Camarasaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Camarasaurus
Periode Jura Akhir, 155–145 jtyl

Cetakan kerangka di Museum Jura Asturias
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoSaurischia
FamiliCamarasauridae
GenusCamarasaurus
Cope, 1877
Tata nama
Sinonim takson
  • Caulodon
    Cope, 1877
  • Morosaurus
    Marsh, 1878
  • Uintasaurus
    Holland, 1924
  • Cathetosaurus?
    Jensen, 1988
Other species

Camarasaurus (/ˌkæmərəˈsɔːrəs/ kam-ƏR-ə-SOR-əs) adalah sebuah genus dari dinosaurus sauropoda herbivor yang hidup pada kala Jura Akhir (Kimmeridgium hingga Tithonium). Camarasaurus merupakan fosil sauropoda yang paling umum dijumpai di Amerika Utara, terkhususnya di Formasi Morrison. Namanya berarti "kadal berbilik", yang merujuk kepada tulang belakang serviksnya yang berongga (ter-pneumatisasi).

Genus ini memiliki bentuk kranium yang distingtif, yaitu memiliki moncong yang tumpul dan tengkorak yang melengkung dan sangat kotak. Hal tersebut umum dijumpai pada Macronaria basal.

Perbandingan ukuran tiga spesies Camarasaurus dengan manusia dewasa.

Camarasaurus memiliki empat spesies yang secara umum dianggap sebagai valid: Camarasaurus grandis, Camarasaurus lentus, Camarasaurus lewisi, dan

Camarasaurus supremus. C. supremus merupakan spesies tipe dari genus ini, dan yang secara geologi yang paling muda dari ketiga spesies lainnya. Genus ini merupakan genus tipe dari Camarasauridae, yang juga mencakup kerabat terdektanya dari Eropa, Lourinhasaurus.

Camarasaurus pertamakali dinamai pada 1877 oleh Edward Drinker Cope, pada periode persaingan ilmiah diantaranya dengan Othniel Charles Marsh, yang dikenal sebagai Perang Tulang. Tak lama kemudian, Marsh menamai sebuah genus sebagai Morosaurus, namun bukti menunjukkan bahwa nama tersebut sinonim dengan Camarasaurus.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cope, E.D., 1877a, On a gigantic saurian from the Dakota Epoch of Colorado: Paleontological Bulletin, v. 25, p. 5-10.