Ashur-nirari II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Aššur-nērārī II, tertulis mash-šur-ERIM.GABA (=DÁḪ), "(dewa) Aššur adalah pertolonganku,"[1] merupakan seorang raja Asyur yang ke-68 muncul di Daftar Raja Asyur, skt. 1424-1418 SM atau 1414-1408 SM tergantung pada ketidakpastian kemudian dalam kronologi, pada ujung ekor periode Asyur kuno. Negara kota kecil Aššur adalah negara bawahan dari kerajaan Mitanni saat ini dan masih dalam pemulihan dari pemecatan kota mereka di bawah Šauštatar.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia adalah putra IIlil-nāṣir II, yang telah mendahuluinya di atas takhta Asyur. Menurut Daftar Raja Khorsabad ia memerintah selama tujuh tahun, kolom yang sesuai pada Nassouhi dan Datfar Raja SDAS yang rusak pada saat ini.[2] Teks hukum dari Aššur berasal dari "Eponim Ber-nādin-aḫḫe, putra Aššur-nērārī, hakim agung" dan lain memberikan kesaksian "Šamaš-kidinnu, anak Ibaši-ilu, anak Ber-nādin-aḫḫe, hakim tertinggi." Gelar dan silsilah menyarankan Ber-nādin-aḫḫe mungkin merupakan penerus Aššur-nērārī yang belum dibuktikan kebenarannya.[3]

Ia digantikan oleh putranya, Aššur-bēl-nišešu.

Prasasti[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A. Fuchs, K. Radner (1998). "Aššur-nērārī II". Dalam K. Radner. The Prosopography of the Neo-Assyrian Empire, Volume 1, Part I: A. The Neo-Assyrian Text Corpus Project. hlm. 208. 
  2. ^ I. J.Gelb (1954). "Two Assyrian King Lists". Journal of Near Eastern Studies. XIII (4): 217. doi:10.1086/371224. 
  3. ^ A. K. Grayson (1972). Assyrian Royal Inscriptions, Volume 1. Otto Harrassowitz. hlm. 37. 

Referensi[sunting | sunting sumber]