Erisum II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Erishum I atau Erišum II, putra dan penerus Naram-Sin, merupakan raja kota negara Assur, yang tercantum di dalam Daftar Raja Asyur sebagai raja ketiga puluh delapan Asyur dari tahun 1815 SM sampai 1809 SM. Salim-ahum (raja Asyur ketiga puluh satu pada sekitar tahun 1900 SM sebagaimana tercantum di dalam DRA.)[1] dan penggantinya bergelar “Išši’ak Aššur” (Pelayan Assur) dan “Ensi”.[2] Lama pemerintahan Naram-Sin tidak pasti, namun berdasarkan berbagai daftar "Limmu" (eponim) yang digali, pemerintahan Naram-Sin dan Erishum II memiliki masa gabungan enam puluh empat tahun.[3]:29

Bangsa Amori telah menguasai kerajaan-kerajaan Mesopotamia Hilir dan Levant pada sekitar tahun 2100 SM dan sekitar tahun 1809 SM, namun sampai sekarang ditolak oleh raja-raja Asyur. Namun setelah memerintah selama enam tahun, Erisum II menjadi raja terakhir dinasti Puzur-Ashur I (yang didirikan pada sekitar tahun 2025 SM) saat ia digulingkan dan takhta Asyur dirampas oleh Shamshi-Adad I selama perluasan suku-suku Amori dari delta sungai Kebar di timur laut Levant. Meskipun dianggap sebagai orang Amori oleh tradisi Asyur kemudian, keturunan Shamshi-Adad I disarankan berasal dari garis yang sama dengan penguasa pribumi Asiria, Ushpia di dalam DRA. Shamshi-Adad I mewarisi takhta di Terqa dari ayahandanya Ila-kabkabu. DRA mencatat bahwa Shamshi-Adad I, “pergi ke Babilonia pada zaman Naram-Sin” sementara Naram-Sin dari Eshnunna menyerang Ekallatum. Shamshi-Adad I tidak kembali sampai ia mengambil Ekallatum, setelah itu ia berhenti selama tiga thaun dan kemudian menggulingkan Erisum II.[4] Kronik Eponim Mari yang memulai kembali pencatatan sampai penyitaan Ekallatum oleh Shamshi-Adad I, tidak memberi petunjuk kapan pergantian Erisum II terjadi. Ketika pemerintahan Erisum II berakhir dini oleh penaklukkan Shamshi-Adad I, nampaknya pemerintahan Naram-Sin adalah bagian terbesar dari periode tersebut, tambahan; Tokoh yang terpecah pada Daftar Raja Nassouhi berakhir menjadi empat, jadi mungkin Naram-Sin memerintah 44 atau 54 tahun (skt. 1872 SM dan seterusnya, kronologi tengah.)[5]:45

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ J. A. Brinkman (2001). "Assyria". Dalam Bruce Manning Metzger, Michael David Coogan. The Oxford companion to the Bible. Oxford University Press. hlm. 63. 
  2. ^ Barbara Cifola (1995). Analysis of variants in the Assyrian royal titulary from the origins to Tiglath-Pileser III. Istituto universitario orientale. hlm. 8. 
  3. ^ Klaas R Veenhof (2008). Mesopotamia: The Old Assyrian Period. Vandenhoeck & Ruprecht. 
  4. ^ I. J. Gelb (1954). "Two Assyrian King Lists". Journal of Near Eastern Studies. 13 (4): 212–213. 
  5. ^ Klaas R. Veenhof (2003). The Old Assyrian List of Year Eponyns from Karum Kanish and its Chronological Implications. Turkish History Society. 
Didahului oleh:
Narām-Sîn
Išši’ak Aššur
1815 SM — 1809 SM
Diteruskan oleh:
Shamshi-Adad I