Pertempuran Albert Pertama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Albert I
Bagian dari Perang Dunia I

Rute pertempuran posisi menuju laut
Tanggal25-29 September 1914
LokasiAlbert, Somme
Hasil status quo
Pihak terlibat
Prancis Republik III Prancis]] Kekaisaran Jerman Kekaisaran Jerman
Tokoh dan pemimpin
Prancis Édouard de Castelnau Kekaisaran Jerman Erich von Falkenhayn
Kekuatan
Korps AD ke-10 Prancis Korps AD ke-6 Jerman

Pertempuran Albert dimulai tanggal 25 September 1914 sebagai bagian dari perang posisi menuju ke laut selama Perang Dunia I, setelah Pertempuran Marne Pertama dan Pertempuran Aisne Pertama.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Angkatan Darat Kesepuluh Prancis berkumpul di Amiens sejak pertengahan September dan pada 25 September mulai mendesak musuh ke arah timur. De Castelnau, di bawah komando Joffre, melancarkan serangan frontal ke garis pertahanan Jerman dekat Albert setelah gagal di bagian utara. De Castelnau mendapat perlawanan dan serangan balasan Angkatan Darat Keenam Jerman di Bapaume (26 September) dan di Thiepval (27 September), di tengah-tengah medan Pertempuran Somme 1916.

Tujuan Jerman adalah untuk mendesak musuh ke arah barat hingga Selat Inggris, merebut industri dan daerah pertanian Prancis Utara, memotong jalur pasukan British Expeditionary Force (BEF) dan mengisolasi Belgia.

Konsekuensi[sunting | sunting sumber]

Selama pertempuran, tidak ada pihak yang bisa menembus garis pertahanan di Albert dan bertempur lagi pada 29 September pertempuran bergerak ke utara menuju Arras, Lille dan lapangan Flanders bergeser. Komandan Jerman Erich von Falkenhayn memerintahkan Pangeran Rupprecht, Angkatan Darat ke-6 menuju Arras melancarkan serangan. Di Arras, mereka berhadapan dengan Prancis. Angkatan Darat ke-10, bertugas untuk meringankan beban pertempuran.

Konfrontasi ini sebagai pertempuran parit yang berkepanjangan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]