Pembicaraan Portal:Chad

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mengapa Chad?[sunting sumber]

Mengapakah dibuat portal ini di Wikipedia bahasa Indonesia? Sepertinya terlalu spesifik dan relevansinya kurang. sentausa 03:53, 25 September 2007 (UTC)

karena dengan portal wikipedia lebih serius.. lagipula artikel tentang negara2 luar Indonesia seperti Chad kualitasnya kurang.. toh karena itu diharap portal dapat memicu perbaikan, en gapapa kok portal Chad.. portal Jepang aja gapapa :)  Mimihitam   Bicara  08:36, 25 September 2007 (UTC)
Tapi belum menjawab pertanyaan mengapa harus Chad. Menyesuaikan dengan Wikipedia bahasa Inggris, menurut saya "portals should be about broad subject areas, which are likely to attract large numbers of interested readers and portal maintainers". Apakah subjek mengenai Chad ini termasuk dalam kategori itu? Bila dibandingkan dengan Jepang, misalnya, dari pencarian kasar ada sekitar 3000 artikel yang memuatnya, sedangkan untuk Chad hanya 200, yang menurut saya menunjukkan bahwa Jepang adalah subjek yang lebih luas daripada Chad di Wikipedia Indonesia saat ini sehingga Jepang lebih layak dijadikan topik portal. Jadi, kenapa harus Chad? Kenapa tidak misalnya Malaysia gitu? sentausa 09:32, 25 September 2007 (UTC)
lagian kyk Portal:Disney artikelnya aja lebih sempit, tapi tetap gapapa kuk.. Chad juga luas cakupannya, justru hal ini akan mendorong untuk menambah dan memperluas artikel tentang Chad.. dan Chad negara di afrika yang saya pilih buat negara Afrika yang jadi portal, saya rencana mau buat dari Eropa dan Amerika.. Malaysia? saya gak akan pernah buat portal itu..  Mimihitam   Bicara  09:37, 25 September 2007 (UTC)
Hehehe kalau Disney sih sebenarnya saya juga kurang setuju dijadikan portal, tapi mungkin peminatnya banyak? Saya belum yakin saja portal Chad ini akan menarik peminat, tapi ya sudahlah, yang penting bisa nambah kualitas Wikipedia bahasa Indonesia. (Btw, kenapa harus Chad, kenapa nggak misalnya Mesir atau Afrika Selatan gitu yang lebih besar? :D) sentausa 09:44, 25 September 2007 (UTC)

bosen yang gede2 mulu :) tadinya saya mau buat Libya tapi ga jadi, malah milih Chad.. kapan2 juga pasti saya buat :)  Mimihitam   Bicara  09:49, 25 September 2007 (UTC)

Saya setuju dengan sentausa (sorry mim...), kalau portal Jepang memang wajar karena hal-hal mengenai jepang memang cukup populer di Indonesia, dan memang banyak artikel yang berkaitan dengan jepang disini (WBI). Tapi kenapa chad? selain peminatnya kurang, sepertinya juga artikel yang berkaitan dengan Chad tidak begitu banyak.Arkwatem 09:50, 25 September 2007 (UTC)

yah kalo ga setuju gapapa.. toh udah terlanjur.. udah dibuat masa didelete? dibiarkan saja, siapa tau ada perkembangan :D  Mimihitam   Bicara  10:02, 25 September 2007 (UTC)

Jika memang Anda begitu sayang portal ini, mungkin bisa disimpan dulu ke namespace anda (misalnya Pengguna:Mimihitam/Portal:Chad ) sebelum dihapus. Arkwatem 10:05, 25 September 2007 (UTC)

yah saya ga setuju kalo diapus.. biarkan saja tokh.. yg jelas ga setuju didelete.. cape dehh  Mimihitam   Bicara  10:07, 25 September 2007 (UTC)

Jangan ngotot gitu dong.. liat ni di en juga ada portal yang di-delete.. w:Wikipedia:Miscellany for deletion/Portal:Orkney Arkwatem 10:16, 25 September 2007 (UTC)

yah mau didelete juga gapapa sih kalo emang konsensus..  Mimihitam   Bicara  10:17, 25 September 2007 (UTC)

Menurut saya kalau memang sudah dibuat juga gak pa-pa. Kalau mau didelete mungkin benar seperti kata Mimi, dibuat konsensus saja --Andri.h 14:42, 25 September 2007 (UTC)

Usul saja, jangan dihapus tapi gimana kalau portal ini digabungkan dengan portal negara-negara misalnya, atau Portal:Afrika, Portal:Asia, Portal:Amerika Utara, Portal:Amerika Selatan, Portal:Eropa Barat, Portal:Eropa Timur, Portal:Timur Tengah, Portal:Asia Tenggara, Portal:Asia Selatan, dll lah, jadi masing-masing juga masuk, karena saya pikir akan lebih masuk pembahasannya ke sana, kecuali mungkin negara-negara yang memiliki kekhususan, kayak Portal:Indonesia atau Portal:Amerika Serikat mungkin. aday(ngobrol) 16:01, 25 September 2007 (UTC)

terus sekarang gimana? mau dibuat konsensus didelete ato kaga? kalo saran saya sih, apa saya konversi jadi Portal Afrika? kan luas tuh cakupannya.. bener2 luas..  Mimihitam   Bicara  14:12, 3 Oktober 2007 (UTC)
Saya setuju diubah jadi Portal:Afrika, dengan syarat ada yang bersedia memelihara. Kalau tidak hapus saja. Arkwatem 14:50, 3 Oktober 2007 (UTC)
Kenapa harus dihapus? Kan sayang, Wikipedia itu kan proyek kolaboratif yang dilakukan oleh sukarelawan? Walaupun menurut saya juga agak aneh sih mengapa kok negara Chad? Tapi asal layak saja sih tidak apa-apa dan syaratnya harus cukup banyak artikelnya. Artikel mengenai Chad apa banyak? Nah mungkin di masa depan bisa ditetapkan jumlah minimal artikel yang terkandung. Saya jadi ingat kira2 setahunan yang lalu di Wikipedia Belanda ada orang yang bikin Portal:Berita di Djibouti. Ya sama anehnya, tapi jika ditekuni ya tidak apa-apa 'wong topiknya layak kok. Meursault2004ngobrol 15:24, 3 Oktober 2007 (UTC)

Usul lagi, ada yang mau buat Portal:Timur Tengah gak, insya Allah aku bisa bantu, kayaknya banyak sekali peristiwa di Timur Tengah yang terus terjadi akhir-akhir ini, dan sudah semestinya ada satu portal khusus. aday(ngobrol) 16:35, 3 Oktober 2007 (UTC)

Setuju diubah jadi Portal Afrika. --Quoth nevermore 18:54, 3 Oktober 2007 (UTC)
Setuju tuh Kang Aday, buat Portal:Timur Tengah, nanti saya bantu deh --Andri.h 23:20, 3 Oktober 2007 (UTC)
Setuju juga diubah jadi Portal Afrika. Juga setuju dengan Meursault2004, perlu ada aturannya. Kalau nggak, ntar jangan-jangan malah pada bikin portal semua n gak bikin artikel :D sentausa 11:21, 4 Oktober 2007 (UTC)

Karena sudah dibuat maka saya kira tidak perlu dihapus, namun ada baiknya jika bagian yang kelihatannya perlu sering diupdate tidak perlu dimasukkan (misalnya "peristiwa terkini" dll), kecuali jika memang ada komitmen pengagas portal ini untuk terus memelihara portal ini. Namun saya setuju kalau ide yang lebih baik adalah mengubahnya menjadi Portal:Afrika. Hayabusa future (\0-0/) 14:10, 4 Oktober 2007 (UTC)

Jangan dihapus, sayang sekali karena sudah dibuat! Tetapi sebenarnya memang saat ini pengembangan Portal Afrika adalah lebih mengena. Saya yakin banyak sekali artikel2 menarik tentang Mesir, Afrika Selatan, Sudan, Somalia, dll (selain Chad juga) yang bisa terakomodasi di sana. Demikianlah pendapat saya. Salam, Naval Scene 16:27, 5 Oktober 2007 (UTC)

jadi konsensus sebagian mengatakan jangan dihapus dan dialihkan, kalo gitu lebih baik dibuat pemilihan saja  Mimihitam   Bicara  02:34, 27 Oktober 2007 (UTC)

Tadinya mau bilang bikin arikel-artikelnya dulu baru Portalnya, tapi saya lihat artikelnya cukup banyak (walau belum saya cek sepanjang apa masing-masing). Jadi jangan dihapus. Kalo mau bung mimi bisa tulis di halaman portalnya mengapa daerah penuh konflik ini menarik, bisa diambil dari artikel-artikel yang sudah ada. Konfliknya kek, pariwisatanya kek, budayanya kek, musiknya kek, dll. bennylinkirim pesan 06:07, 27 Oktober 2007 (UTC)
Kalau mengenai kurang tenar, saya tidak setuju, itu anggapan subjektif (tidak kenal maka tidak sayang) Portal ini malah bisa buat orang tertarik sama Chad (kalau bikinnya bagus, walopun mungkin bukan tujuan semula sebuah Portal dibuat). Witing tresno jalaran soko kulino orang Jawa bilang. Siapa tau kalo tiap kali liat halaman perubahan terbaru selalu muncul artikel ini, orang jadi lihat dan setelah membaca tertarik, mungkin malah pergi ke Chad, trus menikah dengan orang Chad. Bukannya Portal ini akan berjasa besar kepada keluarga tersebut (mengandai-andai mode off) bennylinkirim pesan 06:10, 27 Oktober 2007 (UTC)

karena konsensus tidak setuju dihapus, maka portal ini akan tetap ada, salam  Mimihitam   Bicara  11:48, 30 Oktober 2007 (UTC)

Silahkan[sunting sumber]

Silahkan berpartisipasi untuk memajukan portal ini!....Muhraz... (bicara) 07:58, 13 September 2008 (UTC)

nice work !