SK Sturm Graz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SK Sturm Graz
Nama lengkapSportklub Puntigamer Sturm Graz
Julukandie Schwoazn, Blackies
Berdiri1909
StadionUPC-Arena
(Kapasitas: 15,400)
ManajerSlovenia Darko Milanič
LigaAustrian Bundesliga
2020/21ke-3
Situs webSitus web resmi klub
Kostum Kandang
Kostum Tandang
SK Sturm Graz, 2010

SK Sturm Graz merupakan sebuah tim sepak bola Austria yang bermain di divisi utama Bundesliga. Didirikan pada tahun 1909. Berbasis di Graz. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di UPC-Arena yang berkapasitas 15.400 penonton. Seragam mereka berwarna hitam putih.

Sepanjang sejarahnya, Sturm Graz telah memenangkan Kejuaraan Sepak Bola Austria tiga kali pada tahun 1998, 1999 dan 2011, dan telah berpartisipasi di Liga Champions UEFA dan Liga Eropa UEFA beberapa kali. Saingan terbesar adalah tetangga Graz, Grazer AK.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pondasi

SK Sturm Graz didirikan pada tahun 1909 sebagai tim pekerja, berbeda dengan Grazer AK tetangga, yang didirikan pada tahun 1902. Antara tahun 1921 dan 1949, tim tersebut merayakan kesuksesan besar dan memenangkan Kejuaraan Nasional Styrian sebanyak 11 kali.

Dengan aneksasi tahun 1938, Austria menjadi bagian dari Reich Ketiga Jerman dan klub-klub Austria menjadi bagian dari kompetisi sepak bola Jerman. Pada tahun 1940, Sturm bermain di babak pembukaan Tschammerpokal, pendahulu DFB-Pokal saat ini. Kemudian, pada tahun 1941, ia berpartisipasi di salah satu liga regional top Jerman, Gauri Gaostmark. Tim pensiun selama musim 1941-42 dan diturunkan setelah menyelesaikan 11 di musim berikutnya.

Pada tahun 1949, Sturm menjadi tim non-Wina pertama yang berkompetisi di Liga Nasional Austria.

1981: Sukses pertama

Keberhasilan besar pertama datang di bawah Otto Baric ketika klub finis kedua di musim 1980/81. Dari tahun 1983 hingga 1984, klub berjuang ke perempat final Piala UEFA, kehilangan penalti waktu tambahan oleh Nottingham Forest.

1992: Awal dari era baru

Pada bulan Desember 1992, Hannes Kartnig diangkat sebagai presiden, menunjuk teman dekatnya Heinz Schilcher sebagai manajer baru. Pada saat itu, Sturm hidup dalam hutang yang sangat besar. Sturm memenuhi syarat untuk Zehnerliga yang baru dibentuk, dan Kartnig serta Schilcher memutuskan tindakan terbaik adalah menolak pemain-pemain besar, sebagai gantinya memilih awal yang baru dengan menggunakan pemain-pemain muda dari klub. Pada tahun 1993 Milan uriči menjadi pelatih.

1994 hingga 2002: Osim dan sepak bola Eropa

Pada tahun 1994, Ivica Osim dari Bosnia mengambil alih Sturm, sejauh ini tidak berhasil; Ini adalah titik balik penting dalam sejarah klub. Osim berhasil menciptakan tim yang efektif dan kuat dengan menggunakan pemain muda dan tidak berpengalaman yang dimilikinya, dibantu oleh beberapa pemain top berpengalaman. Keberhasilan pertama tim adalah runner-up di turnamen pada tahun 1995. Setahun kemudian, mereka memenangkan gelar pertama mereka, mengalahkan Admira Wacker di final piala nasional, tetapi tersendat di turnamen untuk finis kedua.

Pada tahun 1998, Sturm memenangkan gelar Bundesliga pertamanya di lapangan Austria, pergi lebih awal dan memenangkan gelar dalam tujuh pertandingan. Sturm mencetak dua rekor musim itu; mereka tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan pertama mereka dan kemudian 19 pertandingan lainnya di akhir musim. Di akhir musim, mereka mengambil rekor Austria 81 poin, mengambil gelar dari Rapid Wien dengan 19 poin. Musim tahun ini juga menyaksikan perkembangan "segitiga ajaib" Mario Haas, Hannes Reinmayr dan Ivica Vastić.

1999 melihat Sturm Graz memegang gelar, memenangkan treble seperti yang mereka lakukan (kejuaraan nasional, piala nasional dan piala super), serta tampil di kualifikasi Liga Champions UEFA. Di sini, bagaimanapun, hasil imbang tanpa gol dengan Spartak Moscow terbukti menjadi satu-satunya keberhasilan tim. Musim 1999-2000 melihat Sturm memenangkan Liga Champions untuk kedua kalinya, finis ketiga dalam grup. FC Tirol merampas gelar domestik dari Sturm, tetapi tempat kedua sudah cukup untuk perjalanan ketiga ke Liga Champions musim depan.

Dengan gaya sensasional, Sturm Graz memenangkan gelar Grup D Liga Champions (melawan Galatasaray, Rangers dan Monaco), mencapai babak kedua untuk pertama kalinya. Kampanye liga yang kurang berhasil - tempat keempat, terburuk di bawah Osim.

Setelah prestasi di Liga Champions, beberapa pemain kunci di antara 12 pemain yang kemudian hengkang belum sepenuhnya tergantikan. Lebih buruk lagi, pembangunan kembali roster yang tergesa-gesa ini telah menghabiskan hampir semua keuntungan dari kampanye Eropa. Hanya sebagian kecil dari uang yang diinvestasikan dalam pengembangan pemuda untuk mendirikan akademi. Meski begitu, tim yang baru terbentuk itu sekali lagi finis di peringkat kedua turnamen tersebut, namun gagal memenuhi rintangan untuk lolos ke Liga Champions. Hal ini, ditambah dengan meningkatnya kritik dari presiden klub, menyebabkan kepergian Osim setelah delapan tahun memimpin.

2002 hingga 2009: Konsolidasi

Franco Foda dan Gilbert Gress (tujuh kekalahan dalam sembilan) keduanya memiliki periode pendek dan gagal sebagai pelatih, sebelum mantan penyapu Michael Petrovi mengambil alih kemudi pada musim gugur 2003. Dia memimpin Pengenalan bertahap bakat muda mengamankan tempat tim di puncak penerbangan pada tahun 2004 dan 2005, finis di tempat ketujuh.

Sejak 2005, Sturm menghadapi masalah keuangan, dan pada 1 September 2006, petisi pailit diajukan oleh otoritas pajak. Karena situasi keuangan, Sturm terpaksa menggunakan pemain muda yang cepat dijual untuk membangun klub. Juga pada tahun 2006, pelatih Michael Petrovic meninggalkan klub dan digantikan oleh Franco Foda.

2009 hingga sekarang: Keberhasilan baru

Setelah menyelesaikan 4 pada tahun 2009, Blackies lolos ke babak grup Liga Eropa UEFA 2009-10. Lawan mereka adalah Galatasaray, Panathinaikos dan Dinamo București. Pada tahun 2010, Blackies memenangkan FBCup di Klagenfurt di depan 25.000 penggemar mereka melawan Wiener Neustadt. Itu adalah jumlah penggemar tertinggi yang pernah datang untuk melihat permainan di negara bagian yang berbeda.

Pada 2010-11, Sturm memenangkan kejuaraan Austria. Salah satu sorotan musim ini adalah pertandingan kualifikasi melawan Juventus di Liga Eropa UEFA.

Pada 2011-2012, Sturm bermain di babak kualifikasi Liga Champions UEFA dan mengalahkan klub Hungaria Videoton dan Zestafoni dari Georgia. Namun, di babak sistem gugur, Sturm Graz kalah dari BATE Borisov, mendapatkan tempat di babak penyisihan grup Liga Europa, di mana mereka ditempatkan di grup yang sama dengan Anderlecht, Lokomotiv Moscow dan AEK Athens. Pada akhir musim, Sturm finis di urutan ke-5 di Bundesliga dan pelatih kepala Franco Foda dipecat setelah 6 tahun. Seiring dengan penggantinya Peter Hyballa, Sturm bermain kuat di bulan-bulan musim gugur, tetapi musim semi yang buruk membuat Hyballa dipecat sebelum musim berakhir. Untungnya, Sturm mengambil tempat keempat dalam undian terakhir turnamen, meskipun dengan jumlah poin paling sedikit yang pernah cukup untuk tempat keempat. Ini menjamin tempat di Liga Europa untuk tahun depan. Darko Milani, yang memenangkan beberapa gelar bersama Maribor di Slovenia, memimpin klub selama musim 2013-14.

Stadion[sunting | sunting sumber]

Rumah tradisional tim selama bertahun-tahun adalah Gruabn, yang merupakan rumah bagi lebih dari 12.000 orang - kebanyakan hanya berdiri - dan ditandai dengan lapangan bermain yang sempit dan kedekatan penggemar dengan para pemain. Dari tahun 1997 hingga 2005, Gruabn hanya digunakan sebagai tempat latihan dan untuk pertandingan remaja dan amatir. Pada tahun 2005, tanah tersebut dijual ke kota Graz untuk meringankan kesulitan keuangan klub. Pada tahun 2005, tanah tersebut dijual ke kota Graz untuk meringankan kesulitan keuangan klub. 1997 melihat klub pindah ke Stadion Arnold Schwarzenegger, dibagi antara Sturm dan saingan lokal Grazer AK. Sejak Februari 2006, stadion ini dikenal sebagai UPCArena. Pada Juli 2016, Asuransi Merkur memenangkan hak untuk mensponsori stadion. Stadion ini sekarang disebut Merkur Arena.

Fans dan Graz Derby[sunting | sunting sumber]

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2008 oleh lembaga riset pasar Jerman Sport + Markt menemukan bahwa Sturm memiliki sekitar 360.000 penggemar di seluruh Austria, kedua setelah jumlah pendukung Rapid Wien. Di Eropa, perkiraan jumlah pendukung adalah 410.000, menempatkan mereka di peringkat 117 di antara klub yang paling didukung. Ada sejumlah kelompok penggemar terorganisir - yang terbesar dan paling terkenal adalah Jewels Sturm dan Brigata Graz, keduanya didirikan pada tahun 1994, dan Grazer Sturmflut, didirikan dua tahun kemudian pada tahun 1996.

Penggemar Sturm memiliki persahabatan yang sangat kuat dengan penggemar klub Jerman Karlsruhe 2. Bundesliga. Mereka juga berhubungan dengan penggemar Werder dari liga Italia dan penggemar dari Pisa dan Carrara. Baru-baru ini, dia juga melakukan kontak dengan kelompok ultras Maribor. Sturm memiliki persaingan yang kuat dengan saingan Grazer AK-nya yang bersaing di Graz Derby. Pada tahun 1974, proposal penggabungan untuk membentuk FC Graz ditentang keras oleh dua kelompok penggemar. Tidak termasuk pertandingan persahabatan sejak tahun 1920 (terutama sebelum Piala Styrian resmi pertama pada tahun 1920), 197 pertandingan telah dimainkan, di mana terdapat 185 pertemuan liga (130 di tingkat profesional dan 55 di tingkat liga amatir). Liga Stiria); 5 pertemuan tambahan di Piala Austria; Satu pertandingan di Piala Super Austria; Dua pertemuan di Chammerpokal dan empat pertandingan di Piala Styrian. Derby pertama digelar pada 1911 dan terakhir digelar pada 17 Mei 2007. Sejauh ini, Sturm telah memenangkan lebih banyak pertandingan derby daripada Grazer AK.

Persaingan lain terjadi dengan dua klub Wina (Winn Austria dan Wien Rapids) karena sejarah persaingan trofi antara tiga klub dan, seperti kebanyakan Ultra, penggemar membenci Red Bull Salzburg sangat tidak puas dengan pengambilalihan Austria. Salzburg dari perusahaan minuman energi Austria Red Bull.

Gelar[sunting | sunting sumber]

  • Juara (4): 1996, 1997, 1999, 2010
  • Runner-up (4): 1948, 1975, 1998, 2002
  • Juara (3): 1996, 1998, 1999
  • Runner-up (2): 1997, 2002

Rekor di kompetisi eropa[sunting | sunting sumber]

  • Q= Qualifikasi
  • P= Preliminary
  • PO = Play-Off
Musim Kompetisi Babak Negara Klub Kandang Tandang
1970–71 UEFA Cup 1 Finlandia Ilves Tampere 3–0 2–4
2 Inggris Arsenal FC 1–0 0–2
1974–75 UEFA Cup 1 Belgia Royal Antwerp 2–1 0–1
1975–76 UEFA Cup Winners' Cup 1 Bulgaria Slavia Sofia 3–1 0–1
2 Hongaria Szombathelyi Haladás 2–0 1–1
QF Jerman Barat Eintracht Frankfurt 0–2 0–1
1978–79 UEFA Cup 1R Jerman Barat Borussia Mönchengladbach 1–2 1–5
1981–82 UEFA Cup 1 Uni Soviet CSKA Moskva 1–0 1–2
2 Swedia IFK Göteborg 2–2 2–3
1983–84 UEFA Cup 1 Rumania Sportul Studenţesc 0–0 2–1
2 Italia Hellas Verona 0–0 2–2
3 Jerman Timur Lokomotive Leipzig 2–0 0–1
QF Inggris Nottingham Forest 1–1 (AET) 0–1
1988–89 UEFA Cup 1 Swiss Servette Genève 0–0 0–1
1991–92 UEFA Cup 1 Belanda FC Utrecht 0–1 1–3
1995–96 UEFA Cup Q Ceko Slavia Praha 0–1 1–1
1996–97 UEFA Cup Winners' Cup 1 Ceko Sparta Praha 2–2 1–1
1997–98 UEFA Cup Winners' Cup 1 Siprus APOEL Nicosia 3–0 1–0
2 Yunani AEK Athens 1–0 0–2
1998–99 UEFA Champions League Q2 Hongaria Újpest FC 4–0 3–2
Group C Rusia Spartak Moskva 0–2 0–0
Italia Inter Milan 0–2 0–1
Spanyol Real Madrid 1–5 1–6
1999–00 UEFA Champions League Q3 Swiss Servette Genève 2–1 2–2
Group D, P Prancis Marseille 3–2 0–2
Inggris Manchester United 0–3 1–2
Kroasia Croatia Zagreb 1–0 0–3
1999–00 UEFA Cup 3 Italia Parma AC 3–3 (AET) 1–2
2000–01 UEFA Champions League Q2 Israel Hapoel Tel Aviv 3–0 2–1
Q3 Belanda Feyenoord 2–1 1–1
Group D, P Skotlandia Rangers 2–0 0–5
Turki Galatasaray 3–0 2–2
Prancis AS Monaco 2–0 0–5
Group A Spanyol Valencia CF 0–5 0–2
Inggris Manchester United 0–2 0–3
Yunani Panathinaikos 2–0 2–1
2001 UEFA Intertoto Cup 2 Swiss Lausanne Sport 0–1 3–3
2002–03 UEFA Champions League Q3 Israel Maccabi Haifa 3–3 0–2
2002–03 UEFA Cup 1 Skotlandia Livingston 5–2 3–4
2 Bulgaria Levski Sofia 1–0 0–1 (p 8-7)
3 Italia Lazio Roma 1–3 1–0
2005 UEFA Intertoto Cup 1 Andorra FC Rànger's 5–0 1–1
2 Jerman VfL Wolfsburg 1–3 2–2
2008 UEFA Intertoto Cup R Belarus Shakhter Soligorsk 2–0 0–0
3 Hongaria Honved Budapest 0–0 2–1
2008–09 UEFA Cup Q2 Swiss FC Zürich 1–1 (p 2-4) 1–1
2009–10 UEFA Europa League Q2 Bosnia dan Herzegovina NK Široki Brijeg 2–1 1–1
Q3 Montenegro Petrovac 5–0 2–1
Play Off Ukraina Metalist Kharkiv 1–1 1–0
Group F Rumania Dinamo Bucureşti 0–1 1–2
Turki Galatasaray 1–0 1–1
Yunani Panathinaikos 0–1 0–1
2010–11 UEFA Europa League Q3 Georgia Dinamo Tbilisi 2–0 1–1
Play Off Italia Juventus FC 1–2 0–1
2011–12 UEFA Champions League Q2 Hongaria Videoton 2–0 2–3
Q3 Georgia Zestafoni 1–0 1–1
PO Belarus BATE Borisov 0–2 1–1
UEFA Europa League Group L Rusia Lokomotiv Moscow 1–2 1-3
Yunani AEK Athens 1-3 2-1
Belgia Anderlecht 0-2 0-3

Pemain[sunting | sunting sumber]

Skuat terkini[sunting | sunting sumber]

Per July 8, 2012.

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
1 GK Austria AUT Christian Gratzei
2 MF Austria AUT Reinhold Ranftl
5 DF Austria AUT Ferdinand Feldhofer
6 MF Austria AUT Manuel Weber
8 MF Austria AUT Andreas Hölzl
9 MF Austria AUT Haris Bukva
11 FW Hongaria HUN Imre Szabics
12 DF Serbia SRB Milan Dudić
13 DF Montenegro MNE Nikola Vujadinović
14 MF Austria AUT Florian Kainz
15 DF Austria AUT Michael Madl
17 DF Austria AUT Martin Ehrenreich
18 MF Austria AUT David Schloffer
No. Pos. Negara Pemain
19 FW Jerman GER Richard Sukuta-Pasu
20 MF Austria AUT Matthias Koch
21 MF Austria AUT Leonhard Kaufmann
22 GK Jerman GER Johannes Focher
24 MF Austria AUT Marc André Schmerböck
25 FW Austria AUT Rubin Okotie
26 MF Austria AUT Tobias Kainz
27 MF Austria AUT Christian Klem
28 MF Austria AUT Jürgen Säumel
29 DF Austria AUT Philipp Hütter
30 MF Austria AUT Christoph Kröpfl
31 GK Austria AUT Lukas Waltl
34 FW Austria AUT Serkan Ciftci

Dipensiunkan[sunting | sunting sumber]

3 - Austria Günther Neukirchner, Bek (1989–2006)

7 - Austria Mario Haas, Penyerang (1993–2012)

Pemain terkenal[sunting | sunting sumber]

Pelatih[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]