Ratna Sari Dewi Soekarno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ratna Sari Dewi Sukarno
Ratna Sari Dewi Sukarno (1970).jpg
Ratna Sari Dewi Sukarno pada tahun 1970
Lahir Naoko Nemoto; 根本七保子
6 Februari 1940 (umur 77)
Tokyo, Jepang
Pekerjaan Pebisnis, sosialita, filantropis
Dikenal karena Istri Presiden Indonesia Soekarno
Pasangan Soekarno
Anak Kartika Sari Dewi Soekarno

Ratna Sari Dewi Soekarno (lahir dengan nama Naoko Nemoto (根本七保子 Nemoto Naoko?) di Tokyo, 6 Februari 1940; umur 77 tahun) adalah istri ke-5 Soekarno yang merupakan Presiden Indonesia pertama. Dewi menikah dengan Soekarno pada tahun 1962 ketika berumur 19 tahun dan mempunyai anak yaitu Kartika Sari Dewi Soekarno. Dewi berkenalan dengan Soekarno lewat seorang relasi ketika Bung Karno berada di Hotel Imperial, Tokyo. Menjelang redupnya kekuasaan Soekarno, Dewi meninggalkan Indonesia. Setelah lebih sepuluh tahun bermukim di Paris, sejak 1983 Dewi kembali ke Jakarta. Pada 2008, ia kembali ke Jepang dan menetap di Shibuya, Tokyo.[1]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada 1994, Ratna Sari Dewi menggegerkan publik dengan menjadi model di sebuah buku foto berjudul "Madame De Syuga" dengan menampilkan tubuhnya setengah telanjang.[2] Buku tersebut terbit di jepang pada 1998 dan dilarang beredar di Indonesia karena dianggap mencoreng nama baik proklamator Indonesia.[3] Kritik pedas masyarakat Indonesia yang dilontarkan kepada Ratna Sari Dewi hanya ditanggapi enteng olehnya, sebab menurutnya buku yang diluncurkannya adalah sebuah hasil karya seni yang menunjukkan bahwa perempuan usia lanjut masih memiliki lekukan tubuh yang indah.[3]

Penampilan dalam Dunia Pop[sunting | sunting sumber]

Dalam Daikon Nerima Brothers sebagai Yukika Karakuri / Deb Soekarno / "Lady Deb" merupakan sebuah parodi Ratna Sari Dewi Soekarno.

Dalam Sayonara Zetsubou Sensei "Presiden Soekarno" adalah pada daftar "hal-hal yang mengesankan dibayangi"; "Madame Dewi" adalah apa yang ia bayangkan.

Dalam Gaki no Tsukai ya Arahende dia mempunyai sebuah penampilan cameo selama 2009 No Laughing Hotelman Batsu Game sebagai sopir taksi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "[1]"
  2. ^ Mydans, Seth (1998). Jakarta Journal; Weighty Past Pins the Wings of a Social Butterfly. The New York Times. 
  3. ^ a b Mardani. "4 Kontroversi Ratna Sari Dewi Soekarno yang menggegerkan | merdeka.com". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-09-17.