjek penghapusan, yang mempengaruhi ratusan artikel bertopik pejabat pemerintahan Indonesia, sebagaimana kasus-kasus berikut.

Ada beberapa pihak[siapa?] yang menyebut bahwa makna Pasal 43(b) adalah "Pemerintah dapat menggandakan karya yang dibuat oleh warga negara yang memilih membebaskannya dengan suatu lisensi bebas bahkan dengan melanggar kaidah lisensi bebas seperti atribusi atau pembagian serupa." Sementara itu, "karya pemerintah" dilindungi peraturan yang mirip dengan Crown Copyright di Inggris.

Hak dan kewajiban pengguna ulang[sunting sumber]

Satu-satunya yang membutuhkan izin dari Wikimedia Foundation, Inc. adalah logo Wikipedia dan proyek-proyek Wikimedia, yang tidak bisa digunakan secara bebas tanpa seizin Wikimedia (lihat Foundation:Press room, atau Wikipedia:Hubungi kami). Namun jika Anda ingin menggunakan kembali materi Wikipedia dalam buku, artikel, situs web, dan/atau publikasi, Anda boleh menggunakannya sesuai lisensi yang ditetapkan—kecuali isi nonbebas. Ikuti petunjuk berikut.

Penggunaan kembali teks[sunting sumber]

Atribusi
Untuk mendistribusikan ulang teks, Anda wajib memberikan atribusi melalui: a) pranala (jika bisa) atau URL ke halaman yang digunakan kembali, b) pranala (jika bisa) atau URL pada salinan alternatif dan stabil yang bebas diakses, yang sesuai dengan lisensi, serta memberikan kredit kepada pengarang dengan cara yang ekuivalen dengan kredit yang diberikan pada situs web ini, atau c) mendaftar semua pengarangnya (Terkadang disaring terkait kontribusi kecil atau tak relevan..) Hal ini berlaku pada teks yang dikembangkan komunitas Wikipedia. Teks dari sumber luar dapat memberikan atribusi tambahan kepada karya tersebut, yang biasanya ada di bagian muka artikel atau pada halaman pembicaraan. Misalnya, ada banner (tajuk) atau notasi bahwa isinya dilisensikan dengan lisensi tersebut. Meski itu dapat terlihat di halamannya, para pengguna ulang harus tetap mempertahankannya.
Berbagi serupa/Copyleft
Modifikasi dan penambahan harus dilisensikan dengan Lisensi Atribusi Berbagi Serupa Creative Commons 3.0 atau yang lebih baru.
Indikasi perubahan
Modifikasi dan penambahan harus menunjukkan sejujurnya bahwa karya ini sudah dimodifikasi. Menunjukkan riwayatnya ini di riwayat halaman sudah cukup bila digunakan kembali dalam wiki.
Pemberitahuan lisensi
Versi salinan dan modifikasi yang didistribusikan harus menyertakan pernyataan hak cipta bahwa ciptaan ini dilisensikan dengan dan harus melampirkan a) pranala atau URL ke teks atau lisensi atau b) salinan lisensi. Untuk kegunaan ini, URL yang sesuai adalah: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/

Informasi lebih lanjut, rujuk ke aturan hukum CC BY-SA.

Tambahan ketersediaan teks di bawah GFDL[sunting sumber]

Terkait kompatibilitas, halaman yang tidak menyertakan teks yang tersedia dalam lisensi CC BY-SA atau kompatibel dengan CC BY-SA, juga tersedia dalam Lisensi Dokumentasi Bebas GNU (GFDL). Dalam hal menentukan apakah halaman tersebut tersedia dalam GFDL, tinjau bagian bawah halaman, riwayat, dan diskusi untuk atribusi dari isi berlisensi tunggal yang tidak kompatibel dengan GFDL. Karena semua teks yang dipublikasikan sebelum 15 Juni 2009 di Wikipedia dirilis dengan GFDL, Anda dapat menguji kompatibilitas GFDL dengan melihat riwayat halaman untuk mengambil isi yang diterbitkan sebelum tanggal tersebut.

Penggunaan kembali media nonteks[sunting sumber]

Kecuali dinyatakan lain, berkas media nonteks dilisensikan dengan lisensi budaya bebas, yang tunduk pada Kebijakan Lisensi Wikimedia Foundation. Lihat halaman deskripsi berkas untuk melihat detail tentang lisensinya.

Isi nonbebas dan keperluan khusus[sunting sumber]

Kutipan, gambar, dan media lainnya tunduk pada kebijakan doktrin "penggunaan wajar" berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta Amerika Serikat serta pedoman isi nonbebas. Di Wikipedia, materi "penggunaan wajar" harus diidentifikasikan dari sumber luar dalam metode yang sesuai (pada halaman deskripsi berkas, riwayat halaman; sedangkan kutipan harus ditulis dalam tanda kutip sesuai dengan pedoman gaya pengutipan). Pemakaiannya harus dibatasi baik di dalam maupun di luar Wikipedia, karena penggunaan wajar tidak mematuhi ketentuan lisensi CC BY-SA atau GFDL, tetapi tunduk pada peraturan hak cipta yang berlaku dari negara asal ciptaan tersebut.

Mulai 15 Juni 2009, Wikipedia mengizinkan teks di bawah lisensi yang kompatibel dengan GFDL tetapi dapat membutuhkan persyaratan tambahan yang tidak dibutuhkan untuk teks asli Wikipedia (seperti menyertakan bagian invarian, teks sampul depan, maupun teks sampul belakang). Namun, materi ini hanya ditempatkan jika pemegang hak ciptanya tidak mewajibkan tambahan persyaratan tersebut; sehingga, mereka tidak memberikan beban-beban khusus agar teksnya dapat digunakan kembali.

Mengguna ulang teks dalam Wikipedia[sunting sumber]

Saat Anda menggabungkan atau memenggal sebuah artikel, atau memindahkan teks dari satu halaman ke halaman lain di dalam Wikipedia, fitur sejarah halaman tidak bisa dengan sendirinya menentukan tempat asal konten tersebut. Ini dapat melanggar klausa pengatribusian pada lisensi proyek. Jika Anda menggandakan teks dalam Wikipedia, Anda harus minimalnya menaruh pranala halaman asalnya di ringkasan suntingan pada halaman tujuan. Juga disarankan untuk melakukan hal serupa di halaman asal, dan menaruh pesan pemberitahuan di halaman pembicaraan dari keduanya.

Jika Anda menggunakan ulang teks yang Anda buat sendiri, arahan di atas baik saja jika dilakukan untuk menghindari kebingungan, tetapi tidak wajib.

Prinsip kehati-hatian[sunting sumber]

Karena Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas, setiap berkas dan/atau teks wajib menggunakan lisensi bebas, termasuk objek yang dimuat di dalamnya. Prinsip kehati-hatian (precautionary principle) di Wikipedia adalah – kecuali isi nonbebas – bila masih dipertanyakan status hak cipta dari isi tersebut, wajib dihapus. Pranala luar ke situs web yang melanggar hak cipta dapat dibuang kapan saja.

Argumen seperti "kami bisa bebas memasukkannya di sini", dianggap bertentangan dengan tujuan Wikipedia:

  • "Pemegang hak cipta tidak akan pernah menuntut kami."
  • "Pemegang hak cipta tidak akan pernah tahu."
  • "Pemegang hak cipta tidak berkeberatan/mestinya senang bahwa kami telah mengumumkan karyanya secara luas."
  • "Tak ada yang tahu siapa penciptanya."
  • "Ini benar-benar kekayaan milik umum, ada di Internet dan tidak ada yang komplain."

Jika Anda adalah pemilik konten yang tersedia di Wikipedia yang digunakan tanpa izin Anda[sunting sumber]

Jika Anda adalah pemilik konten yang sedang digunakan di Wikipedia tanpa seizin Anda, maka Anda dapat meminta halaman tersebut segera dihapus dari Wikipedia. Anda juga dapat menghubungi perwakilan kami untuk memintanya dihapus permanen (tetapi, penghapusan halaman secara permanen ini dapat membutuhkan waktu hingga satu minggu). Anda juga dapat mengosongkan halaman tersebut dan menggantinya dengan tulisan {{copyvio|URL atau tempat Anda menerbitkan teks tersebut}}, tetapi teks yang Anda hapus masih akan ada dalam sejarah halamannya. Cara manapun yang Anda ambil, kami akan tentu saja menagih bukti-bukti untuk menguatkan pengakuan kepemilikan Anda.

Sebaliknya, jika Anda adalah penyunting sebuah artikel Wikipedia dan menemukan suatu salinannya yang disajikan tanpa mengikuti persyaratan atribusi, mohon lihat Wikipedia:Standard license violation letter.

Lihat pula[sunting sumber]

Pranala luar[sunting sumber]