Shamshi-Adad II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Shamshi-Adad II atau Šamši-Adad II, tertulis m(d)Šam-ši-dIM, merupakan raja kuno Asyur yang memerintah pada pertengahan milenium kedua, skt. 1585-1580 SM (Kronologi Pendek). Masa pemerintahannya berada dalam periode "zaman kegelapan" sejarah Asyur dimana catatan tertulis langka.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Tidak ada sumber kontemporer yang masih ada yang menyaksikan masa pemerintahannya. Ia adalah putra dan penerus Erishum III dan memerintah selama enam tahun (6 MU.MEŠ) menurut Khorsabad dan SDAS salinan dari Daftar Raja Asyur, di mana ia muncul sebagai nama ke-57 (Daftar Raja Nassouhi kurang terpelihara dalam bagian ini). Ia digantikan oleh putranya Isme-Dagan II.[1]

Daftar Raja Sinkronistis agak luar biasa memberikan delapan penguasa Kass awal yang berbeda sebagai sezamannya meskipun hanya lima pertama dan bagian keenam yang terbaca. Ini adalah Agum IGI ašu, Kaštil[...]šu, Abirataš, Kaštilyašu, Tazzigurumaš, dan Harba[...]. Brinkman berpendapat bahwa ini adalah perangkat gaya dan menunjuk pada pemerintahan Irišum III yang sebelumnya terlihat kontemporer untuk Ea-gâmil, raja terakhir Dinasti Sealand dan Gandaš, yang pertama dari Dinasti Kass, meskipun Kronik Raja-raja Awal mencatat bahwa Ea-gâmil melarikan diri di depan tentara Ulam-Buriaš, mungkin raja Kass ke-12, setidaknya seratus tahun kemudian.[2]

Prasasti[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Heather D. Baker (2008). "Šamši-Adad II". Reallexikon der Assyriologie: Prinz, Prinzessin - Samug, Bd. 11. Walter De Gruyter. hlm. 635–636. 
  2. ^ J. A. Brinkman (1968). A political history of post-Kassite Babylonia, 1158-722 B.C. (AnOr. 43). Pontificium Instititum Biblicum. hlm. 29. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Erishum III
Raja Asyur
1585–1580 SM
Diteruskan oleh:
Isme-Dagan II