Pertempuran Isonzo Kesebelas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
seorang prajurit di reruntuhan benteng di Carso
Pertempuran Isonzo ke-11
Bagian dari blok Itali pada Perang Dunia I
Italian Front 1915-1917.jpg
Tanggal 18 Agustus - 12 September 1917
Lokasi Sungai Isonzo, dekat Monfalcone, Italia
Dataran tinggi Banjšice, Slovenia
Hasil Tak dapat disimpulkan
Pihak terlibat
Bendera Italia Italia  Austria-Hongaria
Tokoh dan pemimpin
Luigi Cadorna,
Luigi Capello
Svetozar Boroević
Kekuatan
600 batalyon,
5.200 senjata
250 batalyon,
2.200 senjata
Korban
120.000
(20.000 terbunuh,
50.000 terluka,
30.000 hilang,
20.000 tertangkap)
160.000
(30.000 terbunuh,
110.000 terluka,
20.000 hilang dan tertangkap)

Pertempuran Isonzo Kesebelas adalah pertempuran antara Italia dan Austria-Hongaria di blok Italia selama Perang Dunia I pada tanggal 18 Agustus sampai 12 September 1917.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Kepala Staf Italia, Luigi Cadorna mengkonsentrasikan tiga perempat pasukannya di sungai Isonzo : 600 batalyon (52 divisi) dengan 5.200 senjata.

Serangan itu dibawa keluar dari sebuah medan pertempuran di Tolmin (di atas lembah Isonzo) ke Laut Adriatik. Italia menyeberangi sungai di beberapa titik pada jembatan sementara, namun upaya utama yang diberikan pada Dataran tinggi Bainsizza, untuk memajukan dan mematahkan serangan Austria-Hongaria dalam dua segmen garis, mengisolasi pertahanan Gunung Saint Gabriel dan Gunung Hermada.

Setelah pertempuran sengit dan mematikan, Angkatan Darat Kedua Italia, yang dipimpin oleh Jenderal Capello, mendorong kembali pasukan Boroević menaklukkan Bainsizza dan Gunung Santo. Posisi lain yang diambil oleh Angkatan Darat Ketiga, Duke Aosta .

Namun, Gunung Saint Gabriel dan Gunung Hermada ternyata ditembus, dan serangan habis.

Setelah pertempuran, Austria-Hongaria lelah, dan tidak bisa menahan serangan lagi. Untungnya bagi mereka (dan sayangnya untuk musuh mereka), begitu pula Italia, yang tidak bisa menemukan kekuatan yang diperlukan untuk penyerangan lain, meskipun telah ditentukan. Jadi, hasil akhir dari pertempuran pertumpahan darah tidak meyakinkan. Selain itu, akhir dari pertempuran meninggalkan Angkatan Darat Kedua Italia (sampai saat itu yang paling berhasil dari Angkatan Darat Italia) terbagi dalam dua bagian di seberang Sungai Isonzo, titik lemah yang terbukti sangat menentukan dalam Pertempuran Isonzo Keduabelas.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]