Saag

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Saag
Punjabi Sarsoon Ka Saag.JPG
Sarson da saag dengan makki di roti dan topping mentega
Nama lainSaaga atau Tuna (Odisha),
Shaag, Shaak, Saagwala
DaerahAnak benua India
Bahan utamaBerbagai jenis tanaman yang bisa dimakan

Saag adalahhidangan sayuran daun yang dimakan di anak benua India dengan roti seperti roti atau naan[1] atau nasi (di Nepal, Odisha, Kashmir, dan Benggala Barat). Saag dapat dibuat dari sawi hijau, basella, brokoli cincang halus atau sayuran hijau lainnya, bersama dengan bumbu tambahan dan kadang-kadang bahan lainnya seperti paneer.

Saag biasa ditemukan di negara bagian Odisha, tempat ia dimakan bersama pakhala. Di Kuil Shree Jagannath Puri, saag adalah salah satu hidangan yang ditawarkan ke Jagannath sebagai bagian dari Mahaprasad. Saag juga umum di Benggala Barat dan daerah lain di India Utara, di mana sediaan yang paling umum adalah sarson da saag (daun tanaman mustard), yang dapat dimakan dengan makki di roti, roti kuning yang dibuat dengan tepung jagung. [2] Saag aloo (bayam dan kentang) dan saag gosht (bayam dan kambing) adalah hidangan umum dalam masakan Punjabi, yang juga disajikan di restoran dan makan malam di dunia Barat (di mana kambing biasanya diganti dengan domba).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Saag (Indian spiced spinach)". Whats4Eats.com. 2012. Diakses tanggal 6 Juli 2012. Saag makes a tasty and nourishing meal when paired with chapati or naan.