SMA Wijaya Putra Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Logo SMA Wijaya Putra
SMA Wijaya Putra Surabaya
Informasi
Didirikan 1 Juni 1992
Moto

Unggul Berbasis Pendidikan Budi Pekerti (Moto utama)

On Behaviour and Academic Science (Moto dalam Bahasa Inggris)
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X, XI, XII
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Status swasta
Alamat
Lokasi Jl. Raya Benowo 1 - 3, Surabaya, Jawa Timur
Situs web http://wijayaputra.sch.id
Moto

SMA Wijaya Putra Surabaya, merupakan salah satu sekolah menengah tingkat atas swasta yang ada di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Sekolah ini dahulu bernama SMA Karman Amat dan berganti nama menjadi SMA Wijaya Putra sekitar pada tahun 2004. Sekolah ini mempunyai singkatan untuk sebutannya yaitu WP, WIPA dan CIPA sendiri merupakan singkatan dari sebutan tim "Cheerleader Wijaya Putra".

Sekolah ini berkonsep full day school dengan menerapkan proses belajar-mengajar hampir sama dengan jam kerja kantor, mulai pada pukul 07:15-15:00 (ditambah kegiatan peminatan bakat/ekstrakulikuler sampai jam 16.00) dan masuk setiap hari, Senin sampai Jumat. Khusus hari Jumat, jam istirahat berlaku sekali saja yaitu pada pukul 11:30-13.00 karena pada jam ini ada pelaksanakan sholat Jumat dan juga ada kegiatan green and clean (semacam kegiatan bersih-bersih lingkungan sekolah) pada jam 08:00-09.30.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Gambar Peta Satelit Sekolahan sekaligus Universitas Wijaya Putra yang diambil dari Google Maps

Gedung SMA Wijaya Putra Surabaya berada dalam satu kompleks dengan Universitas Wijaya Putra, SMP Wijaya Putra dan SMK Wijaya Putra, lebih tepatnya sekolah SMA Wijaya Putra ini berada di lantai 2 Gedung A. Namun semenjak sekolahan mempunyai gedung baru, maka proses belajar mengajar mulai dipindahkan dari Gedung A ke gedung baru sejak per Juli 2015 dan sekarang Gedung A di tempati untuk Universitas Wijaya Putra. Gedung baru ini terdiri tiga lantai dan gedung baru ini juga berada di dalam satu kompleks dengan Universitas Wijaya Putra, SMP Wijaya Putra dan SMK Wijaya Putra.

Maka tidak heran, tempat duduk di sekolah ini sama seperti bangku kuliah di Universitas yang di mana di kursi tersebut terdapat sebuah meja kecil di sisi kanannya, dan juga tersedia kursi khusus untuk siswa yang bertangan kidal.

Dan Logonya pun sama seperti logo Universitas Wijaya Putra, SMK Wijaya Putra dan SMP Wijaya Putra. Yang membedakannya hanya terletak pada penulisan jenjangnya saja.

Seragam[sunting | sunting sumber]

Seragam wajib[sunting | sunting sumber]

Sama seperti sekolahan pada umumnya, ketentuan memakai seragam berlaku pada jam sekolah, namun ada sedikit yang berbeda pada hari Rabu dan Kamis di mana ketentuan pemakaian seragam khusus sekolah (berwarna krem) yang baju atasannya tidak dimasukkan kedalam celana dan ini memang sangat berbeda pada sekolah pada umumnya yang kebanyakan memasukkan baju atasannya. Di dalam peraturan sekolahan ini, baju atasan yang tidak dimasukkan itu bukan berarti sebagai simbol berani berbuat kenakalan. Tapi disini menyimbolkannya sebagai berani untuk berbuat benar.

Pada hari Jumat, siswa dan siswi wajib membawa dua seragam. Yaitu seragam olahraga dan seragam pramuka. Seragam olahraga dipakai pada saat kegiatan "Green and Clean" yang digunakan pada berangkat masuk sekolah sampai jam 09.00 dan setelah itu siswa siswi wajib ganti Seragam pramuka yang dipakai pada saat selesai "Green and Clean" sampai jam pulang sekolah.

Di sekolah ini juga disediakan seragam panjang untuk siswi yang memakai jilbab dan terkadang juga ada siswa dan siswi yang tidak memakai jilbab memakai seragam panjang namun itu juga diperbolehkan asalkan rapi dan sesuai dengan kententuan sekolah. Berikut ini seragam yang digunakan pada setiap hari Senin-Jumat:

  • Hari Senin dan Selasa: memakai seragam putih abu-abu.
  • Hari Rabu dan Kamis: memakai seragam khusus sekolah berwarna krem.
  • Hari Jumat: memakai seragam pramuka.
  • Seragam olahraga khas warna kuning-biru dipakai pada saat pelajaran olahraga dan kegiatan "Green and Clean" pada hari Jumat.

Seragam Lain[sunting | sunting sumber]

Seragam tim cheerleader, seragam tim basket, seragam tim futsal, seragam ju-jitsu dan seragam tim voli SMA Wijaya Putra dipakai pada saat kegiatan sekolah maupun kegiatan perlombaan. Seragam-seragam tersebut khusus dipakai untuk siswa-siswi yang mengikuti ekstrakulikuler yang berkaitan.

Khusus seragam jas lab ini hanya digunakan untuk siswa-siswi dengan jurusan IPA. Seragam jas lab ini digunakan pada saat jam pelajaran praktik dan pada saat kegiatan ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja saja serta sering digunakan untuk kegiatan perlombaan.

Penerapan budi pekerti[sunting | sunting sumber]

Sejak berganti nama menjadi SMA Wijaya Putra pada tahun 2004, penerapan budi dan pekerti semakin digalakkan di sekolah ini. Maka muncullah adanya berupa kertas pengamatan, kertas pengamatan ini fungsinya untuk mencatat segala amatan perilaku siswa dan siswi dalam lingkup sekolahan baik perilaku positif maupun negatif. Kertas amatan ini biasanya dipegang dan dicatat oleh guru pengamat, kertas amatan ini akan dicatat apabila ada perilaku siswa dan siswi yang melakukan perbuatan positif. Tapi ada juga guru pengamat yang menyuruh siswa/i-nya untuk menuliskan perilakunya ke dalam kertas amatan, apabila itu masih berada di dalam lingkungan sekolahan dan itu akan terus dicatat selama satu semester.[1][2][3][butuh rujukan]

Hasil dari semua pengamatan siswa dan siswi yang telah tercatat di kertas amatan selama satu semester akan dicatat lagi dan dikumpulkan kedalam data base komputer yang berada di Kantor Pusat Bimbingan Konseling sekolah.

Hasil yang telah terkumpul di data base lalu akan dibagikan ke siswa dan siswi pada saat pembagian rapor

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Ada salah satu yang unik di sekolah ini. Meskipun sekolah ini tidak mempunyai masjid sendiri tetapi melainkan cuma mempunyai musholla untuk fasilitas penunjang kegiatan ibadah sholat para siswa-siswi dan para guru. Konon katanya musholla ini terdapat sebuah pintu yang menghubungkan langsung ke sebuah Masjid dan Masjid ini tereletak disebuah kampung yang bersebelahan dengan sekolahan ini. Dan ini biasanya terjadi pada saat ibadah Sholat Jumat.

Mata pelajaran[sunting | sunting sumber]

Sama seperti sekolahan pada umumnya, yang di mana setiap jurusan (baik IPA maupun IPS) diajarkan mata pelajaran yang sesuai dengan jurusannya dan juga diajarkan mata pelajaran umum lainnya di setiap jurusan. Berikut ini adalah mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah SMA Wijaya Putra Surabaya:

Semenjak berlakunya Kurikulum 2013 SMA Wijaya Putra kena dampaknya yang di mana setiap siswa atau siswi yang baru masuk ke kelas X SMA harus diwajibkan memilih salah satu jurusan yang diinginkan (baik IPA maupun IPS) dan ini sama halnya seperti masuk SMK.

Durasi setiap satu mata pelajaran yang diajarkan dalam Proses Belajar Mengajar minimal 45 menit dan yang paling maksimal 3 Jam.

Ekstrakulikuler[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah ekstrakulikuler yang diadakan di Sekolah SMA Wijaya Putra:

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Telah banyak sekali prestasi yang telah diraih oleh para murid-murid SMA Wijaya Putra baik tingkat regional maupun nasional dan prestasi tersebut adalah:

  • Juara I cheerleader nasional di Bandung
  • Juara I dan II Lomba Karya Ilmiah Remaja Se-Kota Surabaya
  • Juara I Cheerleader Dispora Se-Jawa Timur dalam rangka HUT Surabaya ke 721 tahun
  • Juara II Lomba Karya Ilmiah bidang Fisika Tingkat Provinsi oleh Center Young Scientist
  • Juara I dan II Lomba Fashion Baju Daur Ulang Tingkat SMA/SMK Se-Surabaya dalam rangka Expo Kampus Polekkes Kemenkes Surabaya
  • Juara I kejuaraan Cheerleader Tat Cup The A team Regional Jawa Timur di Mall Golden City Plaza
  • Juara Harapan Penari latar, vocal tunggal pop Kota Surabaya
  • Juara 3 Cheerleaders competition Nasional
  • Juara 2 The A Team cup level 6, devisi elite Jawa Timur
  • Juara Harapan 1 Kejuaraan cheerleaders Kota Surabaya
  • Juara 1 (putri) Ketrampilan & ketangkasan Saka Wirakartika Kwarcab Surabaya
  • Penari terbaik Tari modern SMA-SMK se-kota Surabaya
  • Penyanyi terbaik Cheerleaders SMA-SMK se-kota Surabaya
  • Juara Harapan 1 cheerleaders se-Kota Surabaya
  • Juara 2 Ketrampilan & ketangkasan gugus depan putri krida saka wirakartika Korem Surabaya
  • Juara 2 Karya Ilmiah Remaja Se-Surabaya
  • 15 besar ISPO "Jakarta"

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Mengingat SMA Wijaya Putra berada di dalam satu kompleks Sekolah Wijaya Putra. Biasanya kegiatan sekolah SMA Wijaya Putra mengikuti agenda Sekolah Wijaya Putra yang seringkali diikuti seluruh jenjang sekolah dan kegiatan tersebut diadakan pada saat-saat tertentu saja. Kegiatan yang sering dilakukan oleh pihak sekolahan, yaitu:

  • Enam bulan atau tiga bulan setelah tahun ajaran baru, biasanya sekolahan mengadakan kegiatan LDKS dan kegiatan ini diikuti oleh siswa/i kelas X (sepuluh);
  • Pada Bulan Agustus, sekolahan mengadakan kegiatan lomba agustusan;
  • Pada bulan Ramadan, sekolah mengadakan kegiatan pembagian takjil gratis yang dibagikan kepada masyarakat;
  • Pada saat Idul Adha, pihak sekolah mengadakan Sholat Id terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan pemotongan daging hewan qurban lalu hasilnya dibagikan kepada masyarakat dan termasuk seluruh pihak sekolahan sendiri;
  • Pada hari pahlawan atau pada peringatan hari lahir R.A. Kartini, biasanya sekolahan mengadakan kegiatan perlombaan;
  • Sekolah ini sering menjadi jujukan band indie lokal Surabaya untuk kegiatan Pentas Seni sekolah;
  • Sekolah ini juga melakukan kegiatan kelulusan sekolah yang disebut dengan Purnawidya dan kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa/i dari seluruh jenjang yang lulus. Dan konsep acaranya sama seperti kegiatan wisuda yang dilakukan oleh Universitas.

Terkadang juga, Sekolah SMA Wijaya Putra mengikuti kegiatan Dies Natalis yang diadakan oleh Universitas Wijaya Putra dengan mengusung tema yang berbeda-beda tiap tahunnya. Salah satunya, pihak Universitas Wijaya Putra dan Sekolah Wijaya Putra pernah mendatangkan Band Lyla pada tahun 2007[butuh rujukan] dan juga pernah dikunjungi oleh Wali kota Surabaya Ibu Tri Rismaharini dalam acara peresmian gedung baru Universitas Wijaya Putra untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Hukum dan Fakultas Bahasa dan Sastra Inggris pada tahun 2012.[4]

[sunting | sunting sumber]

Makna Logo Standar[sunting | sunting sumber]

.Logo Standar SMA Wijaya Putra Surabaya
Karena logonya sama, maka makna logo sekolah SMA Wijaya Putra kurang lebih sama seperti logo Universitas Wijaya Putra yang isinya[butuh rujukan]:
  1. Segi lima yang membentuk lambang merupakan perwujudan dari cita-cita Proklamasi 1945 yang mengandung pengamalan dan pembela Pancasila;
  2. Warna dasar kuning emas melambangkan arti keagungan;
  3. Lingkaran luar dengan tulisan SMA Wijaya Putra Surabaya, melambangkan kebulatan tekad SMA Wijaya Putra untuk pemberdayaan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia;
  4. Lingkaran dalam di tengah berwarna hitam melambangkan alam yang penuh misteri dan ilmu;
  5. Di tengah misteri alam, mekar bunga Wijaya Kusuma yang melambangkan kehidupan bagi umat manusia;
  6. Di tengah kelopak bunga tersembul tiga buah putik bunga dan lima putik yang berkembang melambangkan berkembangnya sekolah.
  7. Di atas bunga berpencar cahaya perak membentuk tujuh buah gerigi cahaya yang melambangkan cakra senjata pamungkas kedholiman;
  8. Tujuh buah gerigi cakra merupakan lambang Sapta Prasetya mahasiswa Universitas Wijaya Putra (untuk universitas)

Logo Lain[sunting | sunting sumber]

Logo kompleks kesatuan Sekolah Wijaya Putra ini digunakan untuk simbol yang mencakup seluruh jenjang yang ada di Sekolah Wijaya Putra (SMP, SMA dan SMK).

Logo ini adalah logo Organisasi Siswa Intra Sekolah yang digunakan pada keorganisasian siswa. Sama seperti kebanyakan sekolah yang setingkat SMA lainnya, logo ini dapat ditemukan pada seragam putih abu-abu atasan pada sisi kanan seragam atau di saku baju.

Logo tipografi ini dijumpai dalam keadaan tersablon pada sisi kanan depan seragam olahraga atasan (baik yang pendek maupun yang panjang).

Logo tipografi SMA Wijaya Putra Surabaya ini hanya dapat dijumpai pada celana seragam olahraga pendek, dahulu logo tipografi ini pernah juga terdapat pada celana seragam olahraga panjang sekitar pada tahun 2006an. Namun logo tipografi ini sekarang tidak dijumpai pada celana seragam olahraga panjang dan letak logo ini selalu dijumpai dalam keadaan tersablon pada sisi kiri celana seragam olahraga depan dekat lutut.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Kondisi Sekolah Saat Ini

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]