Pertempuran Isonzo Keenam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pertempuran Isonzo VI
Bagian dari Blok Italia pada Perang Dunia I
Tanggal 6 - 17 Agustus 1916
Lokasi Gorizia - Doberdò del Lago, Italia;
baratlaut Kras, Slovenia
Hasil Kemenangan Italia
Pihak terlibat
Bendera Italia Italia  Austria-Hongaria
Tokoh dan pemimpin
Luigi Cadorna Svetozar Boroević
Kekuatan
22 divisi 9 divisi
Korban
51.000 (21.000 terbunuh) 41.835 (8.000 terbunuh)

Pertempuran Isonzo Keenam (6 - 17 Agustus 1916) juga dikenal sebagai Pertempuran Gorizia adalah serangan Italia paling sukses di sepanjang Sungai Isonzo selama Perang Dunia I.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Graf Franz Conrad von Hötzendorf telah mengurangi pasukan Austria-Hongaria sepanjang Isonzo (Soca) untuk memperkuat pasukan pada Serangan Trentino. Kepala Staf Tentara Italia, Luigi Cadorna menggunakan rel kereta api untuk menggeser dengan cepat pasukannya dari Trentino kembali ke pertahanan pada serangan Isonzo terhadap kelemahan pertahanan Austria-Hongaria. [sunting] Pertempuran

Pada tanggal 6 Agustus, serangan terhadap Gorizia, terkonsentrasi di dua zona: (1) Daerah perbukitan di sebelah barat sungai Isonzo dekat Gorizia dan (2) di tepi barat dataran tinggi Kras dekat del Lago Doberdò. Dalam Pertempuran Doberdò, Italia berhasil menguasai jalur transportasi utama dari kota pantai Duino ke Gorizia, sehingga menjamin mereka untuk maju dari selatan ke Gorizia. Pasukan Austria-Hongaria harus mundur dari garis timur Gorizia (Gunung Škabrijel), meninggalkan kota dengan kondisi rusak berat.

Pada 8 Agustus Gorizia direbut Cadorna dan akhirnya dibuat jembatan di Sungai Isonzo. Pasukan Austria-Hongaria bergeser ke sektor Gorizia untuk mencegah terobosan pasukan musuh. Puas akan pembuatan jembatan, Cadorna mengakhiri serangan pada 17 Agustus.

Serangan terhadap Gorizia merupakan serangan Italia paling sukses di sepanjang garis Isonzo dan sangat meningkatkan semangat pasukan Italia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Tucker, Spencer The Great War: 1914 - 1918 (1998)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]