Isme-Dagan II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ishme-Dagan II atau Išme-Dagān II, tertulis msatu-aku dda-gan dan berarti "(dewa) Dagan telah mendengar," merupakan seorang penguasa Asyur yang agak kabur, kira-kira pada paruh pertama abad ke-16 SM di tengah-tengah dari zaman kegelapan (Edzard "dunkles Zeitalter"), menggantikan ayahandanya, Shamshi-Adad II, dan pada gilirannya berhasil oleh Shamshi-Adad III dari yang masih ada prasasti kontemporer yang dilanjutkan. Menurut Daftar Raja Asyur, ia memerintah selama enam belas tahun.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia termasuk dalam dinasti Adasi yang disebut, yang didirikan oleh tujuh perampas terakhir yang berhasil dalam kekacauan setelah kematian Shamshi-Adad I dinasti Amori. Ia hanya dikenal dari daftar raja.[1] Hubungan dengan penggantinya tidak pasti karena salinannya menggambarkan ayahandanya Shamshi-Adad III sebagai Isme-Dagan, saudara Sharma-Adad II, yang pada gilirannya adalah putra Shu-Ninua. Ishme-Dagan ini, bagaimanapun, memiliki filiasi yang jelas diberikan sebagai putra Shamshi-Adad II. Hal ini menyebabkan Yamada menyarankan agar ayahanda Shamshi-Adad III adalah individu homonim yang berbeda dari garis keturunan Shu-Ninua.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ D. O. Edzard (1999). "Išmê-Dagān II". Reallexikon der Assyriologie und Vorderasiatischen Archäologie, Volume 5. Walter de Gruyter. hlm. 196. 
  2. ^ Heather D. Baker (2008). "Šamši-Adad III". Reallexikon der Assyriologie: Prinz, Prinzessin - Samug, Bd. 11. Walter De Gruyter. hlm. 636. 
Didahului oleh:
Shamshi-Adad II
Raja Asyur
1579–1562 SM
Diteruskan oleh:
Shamshi-Adad III