Salim-ahum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Shalim-ahum
Išši’ak Aššur
Masa kekuasaanskt. 1900 SM
PendahuluPuzur-Ashur I
PenggantiIlu-suma
AyahPuzur-Ashur I

Shalim-ahum atau Šalim-ahum merupakan seorang penguasa negara kota Assur skt. 1900 SM (kronologi pendek.)[1] Daftar Raja Asyur DRA mencatat namanya sebagai Šallim-aḫḫe, tertulis šal-lim-PABMEŠ, yang berarti, “menjaga saudara-saudaranya aman”, dan ia muncul di antara enam raja “yang eponimnya tidak ditemukan”,[2] yang berarti bahwa panjang pemerintahannya tidak diketahui. Ia digambarkan sebagai putra Puzur-Ashur I (dumu Puzu Assur) di dalam satu-satunya prasastinya yang diketahui.[3] Ia adalah penguasa mandiri terawal yang dibuktikan di dalam sebuah prasasti kontemporer.[1] Diukir dengan tulisan kuno yang aneh dengan tulisan kuno di Asyur Kuno di sebuah blok alabaster yang ditemukan saat penggalian Jerman di Assur di bawah Walter Andrae, satu-satunya contoh prasasti kontemporernya mencatat bahwa dewa Assur “memintanya” pembangunan kuil dan bahwa ia membangun “tong bir dan tempat penyimpanan” di “area kuil”.[4]:6–7

Ia bertakhta selama periode ketika perusahaan pedagang Asyur yang baru lahir bercabang ke Anatolia untuk perdagangan tekstil dan timah dari Assur untuk perak.[1] Ia digantikan oleh putranya, Ilu-suma, seperti yang tercatat di dalam tulisan batu bata dan batu kapurnya[4]:7–8 dan ia muncul di dalam silsilah cucunya, Erisum I.[4]:12,15 Namanya muncul di sebuah prasasti Adad-nirari I dan satu dari Salmaneser I namun hanya di dalam konteks rujukan kepada putranya, Ilu-suma.[4]:68,91 Salim-ahum dan para penerusnya bergelar išši’ak Aššur, wakil pemangku takhta Assur, dan juga ensí.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c J. A. Brinkman (2001). "Assyria". Dalam Bruce Manning Metzger, Michael David Coogan. The Oxford companion to the Bible. Oxford University Press. hlm. 63. 
  2. ^ K. R. Veenhof (2003). The Old Assyrian List of Year Eponyms from Karum Kanish and is Chronological Implications. Turkish Historical Society. hlm. 21. 
  3. ^ Albert Kirk Grayson (2002). Assyrian Rulers. Volume1: 1114 – 859 BC. hlm. 14. 
  4. ^ a b c d Albert Kirk Grayson (1972). Assyrian Royal Inscriptions, Volume 1. Otto Harrassowitz. hlm. 6–8. 
  5. ^ Barbara Cifola (1995). Analysis of variants in the Assyrian royal titulary from the origins to Tiglath-Pileser III. Istituto universitario orientale. hlm. 8. 
Didahului oleh:
Puzur-Ashur I
Išši’ak Aššur
skt. 1900 SM
Diteruskan oleh:
Ilu-suma