Pertempuran Charleroi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pertempuran Charleroi
Bagian dari Perang Dunia I
[[Berkas:=Battles of Charleroi and Mons map.png|frameless|upright=1]]
Peta pertempuran Charleroi
Tanggal21 Agustus 1914
LokasiDekat Charleroi, Belgia
Hasil Kemenangan Jerman
Pihak terlibat
Bendera Kekaisaran Jerman Kekaisaran Jerman Bendera Prancis Prancis
Tokoh dan pemimpin
Bendera Kekaisaran Jerman Karl von Bülow,
Bendera Kekaisaran Jerman Max von Hausen
Bendera Prancis Charles Lanrezac,
Bendera Prancis Joseph Joffre
Kekuatan
Angkatan Darat Kedua dan Ketiga Jerman Angkatan Darat Kelima Prancis
Korban
11.000 30.000

Pertempuran Charleroi, atau Pertempuran Sambre (1914) pada Perang Dunia I, terjadi pada 21-23 Agustus 1914 antara Prancis yang dipimpin oleh Jenderal Lanrezac dan Jerman dipimpin oleh Jenderal von Bülow, merupakan bagian dari Pertempuran Perbatasan. Orang Prancis merencanakan serangan melintasi Sungai Sambre, ketika Jerman melancarkan serangan mereka sendiri.

Sebuah kemenangan bagi Jerman.

Strategi[sunting | sunting sumber]

Hal ini jelas di atas segalanya, kontak antara Angkatan Darat Kelima Prancis, diperintahkan oleh Jenderal Lanrezac yang berada pada posisi bertahan di sepanjang lembah dan Sungai Sambre, dan Angkatan Darat Kedua Jerman, diperintahkan oleh jenderal von Bülow yang berada di seberang Belgia dengan berbagai gerakan berputar dengan berpusat di Ardennes.

Di barat terdapat Angkatan Darat Kelima, British Expeditionary Force (BEF) yang membuat kontak dengan Angkatan Darat Jenderal Von Kluck pada waktu hampir bersamaan (Pertempuran Mons). Di selatan-barat terletak Angkatan Darat Keempat Jenderal Cary Langle.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pada 20 Agustus, Angkatan Darat Kelima Lanrezac mulai berkonsentrasi pada 40 km sepanjang Sungai Sambre, berpusat di Charleroi dan memperluas ke timur benteng Belgia, Namur. Di sebelah kirinya, Angkatan Darat Kelima Korps Kavaleri Jenderal Sordet menghubungkan dengan British Expeditionary Force (BEF) di Mons. pasukan Lanrezac terdiri dari 15 divisi, melemah dengan melalukan perpindahan pasukan ke Lorraine, dihadapkan oleh 38 divisi Jerman dari Angkatan Darat Kedua (Jenderal Karl von Bülow) dan Angkatan Darat Ketiga bergerak ke selatan-barat.

Meskipun mundur Lanrezac tahu perlu dilakukan dari awal perang dan memperingatkan atasannya, Jenderal Joseph Joffre, terhadap bahaya Jerman menyapu Belgia. Dipercaya bahwa Prancis harus mengikuti Rencana penyerangan XVII, terlepas dari apa yang terjadi di Belgia. Lanrezac peringatan dan memerintahkan untuk menyerang di Sambre. Sebelum Lanrezac dapat bertindak pada pagi hari 21 Agustus, Angkatan Darat Kedua Jerman meluncurkan Pertempuran Charleroi dengan serangan di Sambre. Bülow menyerang lagi pada tanggal 22 Agustus dengan tiga korps terhadap Angkatan Darat Kelima. Pertempuran sengit pun berlangsung pada tanggal 23 Agustus ketika Prancis berada di sekitar Charleroi dan mulai mundur.

Sementara itu, Angkatan Darat Ketiga Jerman telah menyeberangi Meuse dan melancarkan serangan frontal terhadap Prancis, sebuah korps diperintahkan oleh Jenderal Louis Franchet d'Esperey. Serangan Angkatan Darat Ketiga mengancam akan memotong garis mundur Lanrezac tetapi aksi Esperey d'Franchet menghentikan Jerman dan melaksanakan serangan balasan yang sukses. Namun, dengan evakuasi Namur dan berita penarikan dari Angkatan Darat Keempat Prancis mundur dari Ardennes, Lanrezac memerintahkan supaya ia dapat mengelilingi dan menghentikan dari sisa tentara Prancis.

Akibat[sunting | sunting sumber]

Lanrezac mundur setelah Pertempuran Charleroi, menyelamatkan tentara Prancis dari kekalahan yang menentukan dari Rencana Schlieffen. Setelah berjuang dengan tindakan bertahan lainnya dalam Pertempuran St Quentin, orang Prancis didorong menjauhi Paris, Lanrezac mengorbankan karier.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Colonel Lucas, Le 10e Corps à la Bataille de Charleroi (21.22.23 août 1914), Limoges/Paris, Charles-Lavauzelle &Cie, 1930, 115p.
  • Evans, M. M. (2004). Battles of World War I. Select Editions. ISBN 1-84193-226-4.
  • Tuchman, Barbara W. (1962). The Guns of August. Ballantine Books- New York. ISBN 0-345-38623-X.