Sana'a

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sanaá)
Sana'a
صنعاء Ṣan‘ā’
Amanat Al-Asimah (Sekretariat Ibu Kota)
Ibu Kota Republik Yaman
Sana'a
Sana'a
Negara Yaman
Admin. divisionSan‘a’ Governorate
Pemerintahan
 • JenisLocal
 • Mayor: Abdulrahman al-Akwaa&Ahmed Al-Douaid
Ketinggian
7,380 ft (2.250 m)
Populasi
 (2017)
 • Total2.545.000
DemonimSanaani, San'ani
Zona waktuUTC+3 (GMT+3)
Pemandangan kota Sana'a

Sanaá (bahasa Arab: صنعاء) adalah ibu kota negara Yaman dan juga kota terbesarnya. Penduduknya berjumlah 1.930.000 jiwa (2005). Bandar Udara Internasional Sana'a juga terletak di Sana'a. Kota ini bukan bagian dari Kegubernuran, tetapi membentuk distrik administratif terpisah "Amanat Al-Asemah". Di bawah Konstitusi Yaman, Sanaa adalah ibu kota negara, meskipun pusat pemerintahan Yaman pindah ke Aden, bekas ibu kota Yaman Selatan setelah pendudukan Houthi. Aden dinyatakan sebagai ibu kota sementara oleh Presiden Abdu Rabbuh Mansur Hadi pada Maret 2015.

Berada di ketinggian 2.300 meter (7.500 kaki), Sana'a adalah salah satu ibu kota tertinggi di dunia dan berada di sebelah Pegunungan Sarawat di Jabal An-Nabi Shu'ayb dan Jabal Tiyal, dianggap sebagai gunung tertinggi di negara ini dan di antara yang tertinggi di kawasan ini. Sana'a memiliki populasi sekitar 3.937.500 (2012), menjadikannya kota terbesar di Yaman. Pada tahun 2020, wilayah perkotaan Sanaa yang lebih besar membentuk sekitar 10% dari total populasi Yaman.

Bagian Kota Tuanya yang telah dihuni sejak lebih dari 2.500 tahun dinyatakan sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986. Masjid Al Saleh, yang terbesar di Sana'a, terletak di Kota Tua. Dalam konflik yang berkecamuk pada tahun 2015, bom menghantam situs UNESCO di kota tua. Sanaa juga menghadapi krisis air yang parah, dengan air yang diambil dari akuifernya tiga kali lebih cepat daripada pengisiannya kembali. Kota ini diprediksi akan benar-benar kehabisan air sekitar tahun 2030, menjadikannya ibu kota nasional pertama di dunia yang mengalaminya. Akses terhadap air minum di Sana'a sangat terbatas, juga terdapat masalah dengan kualitas air.

Geografi dan Iklim[sunting | sunting sumber]

Bentang Alam[sunting | sunting sumber]

Sanaa terletak di dataran dengan nama yang sama, Haql Sanaa, yang tingginya lebih dari 2.200 m di atas permukaan laut. Dataran ini kira-kira panjangnya 50–60 km utara-selatan dan lebar sekitar 25 km, timur-barat, di daerah utara Sanaa, dan agak lebih sempit di selatan. Di sebelah timur dan barat, dataran Sanaa dibatasi oleh tebing dan gunung, dengan wadi yang turun dari sana. Bagian utara daerah itu miring ke atas ke arah distrik Arhab, yang secara historis dikenal sebagai al-Khashab. Sebagian besar dataran Sanaa dikeringkan oleh Wadi al-Kharid, yang mengalir ke utara, melalui sudut timur laut dataran, menuju al-Jawf, yang merupakan wadi luas yang mengaliri bagian timur dataran tinggi Yaman. Bagian selatan dataran ini melintasi daerah aliran sungai antara al-Kharid dan Wadi Siham, yang mengalir ke barat daya menuju Tihama Yaman.

Bagian dari dataran Sanaa memiliki tanda-tanda aktivitas vulkanik yang relatif baru (secara geologis), dengan kerucut vulkanik dan bidang lava. Salah satu daerah tersebut terletak di utara, di jalan menuju Qa al-Bawn, dataran berikutnya di utara, terletak di sekitar 'Amran dan Raydah. Rute modern antara dua dataran melewati barat Jabal Din, puncak gunung berapi yang menandai titik tertinggi antara dua dataran, meskipun pada abad pertengahan rute utama pergi ke timur gunung.

Daerah Sekitar[sunting | sunting sumber]

Kota Tua[sunting | sunting sumber]

Kota Tua Sanaʽa (Arab: صَنْعَاء ٱلْقَدِيْمَة, diromanisasi: Madīnat anʿāʾ Al-Qadīmah) diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota berbenteng tua telah dihuni selama lebih dari 2.500 tahun dan berisi banyak permata arsitektur utuh. Struktur arsitektur tertua yang sebagian berdiri di Kota Tua Sanaa adalah Istana Ghumdan. Kota ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh PBB pada tahun 1986. Upaya sedang dilakukan untuk melestarikan beberapa bangunan tertua beberapa di antaranya, seperti Samsarh dan Masjid Agung Sanaa, berusia lebih dari 1.400 tahun. Dikelilingi oleh tembok tanah liat kuno yang tingginya 9–14 meter (30–46 kaki), Kota Tua memiliki lebih dari 100 masjid, 12 hammam (pemandian), dan 6.500 rumah. Banyak rumah yang menyerupai gedung pencakar langit kuno, mencapai beberapa lantai dan atapnya datar. Semuanya didekorasi dengan jalur rumit dan bingkai berukir rumit serta jendela kaca patri.

Penulis Inggris Jonathan Raban mengunjungi pada 1970-an dan menggambarkan kota itu seperti benteng, arsitektur dan tata letaknya menyerupai labirin", lebih lanjut mencatat "Rasanya seperti melangkah keluar ke tengah-tengah buku bergambar pop-up yang luas. Jauh dari jalan, seluruh kota berubah menjadi labirin jenis lain, alfabet tanda dan simbol yang padat dan campur aduk." Salah satu atraksi paling populer adalah Suq al-Milh (Pasar Garam), di mana dimungkinkan untuk membeli garam bersama dengan roti, rempah-rempah, kismis, kapas, tembaga, tembikar, perak, dan barang antik. Jāmiʿ al-Kabīr (Masjid Agung) abad ke-7 adalah salah satu masjid tertua di dunia. Bāb al-Yaman ("Gerbang Yaman") adalah titik masuk ikonik melalui tembok kota dan berusia lebih dari 1.000 tahun. Area komersial Kota Tua dikenal sebagai Al Madina di mana pembangunan berjalan dengan cepat. Selain tiga hotel besar, ada banyak toko dan restoran. Di kawasan itu juga terdapat tiga taman dan Istana Presiden. Museum Nasional Yaman terletak di sini.

Secara tradisional, Kota Tua terdiri dari sejumlah tempat (hara), umumnya berpusat pada kompleks yang diberkahi yang berisi masjid, pemandian, dan kebun pertanian (maqshama). Limbah manusia dari rumah tangga dibuang melalui saluran. Di udara pegunungan, ia mengering cukup cepat dan kemudian digunakan sebagai bahan bakar untuk pemandian. Sementara itu, taman disiram dengan air abu-abu dari kolam wudhu masjid.

Al-Tahrir[sunting | sunting sumber]

Al-Tahrir dirancang sebagai pusat perkotaan dan ekonomi baru Sanaa pada tahun 1960-an. Ini masih merupakan pusat simbolis kota, tetapi aktivitas ekonomi di sini relatif rendah. Pada abad ke-21, pembangunan di sini lebih mengarah pada menjadikannya sebagai pusat rekreasi dan sipil.

Bi'r al-Azab[sunting | sunting sumber]

Sebuah kawasan kuno Otoman dan Yahudi di Sanaa yang terletak di sebelah barat kota tua, Bi'r al-Azab pertama kali disebutkan dalam sumber-sumber sejarah pada tahun 1627 (1036 H), di Ghayat al-amanni dari Yahya ibn al- Husain. Sebagai bagian dari Sanaa tengah, Bi'r al-Azab adalah salah satu daerah di mana pembangunan baru pertama kali terkonsentrasi selama tahun 1970-an. Saat ini, sebagian besar merupakan distrik perumahan dan administrasi, dengan kedutaan besar, kantor Perdana Menteri, dan kamar deputi berada di sini.

Politik dan Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Pembagian Administratif (Wilayah)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1983, ketika Sanaa mengalami ledakan penduduk, kota ini dijadikan sebagai kegubernuran tersendiri, yang disebut Amanat al-Asimah ("Sekretariat Ibu Kota"), dengan Keputusan Presiden No. 13. Kegubernuran ini kemudian dibagi lagi menjadi sembilan distrik pada tahun 2001, dengan Keputusan Presiden No. 2; distrik kesepuluh, Distrik Bani Al Harith, ditambahkan pada tahun yang sama. Namun, status hukum yang tepat dari Kegubernuran Amanat al-Asimah yang baru, dan hierarki otoritas administratif, tidak pernah dibuat jelas.

Sejak itu, Kota Sana'a mencakup distrik-distrik berikut ini:

  • Distrik Kota Tua
  • Distrik Al-Wahdah
  • Distrik As-Sabain
  • Distrik Assafi'iyah
  • Distrik At-Tahrir
  • Distrik Ath-Thaorah
  • Distrik Az-Zal
  • Distrik Bani Al-Harits
  • Distrik Ma'ain
  • Distrik Syu'aub