Peraturan hak cipta Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Peraturan hak cipta Amerika Serikat ditujukan untuk mendorong penciptaan seni dan budaya dengan memberi penghargaan kepada penulis dan seniman dengan serangkaian hak eksklusif. Undang-undang hak cipta memberi penulis dan artis hak eksklusif untuk membuat dan menjual salinan karya mereka, hak untuk membuat karya turunan, dan hak untuk menampilkan atau menampilkan karya mereka di depan umum. Hak eksklusif ini tunduk pada batas waktu, dan umumnya berakhir 70 tahun setelah kematian penulis. Di Amerika Serikat, musik apa pun yang disusun sebelum 1 Januari 1924, umumnya dianggap sebagai milik umum.

Undang-undang hak cipta Amerika Serikat terakhir secara umum direvisi oleh Undang-undang Hak Cipta 1976, dikodifikasi dalam Judul 17 dari Kode Amerika Serikat. Konstitusi Amerika Serikat secara eksplisit memberikan Kongres kekuatan untuk membuat undang-undang hak cipta berdasarkan Pasal 1, Bagian 8, Klausa 8, yang dikenal[1] sebagai Klausul Hak Cipta. Di bawah Klausul Hak Cipta, Kongres memiliki kekuatan, "Untuk mempromosikan Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Seni yang bermanfaat, dengan mengamankan Times terbatas untuk Penulis dan Penemu Hak eksklusif untuk masing-masing Tulisan dan Penemuan mereka."[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Undang-undang hak cipta Amerika Serikat berasal dari Statuta Anne Inggris, yang memengaruhi undang-undang hak cipta Federal AS pertama yakni Undang-Undang Hak Cipta 1790. Jangka waktu hak cipta yang ditetapkan oleh para Founding Fathers adalah 14 tahun dan dapat diperbarui satu kali, selama 14 tahun lagi. Pada 1831, jangka waktu ini diubah menjadi 28 tahun.

Hingga 180 tahun penuh setelah pendiriannya, undang-undang hak cipta secara signifikan diperpanjang lebih dari itu, melalui Undang-Undang Hak Cipta 1976 menjadi "Baik 75 tahun atau seumur hidup penulisnya ditambah 50 tahun" dan Undang- Undang Perpanjangan Jangka Waktu Hak Cipta Sonny Bono tahun 1998 (juga disebut dengan "Mickey Mouse Protection Act", karena mencegah hak cipta menjadi kedaluwarsa pada kesuksesan pertama dari karakter kartun Disney Miki Tikus secara komersial), yang memperpanjang jangka waktu hingga menjadi 120 tahun atau kehidupan penulis ditambah 70 tahun, mana yang berakhir lebih awal.

Karya yang tunduk pada undang-undang Hak Cipta[sunting | sunting sumber]

Undang-undang hak cipta Amerika Serikat melindungi "karya asli penciptaan," yang ditetapkan dalam media nyata[3] termasuk karya sastra, drama, musik, artistik dan karya intelektual lainnya. Perlindungan ini tersedia untuk karya yang diterbitkan dan tidak diterbitkan. Undang-undang hak cipta mencakup jenis-jenis karya berikut:

  • Sastra
  • Musikal
  • Dramatis
  • Pantomim dan karya koreografi
  • Karya bergambar, grafis dan pahatan
  • Karya audio visual
  • Rekaman suara
  • Ciptaan turunan
  • Kompilasi
  • Karya arsitektur[4]

Karya oleh Pemerintah Federal[sunting | sunting sumber]

Karya yang dibuat oleh pemerintah federal tidak memiliki hak cipta. 17 U.S.C. § 105. Pembatasan hak cipta ini berlaku untuk publikasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Amerika Serikat dan agen atau aparaturnya dalam lingkup pekerjaan mereka. Kutipannya adalah sebagai berikut:

Copyright protection under this title is not available for any work of the United States Government, but the United States Government is not precluded from receiving and holding copyrights transferred to it by assignment, bequest, or otherwise.

Sebuah "karya Pemerintah Amerika Serikat" yang didefinisikan dalam 17 U.S.C. § 101 sebagai "karya yang dibuat oleh pejabat atau aparatur Pemerintah Amerika Serikat sebagai bagian dari tugas resmi aparatur tersebut". Catatan bahwa kontraktor pemerintah umumnya tidak dianggap sebagai aparatur dan pekerjaan mereka mungkin tunduk pada hak cipta. Demikian pula, pemerintah AS dapat membeli dan memegang hak cipta atas karya yang dibuat oleh pihak ketiga.

Pemerintah dapat membatasi akses terhadap karya-karya yang telah dihasilkannya melalui mekanisme lain. Misalnya, materi rahasia atau materi rahasia yang tidak dilindungi oleh hak cipta, tetapi dibatasi oleh undang-undang lain yang berlaku. Namun, bahkan dalam hal materi non-rahasia, terdapat larangan khusus terhadap akses otomatis ke pekerjaan, jika tidak, tercakup dalam kebijakan 17 U.S.C. § 105 untuk tujuan komersial.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Stanford Fair Use and Copyright Center. U.S. Constitution". Stanford Library (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 Agustus 2022. 
  2. ^ , Article I, Section 8, Clause 8, "Origins and Scope of the Power", Justia US Law (dalam bahasa Inggris) 
  3. ^ 17 U.S.C. § 102 – Subject matter of copyright: In general.
  4. ^ Electronic Freedom Foundation. Teaching copyright. "Copyright Frequently Asked Questions" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Desember 2015. Diakses tanggal 12 Agustus 2022. 
  5. ^ Sebagai contoh: Lambang Presiden Amerika Serikat saat ini berada dalam domain publik, tetapi penggunaan lambang tersebut secara komersial, dibatasi oleh kebijakan 18 U.S.C. § 713.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]