Polenta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Polenta
Cotechino-Servito-Polenta-Lenticchie.jpg
Polenta (tengah) disajikan dengan kacang lentil dan cotechino
Asal
Asal Italia Utara dan Tengah[1]
Detail
Bahan utama Tepung jagung kuning atau putih, cairan (air, kaldu)

Polenta (pengucapan bahasa Italia: [poˈlɛnta][2][3]) adalah hidangan tepung jagung rebus dari kawasan Italia Utara dan Tengah, dan juga dapat ditemukan di wilayah Savoie, Swiss dan Rumania. Makanan ini dapat disajikan sebagai "bubur" panas atau dibiarkan mendingin dan mengeras dan kemudian dapat dipanggang, digoreng atau dibakar.

Polenta membutuhkan waktu yang lama untuk dimasak, yaitu sekitar 45 menit dan harus terus menerus diaduk. Beberapa teknik alternatif telah digunakan untuk mempercepat prosesnya atau membuatnya tidak harus terus menerus diawasai. Polenta yang dimasak dengan cepat hanya memakan waktu beberapa menit, tetapi polenta jenis ini dianggap lebih rendah kualitasnya dan lebih baik dimakan setelah dipanggang atau digoreng.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Righi Parenti, Giovanni (2003) [1995]. "Pisa, Lucca, Livorno". La cucina toscana [Tuscan cuisine] (dalam bahasa Italian). Rome: Newton & Compton. hlm. 384. ISBN 88-541-0141-9. 
  2. ^ Migliorini, Bruno; Tagliavini, Carlo; Fiorelli, Piero. Tommaso Francesco Borri, ed. "Dizionario italiano multimediale e multilingue d'ortografia e di pronunzia". dizionario.rai.it. Rai Eri. Diakses tanggal 12 February 2016. 
  3. ^ Canepari, Luciano. "Dizionario di pronuncia italiana online". dipionline.it. Diakses tanggal 12 February 2016. 
  4. ^ "Polenta – How to Cook Polenta". mangiabenepasta.com. Diakses tanggal 28 September 2015.