Omeisaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Omeisaurus
Rentang fosil: Pertengahan Jurrasic, Bathonian–Callovian
OMEISAURUS SIZE.png
Omeisaurus, Omeisaurus junghsiensis,
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Superordo: Dinosauria
Ordo: Saurischia
Subordo: Sauropodomorpha
Infraordo: Sauropoda
Famili: Mamenchisauridae
Young, 1939
Genus: Omeisaurus
Omeisaurus

Omeisaurus adalah dinosaurus sauropoda (raksasa herbivor) yang hidup pada zaman akhir Jura. Omeisaurus berasal dari bahasa latin yang artinya kadal Omei. Pengucapan/dibaca = O-mei-sawr-ur, beratnya :5-25 Ton. Ukuran (panjang kira-kira 10-20 meter/32-65 kaki dan tingginya kira-kira 4-9 meter/13-30 kaki) Ukuran besar tergantung pada jenis spesiesnya.

Arti nama yaitu "Kadal/Reptil Omei" berdasarkan Gunung Omei di Cina dekat lokasi fosil Dinamakan oleh C.‭ ‬C.‭ ‬Young‭ ‬-‭ ‬1939. Diketahui lokasi fosil: Cina‭ ‬-‭ ‬Provinsi Sichuan ‭ ‬-‭ ‬ Formasi bawah Shaximiao/Dashanpu


Cityplaza dinosaur fossil.JPG

Identifikasi[sunting | sunting sumber]

Omeisaurus tianfuensis memiliki: • Leher yang sangat panjang yang membantu untuk memahami dedaunan; • Nafsu makan yang sangat besar (seperti sauropoda lainnya), mungkin memakan sampai satu ton tanaman setiap hari; • Tubuh yang bulat, memberikan luas permukaan kecil dibandingkan dengan volume. Ini membantu untuk tetap hangat dengan mengurangi kehilangan panas. Seperti sauropod biasa, Omeisaurus memiliki kaki berbentuk tabung dan memakan tumbuhan. Ia memiliki lubang hidung yang dekat dengan moncongnya dan berbeda dengan sauropod lainnya. 1. Leher Omeisaurus memiliki leher vertebrata yang lebih panjang daripada sauropod lain. Vertebrata ini juga lebih panjang dan lebih kuat daripada sauropod lain.

Sejarah Periode (Perkiraan Waktu)[sunting | sunting sumber]

Omeisaurus tianfuensis adalah dinosaurus herbivora berleher panjang yang hidup dalam kawanan sekitar 165- 175 juta tahun yang lalu. kira-kira pertengahan-akhir jura (jurassic). Tengah Periode Jura (jurassic) ( waktu periode Bathonian-Callovian ) yang sekarang Cina. Namanya berasal dari Gunung Emei, di mana ia ditemukan di Formasi Shaximiao lebih rendah dari Provinsi Sichuan.


Bukti Fossil[sunting | sunting sumber]

Omeisaurus tianfuensis sudah dinamakan setelah ditemukan di gunung Emeishan, dimana fosil asli itu ditemukannya. Di Szechuan, Gunung Omei yang menjadi salah satu dari empa gunung Buddha di China yang diyakini suci. Klasifikasi/Sistem Taksonomi (Kingdom)Kerajaan : Animalia/hewan (Phylum)Filum : Chordata (urat saraf di punggung) (Class)Kelas : Sauropsida (reptil) (Clade/SuperOrder)Klad : Dinosauria (dinosaurus) (Order)Ordo : Saurischia (dinosaurus berpanggul kadal) (SubOrdo)Upaordo : Sauropodomorpha (InfraOrdo) : Sauropoda (Family)Keluarga : Mamenchisauridae, tetapi ada juga yang berbeda pendapat dan termasuk kelompok Euhelopodidae (Genus)Marga : Omeisaurus (Species)Spesies : Omeisaurus junghsiensis, Omeisaurus changshouensis, Omeisaurus fuxiensis, Omeisaurus tianfuensis, Omeisaurus luoquanensis, dan Omeisaurus ‬jiaoi Omeisaurus maoianus.


Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar sauropoda diketahui dari zaman Jurassic Akhir dari daerah Cina yang memiliki leher yang luar biasa panjangnya. Tidak hanya leher mereka memiliki beberapa vertebra (hewan bertulang belakang) lebih dari sauropoda dari Amerika Utara dan Afrika. Omeisaurus ini juga termasuk herbivor. Dengan leher sangat panjang Omeisaurus merupakan sebuah dinosaurus pada masa kini relatif dan mungkin ke Mamenchisaurus yang lebih terkenal dalam kelopoknya. Leher yang panjang memungkinkan Omeisaurus memakan dedaunan yang berada di atas pohon tinggi. Itu artinya kepala Omeisaurus berada jauh di atas jantungnya. Dengan leher leher yang tiga kali lebih panjang dari sauropod kecil yang biasanya, Omeisaurus membutuhkan jantung yang berat, kuat untuk memompa darah jarak jauh menempuh ke otaknya.