Sauropsida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sauropsida Edit the value on Wikidata
Periode PennsylvanianSekarang, 312–0 jtyl
Extant Sauropsida 2.png
Edit the value on Wikidata
Rekaman
Edit the value on Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
Tanpa nilaiSauropsida Edit the value on Wikidata
Watson, 1956
Subklad

Sauropsida ("wajah kadal") adalah klad amniota, secara luas setara dengan kelas Reptilia. Sauropsida adalah takson saudara Synapsida, klad amniota yang berisi mamalia sebagai satu-satunya representatif modern. Meskipun synapsida awal secara historis telah dirujuk sebagai "reptil mirip mamalia", seluruh synapsida lebih dekat kekerabatannya ke mamalia ketimbang reptil modern. Di sisi lain, sauropsida mengandung seluruh amniota yang lebih dekat ke reptil modern ketimbang mamalia. Ini termasuk Aves (burung), yang sekarang dikenal sebagai subkelompok reptil archosauria meskipun aslinya dinamai sebagai kelas terpisah di taksonomi Linnaeus.

Dasar Sauropsida terbagi menjadi dua kelompok "reptil" utama: Eureptilia ("reptil sejati") dan Parareptilia ("di sebelah reptil"). Eureptilia meliputi seluruh reptil hidup (termasuk burung), juga berbagai kelompok punah. Parareptilia biasanya dipertimbangkan sebagai kelompok punah secara menyeluruh, meskipun beberapa hipotesis untuk asal kura-kura menunjukkan bahwa mereka termasuk parareptil. Istilah "Sauropsida" berasal dari 1864 dengan Thomas Henry Huxley,[1] yang mengelompokkan burung dengan reptil berdasarkan bukti fosil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Huxley, T.H. (1863): The Structure and Classification of the Mammalia. Hunterian lectures, presented in Medical Times and Gazette, 1863. original text