Agustinia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Agustinia
Rentang fosil: Kapur Awal, 116-108 jtyl
Rekonstruksi seniman dari Agustinia
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
(tanpa takson):
Famili:
Agustiniidae

Bonaparte, 1999
Genus:
Agustinia

Bonaparte, 1999
Spesies tipe
Agustinia ligabuei
Bonaparte, 1999

Agustinia /ɑːɡəˈstɪniə/ adalah genus dinosaurus sauropoda berzirah dari Periode Kapur Awal di Amerika Selatan. Genus ini mengandung satu spesies Agustinia ligabuei, spesimen tunggal yang didapat dari Formasi Lohan Cura di Provinsi Neuquen di Argentina. Dinosaurus ini hidup sekitar 116–108 juta tahun yang lalu, pada sub-kala Aptium-Albium dari Periode Kapur Awal.

Nama Agustinia menghormati penemu spesimen, Agustin Martinelli. Dinosaurus ini awalnya dinamai dalam abstrak tahun 1998 yang ditulis oleh paleontolog Argentina bernama José Bonaparte.[1] Nama generik aslinya adalah "Augustia", yang, ternyata, sudah digunakan oleh genus kumbang (lihat juga: Megapnosaurus, Protognathosaurus). Bonaparte mengubah namanya menjadi Agustinia pada lembaran yang diterbitkan pada tahun 1999.[2] Terdapat satu spesies yang dinamai (A. ligabuei), yang dinamai demikian untuk menghormati Dr. Giancarlo Ligabue, seorang filantropis yang memberikan dukungan finansial ke ekspedisi untuk mendapatkan sisa-sisa fosil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bonaparte, J.F. 1998. An armoured sauropod from the Aptian of northern Patagonia, Argentina. In: Tomida, Y., Rich, T. H. & Vickers-Rich, P. (Eds.). Second Symposium Gondwana Dinosaurs, 12–13 July 1998, Abstracts with Program. Tokyo: National Science Museum. Pg. 10.
  2. ^ Bonaparte, J.F. 1999. An armoured sauropod from the Aptian of northern Patagonia, Argentina. In: Tomida, Y., Rich, T. H. & Vickers-Rich, P. (Eds.). Proceedings of the Second Gondwanan Dinosaur Symposium Tokyo: National Science Museum Monographs #15. Pp. 1–12.