Ashur-nirari I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Aššur-nārāri I, tertulis mash-šur-ERIM.GABA, "Aššur adalah bantuanku," merupakan raja Asiria kuno yang memerintah selama 26 tahun pada pertengahan milenium kedua, secara spekulatif 1534-1509 (Landsberger) atau 1523-1499 SM (Gasche). Ia adalah raja keenam puluh yang terdaftar di Daftar Raja Asyur dan memperluas gelar yang diambil oleh penguasa Asyur untuk memasukkan muddiš, "pemulih," dan bāni, "pembangun," tradisional ke gelar ensi, "gubernur", dan iššiak, "wakil pemangku takhta," Aššur.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia adalah putra Išme-Dagān II, dan menggantikan saudaranya Šamši-Adad III ke takhta, memerintah selama dua puluh enam tahun, sebuah identifikasi bahwa ketiga Daftar Raja Asyur (Khorsabad, SDAS dan Nassouhi setuju.[2] Daftar Raja Sinkronistis memberikan kontemporer Babilonianya sebagai Kaštil[...], mungkin diidentifikasi sebagai Kaštiliašu III, putra dan (akhirnya) penerus Burna-Buriyåš I, akhirnya raja-raja Babilon Kassite pada masa ketika dinasti itu berada mulai mengerahkan kendali atas Mesopotamia selatan.

Bukti kegiatan konstruksinya bertahan, dengan empat prasasti pendek yang memperingati pembangunan kuil Bel-ibrīia di atas batu bata yang dipulihkan dari jurang tua, memulihkan halaman depan Abaru dan membangun kembali kuil Sin-Šamaš (dewa bulan/dewa Matahari),[3] disebut é.ḫúl.ḫúl.dir.dir.ra, "Rumah yang Melebihi Kegembiraan," yang kemudian akan dipulihkan oleh Tukulti-Ninurta I dan Aššur-nāṣir-apli II.[4] Ia memerintah dalam periode damai dan lancar sejarah Asyur setelah penggulingan bangsa Babilonia dan bangsa Amori oleh Puzur-Sin pada sekitar tahun 1732 SM dan bangkitnya Mitanni pada tahun 1450 SM. Ia digantikan oleh putranya Puzur-Aššur III.

Prasasti[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barbara Cifola (1995). Analysis of variants in the Assyrian royal titulary from the origins to Tiglath-Pileser III. Istituto universitario orientale. hlm. 18. 
  2. ^ A. Fuchs, K. Radner (1998). "Aššur-nerari". Dalam K. Radner. The Prosopography of the Neo-Assyrian Empire, Volume 1, Part I: A. The Neo-Assyrian Text Corpus Project. hlm. 208. 
  3. ^ A. K. Grayson (1972). Assyrian Royal Inscriptions, Volume 1. Otto Harrassowitz. hlm. 33–34. 
  4. ^ A. R. George (1993). House Most High: The Temples of Ancient Mesopotamia. Eisenbrauns. hlm. 100. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Šamši-Adad III
Raja Asyur
1534–1509 SM
Diteruskan oleh:
Puzur-Aššur III