Sauropoda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sauropoda
Rentang fosil: Trias AkhirKapur Akhir
Louisae.jpg
Kerangka Apatosaurus
Museum Carnegie
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsid
Superordo: Dinosauria
Ordo: Saurischia
Subordo: Sauropodomorpha
Infraordo: Sauropoda
Marsh, 1878

Sauropoda adalah infraordo dinosaurus saurischia. Mereka memiliki leher yang amat panjang, ekor yang panjang, kepala yang kecil (bila dibandingkan dengan ukuran tubuh secara keseluruhan), kaki yang tebal dan berbentuk seperti pilar, serta gigi yang seperti pasak. Fosil-fosil sauropoda telah ditemukan di setiap benua, termasuk Antartika.

Mereka dikenal karena beberapa spesiesnya memiliki ukuran yang besar. Di dalam kelompok ini terdapat beberapa hewan terbesar yang pernah ada di Bumi. Beberapa genus dalam spesies ini yang banyak dikenal oleh khalayak luas adalah Brachiosaurus, Diplodocus, Apatosaurus dan Brontosaurus.

Saurapoda pertama kali muncul pada periode Trias Akhir. Kemungkinan mereka adalah keturunan Prosauropoda.

Pada periode Jura Akhir (sekitar 150 juta tahun yang lalu), sauropoda telah tersebar luas di dunia (terutama diplodocid dan brachiosaur). Pada periode Kapur Akhir, kelompok ini telah digantikan oleh titanosaurus. Seperti dinosaurus lainnya (kecuali burung), titanosaurus pada akhirnya mengalami kepunahan akibat peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen.

Nama Sauropoda dicetuskan oleh O.C. Marsh pada tahun 1878.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marsh, O.C. (1878). "Principal characters of American Jurassic dinosaurs, Part I". American Journal of Science and Arts. 16: 411–416.