Prigen, Pasuruan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Prigen
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Pasuruan
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 121,90 km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 11 desa 3 kelurahan
Hotel "Prigen" pada tahun 1880-an

Prigen adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Prigen adalah daerah yang yang sangat sejuk karena dekat dengan pegunungan. Di Prigen terdapat daerah wisata pegunungan yang dikenal dengan Tretes. Di sini juga terdapat Taman Safari Indonesia 2 sebagai tempat habitat binatang, tepatnya berada di Desa Jatiarjo. Tempat wisata yang ada di Tretes yang termasuk kecamatan Prigen adalah air terjun Kakek Bodo. Tempat wisata ini sering diperuntukkan untuk camping. Air terjun lainnya di antaranya adalah air terjun Putuk Truno dan air terjun Perhutani. Terdapat juga sebuah situs peninggalan sejarah yang terletak di desa Candiwates, yaitu Candi Jawi. Di wilayah Prigen juga terdapat banyak hotel dan villa untuk tempat beristirahatnya para wisatawan yang berkunjung ke wilayah Tretes, kecamatan Prigen. Secara Geografis Kecamatan prigen berbatasan dengan Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto di sebelah barat, Kecamatan Sukorejo di sebelah timur, Kecamatan Gempol dan Kecamatan Pandaan di sebelah utara, serta Kecamatan Purwodadi dan Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang di sebelah selatan.

Hasil utama daerah tersebut adalah hasil air pegunungan yang melimpah, sehingga banyak usaha pengiriman air dengan perantara truk tanki. Di Kecamatan Prigen ada satu Universitas yaitu Universitas Prigen. Wilayah yang terluas di Kecamatan Prigen adalah Kelurahan Pecalukan yaitu memiliki daerah Kawasan hutan Seluas 125 hektar.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Tretes adalah sebuah daerah wisata pegunungan yang terletak 60 km sebelah selatan kota Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur. Wilayah Tretes berada di kaki dan lereng pegunungan Arjuno-Welirang dan berada pada ketinggian rata-rata 800 m di atas permukaan laut dengan suhu udaranya yang rata-rata mencapai 18-22 derajat Celcius. Daerah ini terkenal sebagai daerah wisata baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Bersama dengan Trawas, Tretes dikenal sebagai tempat peristirahatan penduduk Surabaya karena kesejukan dan keindahan alamnya. Beberapa pariwisata yang terkenal di Tretes adalah air terjun Kakek Bodo, Finna Golf, Taman Safari Indonesia 2.

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Prigen terdiri atas 11 Desa dan 3 Kelurahan, 80 lingkungan dan yang Lebih kecil lagi terdiri Dari 571 RW dan 599 RT

Koordinat: 7°41′0″LU 112°37′0″BT / 7,68333°LS 112,61667°BT / -7.68333; 112.61667