Argentinosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Gnathostomata
Argentinosaurus
Rentang fosil: Cretaceous akhir, 97–94 Ma
Argentinosaurus DSC 2943.jpg
Rekonstruksi kerangka Argentinosaurus huinculensis di Naturmuseum Senckenberg, Frankfurt, Jerman
Klasifikasi ilmiah e
Kerajaan: Animalia
Phylum: Chordata
clade: Dinosaur
clade: Sauropodomorpha
clade: Sauropoda
clade: Titanosauria
Familia: Antarctosauridae
Genus: Argentinosaurus
Bonaparte & Coria, 1993
Spesies: A. huinculensis
Nama binomial
Argentinosaurus huinculensis
Bonaparte & Coria, 1993

Argentinosaurus adalah genus dinosaurus sauropod yang pertama kali ditemukan oleh Guillermo Heredia di Argentina. Namanya merujuk pada negara tempat ditemukannya. Dinosaurus ini hidup di Amerika Selatan (saat itu merupakan pulau) sekitar 97 hingga 94 juta tahun yang lalu, pada masa Kapur Akhir. Argentinosaurus merupakan salah satu dinosaurus terbesar yang diketahui.

Gregory S. Paul memperkirakan panjang Argentinosaurus sekitar 30–35 m (98–110 kaki), sementara massanya diperkirakan sebesar 80–100 ton.[1] [2] Pada tahun 2006, Carpenter menggunakan Saltasaurus yang lebih lengkap sebagai panduan dan memperkirakan panjang Argentinosaurus sebesar 30 meter (98 ft).[3]

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Fosil pertama kali yang diidentifikasi sebagai Argentinosaurus ditemukan pada tahun 1987 oleh seorang peternak diArgentina, yang mengira fosil kaki itu sebagai sepotong kayu raksasa yang membatu. Sebuah tulang punggung raksasa juga ditemukan, dan hampir setinggi manusia. Spesies jenis dari Argentinosaurus, yaitu A. huinculensis, dideskripsikan dan diterbitkan pada tahun 1993 oleh palaeontolog Argentina José F. Bonaparte dan Rodolfo coria. kerangka spesifik berusia dari periode Kapur, yang hidup difauna tahap akhir Senoman, 96-94 juta tahun yang lalu. Lokasi penemuan fosil di Formasi Huincul dari Subkelompok Río Limay di Provinsi neuquén, Argentina (Formasi Huincul adalah anggota formasi Río Limay sesuai dengan penamaan waktu).

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Tidak banyak fosil dari Argentinosaurus yang ditemukan, holotype termasuk hanya serangkaian tulang (enam tulang belakang, lima tulang parsial dari daerah pinggul), tulang rusuk sisi kanan dari daerah pinggul, bagian dari tulang rusuk dari panggul, dan fibula kanan (tulang kaki bagian bawah ). Salah satu tulang ini adalah tingginya 1,59 meter, dan fibula sekitar 1,55 meter (58 inci) Selain tulang-tulang ini, sebuah femur lengkap (tulang kaki bagian atas, dari spesimen nomor MLP-DP 46-VIII-21-3). dimasukan untuk sebagai Argentinosaurus; poros femur lengkap ini memiliki lingkar minimum sekitar 1,18 meter. Proporsi tulang-tulang ini dan perbandingan dengan kerabat sauropod lain memungkinkan ahli paleontologi untuk memperkirakan ukurannya.

Ukuran[sunting | sunting sumber]

ukuran Argentinosaurus dengan manusia

Perkiraan awal menempatkan total panjang argentinosaurus sampai dengan 30-35 meter (98-115 kaki), dan berat 80-100 ton oleh Benson et al (2012). Pada tahun 2007 diperkirakan oleh tim haines dan paul chamber menempatkan total panjang mencapai 35 meter (115 kaki) tetapi bobot lebih ringan yaitu 90 ton. Rekonstruksi berdasarkan perkiraan awal ini, seperti kerangka yang dipasang di Museo Carmen Funes meningkatkan total panjang yang lebih jauh, hingga 39.7 meter (130 kaki) dengan tinggi sampai bahu 7,3 meter (24 kaki). Pada tahun 2006 Carpenter menggunakan saltasaurus yang fosilnya lebih lengkap sebagai panduan dan meperkirakan total panjang Argentinosaurus pada 30 meter (98 kaki), dan Mazzetta et al. (2004) memberikan perkiraan berat mencapai 73 ton. ada Sebuah perkiraan sedikit lebih tinggi dari 83 ton , berdasarkan perkiran kerangka diMuseo Carmen Funes merupakan Perkiraan yang tidak dipublikasikan, dan menggunakan rekonstruksi yang diterbitkan dengan panduan Saltasaurus.  opisthocoelicaudia, dan Rapetosaurus sebagai pemandu dan memberikan perkiraan lebih pendek antara 22-26 meter (72-85 kaki).

Paleobiologi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2013, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Plos One pada 30 Oktober 2013 oleh Dr Bill sellers, Rodolfo Coria, Lee Margetts dkk, argentinosaurus direkonstruksi secara digital untuk menguji penggerak untuk pertama kalinya. Sebelum penelitian ini, cara yang paling umum untuk memperkirakan kecepatan adalah melalui belajar histologi tulang dan ichnology. Umumnya, study tentang histologi tulang sauropoda dan kecepatan fokus pada kerangka di luar tengkorak yang memegang banyak fitur unik, seperti ulna dengan proses yang diperbesar, lobus yang lebar di ilia tersebut, sebuah batin-miring ketiga berada di atas femur, dan tulang paha dengan poros bulat seperti telut. Fitur tersebut berguna ketika mencoba untuk menjelaskan pola jalan graviportal pada hewan. Ketika mempelajari ichnology untuk menghitung kecepatan sauropod, ada beberapa masalah, seperti hanya memberikan perkiraan untuk gaits tertentu karena kurangnya bukti, dan menjadi tunduk pada banyak masalah akurasi.

Untuk memperkirakan kecepatan argentinosaurus, penelitian melakukan analisis muskuloskeletal. Satu-satunya analisis muskuloskeletal sebelumnya pernah dilakukan pada hominid, teror bird, dan dinosaurus lainnya. Sebelum mereka bisa melakukan analisis, tim harus membuat kerangka digital hewan tersebut, menunjukkan dimana akan ada penampilan otot, menemukan otot dan sendi, dan akhirnya menemukan sifat otot sebelum menemukan kecepatan. Hasil penelitian biomekanik mengungkapkan bahwa Argentinosaurus adalah mekanis kompeten di kecepatan tertinggi 2 m / s (5 mph) dengan bobot yang besar dari hewan dan strain sendi yang tidak mampu bantalan. Hasil lebih lanjut mengungkapkan bahwa vertebrata darat mungkin jauh lebih besar, tetapi akan memerlukan renovasi tubuh yang signifikan dan mungkin perubahan perilaku untuk mencegah runtuhnya sendi.

Pencernaan[sunting | sunting sumber]

Argentinosaurus sama seperti semua sauropoda, yaitu herbivora. menggunakan leher panjangnya untuk mencapai ke ujung ranting untuk memakan daunya, atau mengambil makanan ditanah seperti pakis dan semak-semak. Setelah tertelan, makanan memerlukan perjalanan sepanjang lehernya sebelum memasuki perut. Di dalam perut, daun akan digiling atau dipecah dengan batu halus juga ikut ditelannya untuk membantu dalam proses pencernaan yang dikenal sebagai gastroliths.

Pertumbuhan[sunting | sunting sumber]

Argentinosaurus dewasa adalah hewan terbesar yang pernah ada, tetapi anak mereka tidak. Satu artikel menemukan bahwa anak Argentinosaurus harus tumbuh 25.000 kali ukuran aslinya sebelum mencapai ukuran dewasa. Argentinosaurus mungkin bepergian dengan kawanannya yang berisi beberapa lusin, termasuk spesimen remaja. spesimen muda rentan terkena serangan dari predator. Diperkirakan bahwa hanya beberapa spesimen remaja yang cukup beruntung untuk menjadi dewasa. Sauropoda yang terkait dengan Argentinosaurus memiliki fosil telur yang terawetkan. telur ini menunjukkan bahwa setiap tahun, ratusan spesimen dewasa berkumpul hanya untuk membuat sarang. dataran banjir yang datar dan lebar telah diidentifikasi sebagai situs bersarang yang disukai. Telur nya berdiameter sekitar 22 cm (8,7 in), dan setiap spesimen dewasa mungkin meletakkan sejumlah besar telur pada setiap musim. Setelah menetas, butuh waktu sekitar 15 tahun untuk anakan yang berukuran kecil untuk mencapai dewasa, dan berukuran raksasa.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paul, Gregory S. (1994). "Big Sauropods - Really, Really Big Sauropods". The Dinosaur Report. The Dinosaur Society. hlm. 12–13. 
  2. ^ Paul, Gregory S. (1997). "Dinosaur models: the good, the bad, and using them to estimate the mass of dinosaurs". Dalam Wolberg, D. L.; Stump, E.; Rosenberg, G. D. DinoFest International Proceedings. The Academy of Natural Sciences. hlm. 129–154. 
  3. ^ Carpenter, Kenneth (2006). "Biggest of the Big: A Critical Re-Evaluation of the Mega-Sauropod Amphicoelias fragillimus Cope, 1878". Dalam Foster, John R.; Lucas, Spencer G. Paleontology and Geology of the Upper Jurassic Morrison Formation. 36. New Mexico Museum of Natural History and Science Bulletin. hlm. 131–138. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]