Vulcanodon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Vulcanodon
Periode Sinemurian-Pliensbachian, 199–188 jtyl

Diagram yang menunjukkan fosil-fosil Vulcanodon yang diketahui
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoSaurischia
GenusVulcanodon

Vulcanodon (berarti "gigi gunung berapi") adalah genus punah dari dinosaurus sauropoda dari Afrika selatan kala Jura Awal. Satu-satunya spesies yang diketahui dari genus ini adalah V. karibaensis. Ditemukan pada 1969 di Zimbabwe, Vulcanodon dianggap sebagai sauropoda terawal selama berdekade-dekade, dan hingga sekarang masih menjadi salahsatu sauropoda paling primitif yang pernah ditemukan. Sebagai sebuah herbivor darat kuadruped, genus ini memiliki bentuk tubuh umum sauropoda, meski lebih kecil daripada sauropoda, dengan panjang sekitar sebelas meter (36 ft). Vulcanodon diketahui dari kerangka partial, yang mencakup kebanyakan dari sabuk panggul, kaki belakang,kaki depan dan ekor, namun tidak memiliki tengkorak beserta vertebra leher.

Mulanya, genus ini dianggap sebagai sebuah Prosauropoda karena fosil gigi berbentuk pisau yang ditemukan didekat fosil tersebut, yang sesuai dengan ide bahwa prosauropoda merupakan sebuah omnivor. Data yang lebih baru menunjukkan bahwa gigi tersebut milik seekor theropoda yang tidak teridentifikasi yang kemungkinan memakan bangkai Vulcanodon. Hewan ini sekarang diketahui bukan merupakan sauropoda "murni". Sejak penemuan Tazoudasaurus, kedua genus digabung pada famili Vulcanodontidae, meski hal tersebut belum diakui secara universal.

Originally, this genus was believed to be a prosauropod because of the knife-shaped teeth found near its fossils, which fit in with the idea that prosauropods were omnivorous. Scientists now know that the teeth belonged to an unidentified theropod that may have scavenged on the Vulcanodon carcass. Vulcanodon is now known to be a true sauropod. Upon the discovery of the related Tazoudasaurus, both animals were unified in the family Vulcanodontidae, though this has not been universally accepted.