Sultan Amrullah dari Sumbawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sultan Amaroe'llah[1][2][3][4] atau Dewa Masmawa Sultan Lalu Muhammad Amrullah[5][6] atau al-wâthiq billâh al-Sultan Amarullah ibni al-Sultan al-marhum Muhammad Kaharuddin 1262 H (1846 M) الدين الواثق بالله السلطان امر الله ابن السلطان المرحوم محمد قهار الدين [7] adalah Sultan Sumbawa ke-15 (m.1837-20 Agustus 1883).[6][8] Guna menggantikan Sultan Lalu Mesir yang mangkat, diangkatlah sang kakak Lalu Muhammad Amrullah sebagai Sultan Sumbawa. Sultan Amrullah berpermaisuri Lala Rante Patola putri Raja Bicara Bima dari perkawinan tersebut diperoleh 7 orang Putra – Putri, antara lain Datu Raja Muda Daeng Mas Kuncir atau juga dikenal dengan sebutan Mas Kuncir Datu Lolo Daeng Manassa. Serta adiknya yang bernama Daeng Mesir yang menjadi Datu Taliwang.

Pada masa pemerintahan Sultan Amrullah, Kesultanan Sumbawa memperoleh kemajuan yang sangat pesat dalam bidang perdagangan. Kesultanan Sumbawa membeli sebuah kapal dagang type Scoognard (Sumbawa: sekonyar) yang diberi nama Mastora untuk mengadakan hubungan perdagangan hingga ke Selat (Singapura). Selain dalam bidang perdagangan, dalam bidang pertanian Sultan Amrullah memasukkan bibit kopi arabika yang ditanam di pegunungan Batulanteh dan Ropang.

Dalam bidang peternakan bibit sapi dimasukkan pula untuk dipelihara di Wilayah Pulau Moyo dan pegunungan dalam Wilayah Kesultanan Sumbawa, meskipun akhirnya menjadi berkembang biak dan menjadi liar. Pada masa pemerintahan beliau dapat diatasi permasalahan-permasalahan yang menyangkut kesetiaan daerah taklukan. Pada bulan Agustus 1872 kembali terjadi peristiwa hebat, kebakaran atas Istana Gunung Setia pusat pemerintahan/kekuasaan serta rumah tinggal Sultan dan keluarga. Kebakaran yang terjadi karena ledakan bibit mesiu. Dimana pada saat kejadian tersebut Sultan Amrullah sedang berada di Makassar sekembali dari Batavia. Datu Raja Muda Daeng Maskuncir yang diserahi tanggung jawab mengendalikan pemerintahan tidak dapat berbuat banyak atas peristiwa yang memakan koban harta benda bahkan jiwa manusia. Sebagai ganti Istana Gunung Setia yang terbakar dibangunnya Istana yang baru yang diberi nama Istana Bala Sawo. [9][10][11][12][13]

Sultan Amaroe'llah membuat kontrak politik dengan Hindia Belanda pada tanggal 2 Agustus 1857.[4][14]

Pada bulan April 1880, salah seorang puteri Sultan Amaroe'llah menikah dengan I-To' Patarai Karaeng Pabuadukang (dilahirkan I-Tenri Pada), Tumailalang Tuwa, yaitu putera I-Mallingkaang Daeng Njonri Karaeng Katangka Kulau Paduka Sri Sultan Muhammad Idris ibnu Sultan 'Abdu'l Kadir Muhammad 'Aidid [Tumananga-ri Kalabbirannja], Sultan Gowa.[15]

Silsilah Sultan Muhammad Amrullah[sunting | sunting sumber]

Sultan Muhammad Amrullah dan Raja-raja di Sumbawa menurut naskah Hikayat Raja-raja Banjar dan Kotawaringin dan Majelis Adat - Lembaga Adat Tanah Samawa (LATS) serta Bidang Kebudayaan - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, memiliki leluhur seorang bangsawan dari Kesultanan Banjar yang bernama Raden Subangsa bergelar Pangeran Taliwang.[9]

Selain itu Sultan Muhammad Amrullah dan Raja-raja di Sumbawa juga memiliki leluhur dari Kerajaan Binamu di Jeneponto, Sulawesi Selatan.[10]

Pada masa Pemerintahan YM. Dewa Masmawa Sultanah Shafiyatuddin, Sultanah Sumbawa XII ( 1791 – 1795 ), telah datang ke Kesultanan Sumbawa, Permaisuri Raja Kerajaan Bugis Binamu. Kedatangan beliau bersama putra – putrinya serta Dayang dan pengikut setianya.

Bermula dari peristiwa mangkatnya sang Suami, Raja Binamu, lalu keputusan adat menetapkan Iparnya menggantikan kedudukan Sang Suami menjadi Raja, hal ini telah menyinggung perasannya sebagai Permaisuri yang menurut hukum adat Binamu, berhak atas tahta yang ditinggal Sang Raja, suaminya.

Ketersinggungan ini menyebabkan Beliau membulatkan tekad untuk keluar dari wilayah Kerajaan Binamu, berlayar menuju Kesultanan Sumbawa, karena pada saat itu Kesultanan Sumbawa tengah di perintah seorang wanita bernama Daeng Masiki Sultanah Shafiyatuddin putri Sultan Harunurrasyid II, Sultan Sumbawa XI (1777–1791 ).

Daeng Masiki adalah Permaisuri Sultan Abdul Hamid Muhammadsyah Ruma Mantau Asi Saninu Sultan Bima V ( 1767 – 1811 ). Daeng Masiki putri Sultan Sumbawa ini sesungguhnya adalah Buyut dari I Rukkia Karaeng Kanjene Ratu Sidenreng, cucu dari putrinya I Sugiratu Karaeng Bonto Parang Sultanah Siti Aisyah, Sultanah Sumbawa ( 1759 – 1760 ) hasil pernikahan beliau dengan Sultan Amas Madina, Sultan Sumbawa ( 1702 – 1725 ), setelah dinobat sebagai Sultanah Sumbawa bergelar Sultanah Shafiyatuddin.

Permaisuri Kerajaan Bugis Binamu mendarat di Labuhan Bontong Sumbawa, setelah perahu yang ditumpanginya menyusuri pelayaran yang cukup melelahkan. Setibanya di Wilayah Kesultanan Sumbawa, rombongan Permaisuri Binamu menetap di Bonto Kemase ( Bonto ), sebuah wilayah yang dekat dengan pesisir ( Labuhan Bontong ).

Y.M. Sultanah Shafiatuddin mendengar kabar tentang kedatangan Permaisuri Binamu, Y.M. Sultanah lalu mengutus Adipati Kesultanan Sumbawa yang bernama Lalu Djamelia Mele Habira, guna menemui Permaisuri Binamu untuk menanyakan apakah Beliau beserta putra – putrinya dan pengikut setianya akan menetap di Kesultanan Sumbawa dan bersedia bernaung di bawah syarat empat:

  • Suruh – Lalo
  • Kelek – Datang
  • Eneng – Beang
  • Beang – Tangko

Sebagai bentuk perlindungan dan pengayoman Kesultanan Sumbawa pada rakyat serta kesetiaan dan pengabdian rakyat kepada Kesultanan. Mendengar hal tersebut, Permaisuri Binamu lalu menjawab bahwa demikian pula adat dan hukum di negerinya.

Sultanah kemudian mengundang Permaisuri Binamu untuk “ Ngayap “ ke Istana Gunung Setia di Ibu Negeri Kesultanan Sumbawa. pertemuan dua Bangsawan Wanita yang sama – sama Permaisuri ini sangat berkesan, dan Sultanah sebagai Pemimpin Kesultanan berdulat lalu menghadiahkan tanah untuk mendirikan rumah bagi Permaisuri Binamu dan seluruh pengikutnya dan Kesultanan Sumbawa membuatkan sawah untuk penghidupan Permaisuri Binamu dan pengikutnya. Tanah yang dihadiahkan tersebut berlokasi di Tana Pampang Unter Malang, wilayah yang tidak terlalu jauh dari Ibu Negeri Kesultanan Sumbawa.

Diantara putra putri Permaisuri Binamu, yang dikenal dalam sejarah Sumbawa adalah Saragialu Karaeng Talebang ( Biasa disebut oleh Tau Samawa; Daeng Talebang ) putri ini mendapat anugerah kebangsawanan dari Kesultanan Sumbawa dengan gelar “ Lala “ sehingga nama lengkapnya Lala Saragialu Karaeng Talebang. Putri cantik ini kemudian dilamar oleh Adipati Kesultanan Sumbawa Lalu Djamelia Mele Habira untuk menjadi Istrinya. Perkawinanpun berlangsung meriah di Kesultanan Sumbawa. dari perkawinan tersebut Lalu Djamelia Mele Habira memperolah Putra / putri antara lain:

  1. Lalu Tunji Dea Tame (saudara lain ibu dari Lalu Muhammad Ali Dea Singa Ri Arong)
  2. Lala Intan Ratu Nong Sasir

Kedua Putra Putri ini melahirkan orang–orang besar di Kesultanan Sumbawa.

Dari perkawinan Lalu Tunji Dea Tame lahir Adipati Abdul Jabbar Lalu Tunruang dan Lalu Makasau Mele Banggae yang dikemudian dikenal dengan julukan “ Dea Ranga Rango Berang “ (jika diterjemahkan artinya Perdana Menteri Berparang Besar; Berparang besar artinya memiliki keberanian yang luar biasa).

Beliau ini menjadi Ranga atau Perdana Menteri di masa pemerintahan Sultan Muhammad Amrullah ( Sultan Sumbawa 1836 – 1931 ) mengganti Nene Ranga Mele Huzaimah yang mengundurkan diri.

Adapun Adipati Lalu Kaidah Mele Habirah alias Lalu Jemelela Dea kuasa Unter Iwes berputra Lalu Tunji Dea Tame berputra Lalu Makasau Dea Ranga Rango Berang berputra Lalu Banggae Dea Dipati Karang Berang berputra Lalu Muhammad Saleh Dea Mele Patongai berputra Lalu Patongai Dea Radan Mangandaralam memiliki anak perempuan Amatollah Dea Sahari.

Adapun Lala Intan Ratu Nong Sasir dinikahi oleh Datu Bonto Mangape salah seorang Bangsawan keturunan Sumbawa yang memiliki beberapa orang Putra dan Putri, diantaranya Lala Amatollah.

Lala Amatollah dinikahi dan menjadi Permaisuri dari Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin II, Sultan Sumbawa (1795 – 1816), menggantikan Sultanah Syafiyatuddin yang turun tahta, kembali ke Bima mengikuti suami yang masih menjadi Sultan Bima.

Keturunan Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin II dan Lala Amatollah, cicit dari Raja Binamu inilah yang kemudian menjadi Sultan–Sultan di Kesultanan Sumbawa hingga kini.

Adapun Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin II merupakan Putra dari Sultan Mahmud, buah pernikahannya dari Putri Sarah / Ratoe Laija, saudara perempuan dari Sultan Tahmidillah II alias Sunan Nata Alam bin Sultan Tamjidillah I, Sultan Banjar XVII ( 1761 – 1801 ).[16]

Sedangkan ayah (Djaja) beliau, Sultan Mahmud, merupakan putra dari Dewa Masmawa Sultan Muhammad Djalaluddinsyah II, Sultan Sumbawa ( 1762 – 1765 ).

Sultan Muhammad Djalaluddinsyah II ini sesungguhnya Pangeran dari Kesultanan Banjar, putra dari Datu Arya bin Sultan Tahmidullah I Panembahan Tengah Sultan Banjar XI (1700–1717), nama asli Sultan Muhammad Djalaluddinsyah II adalah Gusti Mesir Abdurrahman Pangeran Anom Mangkoe Ningrat.

Kemangkatan[sunting | sunting sumber]

Sultan Muhammmad Amarullah mangkat pada tanggal 20 Agustus 1883.[5][17]

Almarhum Sultan Muhamammad Amarullah dimakamkan di pemakaman Sampar.[18][19]

Silsilah kekerabatan dengan Raja-raja Binamu Jeneponto[sunting | sunting sumber]

Templat:Family tree


RAJA BICARA BIMA
♂ Rato Bumi Luma Kae
Mambora ese Buton
(Yang mangkat di Buton)
Abdullah
Kerajaan BinamuAdipati Sumbawa
♂ Lalu Indir Dipati Rotong Dea Dipati Bongkang Kapiyah
SULTAN BANJAR VIII.a.
(m. 1712-1747)
Sultan Kayu Tangi
♂ Sultan Tahmidullah
Panembahan Tengah
Suria Alam dari Banjar
RAJA BICARA BIMA

Jeneli Bolo
♂ Mantau Dana Timo
(Yang punya tanah Timor)
PERMAISURI BINAMU
♀ Karaeng Baine Binamu We Cudai/Tenri Ico Da'i
Karaëng-Mangará-bombang
Datu Pampang
RAJA BINAMU 11 m. 1796-1814
♂ I Bebasa Daeng Lalo
Karaeng Lompoa Ri Binamu
(dari Kerajaan Paitana, Turatea, Jeneponto)
Nene' Adipati Sumbawa
♂ Lalu Prabu Anom Mele Dilaga Dea Adipati
♂ Datu AryaSULTAN BANJAR IX.a.
(m. 1730-1734)
♂ Sultan Hamidullah dari Banjar
Panembahan Kuning
SULTAN BANJAR IX.b.
(m. 1734-1759/67)
♂ Sultan Tamjidillah I
Panembahan Badarul Alam
RAJA BICARA BIMA
Janeli RasanaE
♂ Abdul Ali
♂ I Mangalle Daeng Datta♀ Saragialu Karaeng Talebang
(Lala Saragialu Daeng Talebang)
Nene' Ranga Sumbawa
Lalu Kaidah Mele Habirah Dea Adipati
SULTAN SUMBAWA IX 1762-1765
♂ Gusti Mesir Abdurrahman
Pangeran Anom Mangkoe Ningrat
Sultan Muhammad Jalaluddin Syah II
Datu Pengantin
Datu Pangeran
Dewa Pangeran 01
SULTAN BANJAR X.a.
(m. 1759-1761
)
Sultan Martapura
+ 16 Januari 1761
♂ Sultan Muhammad Aminullah
Muhammadillah
Tahmidu-Billah
(Sultan Tahmidillah 01)
SULTAN BANJAR X.b.
(m. 1761-1801/1808)
Sunan Nata Alam
Tamhidillah
(Sultan Tahmidillah 02)
RAJA BICARA BIMA
♂ Tureli Donggo Mawa'a Kadi (Abdul Nabi)
♂ Lalu Tunji Dea Tane♀ Lala Intan Ratu Nong Sasir♂ Karaeng Manippi Datu Bonto MangapeSULTAN SUMBAWA X
Dewa Masmawa Sultan Mahmud
Dewa Pangeran
WAKIL PUTRA MAHKOTA
(m. 1776-1785)
(SULTAN BANJAR XI.a.2.)
RAJA KUSAN
♂ Pangeran Amir
(Sultan Amir)
SULTAN BANJAR XI.b.
Sulaiman Rahmatillah
(Sultan Sulaiman Saidullah 2)
♂ Muhammad Yakub
Ruma Kapenta Wadu
♂ Lalu Makasau Mele Banggae Dea Ranga Rango Berang♂ Lalu Manimbang Gau Dea Radan Manjakawang♀ Lala AmatollahSULTAN SUMBAWA
♂ Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin II
(Lalu Muhammad)
♂ Pangeran Mas'udSULTAN BANJAR
Sultan Adam dari Banjar
Paduka Raja Bumi Jara Mbojo
♂ Muhammad Khidir
(La Bangkalan)
♀ Lala Rante PatolahSULTAN SUMBAWA XV m. 1837-1883
♂ Dewa Masmawa Sultan Lalu Muhammad Amaroe'llah
SULTAN SUMBAWA XIV
m. 1836-1837

♂ Dewa Masmawa Sultan Lalu Mesir
(+ 1837)
♀ Ratu Sultan Abdul Rahman
Ratu Salmiyah
(Ratu Salmah)
Pahlawan Nasional
SULTAN BANJAR
♂ Gusti Inu Kartapati
Pangeran Antasari
Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin
MANGKUBUMI BANJAR
Ratoe Anom Mangkoe Boemi Kentjana
Pangeran Noch
♀ Datu BalasariRAJA MUDA SUMBAWA
♂ Maskuncir Datu Lolo Daeng Manassa
♂ Daeng Padusung♀ Putri Hasiah
(isteri Pangeran Wira Kasoema)
SULTAN BANJAR
Sultan Muhammad Seman
MANGKUBUMI BANJAR
SULTAN BANJAR
Panembahan Muda Muhammad Said
♂ Pangeran Muhammad Tambak Anyar
SULTAN BIMA XIV m. 1915-1951


♂ Sultan Muhammad Salahuddin


"Ma Kakidi Agama"
SULTAN SUMBAWA XVI m. 1882-1931


Dewa Masmawa Sultan Muhammad Jalaluddinsyah III
Mas Madina Daeng Raja Dewa


Nama panggilan: Dewa Marhum
PERMAISURI SULTAN SUMBAWA
Dewa Maraja Bini
♀ Siti Maryam Daeng Risompa Datu Rotimu
Ratu Zaleha♀ Gusti DijahMANGKUBUMI BANJAR
Pangeran Perbatasari
♂ Pangeran Ali
(anggota Volksraad)
♂ Kertosoediro
PERMAISURI SULTAN SUMBAWA


Dewa Maraja Bini
♀ Siti Khodijah Ruma Pa'duka


Nama panggilan: Daeng Ante
SULTAN SUMBAWA XVII m. 1931-1975)


♂ Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin III
Nama lengkap Sultan: Kaharuddin Daeng Raja Dewa


Nama panggilan: Daeng Manurung
♀ Andi Tenri Ampareng Datu Sengngeng Pamanna Wajo♂ Andi Burhanuddin Karaeng PangkajeneDATU MARAJA MUDA SUMBAWA
♂ Datu Raja Muda Daeng Rilangi
♂ Antung Kuwing
(Gusti Iskandar)[20]
Pahlawan Nasional
Pangeran Muhammad Noor[21]
Presiden Indonesia (ke-2)
Soeharto
♀ Nindo Siti Rahayu Daeng RisompaSULTAN SUMBAWA XVIII m. 2011-sekarang


Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV
Nama lengkap Sultan: ♂ Muhammad Abdurrahman Daeng Raja Dewa
Nama panggilan: Daeng Ewan


(b. 5 April 1941)
PERMAISURI SULTAN SUMBAWA
Dewa Maraja Bini


♀ Andi Bau Tenri Djadjah
Nama panggilan: Datu Tenri


(b. 23 Oktober 1946)[22]
♂ drg. Gusti Rizali NoorPresiden Indonesia (ke-1)
Soekarno
Heldy Djafar[23]♂ Ir. Gusti Suriansyah NoorSigit Harjojudanto
Daeng Risompa Datu Intan Ratu
♀ Daeng Nadya Indriana Hanoum
Daeng Anggawasita Datu Batara Langi
♂ Raden Ali Permadiono Sumedi
Daeng Masugi Ratu Datu Batari Toja
♀ Daeng Sarrojini Naidu
Daeng Manassa Datu Patarai
♂ Agus Sentot Priyanto
♀ Gusti Firoza Damayanti NoorChrisye♀ Gusti Maya Firanti NoorAri Sigit
Daeng Masrilangi
♀ Nadine Kemalasari Sumedi
Daeng Massir
♂ Raindra Saadya Ramadhan Priyanto
Daeng Manyurang
♂ Rayaka Ali Kareem Priyanto
Daeng Mas Madinah Datu Raja Muda
♂ Raihan Omar Hasani Priyanto
♂ Randa Pramasya♀ Putri Aryanti Haryo Wibowo♂ Haryo Putra Nugroho Wibowo♂ Ananda Kerta Irana Wibowo
Didahului oleh:
Muhammad Kaharuddin II
Sultan Sumbawa
1846/2 Agustus 1857-20 Agustus 1883
Diteruskan oleh:
Muhammad Jalaluddin Syah III

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Landsdrukkerij, Landsdrukkerij (1851). Almanak en NaamRegisteer van Nederlandsch-Indië voor 1851 (dalam bahasa Belanda). 24. Batavia: Ter Lands-Drukkerij. hlm. 94. 
  2. ^ "Landsdrukkerij". Regeerings-Almanak voor Nederlandsch-Indië 1870 (dalam bahasa Belanda). 39. Batavia: Ter Lands-Drukkerij. 1865. hlm. 280.  2 Agustus 1857
  3. ^ "Landsdrukkerij". Regeerings-Almanak voor Nederlandsch-Indië 1870 (dalam bahasa Belanda). 43. Batavia: Ter Lands-Drukkerij. 1870. hlm. 181.  2 Agustus 1857
  4. ^ a b Landsdrukkerij (1871). Almanak van Nederlandsch-Indië voor het jaar (dalam bahasa Belanda). 44. Batavia: Lands Drukkery. hlm. 222.  2 Agustus 1857
  5. ^ a b "Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Nusa Tenggara Barat". Peninggalan sejarah dan kepurbakalaan Nusa Tenggara Barat. Indonesia: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kantor Wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat, Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Nusa Tenggara Barat. 1997. hlm. 128. 
  6. ^ a b "Ensiklopedia Kebudayaan Sumbawa, Sultan-sultan Sumbawa". Universitas Teknologi Sumbawa. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-18. Diakses tanggal 18 Mei 2019. 
  7. ^ Annabel Teh Gallop (2002). "Malay Seal Inscriptions: A Study in Islamic Epigraphy from Southeast Asia" (dalam bahasa Inggris). 3. University of London: 543. 
  8. ^ Anthony Marinus Hendrik Johan Stokvis (1888). Manuel d'histoire, de généalogie et de chronologie de tous les états du globe, depuis les temps les plus reculés jusqu'à nos jours (dalam bahasa Prancis). Brill. hlm. 380. 
  9. ^ a b "Ensiklopedia Kebudayaan Sumbawa, Pemerintahan Sultan Bagian 1". Universitas Teknologi Sumbawa. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-18. Diakses tanggal 18 Mei 2019. 
  10. ^ a b "Ensiklopedia Kebudayaan Sumbawa, Pemerintahan Sultan Bagian 2". Universitas Teknologi Sumbawa. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-18. Diakses tanggal 18 Mei 2019. 
  11. ^ Ben Cahoon. "Indonesian Traditional States II". WORLD STATESMEN.org. Diakses tanggal 3 Juni 2019. 
  12. ^ "Rulers in Asia (1683 – 1811): attachment to the Database of Diplomatic letters" (PDF). Arsip Nasional Republik Indonesia (dalam bahasa Inggris). hlm. 57. Diakses tanggal 2019-01-05. 
  13. ^ "Sejarah Kesultanan Sumbawa". Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Diakses tanggal 2019-08-06. 
  14. ^ Mantja, Lalu (1 Januari 1991). Sejarah Kebangkitan Nasional Daerah Nusa Tenggara Barat. Indonesia: Direktorat Jenderal Kebudayaan. hlm. 21. 
  15. ^ http://gowa-negeri1001cerita.blogspot.com/2014/11/silsilah-raja-raja-gowa.html
  16. ^ "Tijdschrift voor Indische taal-, land- en volkenkunde" (dalam bahasa Belanda). 14. Batavia: Lange & Company, Martinus Nijhoff. 1864: 503. 
  17. ^ Lalu Wacana, B.A., Drs. Abdul Wahab H. Ismail, Jaka Sumpeno, B.A. (1 Januari 1991). Sejarah perlawanan terhadap imperialisme dan kolonialisme di Nusa Tenggara Barat. Indonesia: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional. hlm. 61. 
  18. ^ "Pusat Penelitian Purbakala dan Peninggalan Nasional (Indonesia), Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Indonesia), Proyek Peningkatan Penelitian Arkeologi Jakarta (Indonesia)". Berita penelitian arkeologi, Masalah 11-14. Indonesia: Proyek Pelita Pengembangan Media Kebudayaan, Departemen Pendidikan & Kebudayaan. 1977. hlm. 10. 
  19. ^ http://aryheritage.blogspot.com/2016/11/makam-makam-tua-di-pulausumbawa-nusa.html
  20. ^ http://sejarahastrologimetafisika.blogspot.com/2011/06/silsilah-kerajaan-banjar.html
  21. ^ Departemen Pekerjaan Umum. "45 tahun Departemen Pekerjaan Umum". Indonesia: Departemen Pekerjaan Umum: 31. 
  22. ^ "Ensiklopedia Kebudayaan Sumbawa, Lahirnya Kesultanan Sumbawa". Universitas Teknologi Sumbawa. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-18. Diakses tanggal 18 Mei 2019. 
  23. ^ Ully Hermono, Peter Kasenda (2011). "Heldy cinta terakhir Bung Karno". PT Kompas Media Nusantara: 207. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]