Seragam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Seragam legiun Romawi, dikenakan oleh seorang peraga.

Seragam adalah seperangkat pakaian[1] yang biasanya dikenakan secara bersamaan baik model, motif maupun jenis bahan yang sama, dan dikenakan oleh anggota suatu instansi atau organisasi dalam berpartisipasi pada instansi atau organisasi tersebut.

Pelaksana kegiatan mengenakan seragam ini, telah ada secara umum dan telah dikenal sejak dahulu. Contoh lain penggunaan seragam pertama kali, misalnya pada seragam yang dikenakan tentara Kekaisaran Romawi yang sudah ada berabad-abad lalu sebagai simbol kesatuan dari pasukan tentara romawi, dan seragam ini juga dapat membedakan pasukan kubu kawan ataupun lawan pada saat perang terjadi.

Pada zaman modern, seragam biasanya dikenal dan dikenakan oleh beberapa organisasi / instansi pemerintahan, contohnya: angkatan bersenjata dan organisasi paramiliter seperti polisi, layanan masyarakat, layanan perbankan, satpam, sekolah, pegawai negeri sipil, dan lain sebagainya. Namun saat ini penggunaan seragam kian berkembang, dan secara umum bisa dilihat seperti pegawai-pegawai restauran sampai pedagang kaki lima juga telah mengenakan seragam.

Lokasi tempat pembuatan seragam dalam skala besar di Indonesia, saat ini berpusat di kota Bandung, Jakarta, Surabaya, Cikarang dan Kota besar lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Seragam". Diakses tanggal Juni 230, 2017.