Roti daun bawang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cong you bing
Roti daun bawang di Taichung (2013)
Nama lainPanekuk daun bawang
JenisFlatbread
Tempat asalChina
Bahan utamaAdonan tepung, daun bawang
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Cong you bing (cōngyóubǐng) [1] ( Hanzi sederhana: 葱油饼; Hanzi tradisional: 蔥油餅; Pinyin: cōngyóubǐng; Wade–Giles: Ts'ung1-yu2-ping3; harfiah: 'scallion oil pancake' ; Pengucapan bahasa Mandarin [tsʰʊ́ ̌ ̀ ] ), juga dikenal sebagai panekuk daun bawang atau "panekuk bawang hijau" adalah roti pipih tidak beragi Cina, gurih, dilipat dengan minyak dan daun bawang cincang (bawang hijau). Tidak seperti panekuk Barat, kue ini dibuat dari adonan, bukan adonan . Ini adalah pan-fried yang memberikan tepi renyah namun juga tekstur kenyal. Karakteristik unik dari panekuk daun bawang adalah banyaknya lapisan yang membentuk bagian dalam, yang membantu berkontribusi pada teksturnya yang kenyal.[2] Variasi ada pada metode dasar persiapan yang menggabungkan rasa dan isian lainnya.

Roti daun bawang disajikan baik sebagai makanan jalanan maupun sebagai hidangan restoran. Mereka juga dijual secara komersial, baik segar atau beku dalam kemasan plastik (seringkali di supermarket Asia ).

Roti daun bawang ala makanan jalanan dari penjual di Taiwan (2006)
Roti yang sama atau serupa, dikupas untuk mengungkap struktur dalamnya(2006)

Variasi dan pelengkap[sunting | sunting sumber]

Bahan-bahan lain, seperti cincang hijau adas dan biji wijen kadang-kadang ditambahkan dengan daun bawang.

Saat menggunakan kucai bawang putih ( jiucai ), panekuk ini disebut jiucai bing (韭菜饼) atau jiucai you bing (韭菜油饼).

Dalam masakan Taiwan, pancake telur (蛋餅) ditumis dengan dilapisi telur di satu sisi dan adonan lebih tipis dan lembab.[butuh rujukan]

Di Amerika Utara, panekuk sering disajikan dengan kecap, saus cabai pedas, atau saus Vietnam .[butuh rujukan]

Legenda Tiongkok seputar penemuan pizza[sunting | sunting sumber]

Ada cerita di Cina yang menunjukkan bahwa pizza adalah adaptasi dari panekuk daun bawang, dibawa kembali ke Italia oleh Marco Carlos Polo . ] Sebuah artikel surat kabar yang lucu, yang juga memuat Marco Polo yang menemukan fondue keju ketika dia tersesat di Pegunungan Alpen dan ingin makan hotpot Cina, menggambarkan penemuan pizza seperti ini:[3]

Marco Polo sangat merindukan panekuk daun bawang sehingga ketika dia kembali ke Italia, dia mencoba mencari koki yang bersedia membuatkan panekuk untuknya. Suatu hari, ia berhasil bertemu dengan seorang koki dari Napoli di pesta makan malam temannya dan membujuknya untuk mencoba membuat ulang hidangan tersebut. Setelah setengah hari tanpa hasil, Marco Polo menyarankan agar isian diletakkan di atas daripada di dalam adonan. Perubahan itu, secara kebetulan, menciptakan hidangan yang dipuji oleh semua orang di pesta itu. Para koki kembali ke Naples dan berimprovisasi dengan menambahkan keju dan bahan lainnya dan membentuk pizza hari ini.

Bukti sejarah di Eropa menunjukkan bahwa pizza tidak ditransmisikan ke Eropa oleh Marco Polo, dan versi Mediterania sudah ada dan berasal dari sana jauh sebelum zamannya.[4][5] Penggunaan kata "pizza" pertama yang tercatat dari tahun 997 M (dalam teks Latin dari kota Gaeta di Italia Selatan ),[6] lebih dari 250 tahun sebelum Marco Polo lahir. Mungkin secara kebetulan bahwa makanannya serupa, keduanya adalah roti pipih .

Hidangan serupa[sunting | sunting sumber]

Hidangan serupa dalam budaya Cina, dan dalam budaya lain, ada:

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Scallion Pancakes, CONG YOU BING (葱油饼)|Red House Spice
  2. ^ Lee, Kevin (May 14, 2020). "Authentic Chinese Scallion Pancake (CongYouBing)". The Mini Chef. Diakses tanggal 2020-05-26. 
  3. ^ "比薩餅、冰激淩:馬可•波羅帶回西方的中國美食圖" [Pizza and Ice Cream: The Chinese Delicacies Marco Polo Brought Back to the West.]. Xinhua News Agency (dalam bahasa Tionghoa). 12 September 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 June 2011. 
  4. ^ "The History Of Pizza". The Nibble. October 2008. Diakses tanggal 2013-05-31. 
  5. ^ Olver, Lynne. "Marco Polo & the Merchants of Venice". The Food Timeline. Diakses tanggal 2013-05-31. 
  6. ^ Ceccarini, Rossella (2011). Pizza and Pizza Chefs in Japan: A Case of Culinary Globalization. Leiden: Brill. hlm. 19. ISBN 978-90-04-19466-3 – via Google Books. 

Templat:Roti Templat:Roti Cina

Templat:Makanan jalanan