Cucurbita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Infobox spesiesCucurbita
Squashes at Kew Gardens IncrEdibles 2013.jpg
Buah cucurbita dalam berbagai macam warna dan ukuran
Tumbuhan
Memiliki jenis buah melon Terjemahkan
Taksonomi
-angiosperms ·
-mesangiosperms ·
-eudicots ·
-core eudicots ·
-superrosids ·
-rosids ·
-fabids ·
OrdoCucurbitales ·
FamiliaCucurbitaceae ·
TribusCucurbiteae ·
GenusCucurbita
Linnaeus, 1753
Tipe taksonomi Cucurbita pepo Terjemahkan
Tata nama
Sinonim takson
Modifica les dades a Wikidata

Cucurbita (bahasa Latin yang berarti "labu")[3][4], (dalam bahasa Inggris: "squash"), adalah genus dari tumbuhan merambat terna dalam keluarga labu, Cucurbitaceae, terkadang juga disebut cucurbit, berasal dari Andes dan Mesoamerika.

Ada lima spesiesnya yang tumbuh di seluruh dunia, buahnya dapat dimakan. Sering disebut squash, waluh, atau labu tergantung pada spesies, varietas, benih, dan bahasa lokal.[a] Jenis labu lainnya, yang disebut labu botol, berasal dari Afrika dan termasuk dalam genus Lagenaria, keluarga dan subfamili yang sama dengan Cucurbita tetapi dalam "suku" yang berbeda.

Buah dari genus Cucurbita adalah sumber nutrisi, seperti vitamin A dan vitamin C, dan nutrisi lain sesuai spesiesnya. Selain itu, buah ini juga memiliki banyak kegunaan di bidang kuliner seperti dibuat menjadi pai labu, biskuit, roti, makanan penutup, puding, minuman, dan sup.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Karena variasi yang luas dalam penggunaan istilah squash, waluh, dan labu, bahkan di kalangan akademisi sendiri, dalam artikel ini, istilah squash dapat merujuk kepada setiap anggota genus Cucurbita. Sedangkan waluh dan labu digunakan untuk merujuk pada spesies, varietas, dan kultivar yang biasa disebut dengan istilah tersebut.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tristemon". Tropicos, Missouri Botanical Garden. Diakses tanggal January 14, 2015. 
  2. ^ "Cucurbita L". Tropicos, Missouri Botanical Garden. Diakses tanggal January 12, 2014. 
  3. ^ Burrows, George E.; Tyrl, Ronald J. (2013). Toxic Plants of North America. Oxford: Wiley-Blackwell. hlm. 389–391. ISBN 978-0-8138-2034-7. 
  4. ^ Gledhill, David (2008). The Names of Plants. Cambridge: Cambridge University Press. hlm. 127. ISBN 9780521866453. 
  5. ^ Ferriol, María; Picó, Belén (2007). "3". Handbook of Plant Breeding: Vegetables I. New York: Springer. hlm. 317. ISBN 978-0-387-72291-7. The common terms "pumpkin", "squash", "gourd", "cushaw", "ayote", "zapallo", "calabaza", etc. are often applied indiscriminately to different cultivated species of the New World genus Cucurbita L. (Cucurbitaceae): C. pepo L., C.  maxima Duchesne, C. moschata Duchesne, C. argyrosperma C. Huber and C. ficifolia Bouché.