Wikipedia:Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Artikel pilihan adalah artikel-artikel terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, artikel-artikel tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria artikel pilihan.

Saat ini terdapat 494 artikel pilihan dari 435.247 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu artikel pilihan untuk setiap 881 artikel di Wikipedia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu artikel merupakan artikel pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah artikel.

Hapus tembolok

Artikel pilihan
2004 2005
2006 2007
2008 2009
2010 2011
2012 2013
2014 2015
2016 2017
2018 2019
Menurut topik
Usulan

Artikel pilihan:

Anastasia Nikolaevna

Anastasia Nikolaevna merupakan putri bungsu Tsar Nikolai II, penguasa terakhir Kekaisaran Rusia dan istrinya Tsarina Aleksandra Fyodorovna. Anastasia merupakan adik dari Olga, Tatiana, dan Maria, dan kakak dari Aleksei Nikolaevich. Anastasia terbunuh bersama keluarganya dalam pembunuhan di luar hukum oleh anggota Cheka, polisi rahasia Bolshevik di Yekaterinburg pada 17 Juli 1918. Rumor yang berkembang tentang kemungkinan Anastasia melarikan diri beredar selepas kematiannya didorong oleh fakta bahwa tempat Anastasia dimakamkan tidak diketahui selama zaman pemerintahan Komunis. Kuburan massal dekat Yekaterinburg tempat dikuburkannya Nikolai, istrinya dan tiga anak perempuannya terungkap pada 1991, dan jasad Alexei Nikolaevich dan anak perempuan yang tersisa—baik Anastasia atau kakaknya Maria—ditemukan pada 2007. Kemungkinan Anastasia masih hidup tidak diragukan lagi dibantah. Analisis forensik dan uji DNA mengonfirmasi bahwa sisa-sisa jenazah itu merupakan bagian dari anggota keluarga kerajaan yang menunjukkan bahwa kesemua empat adipati wanita terbunuh pada 1918. Setelah pembunuhan itu, beberapa wanita mengklaim dirinya sebagai Anastasia yang dianggap menjadi penyintas; wanita yang paling terkenal adalah Anna Anderson. Jasad Anderson dikremasi selepas kematiannya pada 1994, namun uji DNA pada 1994 pada serpihan jaringan sel dan rambut Anna yang masih ada menunjukkan tiada hubungan dengan DNA keluarga Romanov. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: CheesecakePertempuran OsanRossy Pratiwi Dipoyanti


Cheesecake bakar dengan strawberi, raspberi, dan bluberi

Cheesecake adalah kue yang biasanya dimakan sebagai hidangan penutup dan dibuat dengan mencampurkan keju yang bertekstur lembut, telur, susu, dan gula. Keju yang umumnya digunakan untuk membuat cheesecake adalah keju krim, namun dapat juga digunakan keju lainnya seperti cottage cheese, ricotta, mascarpone, neufchâtel ataupun keju quark. Cheesecake umumnya diberi hiasan buah segar, krim dan lapisan gula. Bagian dasar dari cheesecake dapat diisi dengan biskuit graham, kacang yang dihancurkan, ataupun bahan lainnya yang bertekstur rapuh. Walaupun disebut cake atau bolu, cheesecake bukan merupakan sejenis kue bolu melainkan dapat dikategorikan sebagai pai atau custard yaitu campuran telur dan susu yang dipanggang atau dimasak dengan air panas dan menjadi kental akibat proses koagulasi protein telur. Cheesecake dapat dipanggang ataupun tidak dipanggang. Cheesecake yang menggunakan telur umumnya dipanggang untuk mematangkan telur tersebut. Sementara itu, gelatin digunakan untuk cheesecake yang tidak dipanggang. Baik dipanggang ataupun tidak, cheesecake harus disimpan di lemari es terlebih dahulu sebelum disajikan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pertempuran OsanRossy Pratiwi DipoyantiKudeta Guatemala 1954

Patung Slamet Rijadi di Surakarta, Jawa Tengah.

Slamet Rijadi (1927–1950) adalah seorang tentara Indonesia. Rijadi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, Rijadi menempuh pendidikan di sekolah pelaut yang dikelola oleh Jepang dan bekerja untuk mereka setelah lulus. Setelah Indonesia merdeka, Rijadi memimpin tentara Indonesia di Surakarta pada masa perang kemerdekaan melawan Belanda. Dimulai dengan kampanye gerilya, pada 1947 ia berperang dengan sengit melawan Belanda di Ambarawa dan Semarang, bertanggung jawab atas Resimen 26. Pada tahun 1950, setelah berakhirnya revolusi, Rijadi dikirim ke Maluku untuk memerangi Republik Maluku Selatan. Setelah operasi perlawanan selama beberapa bulan dan berkelana melintasi Pulau Ambon, Rijadi gugur tertembak menjelang operasi berakhir. Sejak kematiannya, Rijadi telah menerima banyak penghormatan. Sebuah jalan utama di Surakarta dinamakan menurut namanya, begitu juga dengan fregat TNI AL, KRI Slamet Riyadi. Selain itu, Rijadi juga dianugerahi beberapa tanda kehormatan secara anumerta pada tahun 1961, dan ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 9 November 2007. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Anastasia Nikolaevna CheesecakePertempuran Osan

Pengusulan artikel pilihan

Artikel pilihan sebelumnya

Lihat pula