Pure

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pure kembang kol.

Pure, tumbukan, lumatan, atau lenyekan adalah makanan yang dimasak, biasanya sayur-sayuran, buah-buahan, atau kacang-kacangan, yang telah digiling, ditekan, dicampur, atau diayak hingga pasta atau cairan berkrim kental.[1] Pure makanan tertentu sering dikenal dengan nama tertentu, misalnya saus apel atau hummus. Istilah ini berasal dari bahasa Prancis, yang dalam bahasa Prancis Kuno (abad ke-13) berarti dimurnikan atau ditapis.

Pure bertindih dengan hidangan lain dengan kekentalan yang serupa, seperti sup kental, krim (crèmes), dan kuah—walaupun istilah ini sering kali menyiratkan resep dan proses memasak yang lebih rumit. Coulis (bahasa Prancis untuk "ditapis") adalah istilah yang serupa tetapi lebih luas, lebih umum digunakan untuk pure buah-buahan. Istilah ini tidak umum digunakan baik untuk makanan seperti pasta yang disiapkan dari tepung biji-bijian, seperti bubur sumsum atau muesli, maupun dengan pasta kacang berminyak, seperti selai kacang. Istilah "pasta" sering digunakan untuk pure yang digunakan sebagai bahan, bukannya dimakan.

Pure dapat dibuat dengan pelumat atau dengan peralatan khusus, seperti penumbuk kentang atau dengan menekan pasta melalui penyaring, atau hanya menghancurkan makanan di dalam panci. Pure umumnya harus dimasak, baik sebelum maupun sesudah digiling untuk meningkatkan rasa dan tekstur, menghilangkan zat-zat beracun, datau mengurangkan kandungan airnya.

Hal ini umum untuk membuat pure seluruh makanan (tanpa menggunakan garam atau bahan tambahan lain) untuk disajikan kepada balita, bayi, dan mereka yang tidak dapat mengunyah makanan bergizi dengan cukup. Makanan bayi sering kali dilumatkan.

Asal kata[sunting | sunting sumber]

Kata purée dalam bahasa Indonesia adalah kata yang diserap dari bahasa Inggris purée, turunan dari bahasa Prancis purée, turunan dari bahasa Prancis Kuno puree, berarti "dimurnikan." Kata tersebut selanjutnya dapat ditelusuri ke bahasa Latin pūrō.

Pure umum[sunting | sunting sumber]

Pure yang umum termasuk apel, prem, dan buah-buahan lain yang dihancurkan atau dilumatkan untuk mendapatkan kandungan sarinya.

Buah-buahan dan sayur-sayuran ini sering disajikan sebagai pure:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Larousse Gastronomique. Hamlyn. 2000. hlm. 949. ISBN 0600602354. 

Templat:Persiapan makanan