Formasi Morrison

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Formasi Morrison
Jangkauan stratigrafi: Jura Akhir (Kimmeridgium hingga Tithonium), 156.3–146.8 jtyl
Pita khas dari Formasi Morrison, sebuah kelompok lapisan batuan yang muncul pada Monumen Dinosaurus Nasional, dan sumber dari fosil seperti yang ditemukan di Tambang Dinosaurus.
JenisFormasi geologi
Garis bawahFormasi Gunung Cedar, Formasi Cloverly, Formasi Lakota, Formasi Ngarai Burro
Garis atasFormasi Summerville, Formasi Beclabito, Formasi Curtis, Formasi Bell Ranch, Formasi Sundance
KetebalanHingga 200 m
Litologi
UtamaBatu lumpur
Lain-lainBatu pasir, Batu lanau, Batu gamping
Location
Koordinat39°39′04″N 105°11′17″W / 39.651°N 105.188°W / 39.651; -105.188
KawasanAmerika Utara Tengah:
 Arizona
 Colorado
 Idaho
 Kansas
 Montana
 Nebraska
 New Mexico
 North Dakota
 Oklahoma
 South Dakota
 Texas
 Utah
 Wyoming
Negara Amerika Serikat[1]
Nasib
Stratotypes for members of the Morrison Formation
Bagian tipe
Mengambil nama dariMorrison, Colorado

Formasi Morrison adalah urutan distingtif dari batuan sedimen Jura Akhir yang ditemukan pada barat Amerika Serikat, yang menjadi salahsatu sumber paling subur dari fosil dinosaurus di Amerika Utara. Formasi ini terdiri dari batu lumpur, batu pasir, batu lanau dan batu gamping berwarna abu-abu muda, abu-abu kehijauan atau merah. Kebanyakan dari fosil yang ditemukan pada formasi ini terdapat pada lapisan batu lanau hijau dan batu pasir bawah, yang awalnya merupakan sistem sungai dan dataran banjir (kondisi yang baik untuk proses fosilisasi) pada periode Jura.

Formasi ini berpusat di Wyoming dan Colorado, dengan singkapan di Montana, Dakota Selatan, Dakota Utara, Nebraska, Kansas, juluran dari Oklahoma dan Texas, New Mexico, Arizona, Utah dan Idaho. Batu yang sama pada nama yang berbeda dapat ditemukan di Kanada.[2] Formasi ini menutupi area seluas 1.5 juta kilometer presegi, namun hanya sepersekian dari area tersebut yang terbuka dan dapat diakses oleh geolog dan paleontolog. Lebih dari 75% dari formasi ini terkubur dibawah padang rumput di timur, dan kebanyakan dari penyebaran paleogeografi baratnya tererosi pada exhumasi Pegunungan Rocky.

Fosil pertama dari formasi ini ditemukan pada Arthur Lakes pada 1877, di Morrison, Colorado, memberi formasi geologi ini namanya. Pada tahun yang sama, lokasi ini menjadi pusat dari Perang Tulang, sebuah persaingan pengumpulan fosil antara paleontolog Othniel Charles Marsh dan Edward Drinker Cope. Pada Colorado, New Mexico dan Utah, formasi Morrison menjadi sumber utama dari bijih uranium.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Morrison Formation" (PDF). CGKN. Diakses tanggal 25 May 2013. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ Parrish, J.T.; Peterson, F.; Turner, C.E. (2004). "Jurassic "savannah"-plant taphonomy and climate of the Morrison Formation (Upper Jurassic, Western USA)" (PDF). Sedimentary Geology. 167 (3–4): 137–162. Bibcode:2004SedG..167..137P. doi:10.1016/j.sedgeo.2004.01.004.