Portal:Chad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Portal Chad



sunting   

Selamat datang di Portal Chad

LocationChad.svg

Chad (Arab: تشاد , Tašād; Prancis: Tchad) adalah sebuah negara di Afrika Tengah yang terkurung daratan. Chad berbatasan dengan Libya di sebelah utara; Republik Afrika Tengah di selatan; Niger di barat; Sudan di timur; dan Nigeria serta Kamerun di barat daya. Disebabkan oleh jaraknya dan kebanyakan kawasannya yang beriklim gurun, negara berkenaan dirujuk sebagai 'jantung mati Afrika.' Di utara, ia meliputi Pegunungan Tibesti, pegunungan paling besar di gurun Sahara. Chad merupakan sebagian daripada bekas Persekutuan Afrika Prancis Khatulistiwa.

Sebagai negara bekas jajahan Prancis yang terbesar, Chad termasuk negara miskin. Lebih dari 75% penduduknya berada dalam keadaan melarat. Pada 2000-an, keadaan sudah relatif membaik karena pendapatan per kapitanya sudah melebihi US$1.000.

sunting   

Artikel pilihan

Chadian soldiers in Toyota pickup truck.jpg

Konflik Chad-Libya adalah sebuah konflik militer sporadis di Chad yang terjadi pada tahun 1978 sampai tahun 1987. Konflik ini adalah konflik yang terjadi antara Libya dan Chad, tetapi intervensi Libya dalam permasalahan Chad sudah terjadi sebelum tahun 1978, bahkan sebelum Muammar al-Gaddafi naik tahta pada tahun 1969. Perang ini dimulai sebagai perluasan dari Perang Saudara Chad di Chad utara tahun 1968.[1] Konflik ini ditandai dengan keikutsertaan Libya di Chad pada tahun 1978, 1979, 19801981 dan 19831987. Gaddafi telah mendukung beberapa faksi yang berpartisipasi dalam perang sipil dan musuh dari Libya menerima bantuan dari pemerintahan Prancis. Hal itu menyebabkan adanya campur tangan militer untuk menyelamatkan pemerintah Chad pada tahun 1978, 1983 dan tahun 1986.

sunting   

Gambar pilihan

Chadian soldiers in Toyota pickup truck.jpg

Tentara Chad yang mengendarai mobil pengangkut Toyota

sunting   

Berita terkini

19 September 2007 - Prancis meminta untuk penggabungan penjaga perdamaian PBB dan Uni Eropa di Chad dan Republik Afrika Tengah yang merupakan tetangga dari daerah Darfur di Sudan. (AFP)

sunting   

Tahukah kamu?

  • ... bahwa pada tahun 1986 dimana konflik Chad-Libya akan berakhir, semua pasukan Chad yang melawan Libya merebut Chad utara dengan persatuan yang tidak pernah dilihat sebelumnya di Chad.
sunting   

Kategori

  1. ^ K. Pollack, Arabs at War, p. 375