SMA Negeri 2 Madiun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMA Negeri 2 Madiun
Logo SMAN 2 Jakarta
Informasi
Didirikan 1930
Akreditasi A
Kepala Sekolah Drs. Heru Patriawan M,Pd
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan
IPS
Rentang kelas X MIA, X IIS, X Akselerasi
XI MIA dan XI IIS
XII Akselerasi, XII IPA dan XII IPS
Kurikulum Kurikulum 2013
Jumlah siswa 750 Siswa (22-32 siswa per kelas)
Status Negeri
Alamat
Lokasi Jalan Biliton No. 24, Madiun, Jawa Timur, Indonesia
Koordinat "S+111°31'33.2"E/ 7°37'17.5"S 111°31'33.2"E
Situs web SMA Negeri 2 Madiun
Moto
Moto Widya Tinata Ambuka Budi

SMA Negeri (SMAN) 2 Madiun, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di jalan Biliton No. 24, Madiun, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Didirikan pada tahun 1930. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 2 Madiun ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Pada tahun 2009, SMAN 2 Madiun membuka kelas akselerasi yang hanya ditempuh selama dua tahun pelajaran.

Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK. Dan mulai menerapkan Kurikulum 2013 pada tahun 2013 secara bertahap.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di tengah situasi dan kondisi setelah perjuangan kemerdekaan, masyarakat Madiun khususnya yang perduli akan pentingnya pendidikan merasa bahwa lembaga pendidikan yang ada sekarang masih kurang. Untuk itulah mereka berupaya menambah sebuah lembaga pendidikan setingkat SLTA yang akhirnya pada tahun ajaran 1951 - 1952 berhasil mendirikan SMA 2C, hanya saja pada saat itu belum ada pengakuan resmi dari pemerintah.

Pada masa awal berdirinya, proses belajar mengajar berlangsung di gedung SGB Negeri bertempat di Jl. Sumatera no. 13 Madiun. Pada bulan September 1953, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Keputusan Penegrian SMA 2C, sehingga sejak saat itu resmi bernama SMA Negeri 2C dan jabatan Kepala Sekolah dipercayakan kepada Bapak R.Martono Moedigdo. Selanjutnya proses belajar mengajar berlangsung di gedung Jl. Biliton no 24 yang saat itu ditempati SMA Negeri 1B, sehingga siswa-siswi SMA Negeri 2C Madiun masuk pada siang hari.

Gedung yang sampai sekarang ditempati oleh SMU Negeri 2 Madiun didirikan pada tahun 1930, dulunya merupakan asrama transit bagi calon pekerja perkebunan tembakau di Deli, Sumatera Utara. Perombakan dan penyesuaian terpaksa dilakukan hingga layak untuk sebuah gedung sekolah.

Profil[sunting | sunting sumber]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 2 Madiun untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 2 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya

Organisasi Siswa[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]