Lullaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Lullaia atau Lullaya, yang ditulis di dalam fonetik kuneiform mlu-ul-la-a-a, sebuah nama hipokorisme, merupakan raja kelima puluh tiga Asyur yang ditambahkan ke dalam Daftar Raja Asyur. Ia adalah "putra orang biasa," yaitu tidak ada hubungannya dengan raja sebelumnya, dan memerintah selama enam tahun, dari 1621-1616 SM (kronologi tengah) atau 1599-1594 SM (kronologi pendek), selama periode yang tenang dan lancar di dalam sejarah Asyur.[1] Reade berspekulasi bahwa ia dapat diidentifikasi dengan raja sebelumnya, Aššūr-dugul, atas dasar masa pemerintahan mereka yang sama dan tidak memiliki keturunan kerajaan.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia adalah yang terakhir dalam urutan rajayang dikeluarkan dari pembesar Daftar Raja Asyur yang dikenal sebagai KAV 14, yang sebaliknya menyediakan satu-satunya urutan yang masih ada dari penerus Shamshi-Adad I kemudian, Mut-Ashkur dan Rimus.[3] Daftar Raja Sinkronistik memberikan rekan Babilonia sebagai Ayadaragalama dari Dinasti Sealand.[4] Tidak ada prasasti yang ada dari pemerintahan Lullaya atau pendahulunya yang bertanda kontras dengan sezaman Sealand mereka.

Ia digantikan oleh Shu-Ninua, putra pendahulunya, Bazaya, yang mungkin telah ia perankan sebagai pemangku takhta sampai mencapai mayoritas karena tidak ada tradisi bahwa Lullaya adalah seorang perebut kekuasaan.

Prasasti[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stephanie Dalley (2009). Babylonian Tablets from the First Sealand Dynasty in the Schoyen Collection. CDL Press. hlm. 3. 
  2. ^ Julian Reade (Jan 2001). "Assyrian King-Lists, the Royal Tombs of Ur, and Indus Origins". Journal of Near Eastern Studies. 60 (1): 7. doi:10.1086/468883. JSTOR 545577. 
  3. ^ Jean-Jacques Glassner (2005). Mesopotamian Chronicles. Society of Biblical Literature. hlm. 88. 
  4. ^ A. Leo Oppenheim (1969). "Babylonian and Assyrian Historical Texts". Dalam J. B. Pritchard. Ancient Near Eastern Texts Relating to the Old Testament (ANET). Princeton University Press. hlm. 273. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Bazaya
Raja Asyur
1621–1616 SM
Diteruskan oleh:
Shu-Ninua