Wikipedia:Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Artikel pilihan adalah artikel-artikel terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, artikel-artikel tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria artikel pilihan.

Saat ini terdapat 490 artikel pilihan dari 427.469 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu artikel pilihan untuk setiap 872 artikel di Wikipedia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu artikel merupakan artikel pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah artikel.

Hapus tembolok

Charlie Chaplin sebagai the Tramp

Charlie Chaplin adalah seorang komposer, pembuat film, dan aktor komedi Inggris yang terkenal pada era film bisu. Chaplin menjadi ikon di seluruh dunia melalui persona layar lebarnya "the Tramp" dan dianggap menjadi salah satu figur paling berpengaruh dalam sejarah industri film. Chaplin memasuki industri film pada 1914, film-film berjangka fitur pertamanya adalah The Kid (1921), The Gold Rush (1925), dan The Circus (1928). Ia menolak untuk beralih ke film bersuara pada 1930-an, dan sebagai gantinya memproduksi City Lights (1931) dan Modern Times (1936) tanpa dialog. Chaplin menjadi makin terlibat dalam politik, dan film berikutnya, The Great Dictator (1940), memplesetkan Adolf Hitler. 1940-an merupakan sebuah dekade yang ditandai dengan kontroversi bagi Chaplin, dan ketenarannya cepat turun. Dituduh menjadi simpatisan komunis, Chaplin dipaksa untuk meninggalkan Amerika Serikat dan bermukim di Swiss. Ia meninggalkan pesona Tramp pada film-film berikutnya, yang meliputi Monsieur Verdoux (1947), Limelight (1952), A King in New York (1957), dan A Countess from Hong Kong (1967). Chaplin menulis, menyutradarai, memproduksi, menyunting, membintangi, dan mengkomposisikan musik pada sebagian besar filmnya. Film-filmnya dikarakteristikkan sebagai slapstick yang dicampur dengan pathos, yang ditampilkan dalam perjuangan Tramp saat menghadapi masalah. (Selengkapnya...)


Archie Thompson

Sebuah pertandingan sepak bola mempertemukan tim nasional Australia dan Samoa Amerika pada 11 April 2001 di International Sports StadiumCoffs Harbour, Australia. Pertandingan ini merupakan bagian dari kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2002. Tim nasional Australia memecahkan rekor dunia untuk kemenangan terbesar dalam sebuah pertandingan sepak bola internasional, setelah memenangkan pertandingan dengan skor 31–0. Penyerang Australia Archie Thompson (gambar) juga memecahkan rekor untuk jumlah gol terbanyak oleh seorang pemain dalam sebuah pertandingan internasional dengan mencetak 13 gol. David Zdrilic, pencetak delapan gol dalam pertandingan ini, menjadi pencetak gol terbanyak kedua dalam sebuah pertandingan internasional sejak Perang Dunia I. Hasil pertandingan ini menimbulkan perdebatan tentang format kualifikasi yang digunakan, dimana pelatih kepala Australia Frank Farina merasa bahwa kualifikasi Piala Dunia FIFA Zona Oseania harus diawali dengan babak penyisihan untuk menghindari pertandingan yang berat sebelah. Pandangan yang serupa juga dimiliki oleh badan sepak bola internasional FIFA. (Selengkapnya...)

Daniel Padilla di acara Celebrate Mega in Iceland, 2016

Daniel Padilla adalah seorang aktor dan penyanyi berkebangsaan Filipina. Dia dijuluki sebagai "Teen King" industri hiburan Filipina. Daniel telah membintangi program televisi paling banyak ditonton di Filipina antara lain Princess and I (2012-2013), Got to Believe (Kaulah Takdirku) (2013-2014), Pangako Sa 'Yo (Janjiku) (2015-2016) dan La Luna Sangre (2017). Setelah beberapa sinetron, dia memulai debut dengan menjadi pemeran pendamping di film 24/7 in Love (2012) dan Sisterakas (2012). Film yang dibintanginya masuk daftar film-film terlaris di Filipina antara lain Crazy Beautiful You (2015), Barcelona: A Love Untold (2016), Can't Help Falling in Love (2017) dan Gandarrapiddo: The Revenger Squad. Daniel telah merilis tiga album double platinum yaitu, album mini Daniel Padilla (2012), DJP (2013), I Heart You (2014), album bersertifikat emas I Feel Good (2015), dan album kompilasi DJ' Greatest Hits (2016). Dia juga telah menggelar beberapa konser solo. Daniel telah menerima berbagai penghargaan di bidang televisi, film dan musik seperti, FAMAS Awards dan PMPC Star Awards kategori aktor terbaik, Box-Office Entertainment Awards kategori Raja Box Office, dan Awit Awards. . (Selengkapnya...)

Pengusulan artikel pilihan

Artikel pilihan sebelumnya

Lihat pula